Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 206886 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Niche Evandani
"Bisnis Flavor House memiliki kompleksitas tinggi dikarenakan bahan jadi yang diproduksi bersifat unik dan spesifik untuk sebagian besar pelanggan. Jumlah SKU yang mencapai ribuan dan tingkat variasi yang tinggi perlu ditunjang oleh desain rantai pasok yang menjadi faktor krusial dalam keberlangsungan bisnis. Selama ini PT XYZ belum memiliki strategi pengiriman untuk local direct customer, sehingga perlu dilakukan analisis lebih lanjut terhadap desain jaringan distribusi untuk meningkatkan efisiensi biaya operasional. Pada penelitian ini dibahas terkait analisis desain distribusi dengan metode pengiriman Time Window dan Milk Run terhadap pelanggan PT XYZ. Penetuan rute Milk Run didasarkan pada area pelanggan dan prinsip algoritma Clarke-Wright. Pada hasil penelitian diketahui bahwa 76% pelanggan di PT XYZ memiliki biaya sewa truk per unit barang (KG) yang lebih tinggi dibandingkan distributor yang menerapkan strategi Time Window. Selain itu, terdapat 18% pelanggan yang sudah memenuhi ambang batas muatan untuk pengiriman individual, sementara sisa 82% masih dapat ditingkatkan efisiensi biaya pengiriman dengan metode Milk Run. Hasil simulasi pengiriman dengan metode Time Window dapat mengurangi biaya sewa truk pengiriman, adapun rute Milk Run yang direkomendasikan untuk 6 area pengiriman dapat mengurangi jarak tempuh pengiriman barang dengan total 3346 KM.

The Flavor House business has a high complexity because the finished goods are unique and specific for most customers. The number of SKUs that reach thousands and high levels of variation need to be supported by supply chain design. Currently, PT XYZ does not have a shipping strategy for direct local customers, so it needs further analysis on the design of distribution networks to improve the efficiency of operational costs. In this study discussed the analysis of distribution design with The Time Window and Milk Run delivery method on customers of PT XYZ. Determination of the Milk Run route is based on the customer area and the Clarke-Wright algorithm. In the results of the study it was found that 76% of customers at PT XYZ had higher truck rental costs per unit of goods (KG) than distributors who applied the Time Window strategy. In addition, only 18% of customers who have fulfilled the volume threshold for individual shipments. The simulation results of delivery with the Time Window method can reduce the cost of renting delivery trucks, while the recommended Milk Run route for 6 shipping areas can reduce the distance of shipping of goods with a total of 3346 KM."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
T53549
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Qanitah Salsabila
"Industri alat kesehatan di Indonesia memiliki potensi yang menjanjikan dengan perkembangannya yang meningkat cepat. Pertumbuhan produsen dan distributor pada industri ini menunjukkan bahwa persaingan semakin kompetitif sehingga mendorong perusahaan di dalamnya untuk bekerja lebih efektif. PT. XYZ merupakan salah satu perusahaan distributor alat kesehatan di Indonesia. Saat ini, terdapat beberapa risiko di dalam rantai pasok gudang sentral PT. XYZ. Oleh karena itu, diperlukan sebuah manajemen risiko rantai pasok menyeluruh dalam gudang sentral PT. XYZ sebagai tindak pencegahan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengidentifikasi agen risiko prioritas pada gudang sentral PT. XYZ serta menentukan rekomendasi mitigasi risiko prioritas untuk mengatasinya. Metode yang digunakan adalah House of Risk (HOR) yang terdiri dari dua fase. HOR fase 1 bertujuan untuk menentukan agen risiko prioritas dan HOR fase 2 untuk memilih aksi mitigasi prioritas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 11 agen risiko prioritas pada gudang sentral PT. XYZ berdasarkan nilai aggregate risk potential (ARP) tertinggi dengan 9 aksi mitigasi prioritas berdasarkan nilai effectiveness to difficulty ratio (ETD) yang direkomendasikan agar diimplementasikan terlebih dahulu oleh perusahaan.

The medical device industry in Indonesia possesses promising potential with rapid development in recent years. The growth of manufacturers and distributors within this industry indicates increasing competition, meaning companies are demanded to operate more efficiently. PT. XYZ is one of the medical device distributors in Indonesia. Currently there are several risks associated with the supply chain of PT. XYZ’s central warehouse. Therefore, a comprehensive supply chain risk management within the central warehouse of PT. XYZ is needed as a preventive measure. This study aims to identify the priority risk agents in the central warehouse of PT. XYZ and determine the priority risk mitigation recommendations to address these risks. This study uses House of Risk method which consists of two phases. HOR phase 1 aims to identify the priority risk agents and HOR phase 2 focuses on selecting the priority mitigation actions. The results of the study show that there are 11 priority risk agents in PT. XYZ’s central warehouse based on the highest aggregate risk potential (ARP) values with 9 priority mitigation actions recommended based on the effectiveness to difficulty ratio (ETD) to be implemented by the company first."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Calista Rahma Dhia Atrasina
"Integrated Port Time adalah waktu yang dibutuhkan oleh sebuah kapal dimulai dari kapal sampai ke area pelabuhan, melakukan bongkar muat, hingga kapal keluar dari area pelabuhan. Setiap pelabuhan memiliki masing-masing standar yang harus dipenuhi setiap bulannya yaitu Integrated Port Time (IPT) Baseline. Pada Pelabuhan operasional PT. XYZ, terdapat banyak pelabuhan yang memiliki IPT diatas IPT Baseline dikarenakan waktu yang dibutuhkan kapal untuk melaksanakan kegiatan bongkar muat memakan waktu yang cukup lama dan kinerja pelabuhan yang mengalami penurunan dari rata-rata Integrated Port Time tahun sebelumnya. Penelitian ini dilakukan untuk meninjau penyebab utama dari penyimpangan Integrated Port Time Pelabuhan operasional PT. XYZ. Pada penelitian ini, penulis menggunakan metode Fault Tree Analysis untuk mengetahui akar permasalahan dari tingginya Integrated Port Time pada Pelabuhan operasional PT. XYZ yang memiliki IPT diatas IPT Baseline dimana peneliti mengambil salah satu pelabuhan yang memiliki Integrated Port Time tinggi dan memiliki waiting time terbanyak pada bulan Januari 2023 yaitu Pelabuhan BI. Dari penelitian ini, diketahui bahwa tingginya Integrated Port Time disebabkan karena beberapa faktor, yaitu faktor manusia, faktor teknis, faktor alam, maupun penjadwalan. Kurangnya kedisiplinan, kehandalan, dan ketelitian pekerja, kondisi alat-alat bantu yang kurang baik, penumpukan muatan yang diakibatkan karena keterlambatan pendistribusian muatan oleh distributor, dan cuaca buruk menjadi penyebab tingginya Integrated Port Time pada Pelabuhan BI. Usulan perbaikan untuk mengurangi Integrated Port Time yaitu dengan memperbaiki manajemen sumber daya manusia, melakukan pengecekan rutin terhadap alat-alat bantu, memberi peringatan terhadap distributor yang terlambat mengambil muatan pada tangki penyimpanan darat.

Integrated Port Time is the time needed by a ship starting from the ship arrival at the port area, loading and unloading, until the ship leaves the port area. Each port has its own standard that must be met every month, it is the Integrated Port Time (IPT) Baseline. At the operational port of PT. XYZ, there are many ports that have an IPT above the Baseline IPT because of the time needed for ships to carry out loading and unloading activities takes a long time and port performance has decreased from the previous year's average Integrated Port Time. This research was conducted to review the main causes of the deviation of the Integrated Port Time of the operational port of PT. XYZ. In this study, the authors used the Fault Tree Analysis method to find out the root causes of the high Integrated Port Time at the operational port of PT. XYZ which has an IPT above the IPT Baseline where researchers take one of the ports that has a high Integrated Port Time and has the most waiting time on January 2023, it is BI Port. From this research, it is known that the high Integrated Port Time is caused by several factors, those are human factors, technical factors, natural factors, and scheduling. Lack of discipline, reliability and accuracy of the workers, the condition of the equipment that is lacking, the accumulation of cargo caused by delays in the distribution by the distributors, and bad weather are the causes of the high Integrated Port Time at the Port of BI. Proposed improvements to reduce Integrated Port Time are by improving human resource management, routine checks on auxiliary equipment, giving warnings to distributors who are late picking up cargo from onshore storage tanks."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Andrew Christian Felix Yurosario
"Penelitian ini membahas defect yang muncul dalam proses pengemasan susu bubuk 400gr pada mesin Wolf di Departemen Powder Packing PT. Frisian Flag Indonesia. Dalam kasus ini, defect merupakan segala ketidaksuaian kualitas, bentuk, dan dimensi kemasan dengan standar yang telah ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan usulan-usulan solusi untuk mengatasi defect yang muncul pada mesin Wolf 4/5 di departemen Powder Packing PT. Frisian Flag Indonesia. Analisa defect dilakukan dengan menggunakan metode DMAIC (Define, Measure, Analyze, Improve, Control) dengan alat bantu 7 tools of quality dan metode FMEA. Metode FMEA digunakan untuk menemukan prioritas penanganan terhadap penyebab defect pada tahap Analyze DMAIC. Hasil yang dicapai adalah prioritas penanganan berdasar nilai Risk Priority Number (RPN) terbesar untuk kemudian dijadikan dasar pada tahap Improve. Tahap Control dilakukan dengan cara membuat standar pemeriksaan baru terhadap pemeliharaan dan operasional mesin.

The focus of this study is about the defects that arise in milk powder packing process size 400gr on the Wolf machine at Powder Packing Departement, PT. Frisian Flag Indonesia. In this case, the defect is any out of spec of quality, shape, and dimensions of the standart pouch. This study aimed to obtain a solution proposals of the defects that appear on the machine Wolf 4/5. Analysis to the defect is done by using the DMAIC (Define, Measure, Analyze, Improve, Control) with 7 tools of quality tools and FMEA method. FMEA method is used to find the priority handling to the cause of the defect that found in the Analyze of DMAIC. Then the Risk Priority Number (RPN) value is used as the basis in the Improve of DMAIC to find the solution priority. In the control phase, this study is develop some Standart Operation Procedure (SOP) for the preventif maintenance activity and operational activity, to keep the improvement implementation."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
S53020
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yusak Sutikno
"Pandemi covid-19 dan kebijakan-kebijakan penanggulangannya telah mengubah cara hidup dan kebiasaan banyak orang di seluruh dunia. Terbatasnya pergerakan dan aktivitas masyarakat mendorong mereka untuk mengandalkan sektor pengiriman barang dalam upaya pemenuhan kebutuhan. Hal ini menjadikan sektor usaha pengiriman barang menjadi bagian penting dalam pemenuhan kebutuhan masyarakat di tengah pandemi. Tersedianya akun layanan resmi tiap penyedia barang di media sosial Twitter sebagai wadah pengaduan dan aspirasi pelanggan, memungkinkan untuk dilakukan analisis tren kebutuhan hingga mengukur kepuasan pelanggan terhadap layanan sektor jasa ini sebelum dan selama pandemi. Penelitian mengenai analisis sentimen pelanggan terhadap suatu produk maupun jasa sudah banyak dilakukan, namun implementasi pendekatan analisis Time Window Lexicon–TFIDF-SVM dan pemodelan topik LDA-Mallet terintegrasi belum banyak dilakukan, terutama dalam konteks analisis sentimen pada sektor jasa pengiriman barang. Penelitian ini menggunakan data Twitter yang diperoleh dengan metode scrapping dengan rentang waktu Oktober 2019 - September 2020 pada lima penyedia layanan pengiriman barang paling populer di Indonesia. Pendekatan leksikon dipergunakan dalam pembentukan data latih, dimana dari data latih ini diperoleh model klasifikasi memperoleh tingkat akurasi 89,21% kemudian diinferensikan dengan pendekatan statistik TFIDF-SVM untuk memprediksi polaritas sentimen keseluruhan data. Penelitian ini memberikan hasil bahwa: (1) Pandemi covid-19 melalui parameter kebijakan penanganan pandemi secara signifikan meningkatkan aktivitas penyampaian keluhan/aspirasi dimana hal ini menunjukkan terjadinya peningkatan jumlah layanan yang diberikan; (2) sistem pelayanan pengiriman belum cukup kuat untuk menghadapi fluktuasi permintaan, dimana peningkatan jumlah pelayanan dibarengi juga dengan peningkatan ketidakpuasan yang terindikasi dari meningkatnya polaritas sentimen ‘Negatif’ selama pandemi. Pada periode tiga bulan kedua terlihat bahwa adaptasi dan perbaikan layanan hanya terjadi pada sebagian penyedia layanan saja; dan (3) terdapat beberapa perubahan topik keluhan/aspirasi yang dilihat pada rentang waktu sebelum pandemi, tiga bulan pertama pandemi, dan tiga bulan kedua pandemi.

The Covid-19 pandemic and activity restriction policies in an effort to contain its spread have changed the ways of life and habits of many people around the world. Limited movement and community activities encourage them to rely on the shipping sector to meet their needs. This makes the delivery of goods an important part of meeting people's needs in the midst of a pandemic. The availability of official service accounts of each goods provider on Twitter social media as a forum for complaints and customer aspirations, enabling analysis of service needs trends and measuring customer satisfaction with these service sector services before and during the pandemic. Research on customer sentiment analysis towards a product or service has been done a lot, but the implementation of the lexicon–tfidf-svm time window approach integrating with LDA-Mallet topic modeling has not been done much, especially in the context of sentiment analysis in the freight forwarding sector. This research uses Twitter data obtained by the scrapping method from October 2019 - September 2020 on the five most popular delivery service providers in Indonesia. The lexicon approach is used in the formation of training data, where the classification model of this training data accurate rate of 89.21% is obtained which is then referred to predict the polarity of the overall sentiment of the data by the TFIDF-SVM statistical approach. This study provides the results that: (1) the Covid-19 pandemic through the parameters of the pandemic management policy significantly increased the activity of submitting complaints/aspirations, indicating an increase in the number of requests for services or services provided; (2) the delivery service system is not yet strong enough to deal with fluctuations in increased demand, where an increase in the number of services is accompanied by an increase in dissatisfaction, although it is not significant for all service providers. In the second three-months period, it appears that the process of adaptation and improvement of services only occurred in part of service providers; and (3) there were some changes in the topic of complaints/aspirations that were seen in the timeframe before the pandemic, the first three months of the pandemic, and the second three months of the pandemic."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Apratimadewi Nuraziza Abyantara
"Dalam industri jasa pengiriman paket dan kurir, waktu pengiriman merupakan faktor penting dalam memenuhi ekspektasi pelanggan. Jasa pengiriman paket menggunakan desain jaringan Hub-and-Spoke untuk memperoleh keuntungan ekonomis. Pengiriman di hari yang sama dapat dipastikan dengan merancang jaringan dengan batasan waktu ketat. Penelitian ini berfokus untuk merancang metode yang mampu menjawab keputusan utama terkait perancangan desain jaringan Hub-and-Spoke, yaitu: jumlah dan lokasi hub optimal, serta alokasi node lainnya ke hub. Data waktu tempuh dikumpulkan untuk setiap pasang lokasi. Metode Uncapacitated Single Allocation p-Hub Median Problem dan K-Means clustering digunakan untuk merancang jaringan Hub-and-Spoke awal. Bentuk jaringan direct link kemudian diubah ke bentuk jaringan rute dengan implementasi algoritma Local Search dan model Integer Programming. Desain jaringan optimal dipilih dengan mempertimbangkan jumlah kebutuhan kendaraan. Hasil dari kedua metode menunjukkan bahwa tiga merupakan jumlah hub optimum.

In package delivery and courier services industry, delivery time is one important factor in meeting customer expectations. Delivery package services use Hub-and-Spoke network design to achieve economies of scale. Same-day delivery services can be ensured by designing network with tight travel time constraints. This study focuses in designing method that could answer the main decisions in Hub-and-Spoke network design, which are: the optimal number and locations of hubs, along with the allocations of other nodes to hubs. Travel time data were collected between every origin-destination pair. Uncapacitated Single Allocation p-Hub Median Problem and K-Means clustering methods were used to design the initial Hub-and-Spoke network. The directly linked network then transformed into a routed network by implementing Local Search algorithm and an Integer Programming model. The optimal network design was chosen by considering the number of vehicles needed. Results from both methods shown that three is the optimum number of hubs."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rayum Sonia Kuswardhani
"Pertumbuhan pasar otomotif di Indonesia membuat penjualan motor mengalami pertumbuhan sehingga produsen motorpun berlomba dengan meningkatkan kualitas dan kuantitas produksinya untuk meraih pasar yang besar. Permintaan pasar atas kuantitas motor yang tinggi ini memerlukan dukungan proses produksi yang dapat diandalkan. Salah satu bentuk dukungan proses produksi yaitu sistem informasi. Untuk memastikan proses produksi berjalan dengan baik untuk itulah dibutuhkan laporan produksi yang dapat diakses tepat waktu oleh pengambil keputusan.
Dari hasil pengamatan diketahui bahwa para pengambil keputusan seringkali tidak berada di lapangan sehingga mendapatkan sedikit sekali informasi terkait kejadian di lapangan. Salah satu masalah yang sering muncul adalah masalah minus produksi. Padahal seharusnya masalah tersebut dapat dicegah oleh pengambil keputusan dengan mengetahui informasi rinci mengenai masalah yang terdapat di lapangan sehingga dapat memecahkan masalah sebelum masalah yang sama terulang.
Oleh karena itulah pengembangan sistem informasi diperlukan pada sistem informasi monitoring proses produksi engine dengan menggunakan metode Framework Analytical System Thinking (FAST) untuk menghasilkan laporan produksi harian yang lebih cepat dan mudah diakses oleh para pengambil keputusan sehingga dapat membantu menghasilkan keputusan yang tepat dan memperkuat sistem kontrol produksi.

The growth of the automotive market in Indonesia made motorcycle sales growth, that the motor manufacturers were compete to improve their quality and quantity of production to achieve that large market. In order to fulfill the market demand of high quantity motorcycle, require the support of a reliable production process. One kind of support that the production process is information systems. To ensure the production process runs as planned need the production of reports that can be accessed timely by decision makers.
As the observation begin, those the decision makers were not always present in the field so they gets very little relevant information about the problem in the plant. For example, one problem that often arises is the problem is a minus in production quantity that reflected in the high reject rate in May 2013. Though the problem should be prevented by the decision makers know the detailed information about the problems that are in the field so as to solve the same problems before they happen.
Hence, the development of information systems required in the information system monitoring engine production process using the Analytical Framework System Thinking ( FAST ) to generate daily production reports more quickly and easily accessible to decision makers so that they can help produce the right decisions and strengthen the control system production.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S54036
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Feri Setiawan
"Transportasi dan distribusi adalah dua kegiatan penting bagi perusahaan karena melalui kegiatan ini perusahaan memenuhi kebutuhan konsumen. Salah satu solusi untuk melakukan efisiensi tersebut adalah dengan menyusun rute pengiriman yang optimal dengan mencari jarak terpendek. Vehicle Routing Problem (VRP) dikenal sebagai konsep yang dapat digunakan untuk mendapatkan rute terbaik bagi kendaraan.
Tujuan dari VRP adalah mengatur urutan rute pemberhentian dalam pengiriman sehingga menghasilkan jarak tempuh total seminimal mungkin. Tabu Search (TS) adalah salah satu solusi metaheuristik yang berbasis pada pencarian lokal. PT Kawan Lama Sejahtera adalah sebuah perusahaan penyediaan peralatan teknik, industri, dan permesinan di Indonesia. Penentuan rute pengiriman barang yang sesuai instuisi sopir menyebabkan terjadinya ketidakefisien. Guna menyelesaikan masalah pengiriman barang di Distribution Center PT Kawan Lama Sejahtera tersebut, maka dikembangkan model penyelesaian VRP dengan metode Tabu Search (TS). Dengan sistem usulan ini menghasilkan penurunan persentase sebesar 5,1 % dari sistem yang sekarang ada.

Transportation and distribution are two important activity for the company because through these activities meet the needs of enterprise customer. One solution for such efficiency is to develop an optimaldelivery route to find the shortest distance. Vehicle Routing Problem ( VRP ) is known as a concept that can be used to obtain the best route for vehicle.
The purpose of the VRP is to set the order of dismissal in the delivery route resulting in a total mileage to a minimum. Tabu Search ( TS) is one of metaheuristic solution based on local search. Kawan Lama Sejahtera,pt is a company providing engineering equipment, industrial, and machinery in Indonesia. Determination of delivery routes in accordance driver instuisi. In order to solve problem in the delivery, then the model developed by the VRP Tabu Search. With this proposed system produce a percentage decrease 4,3 % of the existing system.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2009
S52025
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Anisah Trindita Ari
"Ditengah era Globlasisasi yang terjadi saat ini persaingan bisnis menjadi semakin ketat. Perkembangan Produk dan jasa menjadi salah satu ancaman bagi perusahaan untuk bisa berusaha bertahan. Industri kemasan saat ini menjadi industri dengan prospektifitas yang tinggi, hal ini menggambarkan perusahaan harus memiliki strategi untuk mempertahankan perusahaannya baik dari segi inovasi maupun strategi produksi. PT Samudra Montaz merupakan perusahaan manufaktur yang telah berdiri sejak tahun 1974 dan bergerak dibidang produksi kemasan dengan produk yang ditawarkan berputar pada kemasan yang bersifat non rigid atau fleksibel. Dengan perusahaan menjadikan Managemen resiko pada rantai pasok menjadi fokus utama maka pengaplikasian Metode House of Risk (HOR) digunakan dalam penelitian ini. Tahapan pertama HOR adalah mengidentifikasi dan mengevaluasi risiko, sedangkan tahapan kedua adalah penciptaan strategi mitigasi risiko. Dari penelitian yang telah dilakukan, tahap identifikasi diperoleh 32 jenis risk events dan 24 risk agents. Hasil dari HOR fase 1, adalah 14 risk agents yang mencakup 80% dari diagram pareto, kemudian diurutkan berdasarkan peringkat pada Aggregate Risk Potential (ARP). Hasil dari pemrosesan HOR fase 2 adalah 15 aksi mitigasi yang, dengan 8 aksi mitigasi direkomendasikan untuk diimplementasikan terlebih dahulu berdasarkan langkah-langkah mitigasi yang mencakup 80% dari diagram pareto yang diurutkan berdasarkan peringkat pada perhitungan Efektivitas terhadap Kesulitan Rasio (ETDk).

In the midst of the globalization era that occurs, business competition becomes increasingly fierce . The Packaging Industry become one of the industries with the most prospective growth so company must have their own strategy to maintain both innovation and production strategy in order to prevent upcoming risks. PT Samudra Montaz is a manufacturing company that has been established since 1974 that produce packaging product that revolves around non-rigid or flexible packaging. With the company focusing risk management in their supply chain, the application of the House of Risk (HOR) method used in this study. The first stage of HOR is the identification and evaluation of the risk, while the second phase to made a risk mitigation strategies. From the research, the first stage obtain 32 types of risk events and 24 risk agents. The final results of the HOR phase 1 shows that there are 14 risk agents that cover 80% of the Pareto diagram. The result of the HOR 2 show that there are 15 mitigations action that proposed and with that said, there is 8 recommendation for the company to prioritazing these 8 mitigations action to be implemented based on the pareto diagram.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ershabella Christy
"Skripsi ini membahas langkah-langkah perbaikan proses bisnis dengan menggunakan metode Business Process Reengineering (BPR). Proses bisnis yang menjadi objek adalah finished good quality release di divisi Quality Food Safety. Hasil akhir dari studi ini adalah sebuah strategi bisnis yang merupakan solusi dari permasalahan yang terjadi dalam proses ini.
Dalam pencapaian solusi, dilakukan proses evaluasi, rekayasa ulang, dan perbaikan sistem ERP (Enterprise Resource Planning). Untuk memprediksi implementasi perbaikan, digunakan perangkat lunak Oracle®. Dari hasil simulasi didapatkan bahwa solusi yang diajukan dapat menurunkan process lead time dan meningkatkan kuantitas quality report yang dirilis.

The focus of this study is to conduct business process improvement using Business Process Reengineering (BPR). The objective process is finished good on time release in Quality Food Safety Division. The deliverable key of this study is some comprehensive business strategies which are the solutions of the root problems.
To achieve the goal, evaluation, reengineering, and improvement the ERP system are conducted. To visualize the predicted implementation, a simulation model is built using software Oracle®. The output of simulation showed that proposed solution could effectively reduce the process lead time and increase the number of quality release.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
S46813
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>