Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 68259 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Nathanael Antonius
"Keterbatasan rumah sakit dalam memberikan layanan langsung kepada pasien menjadi tantangan untuk memberikan layanan kesehatan yang memadai, responsif, dan bersifat jarak jauh. Penyakit kardiovaskular merupakan penyakit dengan tingkat kematian terbanyak di dunia yang perlu ditangani secara cepat. Penelitian ini bertujuan merancang proses pemantauan pasien kardiologi secara jarak jauh untuk mempercepat waktu respons rumah sakit kepada pasien dalam keadaan darurat serta waktu proses kontrol dan terapi kardiologi melalui implementasi Internet of Things (IoT). Business Process Reengineering (BPR) dan manajemen sistem informasi (MIS) digunakan untuk memperbaiki dua proses layanan pasien kardiologi yaitu, layanan kontrol dan terapi, serta layanan Instalasi Gawat Darurat (IGD) kardiologi. BPR memodelkan dan menyimulasikan enam skenario perbaikan layanan kontrol dan terapi, serta tiga skenario perbaikan layanan IGD kardiologi. Selanjutnya, perancangan MIS dibuat melalui entity relationship diagram (ERD), relational database, use case diagram, dan data flow diagram. Hasil simulasi menunjukkan bahwa perbaikan layanan kontrol dan terapi terbaik adalah skenario implementasi penerapan rekam medis elektronik, relational database, perangkat Remote Patient Monitoring (RPM), serta penambahan karyawan rumah sakit dengan peningkatan kapasitas 52,94% dan pemangkasan waktu layanan 21,70%. Skenario perbaikan layanan IGD kardiologi terbaik dicapai dengan memanfaatkan teknologi multiple vital detection, penerapan perangkat RPM, dan relational database dengan pemangkasan waktu respons 11,89%.

The hospital inability to serve the patients directly is a challenge for hospitals to provide adequate, responsive and remote health services. Besides, the long patient waiting time is a critical problem for the hospital services. The deadly cardiovascular disease needs a quick and accurate treatment. This study aims to design the cardiology remote patient monitoring process to reduce the emergency response time and reduce the outpatient process time using the Internet of Things (IoT). The Business Process Reengineering (BPR) and the Management Information Systems (MIS) were used to improve the cardiology Emergency Medical Services (EMS) and the outpatient process. BPR simulated six outpatient improvement scenarios and three cardiology EMS improvement scenarios. MIS was designed using the entity-relationship diagrams (ERD), the relational databases, the use case diagrams, and the data flow diagrams. Simulation results showed that the best outpatient service improvement scenario was the implementation of electronic health records, relational database, Remote Patient Monitoring (RPM) devices, and the addition of medical staffs with 52.94% capacity increase and 21.70% service time reduction. The best cardiology EMS improvement scenario was reached by implementing multiple vital detection, RPM devices, and relational databases with 11.89% response time reduction."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Raudhatul Ulfa
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara karakteristik pasien, kualitas layanan, dan hambatan pindah dengan loyalitas pasien. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain studi cross-sectional. Responden berjumlah 150 orang dan merupakan pasien yang telah melakukan pengobatan di pelayanan rawat jalan Rumah Sakit Tugu Ibu minimal dua kali. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner yang dilakukan selama bulan Desember 2011 di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Tugu Ibu. Data yang terkumpul dianalisis dengan metode analisis univariate, bevariate (pearson chi-square), dan analisis multivariate (logistic regretion).
Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan antara karakteristik pasien berdasarkan usia, pendidikan, pekerjaan, sumber biaya pengobatan, jarak tempat tinggal pasien dari Rumah Sakit Tugu Ibu dengan loyalitas pasien, terdapat hubungan antara kualitas layanan dan dimensi kualitas layanan tangibles, reliability, responsiveness, assurance dan emphaty dengan loyalitas pasien, terdapat hubungan antara hambatan pindah dengan loyalitas pasien, dan hambatan pindah adalah variabel yang memiliki keterikatan paling besar dengan loyalitas pasien.

This study aimed to determine the correlation between patient characteristic, service quality, and switching barrier, with patient loyalty. This study was a quantitative study with crosssectional design. Data was acquired from 150 respondents who had been visited this hospital for minimal two times before. The data was collected with questioner during Desember 2011 in the outpatient unit of Tugu Ibu Hospital. Those data analyzed in univariate analysis, bevariate analysis (pearson chi-square), and multivariate analysis (logistic regretion).
The results shown that there was a correlation between patient characteristic based on age, occupation, education, source of treatment cost, and distance between patient residence with the hospital with patient loyalty, there was a correlation between service quality and each dimensions of tangibles, reliability, responsiveness, assurance, and emphaty, with patient loyalty, there was a correlation between switching barrier and patient loyalty, and switching barrier was the variable that had the biggest correlation with patient loyalty.
"
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2012
T29590
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Rendy Christian
"Pencemaran udara sebagai dampak dari pertumbuhan industri dan aktivitas manusia telah menjadi perhatian global. Salah satu kategori polutan udara yang berbahaya bagi kesehatan manusia adalah particulate matter (PM) 2.5. Laporan IQAir mencatat rata-rata konsentrasi PM2.5 di Indonesia per tahun 2022 sekitar 30,4 mikrogram per meter kubik, atau enam kali lipat lebih besar dari standar aman WHO. Dalam menanggapi kompleksitas masalah ini, penelitian ini merancang sistem deteksi dini dan monitoring polutan PM2.5 berbasis komunikasi LoRa 920 MHz dan Internet-of-Things (IoT) dengan sensor low-cost DSM501A. Penggunaan komunikasi LoRa, dengan menggunakan modul LoRa RFM95 pada frekuensi 920 MHz, menawarkan jangkauan transmisi atau coverage yang luas. Hasil deteksi partikel particulate matter divisualisasikan dalam bentuk laman web berbasis React Vite, Tailwind CSS, dan Node.js. Pengujian QoS komunikasi LoRa dilakukan dengan memprediksi path loss dan RSSI dengan pendekatan Okumura-Hata, serta mengukur nilai aktual SNR, RSSI, dan PDR, pada 10 titik pengujian di kawasan Universitas Indonesia. Hasil pengujian menunjukkan transmisi sinyal LoRa berhasil terkirim pada 8 dari 10 titik pengujian, dengan rentang jarak dari 8 m hingga 362.43 m, dengan nilai RSSI yang variatif pada rentang -85.87 dBm hingga -111.27 dBm, nilai SNR pada rentang 8.30 dB hingga -8.83 dB, serta PDR% pada rentang 100 % hingga 12.5 %, yang menunjukkan bahwa variabel LoRa seperti spreading factor, bandwidth, dan frekuensi, maupun variabel lingkungan, seperti jarak, area lintasan propagasi, dan vegetasi sangat mempengaruhi QoS transmisi sinyal LoRa di kawasan urban. Sementara itu, pada periode 14 hari pengumpulan data, total rata-rata polutan PM2.5 berdasarkan kategori waktu adalah pada tanggal 4 Juni 2024, yakni 149.42 mikrogram per meter kubik. Berdasarkan total rata-rata PM2.5 harian, indeks tertinggi terdapat pada hari Rabu, 5 Juni 2024, yakni 113.35 mikrogram per meter kubik. Rata-rata tertinggi indeks PM2.5 berdasarkan kategori waktu selama 14 hari pengumpulan data adalah pada siang hari.

Air pollution, as a consequence of industrial growth and human activities, has become a global concern. One of the categories of air pollutants that poses a significant threat to human health is particulate matter (PM) 2.5. The IQAir report recorded an average PM2.5 concentration in Indonesia in 2022 of approximately 30.4 micrograms per cubic meter, which is six times higher than the WHO's safe standard. In response to this complex issue, this study designs an early detection and monitoring system for PM2.5 pollutants based on 920 MHz LoRa communication and the Internet of Things (IoT) using the low-cost DSM501A sensor. The use of LoRa communication, utilizing the LoRa RFM95 module at a 920 MHz frequency, offers a wide transmission range or coverage. The detected particulate matter data is visualized in the form of a web page based on React Vite, Tailwind CSS, and Node.js. The QoS testing of LoRa communication is conducted by predicting path loss and RSSI using the Okumura-Hata model and measuring actual values of SNR, RSSI, and PDR at 10 test points within the University of Indonesia area. The test results indicate that LoRa signal transmission successfully reached 8 out of 10 test points, with distances ranging from 8 m to 362.43 m, with varying RSSI values between -85.87 dBm and -111.27 dBm, SNR values between 8.30 dB and -8.83 dB, and PDR% ranging from 100% to 12.5%, showing that LoRa variables such as spreading factor, bandwidth, and frequency, as well as environmental variables like distance, propagation path area, and vegetation, significantly affect the QoS of LoRa signal transmission in urban areas. Meanwhile, during the 14-day data collection period, the total average PM2.5 pollutants by time category was on June 4, 2024, at 149.42 micrograms per cubic meter. Based on the total daily average PM2.5, the highest index was on Wednesday, June 5, 2024, at 113.35 micrograms per cubic meter. The highest average PM2.5 index by time category during the 14-day data collection period was during the daytime."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Naufal Hilmi Marzuq
"Di era globalisasi saat ini, semakin tingginya perkembangan pelayanan kesehatan di Indonesia dan bertambahnya komplain masyarakat membuat harapan masyarakat terhadap rumah sakit menjadi semakin berkualitas dan terjangkau. Pada dasarnya kepuasan pasien adalah suatu hal yang hasilnya sangat bervariasi, dikarenakan terkait dengan harapan/persepsi masing-masing dari personal. Tingkat kepuasan sendiri akan masuk kategori terpenuhi jika pelayanan yang diberikan sudah sesuai atau sudah masuk kategori dengan yang diharapkan oleh pasien. Dimensi yang biasa digunakan untuk mengukur kepuasan pasien adalah teori SERVQUAL dengan melihat kualitas pelayanan dari 6 dimensi yaitu akses (accessbility), proses penerimaan (admission process), waktu tunggu (waiting times), lingkungan fisik (physical environment),konsultasi dokter (physician consultation) dan informasi (information). Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain studi cross-sectional. Teknik sampling yang digunakan adalah probability sampling dengan total responden sebanyak 76 responden. Adapun kriteria inklusi pada penelitian ini yaitu pasien dengan pembayaran BPJS rawat jalan/rawat inap yang sedang dan sudah pernah berobat di RSU Sriwijaya Palembang atau wali pasien. Kriteria eksklusi yaitu pasien yang berobat selain menggunakan jaminan PBJS. Data terkumpul dianalisis dengan uji asumsi klasik, uji regresi linear dan uji koefisen determinasi terhadap kepuasan dan analisis bivariat dan multivariat terhadap loyalitas dengan variabel akses, proses, waktu tunggu, lingkungan fisik, konsultasi dokter dan informasi. Dari hasil penelitian, didapatkan hasil distribusi pada dimensi akses (82,6%), proses (70,2%), waktu tunggu (55,1%), lingkungan fisik (96,1%), konsultasi dokter (94,8%) dan informasi (77,4%) merasa puas dengan kualitas layanan yang diberikan dan pada loyalitas pasien didapatkan sebesar (51,2%) pasien loyal pada RSU Sriwijaya Palembang. Terdapat hubungan yang signifikan antara proses penerimaan (p=0,002), waktu tunggu (p=0,003), konsultasi dokter (p=0,029) dan informasi (p=0,012) dengan kepuasan pasien, sedangkan untuk loyalitas terdapat hubungan signifikan pada dimensi waktu tunggu (p=0,035) dan konsultasi dokter (p=0,012). Kesimpulannya, berdasarkan hasil penelitian ini, RSU Sriwijaya Palembang perlu mempertahankan dan meningkatkan kualitas pelayanan dengan melakukan evaluasi SIMRS untuk mengatasi masalah prosedur penerimaan, melakukan pelatihan SDM agar memiliki self-monitoring yang tinggi dan melakukan evaluasi secara berkala mengenai kualitas pelayan.

In the current era of globalization, the increasing development of health services in Indonesia and the increase in public complaints have made people's expectations of hospitals become more qualified and affordable. Basically, patient satisfaction is something whose results vary widely because it is related to the expectations/perceptions of each person. The level of satisfaction itself will be categorized as fulfilled if the services provided are appropriate or have entered the category expected by the patient. The dimension commonly used to measure patient satisfaction is the SERVQUAL theory by looking at service quality from 6 dimensions, namely accessibility, admission process, waiting times, physical environment, physician consultation and information. This research is a quantitative study with a cross-sectional study design with 363 respondents. The collected data were analyzed by classical assumption test, linear regression test and coefficient of determination test for satisfaction and bivariate and multivariate analysis on loyalty with variables of access, process, waiting time, environment. physical, physician consultation and information. From the results of the study, the distribution results obtained on the dimensions of access (82.6%), process (70.2%), waiting time (55.1%), physical environment (96.1%), pyhsician consultation (94.8%) and information (77.4%) were satisfied with the quality of services provided and on patient loyalty obtained (51.2%) loyal patients at Sriwijaya Hospital Palembang. There was a significant relationship between the process (p = 0.002), waiting time (p = 0.003), doctor consultation (p = 0.029) and information (p = 0.012) with patient satisfaction, while for loyalty there is a significant relationship on the dimensions of waiting time (p = 0.035) and physician consultation (p = 0.012). In conclusion, based on the results of this study, Sriwijaya Hospital Palembang needs to maintain and improve service quality by evaluating SIMRS to overcome the problem of admission procedures, conducting HR training to have high self-monitoring and conducting periodic evaluations of service quality."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sanyadwia Ghinasnizen
"Keterlambatan deteksi kesehatan pasien Intensive Care Unit (ICU) yang memburuk dapat menyebabkan kecacatan permanen atau bahkan kematian. Oleh karena itu, pemantauan pasien adalah proses terpenting di ICU. Pemantauan manual oleh manusia adalah sering kali menyebabkan keterlambatan deteksi kondisi pasien ICU yang memburuk. Beban kerja yang lebih tinggi di ICU menyebabkan pekerja kesehatan kelelahan dan dapat mengakibatkan kualitas perawatan kesehatan yang buruk. Penerapan Internet of Things (IoT) dalam proses pemantauan ICU diharapkan dapat mengurangi beban kerja tenaga kesehatan dan waktu proses pemantauan pasien. Penilitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses operasional pemantauan ICU melalui implementasi IoT dengan pendekatan Business Process Reengineering (BPR) di salah satu rumah sakit swasta Jakarta. Metode Complex Proportional Assessment (COPRAS) digunakan untuk memprioritaskan risiko dari proses pemantauan saat ini untuk memilih IoT yang sesuai. Penelitian ini mengusulkan tiga model proses bisnis yang memanfaatkan pemantauan pasien berbasis IoT, Intelligent Monitoring Analytics, dan kombinasi keduanya. Kombinasi pemantauan pasien berbasis IoT dan Intelligent Monitoring Analytics menghasilkan pengurangan waktu proses terbesar yaitu 37.10%. Intelligent Monitoring Analytics menghasilkan pengurangan waktu proses terkecil sebesar 11.56%

A small delay of the Intensive Care Unit (ICU) patient deterioration recognition can cause a permanent disability or even death. Therefore, patient monitoring is the most critical process in ICU. Human-related monitoring failures mostly cause delayed recognition of ICU patients. A higher workload in ICU leads to health professional burnout that could result in lousy healthcare quality. Internet of Things (IoT) implementation in the ICU monitoring process is expected to reduce the health workforce’s workload and patient monitoring process time. This paper aims to improve the operational process of ICU monitoring through IoT implementation with the Business Process Reengineering (BPR) approach in one of Jakarta’s private hospitals. The Complex Proportional Assessment (COPRAS) method is used to prioritize the risks of the current monitoring process to select the suitable IoT. This research proposes three business process models that utilize IoT-Based Patient Monitoring, Intelligent Monitoring Analytics, and a combination of both. A combination of IoT-Based Patient Monitoring and Intelligent Monitoring Analytics results the greatest process time reduction at 37.10%. Intelligent Monitoring Analytics results the smallest process time reduction at 11.56%"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mochammad Rizqy Alfarisi
"Rumah sakit perlu memastikan bahwa semua peralatan laboratorium dapat mendukung diagnosa penyakit, penyembuhan penyakit dan pemulihan kesehatan. Keterlambatan pemeliharaan peralatan dapat menyebabkan kerugian pada pasien (layanan pasien) dan pihak rumah sakit. Sampai saat ini rumah sakit masih mengalami kesulitan dalam hal pemantauan performa peralatan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang pemilihan teknologi Internet of Things untuk meningkatkan kinerja pemeliharaan peralatan laboratorium. Metode Fuzzy Analytic Hierarchy Process (F-AHP) digunakan untuk pembobotan faktor penerapan teknologi pemeliharaan dan metode Additive Ratio Assessment (ARAS) digunakan untuk membuat peringkat usulan teknologi pemeliharaan di laboratorium. Dari penelitian ini dihasilkan tiga urutan prioritas alternatif teknologi IoT pada pemeliharaan unit laboratorium di salah satu rumah sakit swasta Jakarta
Hospitals need to ensure that their critical health equipment can work at the level of work required to meet the needs of patient care, especially in laboratories that support disease diagnosis, disease healing and health recovery. The impact of backlogs in maintenance can cause harm to patients (patient services) and to the hospital. Currently the maintenance process adopted by the hospital is still experiencing difficulties in terms of monitoring equipment maintenance and execution of laboratory equipment. This study aims to design the selection of Internet of Things technology in hospital laboratory maintenance by taking into account its application factors. Literature study is carried out to determine the criteria and sub-criteria in the application of technology adoption. Then the criteria and sub-criteria were validated by five experts and 27 validated sub-criteria were obtained. Criteria, sub-criteria and proposed maintenance technology in the laboratory are further processed using the Fuzzy Analytic Hierarchy Process (F-AHP) and Additive Ratio Assessment (ARAS) methods"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nydia Andriani
"Penelitian ini membahas tentang pelayanan administrasi pasien rawat inap di Instalasi Administrasi Pasien Rumah Sakit Ketergantungan Obat Jakarta dengan ruang lingkup penelitian menyesuaikan dengan alur pasien masuk mulai dari IGD, ruang rawat inap, instalasi administrasi pasien dan bagian pembayaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif melalui pendekatan sistem yang meliputi input, proses dan output.
Berdasarkan hasil wawancara, observasi dan telaah dokumen didapatkan bahwa pelaksanaan pelayanan administrasi pasien rawat inap sudah cukup baik, namun masih ada beberapa kekurangan baik dalam komponen input, proses dan output. peneliti memberikan saran bahwa perlu meningkatkan pelayanan administrasi pasien rawat inap dan lebih teliti dalam melengkapi berkas pasien rawat inap sebagai arsip administrasi yang berguna untuk berbagai pihak di luar rumah sakit.

This research discusses the inpatient administrative services at Drugs Dependence Hospital Patient Administration Installation with the research scope adjust the flow of incoming patient from the emergency room, inpatient room, patient administration installation and cashier. The type of research is a qualitative descriptive study through a systems approach that includes input, process and output.
Based on interviews, observation and document review found that the implementation of inpatient administrative services is good enough, but there are still some shortcomings in both the component inputs, processes, and outputs. Researchers gave advice to increase inpatient administrative services and more thoroughly in completing the inpatient files as archive administration that used for various parties outside of hospital.
"
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Shauty Arovah
"Waktu tunggu pasien di farmasi adalah masalah yang paling sering dihadapi farmasi rumah sakit. Implementasi Internet of Things (IoT) pada proses pelayanan farmasi rumah sakit diharapkan dapat membantu apoteker dan petugas farmasi untuk memberikan pelayanan yang lebih cepat dan akurat. Penelitian ini bertujuan untuk merancang perbaikan proses operasional layanan farmasi rawat jalan rumah sakit yang didukung oleh pengimplementasian IoT dengan pendekatan Rekayasa Ulang Proses Bisnis (BPR) menggunakan perangkat lunak iGrafx sehingga didapatkan perbaikan waktu proses pelayanan pada farmasi rawat jalan rumah sakit. Metode Complex Proportional Assessment (COPRAS) digunakan untuk memprioritaskan risiko dari proses saat ini yang akan diusulkan tindakan perbaikan dengan implementasi IoT. Usulan perbaikan dibagi menjadi tiga pilihan strategi dan hasil dari penelitian menunjukkan perbaikan terbesar terdapat pada model yang menerapkan kombinasi teknologi Automated Dispensing Machine dan Sistem Pendukung Keputusan Klinis dengan pengurangan total waktu proses sebesar 63% untuk proses pelayanan obat jadi dan 34% untuk proses pelayanan obat racikan pada farmasi rawat jalan rumah sakit.

Patient waiting time in pharmacy is the most common problem faced by hospital pharmacy. Implementation of the Internet of Things (IoT) in the hospital pharmacy service process is expected to help pharmacists and pharmacists assisstants to provide services more quickly and accurately. This study aims to design operational process improvements in hospital outpatient pharmacy services supported by the implementation of IoT with the Business Process Reengineering (BPR) approach using iGrafx software to obtain the improved processing time for the hospital outpatient pharmacy services. The Complex Proportional Assessment (COPRAS) method is used to prioritize the risks of the current process for which remedial actions will be proposed by implementing IoT. The proposed improvement is divided into three strategy choices and the results of the study show the greatest improvement is in the model that applies a combination technology of Automated Dispensing Machine and Clinical Decision Support System with a total reduction in processing time of 63% for the process of patent medicine service and 34% for the process of personalized medicine service in hospital outpatient pharmacy."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Hanifah Iskhia Dilla
"Alur pelayanan rumah sakit yang profesional di tuntut agar dapat dijalankan dengan baik dan sesuai dengan yang diinginkan pengguna jasa kesehatan dengan mengutamakan patient safety dan mutu pelayanan. Salah satu alur pelayanan di rumah sakit adalah pelayanan rawat jalan. RS X memiliki pelayanan rawat jalan dengan kunjungan yang terus meningkat setiap tahunnya dan banyaknya komplain terkait pelayanan rawat jalan yang menjadi hambatan terhadap alur rawat jalan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif berupa wawancara dan observasi dengan memakai konsep lean thinking. Observasi dibagi menjadi 5 proses: pasien tanpa pemeriksaan penunjang, pasien control rawat inap dan control rawat jalan dengan penunjang, pasien dengan pemeriksaan penunjang dari perawat, pasien dengan pemeriksaan penunjang dari dokter, dan pemeriksaan penunjang dari perawat dan dokter. Hasilnya menunjukkan adanya temuan berupa waste defect, overproduction, waiting, transportation, inventory, motion dan excess processing. Proses yang paling lama dan banyak ditemukan waste adalah pada proses pemeriksaan penunjang dari perawat dan dokter. Seluruh waste tersebar pada beberapa unit dalam pelayanan rawat jalan RS X. Usulan perbaikan jangka pendek diberikan berupa pemberian arahan serta teguran kepada petugas agar tidak perlu mengulang pekerjaan, pembuatan banner petunjuk serta alur pelayanan dan penerapan 5S. Usulan perbaikan jangka panjang yang diberikan berupa perbaikan alur pelayanan rawat jalan dengan mempertimbangkan pengurangan waste yang ditemukan.

The flow of professional hospital services is demanded to be carried out properly and in accordance with what health service users want by prioritizing patient safety and quality of service. One of the service lines in the hospital is outpatient services. RS X is a hospital with outpatient services that has an increasing number of visits every year. However, this has resulted in many complaints regarding outpatient services which are an obstacle to the outpatient flow. The concept of lean thinking is used so that outpatient services at RS X can be improved. Until later it will be given improvements to outpatient flows through proposals to improve outpatient flows using simulation applications. This research uses qualitative methods in the form of interviews and observations. Observation is divided into 5 processes: patients without supporting examinations, inpatient control patients and outpatient control with support, patients with supporting examinations from nurses, patients with supporting examinations from doctors, and supporting examinations from nurses and doctors. As a result, waste was found in the form of waste defects, overproduction, waiting, transportation, inventory, motion and excess processing. The process that is the longest and the most waste is found in the supporting examination process from nurses and doctors. All of the waste is scattered in several units in the outpatient services of X Hospital. Proposals for short-term improvements are given in the form of giving directions and warnings to officers so that they do not need to repeat work, making banner instructions as well as service flow and implementation of 5S. The proposed long-term improvement is to improve outpatient service flow by considering the reduction of waste found."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2020
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>