Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 100996 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Nashrul Hakiem
"Pandemi COVID-19 telah memberikan dampak berbagai bidang kehidupan dunia termasuk Indonesia yang dimulai sejak Maret 2019. Salah satu dampak nyata adalah disrupsi teknologi informasi yang begitu cepat daripada yang diprediksikan sebelumnya karena keharusan mengikuti protokol kesehatan physical distancing, sehingga penggunaan teknologi informasi menjadi suatu keniscayaan. Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta juga mengikutinya dengan menjalankan kebijakan Work from Home (WFH) serta Pendidikan Jarak Jauh (PJJ). UIN Jakarta sudah mempunyai aplikasi Academic Information System (AIS) berbasis web dalam media pembelajarannya. Saat ini juga sudah ada Mobile AIS berbasis Android untuk Pengguna Mahasiswa, akan tetapi belum ada aplikasi AIS berbasis mobile untuk pengguna Dosen. Tujuan praktek keinsinyuran ini adalah rekayasa perangkat lunak Mobile AIS berbasis Android untuk pengguna Dosen Modul Agenda Perkuliahan serta Absensi Dosen dan Mahasiswa yang terintegrasi dengan AIS untuk mendukung PJJ. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah Kotlin Android sedangkan metode pengembangan sistem menggunakan model Waterfall. Mobile AIS untuk Dosen berbasis Android sudah lolos uji unit (unit testing) dan sistem (system testing) menggunakan metode black box testing.

The COVID-19 pandemic has impacted various fields of life in the world including Indonesia, which began in March 2019. One of the real impacts is the disruption of information technology so quickly than previously predicted due to the necessity to follow physical distancing health protocols, so the use of information technology is a necessity. Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta also followed it by implementing the Work from Home (WFH) and distance learning policies. UIN Jakarta already has a web-based Academic Information System (AIS) application as e-learning. There is also an Android-based AIS Mobile for Students, but there is no mobile-based AIS application for Lecturers. The purpose of this research is to develop an Android-based AIS Mobile software for Lecturers with the Lecture Journal Menu including Lecturer and Student Attendance which is integrated with AIS to support distance learning. The programming language used is Kotlin Android while the system development method uses the Waterfall model. Mobile AIS for Android-based lecturers has passed the unit testing and the system testing using the black box method."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Yogi Tanzil Nurhuda
"[Seiring perkembangan teknologi informasi dan komunikasi menyebabkan perubahan perilaku manusia bahkan proses bisnis organisasi. Dalam dunia pendidikan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dimanfaatkan dengan sistem e-learning. Beberapa perguruan tinggi baik di Indonesia dan juga di luar negeri telah banyak menerapkan sistem e-learning ini.Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret sebagai penyelenggara pendidikan tinggi berusaha menerapkan konsep-konsep terkini dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi terkini, salah satunya dengan menerapkan sistem e-learning. E-learning FKIP Universitas Sebelas Maret dikelola oleh Information and Communication Technology Center (ICT) FKIP Universitas Sebelas Maret dan ditujukan sebagai aplikasi learning management system (LMS) mulai dari penjelasan tentang mata kuliah, upload materi, upload tugas, forum, chat, quiz online, dan virtual class. Harapan dari ICT FKIP Universitas Sebelas Maret adalah dengan adanya e-learning FKIP Universitas Sebelas Maret 10% dari mahasiswa dan dosen berperan aktif dalam menggunakan e-learning sebagai media dalam membantu proses belajar mengajar di lingkungan FKIP Universitas Sebelas Maret. Berdasarkan data log acivity e-learning FKIP Universitas Sebelas Maret, hanya 4,42% mahasiswa dan 3,39% dosen yang menggunakan e-learning. Hal ini memicu rasa ingin tahu mengenai faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi penerimaan pengguna dalam menggunakan e-learning FKIP Universitas Sebelas Maret. Kerangka pemikiran yang dirancang pada penelitian ini mengadopsi model Academic Discipline base Unified Theory of Acceptence and Use of Technology (ADUTAUT) dengan mengurangi variabel moderator age, dan gender. Metode pengumpulan data yang akan digunakan pada penelitian ini adalah model skala itemized rating scale. Dalam pengolahan data, peneliti akan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM). Diharapkan hasil dari penelitian ini adalah mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan pengguna dalam penggunaan e-learning FKIP Universitas Sebelas Maret.

The development of information technology and communication changing human behavior and also business process of organization. In education world, the development information technology and communiation used e-learning to support education activity. Some Institution in Indonesia and also worldwide has been implementing e-learning system. Faculty of education in Sebelas Maret University as an education instituted trying to implement the newest concept of usage information technology and communication with e-learning system. E-learning faculty of education is managed by Information and Communication Technology Center (ICT) FKIP Sebelas Maret University. Expectation of ICT FKIP Sebelas Maret University is 10% of lecturer and students could utilize e-learning. Based on data acivity log in last 3 months, only 4,42% students and 3,39 lecturer had used e-learning. Theoritical framework designed on this research adopted from a model of Academic Discipline base Unified Theory of Acceptence and Use of Technology (ADUTAUT) by reducing moderating variable (Age, and Gender). Itemized rating scale is used to compile the data method and then the data processed by using Structural Equation Modeling. Expectition from this research is to know the factors that affected user acceptance toward the use of e-learning FKIP Sebelas Maret University., The development of information technology and communication changing human behavior and also business process of organization In education world the development information technology and communiation used e learning to support education activity Some Institution in Indonesia and also worldwide has been implementing e learning system Faculty of education in Sebelas Maret University as an education instituted trying to implement the newest concept of usage information technology and communication with e learning system E learning faculty of education is managed by Information and Communication Technology Center ICT FKIP Sebelas Maret University Expectation of ICT FKIP Sebelas Maret University is 10 of lecturer and students could utilize e learning Based on data acivity log in last 3 months only 4 42 students and 3 39 lecturer had used e learning Theoritical framework designed on this research adopted from a model of Academic Discipline base Unified Theory of Acceptence and Use of Technology ADUTAUT by reducing moderating variable Age and Gender Itemized rating scale is used to compile the data method and then the data processed by using Structural Equation Modeling Expectition from this research is to know the factors that affected user acceptance toward the use of e learning FKIP Sebelas Maret University ]"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2015
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
"CONTENTS :
- A NOTE FROM OUR SPONSOR
- EXECUTIVE SUMMARY
- INTRODUCTION
- SECTION 1: WHERE ARE WE?
- SECTION 2: WHAT?S HOLDING US BACK?
- SECTION 3: FROM BLEEDING EDGE TO LEADING EDGE
- CONCLUSION & POLICY RECOMMENDATIONS
- REFERENCES
- ABOUT THE AUTHORS AND CONTRIBUTORS
- ABOUT THE CONTRIBUTING ORGANIZATIONS
- APPENDIX: MOBILE LEARNING SURVEY OVERVIEW "
Alexandria, VA: American Society for Training & Development, 2012
e20440895
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
"An ever widening gap exists between how students and schools use communication technology. using network and mobile technology to bridge formal and informal learning introduces new methods (inspired by ‘pedagogy 2.0’) of harnessing the potential of communication technologies for teaching and learning. This book considers how attitudes towards network and mobile technology (NMT) gained outside the school can be shunted into new educational paradigms combining formal and informal learning processes. It begins with an overview of these paradigms, and their sustainability. It then considers the pedagogical dimension of formal/informal integration through NMT, moving on to teachers’ professional development. Next, the organizational development of schools in the context of formal and informal learning is detailed. Finally, the book covers the role of technologies supporting formal/informal integration into subject-oriented education."
Oxford, UK: Chandos, 2013
e20427721
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
M. Sandy Pradhana Putra
"ABSTRAK
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran yang telah dianggarkan oleh universitas kepada masing-masing fakultas. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis dengan melakukan observasi, wawancara dan uji coba terhadap sistem.Hasil penelitian adalah bahwa sistem informasi rencana bisnis anggaran masih memiliki beberapa kelemahan yaitu belum adanya fungsi untuk memetakan mekanisme penarikan uang terkait realisasi anggaran dan fungsi satuan pengawas intern sebagai verifikator atas usulan perencanaan dan revisi.

ABSTRACT
The purpose of this research is to understand the effectiveness and efficiency of budget usage accounted by university for each faculty. The research method used in this research is descriptive analysis by doing observation, interview and testing in the system.The result of the study suggest that the budget business plan information system still has some drawbacks, such as the lack of functionality to map the mechanism of money withdrawal related to the realization of budget and internal supervisor unit function as a verifier for the proposed planning and revision."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Giovanny Dwight
"Dewasa ini, pembelajaran menggunakan metode Mobile Learning telah menjadi alternatif yang seringkali dipilih oleh berbagai praktisi pendidikan di seluruh dunia karena fleksibilitas yang ditawarkan, antara lain melalui penggunaan podcast. Podcast dapat diartikan sebagai sebuah rangkaian data yang berbentuk audio dan/atau video yang dapat diakses melalui internet pada sebuah media elektronik. Tulisan ini akan membahas tentang penerapan media podcast sebagai media pembelajaran alternatif dalam dunia pendidikan, khususnya bagi mahasiswa. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode analisis komparatif yang membandingkan beberapa penelitian yang membahas topik serupa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun memiliki dampak positif, efektivitas podcast terletak pada kemampuannya untuk mendukung proses pembelajaran di kelas, bukan sebagai media pembelajaran utama. Selain itu, hambatan yang terjadi dalam penggunaan podcast dapat dilihat dari buruknya pemanfaatan media, masalah konektivitas, hingga perbedaan dalam ekspektasi, kebutuhan, dan preferensi calon pengguna podcast dengan kesesuaian materi yang disediakan.

Mobile Learning methods with the flexibility it offers, have become a favorable choice of the various education practitioners nowadays. Among others, through the use of podcasts. Podcasts are defined as a series of data in the form of audio, video, or audio-video, and are accessible to an electronic device with internet. This paper focuses on examining the application of podcasts as an alternative learning media in the world of education, particularly for students. Several studies with similar topics are analyzed using the comparative analysis method in this research. The results, however, showed that despite having positive impacts, the effectiveness of the podcast lies not as main learning media, but as a supporting tool in the classroom. Moreover, limitations that befall its use can include poor media practices, connectivity problems, to the disparity in expectations, needs, and preferences of prospective podcast users with the suitability of the material provided."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2020
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Westpout: Meckler Corporation , 1988
025.527 77 DEV
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Nida Hanifah Nasir
"UI telah mengidentifikasi 7 potensi keadaan darurat yaitu kebakaran, pohon tumbang, darurat medis, kecelakaan lalu lintas, insiden laboratorium, gempa bumi dan tenggelam. Keadaan darurat yang tidak ditanggulangi dengan baik dapat menjadi suatu keadaan krisis dan akan menimbulkan kerugian bagi Universitas. Aplikasi mobile Panic Button UI merupakan salah satu layanan notifiaksi keadaan darurat untuk menanggulangi 7 keadaan darurat tersebut. Namun pada penerapannya Aplikasi yang saat ini dimiliki masih memiliki beberapa keterbatasan, oleh karena itu peneliti melakukan pengembangan terhadap aplikasi tersebut. Hasil rancang ulang desain aplikasi Mobile UI Panic Button (PB 2) dapat meningkatkan 70% pemenuhan apalikasi sebelumnya (PB 1). Pemenuhan standar aplikasi tersebut meliputi informasi nama dan No HP pengguna, pilihan kategori  keadaan darurat, informasi korban, informasi foto/voice, deskripsi keadaan darurat (teks), pilihan lokasi kejadian, pengiriman notifikasi keadaan darurat, pop up notifikasi terkirim, informasi keadaan darurat kepada  petugas ERT. Setelah dilakukan pelatihan waktu penggunaan aplikasi mobile UI Panic Button lebih cepat 20 Detik. Pengembangan Aplikasi Mobile UI Panic Button (PB 2) dapat mempercepat waktu respon dan aksi respon, meningkatkan keakuratan respon, memudahkan proses notifikasi keadaan darurat serta memudahkan komunikasi keadaan darurat.

UI has identified 7 potential emergencies such as fire, fallen trees, medical emergencies, traffic accidents, laboratory incidents, earthquakes, and drowning. Emergencies that are not properly addressed can be a crisis and will cause harm to the University. A Panic Button UI mobile application is one of the existing emergency notification services in managing the identified 7 emergencies above. However, there were some limitations in this current application. Researcher, therefore, has developed an improvement of the application. The result shows that the redesign of the UI Panic Button (PB 2) application design can increase 70% of the fulfillment of previous applications (PB 1). Fulfillment of the standard application includes information on the user's name and mobile phone number, emergency category, victim information, photo/voice information, description of the emergency condition, location of the incident, sending an emergency notification, sending a pop-up notification, emergency notification to ERT officer. Moreover, after the training and simulation has been conducted, the time to use the UI Panic Button mobile application is shortened by 20 second. The development of the Mobile UI Panic Button (PB 2) application can accelerate response times and response actions, improve response accuracy, facilitate the emergency notification process and facilitate emergency communication."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2019
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
M. Shofwan Amrullah
"PT Traveloka Indonesia adalah salah satu OTA (Agent) terbesar se-Asia Tenggara, yang mengedepankan kepuasan pelanggan sebagai keunggulan kompetitif perusahaan. Namun saat ini, terdapat penurunan tingkat kepuasan pelanggan, dan juga terjadinya penurunan jumlah pengguna aktif aplikasi. Oleh karena itu, perlu dilakukan langkah-langkah seperti melakukan inovasi atau perbaikan fitur agar dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan juga menaikkan kembali jumlah pengguna aktif aplikasi. Pada aplikasi Android Traveloka, jumlah ulasan mencapai 700 ribu dalam kurun waktu 2 tahun terakhir, di mana platform Android merupakan platform yang mempunyai jumlah pengguna aplikasi Traveloka terbesar dibandingkan platform lainnya. Dengan banyaknya jumlah ulasan tersebut, perusahaan masih memilah-milah ulasan negatif dan positif serta mencari topik-topik yang paling sering dibicarakan secara manual, sehingga membutuhkan waktu yang sangat lama dan cenderung tidak akurat. Hal ini menyebabkan keluhan ataupun ulasan tersebut belum secara efektif dijadikan dasar untuk membuat inovasi baru ataupun untuk memperbaiki fitur yang ada, sehingga belum memberikan kontribusi terhadap proses peningkatan kepuasan pelanggan dan peningkatan jumlah pengguna aktif aplikasi. Oleh karena itu, pada penelitian ini diusulkan suatu model yang dapat mengategorikan sentimen serta melakukan pengelompokan topik-topik yang sering muncul dari seluruh ulasan pelanggan. Algoritma Bayes, Support Vector Machine Logistic Regression digunakan untuk membuat model yang dapat mengklasifikasi sentimen dari tiap ulasan ke dalam kelas positif ataupun kelas negatif. Selain itu, dilakukan proses pemodelan topik pada tiap kelas tersebut menggunakan algoritma Latent Dirichlet Allocation (LDA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa algoritma terbaik untuk melakukan klasifikasi adalah SVM, dengan nilai f1-score rata-rata 0.98318, dan jumlah topik yang optimal untuk sentimen positif adalah 16 dan jumlah topik yang optimal untuk sentimen negatif adalah 12. Pada kelas sentimen positif, terdapat topik-topik yang menyinggung kelengkapan fitur serta banyaknya diskon dan promo, sedangkan pada kelas sentimen negatif, terdapat topik yang berhubungan dengan fitur refund dan produk paylater. Dengan diimplementasikannya model tersebut, diharapkan PT Traveloka dapat memilah-milah ulasan ke dalam kelas sentimen positif dan negatif dengan cepat dan akurat, serta dapat dengan cepat mengetahui daftar topik-topik yang paling banyak dibicarakan oleh penggunanya.

PT Traveloka Indonesia is one of the biggest Online Travel Agents in Southeast Asia, which prioritizes customer satisfaction as the company's competitive advantage. However, there is currently a decrease in customer satisfaction scores and numbers of active users. Therefore, it is necessary to take steps such as innovating or improving features to restore customer satisfaction scores and active users. On the Traveloka Android application, the number of reviews reached 700 thousand in the last two years, where the Android platform is the platform that has the most significant number of Traveloka users compared to other platforms. Nonetheless, Traveloka is still sorting through negative and positive reviews manually and manually searching for the most discussed topics, so it takes a long time and tends to be inaccurate. This lengthy process made customer reviews are yet to be effectively used for formulating innovations or finding existing features to improve, so they are yet to help increase customer satisfaction and the number of active users of the application. Therefore, this research proposes a model to categorize sentiments and group topics that often arise from all customer reviews. The Naïve Bayes, Support Vector Machine (SVM), and Logistic Regression algorithm are used to create a model that can classify the sentiment of each review into a positive class or a negative class. In addition, the topic modeling process for each class is carried out using the Latent Dirichlet Allocation (LDA) algorithm. The results show that the best algorithm for classifying is SVM, with an average f1-score of 0.98318, and the optimal number of topics for positive sentiment is 16, and the optimal number of topics for negative sentiment is 12. There are topics about the completeness of features and the number of discounts and promos in the positive sentiment class, while in the negative sentiment class, there are topics related to the refund feature and pay later product. With the implementation of this model, it is hoped that PT Traveloka can sort reviews into positive and negative sentiment classes quickly and accurately and quickly find out the list of topics that users most discuss."
Jakarta: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Dadan Hardianto
"Tulisan ini membahas pengembangan perangkat lunak penapakan citra cephalometri berbantuan komputer untuk diagnosa dan perawatan dalam aplikasi orthodonti. Sebuah metoda dikembangkan untuk meningkatkan mutu baik profil jaringan lunak maupun profil skeletal citra cephalometri, sehingga memudahkan para orthodontist dalam melakukan penapakan dan pengukuran pada layar peraga. Penyembunyian latar belakang dengan teknik nilai ambang sederhana maupun adaptif, dan operator Laplace dikembangkan untuk meningkatkan mutu profil jaringan lunak; deteksi sisi dengan operator Robert, Robert-Jain, Laplace-Jain, dan Sobel dikembangkan untuk meningkatkan mutu profil skeletal. Untuk mempertahankan informasi asli pada data citra sinar-x cephalometri, dibentuk sebuah citra gabungan antara hasil peningkatan mutu profil jaringan lunak, skeletal, dan citra asli. Citra hasil gabungan inilah yang diusulkan untuk digunakan dalam penapakan oleh orthodontist. Perangkat lunak yang dikembangkan yang disebut SOIKUI (Sistem Orthodonti Ilmu Komputer Universitas Indonesia) diuji oleh orthodontist dengan membandingkan hasil pengukuran perangkat lunak ini dengan hasil perangkat lunak JOE/RMO, serta hasil penapakan manual dan perhitungan tiga orang orthodontist. Analisa stastistik Anova menunjukkan hasil baik."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 1993
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>