Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 185527 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Adrian Hanif Widodo
"Komposisi dari Top Management Team (TMT) merupakan salah satu pendorong kinerja perusahaan. Salah satu aspek kunci dalam komposisi TMT adalah pendidikan. Pendidikan dalam TMT merupakan pendorong kinerja perusahaan karena itu mendorong inovasi perusahaan dan merupakan bakat TMT untuk mengatasi tantangan yang dihadapi oleh perusahaan .Keragaman pendidikan dapat membantu kinerja perusahaan karena memberikan pemahaman yang luas untuk situasi yang kompleks. Sedikit penelitian telah dilakukan dalam memahami hubungan antara keragaman pendidikan dan kinerja perusahaan. Saya merancang hipotesis saya berdasarkan penelitian sebelumnya, dengan teori Upper Echelon sebagai landasan saya. Untuk lebih memperjelas hasil, saya memilih masa jabatan CEO sebagai variabel moderator. Untuk menjawab pertanyaan penelitian, saya merancang data set dengan Tingkat Pengembalian Aset dan komposisi TMT tahun 2017 dari 96 perusahaan Indonesia yang terdaftar dalam indeks komposit Kompas100 dan menganalisis data dengan regresi linier berganda. Walaupun hasilnya tidak dapat menunjukkan bahwa keragaman pendidikan TMT yang tinggi mengarah pada kinerja perusahaan yang lebih baik, ini berimplikasi bahwa pendidikan TMT dan masa jabatan CEO memiliki pengaruh terhadap kinerja perusahaan.

Top Management Team (TMT) composition is a driver in firm performance. One key aspect in TMT composition is education. Education in TMT is a driver in firm performance as it drives the firm`s innovation and is a resource for the TMTs to face the challenges of the firm. Education diversity can help the firm performance as it gives a wide array of understanding for complex situations. Little research has been conducted in understanding the relationship between education diversity and firm performance. I designed my hypothesis based on previous research, with Upper Echelon Theory as my foundation. To better explain the results, I chose CEO tenure as a moderating variable. To address the research question, I designed a dataset with the 2017 Return on Assets and the TMT composition of 96 Indonesian firms listed in the Kompas100 composite index and analyzed the data with multiple linear regression. While the result could not show that high TMT education diversity does lead towards a better firm performance, it has implications that TMT education and CEO Tenure does have an effect on firm performance. "
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Andreas Enrico Benarivo
"ABSTRACT
This research examined and investigated how cultural diversity among team members affects team performance. Specifically, this research scrutinized whether culturally diverse team members has an effect on team performance. A dimension from the Big Five Personality Trait, which is conscientiousness, is considered to moderate this relationship and its interaction effect with culturally diverse team members is also examined. The quantitative study was conducted with students from Rijksuniversiteit Groningen and Universitas Indonesia as samples. After the statistical analysis was executed, it is revealed that culturally diverse team members have a positive effect on team performance. However, it is also showed that conscientiousness weakens the positive effect of culturally diverse team members on team performance. Thus, this research has implications for international business, especially in hiring new graduates and tackling cultural issues arise in a team.

ABSTRAK
Penelitian ini menguji dan menginvestigasi bagaimana keberagaman budaya didalam anggota tim mempengaruhi kinerja tim. Secara spesifik, penelitian ini mempelajari lebih dalam apakah anggota tim yang beragam secara budaya memiliki sebuah efek terhadap kinerja tim. Sebuah dimensi dari the Big Five Personality Trait, yaitu ketelitian, digunakan untuk memoderasi hubungan ini dan efek interaksi dengan anggota tim yang beragam secara budaya juga diuji. Penelitian kuantitatif dilaksanakan dengan mahasiswa dari Rijksuniversiteit Groningen dan Universitas Indonesia sebagai sampel. Setelah analisa statistik dijalankan, hasilnya menunjukkan bahwa anggota tim yang beragam secara budaya memiliki efek positif terhadap kinerja tim. Tetapi, hasilnya juga memnujukkan bahwa ketelitian memperlemah efek positif dari anggota tim yang beragam secara budaya terhadap kinerja tim. Terakhir, penelitian ini memliki implikasi untuk bisnis internasional, khususnya dalam merekrut pencari kerja yang baru lulus perguruan tinggi dan menangkal isu bersifat budaya yang muncul didalam tim."
2017
S69941
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Shabrina Izazi Anwar
"Karya tulis ini meneliti bagaimana budaya dapat mempengaruhi manusia dalam memiliki preferensi tertentu untuk bekerja dalam tim. Untuk lebih spesifik, apakah kolektivisme kelompok anggota dalam memiliki efek pada preferensi untuk kerjasama tim dengan kelompok anggota luar. Salah satu sifat kepribadian, yaitu keterbukaan pikiran, dianggap dapat memoderasi hubungan ini. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan mahasiswa internasional dari University of Groningen dan Universitas Indonesia sebagai sampel. Setelah analisis dijalankan, terungkap bahwa budaya dan sifat kepribadian tidak berpengaruh terhadap preferensi untuk memilih anggota tim. Dengan demikian, hasil penelitian ini dapat memberi implikasi untuk praktek manajerial, salah satunya adalah manajer harus melihat lebih jauh dari factor budaya dan kepribadian dalam mengelola tim multikultural.

This research examined how culture might affect people in having certain preference for teamwork. To be specific, whether collectivism in in groups members has an effect on the preference for teamwork with out groups members. A personality trait, which is open mindedness, is considered to moderate this relationship. The study was conducted using international university students of University of Groningen and University of Indonesia as samples. After the analysis was run, it is disclosed that culture and personality trait does not matter in selecting teamwork members. Thus, this has implications for managerial purpose, one of them being managers should look further from cultural and personality factors in managing multicultural teams.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
S68169
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Weiss, Donald H.
"Here?s a step-by-step process to recruit, empower and lead teams. How to Build High-Performance Teams focuses on the how-to keys of team-building?from recruiting the right team members to truly empowering them with authority and responsibility for their decisions and performance. You?ll understand how to build trust, confidence, and group work skills, balancing and fine-tuning the team process as you go. You'll learn how to: ? Build and manage teams that live up to their promise of higher productivity and greater problem-solving ability ? Maximize team productivity by encouraging group discussion and problem-solving ? Overcome organizational, management and employee barriers to teamwork ? Manage interpersonal conflicts among team members. This is an ebook version of the AMA Self-Study course. If you want to take the course for credit you need to either purchase a hard copy of the course through amaselfstudy."
New York: [American Management Association;, ], 1991
e20440437
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Ichsan Malik
"Variasi individu-individu anggota kelompok kerja serta interaksi individu di dalam kelompok diyakini merupakan faktor yang mempengaruhi produktifitas kelompok. Studi ini berupaya untuk melakukan identifikasi dan mendeskripsikan tentang pengaruh dari keanekaragaman atau neterogenitas. Keragaman atau nomogenitas anggota kelompok kerja serta keterikatan individu-individu untuk tetap berinteraksi di dalam kelompok atau kohesititas kelompok ternadap produktifitas kelompok.
Pada studi ini, 30 orang aktifis Lembaga Swadaya Masyarakat yang berasal dari 8 organisasi yang bergerak dalam kegiatan penanggulangan masalan remaja dan pengembangan masyarakat di Bandung, Jawa Barat digunakan sebagai subyek. Mereka merupakan pengurus inti dari organisasi dan telah 1 tahun atau lebih, aktif mengembangkan program di organisasi.
Studi dilakukan dengan metoda eksperimen lapangan. Data dianaiisa dengan menggunakan analisa statistik non parametik. Hasil anaiisis varian ranking satu arah menunjukkan, bahwa keanekaragaman anggota kelompok kerja Serta keterikatan individu-individu untuk tetap berinteraksi di dalam kelompok berpengaruh secara signifikan terhadap produktiritas kelompok kerja.
Hasil analisis ranking bertanda untuk data berpasangan mendapatkan, bahwa kelompok kerja heterogen kohesif secara signifikan lebih produktif dibandingkan kelompok kerja homogen yang kohesit. Hasil ini menunjukkan bahwa kelompok kerja yang keanggotaannya beraneka ragam, anggota kelompoknya berasal dari beberapa organisasi, Serta merasa terikat untuk tetap berinteraksi guna mencapai tujuan kelompok, akan jauh lebih produktif dibandingkan kelompok kerja yang anggota kelompoknya berasal dari satu organisasi.
Ada satu hal yang menarik sebagai hasil dari penelitian ini yaitu faktor kohesifitas kelompok ternyata tidak berpengaruh terhadap produktiiitas yang anggota-anggota kelompoknya berasal dari satu organisasi.Namun Studi ini masih perlu lebin dipertajam dan diperluas, dimana kelompok kerja yang diteliti diperbanyak dan di bandingkan kelompok kerja yang misi dan programnya juga berbeda-beda."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 1994
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Maharani Puspasari
"Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan feedback environment para anggota tim yang nantinya diharapkan akan dapat meningkatkan kualitas team member exchange sehingga nantinya diharapkan kerjasama antar anggota dalam tim meningkat. Berdasarkan data awal yang diperoleh, diketahui bahwa kerjasama tim pada PT.X masih perlu untuk ditingkatkan. Salah satu hal yang dapat menyebabkannya adalah feedback environment yang belum mendukung terjadinya pertukaran umpan balik antar anggota tim, sehingga dapat menyebabkan kualitas hubungan antar anggota tim menjadi kurang baik, hal ini dapat mengarah kepada kinerja tim yang kurang optimal. Untuk mengetahui apakah asumsi peneliti benar, dilakukan penelitian untuk melihat korelasi antara feedback environment dengan kualitas team member exchange.
Hasil menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara feedback environment dan kualitas team member exchange. Berdasarkan hal tersebut, peneliti berusaha untuk meningkatkan feedback environment melalui pemberian pelatihan team building. Untuk mengetahui efek dari pelatihan team building ini, peneliti membandingkan skor alat ukur feedback environment (Steelman, Levy & Snell, 2004) dan kualitas team member exchange (Seers, Petty & Cashman, 1995) antara sebelum dan setelah pelatihan team building. Hasil menunjukkan bahwa pelatihan team building yang diberikan belum berhasil untuk meningkatkan feedback environment dan kualitas team member exchange.

This research is aimed to improve feedback environment poses by team member. By improving feedback environment, researcher assume there will be improvement on team member exchange quality, so team performance will improve also. Based on initial data, result showed that at PT.X, the teamwork still need to improve. One of the reason is the feedback environment poses by team member didn't support feedback exchange between team members, thus it can cause poor team member exchange quality which affect poor team performance. To determine whether the assumption is true, researcher correlates the feedback environment and team member exchange quality.
Result showed that there is a significant and positive correlation between feedback environment and team member exchange quality. Therefore, the researcher improves the feedback environment by giving team building training for PT.X employees. To determine the effect of the training, researcher compare the feedback environment (Steelman, Levy & Snell, 2004) and team member exchange (Seers, Petty & Cashman, 1995) inventory score of before and after the training. Result showed that the training haven't improve whether the feedback environment nor team member exchange quality.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2012
T31841
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Stamatis, Diomidis H.
"Contents: The need for quality performance -- Leadership -- Execution -- Innovation -- People and quality -- Time management -- Engagement -- Team building -- Quality operating system -- Advanced quality planning.
"
Boca Raton: CRC Press, 2012
658.4013 STA t
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Maria Agnes Imelda Wulandari
"ABSTRAK
Institusi X merupakan institusi pendidikan non gelar yang terus berusaha untuk menjadi salah satu yang terbaik dalam dunia pendidikan non gelar di Indonesia. Dengan visi untuk menjadi referensi dan preferensi bagi mitra bisnis dan karyawannya, institusi X berupaya menangkap permintaan pasar dengan menawarkan program pengembangan sumber daya manusia yang siap digunakan di tempat kerja yang mendukung kinerja perusahaan. Tidak tercapainya target pada tahun 2015 serta pensiunnya dua manajer senior secara bersamaan tanpa ada kader turut berperan dalam mempercepat terjadinya restrukturisasi dalam institusi X. Masalah berkembang ketika tim kerja yang baru ini harus memformulasikan SOP untuk timnya. Ketidakjelasan tugas, peran, kurangnya arahan dan pengawasan, serta terhambatnya komunikasi dalam tim karena komposisi tim yang kurang tepat membuat penugasan SOP semakin sulit. Di saat bersamaan, pimpinan sebagai salah satu faktor yang berperan dalam proses pengembangan tim diperlukan untuk mendorong dan memotivasi tim terkait dengan restrukturisasi yang dilakukan. Rancangan intervensi yang diajukan untuk meningkatkan efektivitas tim adalah dengan workshop dan kegiatan mentoring mengenai tugas, peran, dan SOP kepada tim yang direstrukturisasi.

ABSTRACT
Institution X is a non-degree educational institution that strives to be one of the best in the fields of the non-degree education in Indonesia. With a vision to become a reference and preference for business partners and employees, Institution X attempts to capture the market demand by offering human resource development program that is ready to be used in the workplace to support the company's performance. Not achieving its targets in 2015, and the retirement of its two senior managers at the same time without regeneration are some factors to speed up the restructuring process. Problems appear when the new working team has to formulate its own SOP. Unclear tasks, ambigous roles, lack of direction and supervision, and the ineffective communication within the team formulating the SOP assignment makes it more difficult to realize the team effectiveness. At the same time, leadership as one of the factors that plays an important role in the development process of the team is required to encourage and motivate the team members related to the restructuring. The design of interventions is proposed to improve team effectiveness by providing workshops and mentoring activities regarding the tasks, roles, and SOP to the restructured team.
"
2016
T45787
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Daniel Agung Pratama
"This research aims to study about team learning behavior in work environment. Using primary data from 74 employees, the author predicted that self efficacy has effect on team learning and mediated by individual learning, and team cohesiveness can promote learning behavior of team members. The samples are majorly Indonesians who work in wide variety of job sectors.
The results showed that individual learning mediates the positive relationship between self efficacy and team learning. However, team cohesiveness was not found to be able to promote learning behavior. The author deeply discussed how these partially supporting results could happen. Moreover, the author also discussed how this study could contribute to existing knowledge and organizational practice.

Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari tentang perilaku team-learning dalam konteks pekerjaan. Dengan menggunakan data primer dari 74 pekerja, penulis memprediksi bahwa kekompakan tim akan mempunyai efek kepada team-learning dan termediasi oleh individual learning, dan kekompakan tim bisa mendorong perilaku pembelajaran dari anggota tim. Sebagian besar dari sampel adalah orang Indonesia yang bekerja di sektor pekerjaan yang beragam.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa individual-learning memediasi hubungan positif antara efikasi diri dan team-learning. Namun, penelitian ini tidak bisa membuktikan bahwa kekompakan tim bisa mendorong perilaku pembelajaran. Penulis akan secara mendalam mendiskusikan bagaimana hasil signifikan dan tidak signifikan ini bisa terjadi. Lebih lagi, penulis juga akan membahas bagaimana studi ini bisa memberi kontribusi terhadap literatur serta praktis.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Seruni Arifah Putri
"Tingginya pertumbuhan tenaga kerja di perusahaan e-commerce diakui oleh Asosiasi E-commerce Indonesia, seiring dengan tingginya pengunduran diri karyawan. Oleh karena itu, komitmen karyawan merupakan masalah yang harus dihadapi oleh perusahaan e-commerce. Affective organizational commitment dapat ditingkatkan dengan meningkatkan work engagement, yang dapat meningkat jika perusahaan memiliki tempat kerja yang menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kesenangan di tempat kerja terhadap affective organizational commitment yang dimediasi oleh psychological capital dan work engagement. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif melalui model persamaan struktural terhadap 260 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa workplace fun tidak secara langsung mempengaruhi affective organizational commitment. Selain itu psychological capital berpengaruh negatif signifikan sementara work engagement berpengaruh positif signifikan dalam memberikan pengaruh tidak langsung antara workplace fun dan affective organizational commitment. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan baru bagi perusahaan e-commerce dan praktisi pada umumnya tentang bagaimana meningkatkan affective organizational commitment karyawan dengan menyediakan workplace fun.

The high growth of the workforce in e-commerce companies is admitted by the Indonesian E-commerce Association, along with high employee turnover. Therefore, employees’ affective organizational commitment is an issue that e-commerce companies must face. Affective organizational commitment can be improved by increasing work engagement, which can increase if the company has workplace fun. This study aims to determine the effect of workplace fun on affective organizational commitment mediated by psychological capital and work engagement. This study used a quantitative approach through the structural equation model to 260 respondents. The results showed that workplace fun has not directly affected affective organizational commitment. Psychological capital was negatively significant meanwhile work engagement was positively significant in providing an indirect effect between workplace fun and affective organizational commitment. This study is expected to provide new insight for e-commerce companies and practitioners in general about how to improve employees’ affective organizational commitment by providing workplace fun."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>