Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3970 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Lopulalan, Aulia Zita
"Sains dan teknologi memiliki peranan penting dalam kehidupan sehari-hari. Tidak hanya sebagai pengetahuan umum, namun juga menjadi dasar berpikir hingga penentu dalam pengambilan keputusan. Pemahaman akan sebuah konsep atau fenomena alam akan membantu dalam proses pengambilan keputusan baik di tingkat individu maupun yang paling luas, negara. Meski penting, belum banyak media berbahasa Indonesia yang secara serius mencoba menghadirkan sains dan teknologi dengan cara menarik dan kekinian. Berangkat dari situasi dan potensi yang ada, dirasa perlu  adanya sebuah podcast berita sains yang membahas kesehatan, pelestarian lingkungan, perkembangan teknologi, antariksa, dan penjelasan ilmiah akan fenomena sehari-hari.

Science and technology have an important role in everyday life. Not only as general knowledge, but also a basis for thinking up to the point in decision making. Understanding of a concept or natural phenomenon will help in the decision making process both at the individual and broadest level, the state. Although important, not many Indonesian-language media are seriously trying to bring science and technology in an interesting and up-to-date way. Departing from the existing situation and potential, it was felt the need for a science news podcast that discussed health, environmental preservation, technological development, space, and scientific explanations of everyday phenomena."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2020
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Abshar Aryun
"Media podcast tengah berkembang menjadi media berbasis suara yang semakin populer. Semakin bertambahnya jumlah podcaster dan jumlah pendengar podcast di Indonesia, juga semakin menumbuhkan banyaknya konten dan segmen yang diproduksi. Hal tersebut menjadi salah satu indikator bahwa media ini dapat menjadi media periklanan yang potensial. Tulisan ini akan mendeskripsikan bagaimana podcast berkembang dengan kemungkinannya di masa yang akan datang. Melalui studi pustaka dan wawancara terhadap lima narasumber, ditemukan bahwa setiap orang memiliki pengalaman unik yang diperoleh saat seseorang mengonsumsi podcast. Pendengar dapat terpengaruh oleh konten podcast hingga taraf tertentu, sesuai dengan motif dari dirinya ketika ingin menggunakan media podcast.

Podcast as a media had underwent massive development. This audio based media had garnered the increase of podcaster and listener in Indonesia through the recent years, crafting more variation on the content. The argument supports the potential of what podcast has to offer as an advertising media. This article defines on how podcast develops and what potential does it have through the upcoming years. By literature review and interviews, this article has the findings that everyone has their own unique experiences when they are listening to a podcast. Listeners could get affected by a content to some extent, in accordance to the motives by tuning in to a podcast media itself.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2018
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Abi Mulya
"ABSTRAK
Punk merupakan cabang dari genre musik rock. Musik ini lahir pada tahun 1970-an sebagai bentuk perlawanan terhadap kondisi sosial dan politik di Inggris. Seiring berjalannya waktu, punk tersebar ke berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia.Di sisi lain, punk sering diberi stigma negatif oleh media. Ekspos yang dilakukan media terhadap musik punk pun cenderung sedikit akibat musiknya yang lebih sulit diterima telinga masyarakat umum. Lahasil, informasi musik punk pun lebih sulit ditemukan dibandingkan musik yang lain. Kini, walaupun informasi musik punk sudah bisa ditemui di berbagai media daring, termasuk di Indonesia, konten-kontennya tetap memiliki beberapa kekurangan. Selain itu, hanya sedikit media yang memberi ruang bagi penggemar atau pegiat musik punk untuk mempublikasikan konten buatan sendiri. RIUH adalah portal berita daring yang membahas musik dan fokus pada musik punk serta turunannya. Pembahasan yang diangkat tak hanya berkutat pada punk dari segi musik, tetapi juga kaitannya dengan isu-isu sosial dan budaya yang ada. Tak hanya menyajikan informasi, media ini juga memfasilitasi khalayak membuat dan membagikan kontennya sendiri dalam kanal yang telah disediakan. Nantinya, situs media ini dapat menjadi wadah interaksi dan bertukar informasi bagi individu maupun kelompok yang menyukai musik punk.

ABSTRACT
Punk is a branch of the rock music genre. This music was born in the 1970s as a form of resistance to social and political conditions in Britain. Over time, punk spread to various parts of the world, including Indonesia. On the other hand, punk was often given a negative stigma by the media. The media exposure to punk tends to be a little due to the music which is more difficult for the general public to hear. As a result, punk music information is more difficult to find than other music. Now, even though information about punk music can already be found in various online media, including in Indonesia, the content still has some inadequacy. In addition, there are only few media that provides space for fans or punk music activists to publish their own content. RIUH is an online news portal that discusses music and focuses on punk music and its derivatives. The discussion raised not only dwells on punk in terms of music, but also its relation to existing social and cultural issues. Not only presenting information, the media also facilitates audiences to create and share their own content within the channels that have been provided. Later, media sites can become a forum for interaction and information exchange for individuals and groups who like punk music
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2019
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Prabarini Kartika
"ABSTRAK
Sebanyak 34,9% masyarakat Indonesia sudah memanfaatkan internet dengan 18% penggunanya adalah mahasiswa. Jurnalisme 2.0 saat ini membuat masyarakat dapat berinteraksi langsung dengan produsen berita. Praktik jurnalisme saat ini sudah mengedepankan penggunaan foto, audio, video, animasi, infografis, dan teks dan media online dapat menggabungkan semua aspek tersebut. Indonesia dibanjiri situs olahraga tetapi didominasi oleh situs olahraga sepakbola. Tidak ada situs yang khusus membahas olahraga seputar kampus. Padahal, menurut hasil wawancara mendalam, kegiatan olahraga kampus perlu diliput media sehingga atlet kampus merasa diapresiasi. Untuk menjawab permasalahan tersebut, maka dikembangan prototype portal berita olahraga kampus bernama ?Sports & Beyond?. Target primer media ini adalah penggemar olahraga yang ada di universitas seluruh Indonesia dengan mempertimbangkan jangkauan internet di kota besar Indonesia, target sekundernya adalah masyarakat Indonesia. Segmentasi demografis berusia 16-23 tahun, berjenis kelamin laki-laki dan perempuan, dan memiliki SES A-B-C. Dari sisi anggaran, Sports & Beyond akan mencapai Break Even Point (BEP) pada tahun kedua bulan ke-tiga.

ABSTRACT
As much as 34,9% Indonesian uses internet on a daily basis with 18% of that sum being university students. Journalism 2.0 makes it possible for the pubic to have a direct interactions news producer. Journalism practice nowadays has encouraged the uses of photos, audios, videos, animation, infographics, and texts, with internet, all of those means can be combined. Indonesia is flooded with sports related sites which most of the contents are about Football. There are, however, no sport sites which focuses on college sports activities. Whereas, according to the result of our in-depth interviews, sports activities in college needs to be covered by the media in order for the athletes to be appreciated. To answer the problem, the prototype that are being developed is a type of news portal named Sports & Beyond. This news portal is chosen based on our research that has been spread to 50 respondents. The prime target of this media is sport fans in universities in Indonesia with the consideration of internet reach in big cities in Indonesia, the secondary target is the public in Indonesia. The segmented demography is male and female that has SES A-B-C at the age of 16-23 years. Looking from budgeting, Sports & Beyond will reach its Break Even Point (BEP) in the second year on the third month.
"
2016
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Ketut Yoga Yudistira
"ABSTRAK
Analisis Situasi Kualitas berita pada portal berita online begitu memprihatinkan. Informasi yang disampaikan seringkali sulit dipahami karena tidak kronologis, tak akurat dan kurang mendalam, karena terlalu mengejar kecepatan. Jenis media online lain seperti e-magazine belum mampu mengatasi permasalahan tersebut karena interval terbitnya yang terlalu lama meskipun kualitas beritanya sudah baik. Kanal berita
YouTube Singkat Kata mencoba menjawab permasalahan tersebut dengan menjadi platform yang menjelaskan berita-berita secara mendalam, mendidik dan berkualitas dengan waktu yang relatif cepat dibandingkan e-magazine.
Manfaat dan Tujuan Pengembangan Prototipe Manfaat bagi khalayak: Media informasi bagi masyarakat
untuk mendapatkan penjelasan berita yang bersifat mendidik, menghibur dan edukatif.
Manfaat bagi pengelola: menjadi pelopor pada bidang jurnalisme yang mendidik di Indonesia
Tujuan: Memnyajikan berita yang mencerdaskan dan mendidik bagi publik.
Prototipe yang Dikembangkan Kanal YouTube Singkat Kata menyajikan video berdurasi dibawah 5 menit dengan target 3 video perminggunya. Video berisikan penjelasan tentang isu atau peristiwa terkini sehingga mudah diikuti dan dipahami oleh khalayak. Target khalayak adalah pengguna internet yang aktif membaca berita online,berusia 18-45 tahundengan SES A dan B.
Evaluasi
 Riset Pasar Khalayak (Input) dilakukan dengan menyebar kuesioner online kepada 30 responden dengan metode purposive sampling
 Media pre-test dilakukan menyebar kuisioner online kepada 50 responden setelah menyaksikan prototipe.
 Evalusi media, berupa analisis traffic (internal) dan pengisian kuisoner online (eksternal)
 Evaluasi output dilakukan dengan menyebarkan kuesioner online kepada 50 responden yang sudah
menonton konten dari Kanal YouTube Singkat Kata. Selain itu dilakukan juga analisis melalui YouTube
analytics.
 Evaluasi outcome dilakukan dengan menyebarkan kuesioner online kepada 50 responden yang sudah menonton konten dari Kanal YouTube Singkat Kata.
Anggaran
Anggaran pembuatan prototipe: Rp60.000
Rencana anggaran operasional perbulan: Rp48.200.000
Perkiraan rugitahun pertama: (Rp382.221.250)
Perkiraan laba tahun kedua: Rp838.387.500
Perkiraan laba tahun ketiga: Rp3.976.205.000
BEP (Break Even Point) akan dicapai pada tahun kedua bulan keempat

ABSTRACT
Situation Analysis The quality of online news portal is concerning. Presentation of information often hard to understand because not chronologically served, not accurate and have minimum depth, because they prefer speed over quality. Another online news type, like e-magazine still hasn’t answered the problem,
because although the quality is good, but their publishing interval often too long, compared to online news portal. YouTube Channel Singkat Kata try to answer the problem, by being the platform that explains news educationally, in-depth and with quality content, that publishes content faster than emagazine.
Benefit and Objective of Prototype Development
Benefit for public: source of information to get the
explanation of news that educate and entertain the public.
Benefit for: become a pioneer of explanatory journalism in
Indonesia.
Objective: to educate the public with delivery of high quality
news.
The Developed Prototype
YouTube Channel Singkat Kata serve under 5 minute videos with the target of 3 videos released each week. The video will contain explanation of latest news so it could be easier for public to follow and understand the latest news. The target audience is internet user in Indonesia that active reading online news and aged between 18-45. The SES are A and B.
Evaluation
 Audience Market Research (Input) will be done by online questionnaire to 30 respondents with purposive sampling method.
 Media pre-test will be done by online questionnaire to 50 respondents after watching the prototype.
 Media evaluation will be done by traffic analysis (internal) and online questionnaire (external).
 Output evalution will be done by online questionnaire to 50 respondents after watching the contents of Singkat
Kata YouTube channel.Other than that, there will be analysis by using YouTube analytics.
 Outcome evaluation will be done by online questionnaire to 50 respondents after watching the contents of Singkat Kata YouTube channel.
Budget
Prototype production cost: Rp60.000
Monthly operational budget: Rp48.200.000
Estimated loss for the first year: Rp-382.221.250
Estimated profit for the second year: Rp838.387.500
Estimated profit for the third year: Rp3.976.205.000
BEP (Break Even Point) will be achieved at fourth month in second year."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2015
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Sifa Maulida
"ABSTRAK
Analisis Situasi Perkembangan teknologi dan penggunaan internet dalam kehidupan manusia semakin meningkat. Banyak yang menganggap bahwa perkembangan teknologi dan semakin pesatnya penyebaran informasi melalui internet ini memberikan dampak negatif kepada anak-anak. Bidang jurnalisme yang juga turut berkembang sedikit menepis anggapan tersebut. Situs berita untuk anak dapat menjadi cara pemanfaatan internet tanpa perlu khawatir banyak dampak negatif yang akan diterima.Manfaat dan Tujuan Pengembangan PrototipeMembantu anak-anak untuk akrab dengan jurnalisme dan teknologi, serta memberikan informasi sesuai kebutuhand an keinginan anak-anak. Tujuannya adalah untuk memberikan alternatif wahana belajar yang menarik, menyenangkan, dan tetap mendidik.Prototipe yang DikembangkanSitus Dunia Anak adalah situs berisi berita dan informasi yang ditujukan untuk anak-anak berusia 10-14 tahun. Situs ini dapat diakses melalui alamat situs www.dunia-anak.net. Berita dan informasi yang disajikan mulai dari bidang pendidikan, teknologi, seni, olahraga, wisata, juga inspirasi. Situs Dunia Anak juga akan diisi oleh galeri foto dan video. Sebagai bentuk interaktivitas, pembaca dapat mengirim kritik atau saran tentang konten ataupun tampilan situs melalui kontak yang disediakan atau kolom komentar di setiap artikel yang ada.EvaluasiPre-test akan dilakukan sebelum situs diluncurkan dengan menyebarkan kuisioner langsung kepada khalayak. Evaluasi khalayak hampir sama dengan pre-test dilakukan untuk melihat kepuasan khalayak terhadap situs. Evaluasi input, output, dan outcome akan dilakukan dengan analisis laporan divisi serta survei khalayak setiap empat bulan. AnggaranAnggaran Pembuatan Prototipe : Rp 1.670.000Investasi Awal : Rp 52.700.000Total Pengeluaran Bulanan : Rp 60.800.000Total Pengeluaran 1 Tahun : Rp 780.900.000Perkiraan Pendapatan Tahun Pertama : Rp 713.250.000Perkiraan Pendapatan Tahun Kedua : Rp 1.490.400.000.

ABSTRACT
Situation AnalysisThe development of technology and the internet usage are increasing in society. People consider that the development of technology and a more rapid spread of information through the internet give a negative impact to the children. The evolved journalism dismisses the notion. News site for children can be a utilization of internet without worrying about many negative impacts that would be accepted by children.Benefits and Goals of Developing PrototypeTo help children be familiar with journalism and technology, also to provide information that fits children rsquo s needs. The objective is to provide an alternative medium to study in interesting, fun, and educating ways.Developing PrototypeDunia Anak is a news and information site for 10 14 years old children. Dunia Anak can be accessed at www.dunia anak.net. The news and information provided are about education, technology, art, sport, travel, and inspiration. Dunia Anak also provides photos and videos. As a form of interactivity, readers can send criticisms or suggestions about the content or appearance of the site through the contact provided or comments column on each article there.BudgetingProtoype development budget Rp 1.670.000Initial invesments Rp 52.700.000Total monthly expenses Rp 60.800.000Expenses in a year Rp 780.900.000Predicted income first year Rp 713.250.000Predicted income second year Rp 1.490.400.000 "
2016
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Idke Dibramanty Yousha
"ABSTRAK
Bagian 1 Analisis Situasi: Perkembangan teknologi internet membawa peralihan bentuk media massa dari media konvensional cetak, siar, dan radio ke sebuah bentuk yang tak terhalang waktu dan tempat, yaitu media online. Namun belum ada media berita online Indonesia yang secara khusus meliput permasalahan seputar konten dalam bacaan media/teks yang dikonsumsi anak sebagai salah satu kebutuhan parenting orangtua. Bagian 2 Manfaat dan Tujuan Pengembangan Prototipe: Menjadi wadah bagi orangtua terutama ibu untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya peran orangtua dalam mendampingi konsumsi media anak. Tujuannya memberi informasi seputar isu-isu penting terkait media dan anak kepada orangtua terutama ibu secara mendalam, interaktif, serta komprehensif. Bagian 3 Prototipe yang Dikembangkan: Situs Lit Moms adalah situs berisi berita serta informasi yang ditujukan kepada para ibu yang memiliki anak yang sedang menempuh tingkat pendidikan PAUD hingga SD. Situs dapat diakses melalui alamat www.litmoms.com. Berita pada situs mencakup berbagai isu seperti pendidikan, sosial budaya, gender, dan lainnya. Berita ditampilkan dalam bentuk artikel news feature, feature, dan soft news dengan multimedia seperti video, audio, slideshow, infografis. Bagian 4 Evaluasi: Pre-test dilaksanakan melalui penyebaran kuesioner kepada khalayak secara online. Evaluasi khalayak akan dilakukan dengan cara yang sama untuk mengetahui kepuasan khalayak terhadap situs. Evaluasi input, output, serta outcome dilakukan dengan survey khalayak dan analisis laporan divisi. Bagian 5 Anggaran: Anggaran Pembuatan Prototipe: Rp 1.500.000,00. Investasi Awal: Rp 47.964.000,00Total Pengeluaran Bulanan: Rp 74.750.000,00. Total Pengeluaran 1 Tahun: Rp 963.000.000,00. Perkiraan Pendapatan Tahun Pertama: Rp 752.715.000,00Perkiraan Pendapatan Tahun Kedua: Rp 1.476.792.000,00.

ABSTRACT
Part 1 Situation Analysis: The development of internet brings us to a new era where online media rules over the conventional mass media print, radio, and television. Yet only a number of online news portals in Indonesia have covered the issue of children and their media consumption, though it is one of the biggest parenting concerns nowadays. Part 2 Benefits and Goals of Prototype: To help parents, especially moms, raise their concern about the importance of parental guidance in children rsquo s media consumption. The goal is to provide information about current issues that affects children deeply in an interactive and in depth way. Part 3 Developing Prototype: Lit Moms is a news site for moms of children who are in kindergarten and elementary school age. Lit Moms could be reached at www.litmoms.com. The news provided in Lit Moms varies from education, social and culture, gender, and many more and how each and every one of them affect children rsquo s media use. News would be presented in news feature article, feature, and soft news with multimedia features such as video, audio, slideshows, and infographics. Part 4 Evaluation: The pre test would be conducted by distributing online questionnaires to the audience shortly after the site launched. Evaluation will be conducted with a same method to see audience satisfaction. While input, output, and outcome evaluation would be done by surveys, Focus Group Discussion FGD, and report analysis. Part 5 Budgeting: Prototype Development Rp 1.500.000,00Initial investments Rp 47.964.000,00Total Monthly Expenses Rp 74.750.000,00. Total Annual Expenses Rp 963.000.000,00. First Year Income Prediction Rp 752.715.000,00Second Year Income Prediction Rp 1.476.792.000,00 "
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2017
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Adi Imam Taufik
"Studi ini mengkaji referensi interlokutor (interlocutor reference) dalam percakapan pada podcast. Sumber data penelitian ini adalah podcast Close the Door yang dipandu oleh Deddy Corbuzier. Data yang dicermati berjumlah 115 referensi interlokutor. Teori yang digunakan pada tulisan ini ialah Using Language yang ditulis oleh Herbert H. Clark (1996) dan address term yang digagas oleh Brown dan Gilman (1960). Tujuan penelitian ialah menjelaskan referensi interlokutor dalam percakapan pada podcast. Berdasarkan pencermatan awal, tampaknya referensi interlokutor yang digunakan dalam sekuens ujaran bervariasi. Oleh karena itu, untuk memberikan gambaran karakteristik interlokutor pada podcast, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penutur bahasa menggunakan referensi interlokutor ragam santun dan akrab kepada mitra tutur yang sama dalam sekuens (urutan) percakapan yang sama. Contohnya, penutur menggunakan referensi interlokutor Mr. Nadiem Makarim, Elu, Bro, Bos, Brother kepada mitra tutur yang sama dan dalam sekuens ujaran yang sama. Selain itu, ditemukan penggunaan referensi interlokutor Gus, Gus Yakut dan Anda kepada mitra tutur yang sama dan dalam sekuens ujaran yang sama. Penggunaan referensi interlokutor yang beragam ini memperlihatkan adanya konsep deferensial yang digunakan oleh penutur bahasa. Konsep deferensial ini dimaknai sebagai strategi yang dilakukan penutur untuk menunjukkan rasa hormat, santun dan akrab kepada mitra tuturnya.

This study examines interlocutor reference in conversation on Close the Door podcast hosted by Deddy Corbuzier. The data source of this research consist of 115 instances of interlocutor reference. The theoritical framework used in this paper is Using Language proposed by Herbert H. Clark (1996) as well as the address terms proposed by Brown and Gilman (1960). The aim of the study is to describe interlocutor reference in coversation on the podcast. Based on initial observations, it appears that the interlocutor reference used in speech sequences varies. Therefore, further research is needed to provide a picture of interlocutor characterisctics on the podcast. The results show that speaker use polite and familiar interlocutor references for the same conversational partner in the same speech sequence. For example, speakers use interlocutor reference such as Mr. Nadiem makarim, Elu, Bro Bos, and Brother in the same speech sequences. In addition, the use of interlocutor rreference such as Gus, Gus Yaqut, and Anda in the same speech sequences was also found. The use of diverse interlocutor references indicates deferential concept among speakers. Deferential concept in conversations refer to the strategies used by the speakers to show respect, politeness, and familiarity to their conversational partners."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2023
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Fira Prameswari Fatihalda
"Saat ini jumlah media bertema lingkungan di Indonesia hampir tidak ada. Situs yang membahas mengenai gaya hidup ramah lingkungan masih terbatas pada situs resmi NGO maupun channel youtube perorangan yang peduli terhadap isu lingkungan dan tidak menyajikan informasi setiap hari. Dari segi media jurnalistik di Indonesia, belum ada situs berita yang spesifik membahas gaya hidup ramah lingkungan setiap hari.
Porsi pemberitaan lingkungan di media arus utama pun belum menjadi prioritas. Ekspos yang disajikan pihak media kebanyakan hanya mengungkapkan akibat dan dampak dari kerusakan lingkungan. Problem fundamental yang menyebabkan degradasi ekologis sangat langka dijadikan prioritas agenda pemberitaan. Boleh dikatakan bahwa pihak media lebih dominan menunjukkan sikap reaktif yang bersifat sesaat, seperti isu politik, ekonomi dan demokratisasi dan memarginalkan isu-isu dan persoalan lingkungan hidup.
Portal media berita daring yang khusus tentang gaya hidup ramah lingkungan akan bermanfaat bagi khalayak urban masa kini yang tertarik dan menerapkan gaya hidup ramah lingkungan. Di samping itu, pengelola juga akan mendapatkan manfaat jika media berita ini dapat terealisasi menjadi produk yang nyata. Sedangkan tujuannya adalah menjadi pilihan utama khalayak yang ingin mendapat informasi mengenai penerapan gaya hidup ramah lingkungan di Indonesia.

At present there are almost no specific media that discuss the eco-lifestyle in Indonesia. In Indonesia platforms that discuss eco-lifestyle can only be accessed on the official NGO website and individual YouTube channels that care about environmental issues but they don't produce daily information. there is no journalistic media in Indonesia with an eco-lifestyle theme.
In the mainstream media, the topic of eco-lifestyle is not a priority. The effects of environmental damage are more widely reported. Fundamental problems that cause ecological degradation are very rare to be prioritized in the news agenda. It can be said that the mainstream media shows more temporary reactive attitudes, such as political, economic and democratization issues. While they marginalize environmental issues.
Online news media portals that are specialized in eco-lifestyle will benefit today's urban society, that interested in and implementing an eco-lifestyle. In addition, managers will also benefit if this news media can be realized into a real product. While the goal is to be the first choice of the public who want to get information about implementing an eco-lifestyle in Indonesia.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2020
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>