Ditemukan 145399 dokumen yang sesuai dengan query
Ardiansyah Nugraha
"Meskipun laju pertumbuhan electrified vehicle (xEV) secara global terus meningkat, namun di negara berkembang seperti Indonesia xEV masih hampir tidak ada. Padahal xEV bisa menjadi solusi untuk mengurangi konsumsi BBM dan emisi karbon terutama di Jakarta yang tingkat polusi sudah tinggi. Seiring dengan industri otomotif dan pemerintah mempunyai kepentingan dalam meningkatkan pasar xEV khususnya BEV (battery electric vehicle), pemahaman yang lebih baik mengenai permintaan BEV menjadi penting untuk mendesain kebijakan dan produk yang tepat sasaran. Maka dari itu, dengan representasi Jakarta, penelitian ini akan mengukur kesediaan membayar warga Jakarta untuk BEV dan juga faktor apa saja yang mempengaruhi keputusan untuk mengadopsi berdasarkan data yang diperoleh dari kuesioner daring dengan pendekatan CVM (contingent valuation). Kemudian akan diteliti dampak dari variabel penjelas untuk mengetahui profil karakteristik dari pembeli mobil listrik potensial. Hasil penelitian menunjukkan nilai WTP sekitar Rp Rp 510.562.500. Umur dan perilaku pro-teknologi signifikan mempengaruhi kesediaan konsumen untuk memilih BEV relatif terhadap PHEV, sedangkan perilaku pro-teknologi, perilaku pro-lingkungan dan persepsi atribut yang melekat pada xEV signifikan mempengaruhi kesediaan konsumen untuk memilih BEV relatif terhadap HEV, disertai dengan rekomendasi kebijakan.
Although the growth rate of electrified vehicles (xEV) globally continues to increase, in developing countries such as Indonesia xEV is still almost non-existent. Whereas xEV can be a solution to reduce fuel consumption and carbon emissions, especially in Jakarta, where pollution levels are already high. As the automotive industry and the government have an interest in increasing the xEV market, especially BEV (battery electric vehicles), a better understanding of BEV demand is essential for designing policies and products that are right on target. Therefore, with the representation of Jakarta, this study will measure the willingness to pay Jakarta citizens for BEV and also what factors influence the decision to adopt based on data obtained from online questionnaires with a contingent valuation approach. Then the impact of explanatory variables will be examined to determine the profile characteristics of potential electric car buyers. The results showed a WTP value of around Rp. 510,562,500. Age and pro-technology behavior significantly influence consumers willingness to choose BEV relative to PHEV, while pro-technology behavior, pro-environment behavior and perceptions of attributes attached to xEV significantly influence consumers willingness to choose BEV relative to HEV, with policy recommendations."
Depok: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Rizq Atika Maso
"Konsumsi bahan bakar fosil diungkapkan menjadi salah satu alasan utama masalah degradasi lingkungan dan menjadi perhatian beberapa tahun belakangan ini. Kendaraan listrik sebagai inovasi yang berkelanjutan memiliki potensi untuk mengurangi emisi CO2 dan konsumsi bahan bakar fosil. Tetapi hingga tahun 2021, penjualan kendaraan listrik di Indonesia belum mencapai target yang diinginkan. Maka dari itu penting untuk mengetahui preferensi atau ekspektasi masyarakat terhadap kendaraan listrik. Riset ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi niat konsumen untuk mengadopsi kendaraan listrik di Indonesia. Penelitian ini menggunakan Combined Theory Acceptance Model-Theory of Planned Behavior (C-TAM-TPB). Hasil dari penelitian terhadap 537 responden ini adalah perceived usefulness tidak berpengaruh langsung terhadap niat pembelian kendaraan listrik tetapi dapat mempengaruhi bersama price value dan perceived of ease of use melalui attitude. Subjective norm, perceived behavioral control, Attitude, environmental self-image, price value, dan personal innovativeness secara positif serta infrastructure barrier dan perceived risk secara negatif dapat mempengaruhi niat membeli kendaraan listrik di Indonesia.Personal innovativeness juga dapat melemahkan resiko yang dirasakan oleh responden terhadap keinginan membeli kendaran listrik
Fossil fuels consumption is revealed to be one of the main reasons for environmental degradation and has become a concern in recent years. Electric vehicles as a sustainable innovation have the potential to reduce CO2 emissions and fossil fuels consumption. However until 2021, sales of electric vehicles in Indonesia have not reached the desired target. Therefore, it is important to know people's preferences or expectations for electric vehicles. The purpose of this study is to identify the factors that influence consumer intentions to adopt electric vehicles in Indonesia. This study uses the Combined Theory Acceptance Model-Theory of Planned Behaviour (C-TAM-TPB). Samples for the pre-tests were obtained through respondents who have knowledge of electric vehicles and were selected using the judgmental sampling method. The results of this study on 537 respondents are that perceived usefulness does not directly affect the purchase intention of electric vehicles but can affect indirectly together with perceived of ease of use and price value through attitudes. Attitudes, subjective norms, perceived behavioral control, environmental self-image, price value, and personal innovativeness positively and infrastructure barrier and perceived risks negatively can affect the intention to buy electric vehicles in Indonesia, as well as personal innovativeness can decrease perceived risk to intention to buy electric vehicle."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Ridwan Permana
"Masalah pencemaran lingkungan yang terjadi dalam beberapa tahun terakhir memaksa sektor transportasi untuk mempercepat adopsi kendaraan listrik yang ramah lingkungan. Indonesia merupakan pasar yang besar untuk kendaraan roda dua dan roda empat. Walaupun demikian, adopsi kendaraan listrik di Indonesia masih tergolong sedikit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dari faktor-faktor yang dapat mempengaruhi niat pembelian (purchase intention) kendaraan listrik di Indonesia. Penelitian ini menggunakan landasan Theory of Planned Behavior dan Technology Acceptance Model dengan tambahan lima variabel yaitu price value, perceived risk, environmental self-image, infrastructure barrier, dan financial incentive policy untuk lebih menjelaskan niat pembelian kendaraan listrik di Indonesia. Data penelitian diambil dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan secara online dengan cara non-probability sampling. Data diolah menggunakan metode PLS-SEM dengan software SmartPLS. Berdasarkan data sampel 242 responden, didapatkan hasil bahwa perceived usefulness, perceived ease of use, dan price value secara positif mempengaruhi attitude terhadap perilaku pembelian kendaraan listrik. Temuan lain adalah attitude terhadap perilaku pembelian, price value, dan financial incentive policysecara positif mempengaruhi purchase intention sementara perceived risk dan infrastructure barrier berpengaruh negatif terhadap intensi tersebut.
Environmental pollution problems that have occurred in recent years have forced the transportation sector to accelerate the adoption of environmentally friendly electric vehicles. Indonesia is a large market for two-wheeled and four-wheeled vehicles. Even so, the adoption of electric vehicles in Indonesia is still relatively small. This study aims to determine the relationship between the factors that can influence the purchase intention of electric vehicles in Indonesia. This study uses the basis of the Theory of Planned Behavior and Technology Acceptance Model with the addition of five variabels, namely price value, perceived risk, environmental self-image, infrastructure barrier, and financial incentive policy to better explain the intention to purchase electric vehicles in Indonesia. Research data was taken using a questionnaire distributed online by means of non-probability sampling. Data is processed using the PLS-SEM method with SmartPLS software. Based on sample data of 242 respondents, the results show that perceived usefulness, perceived ease of use, and price value positively influence attitudes toward electric vehicle buying behavior. Another finding is that attitude towards buying behavior, price value, infrastructure barrier, and financial incentive policy positively affect purchase intention while perceived risk negatively affects this intention."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Yolanda Natalia
"Pertumbuhan adopsi kendaraan listrik di Indonesia pada pasar otomotif nasional belum signifikan. Padahal, pemerintah Indonesia telah merilis target ambisius untuk mencapai penetrasi kendaraan listrik yang ramah lingkungan sebanyak 2,8 juta unit hingga 2025, yang terdiri dari 2,1 juta unit sepeda motor dan 700 ribu unit mobil. Tujuan ini telah dibuat sebagai bentuk komitmen pemerintah untuk mengurangi emisi gas rumah kaca nasional pada tahun 2030 dan sebagai strategi diversifikasi energi untuk menjaga ketersediaan energi dan memenuhi konsumsi domestik. Pasar otomotif nasional memiliki dinamika keterkaitannya yang unik di antara konsumen, produsen, dan pemerintah setempat, serta saling ketergantungan antara para aktor yang ada dalam adopsi massal kendaraan listrik. Melalui pandangan holistik, makalah ini bertujuan untuk menganalisis struktur pasar adopsi kendaraan listrik nasional dan mengeksplorasi kebijakan pemerintah yang dapat mempengaruhi peningkatan adopsi kendaraan lisrik dari berbagai sudut pandang di tengah kemungkinan ketidakpastian dengan menggunakan pendekatan dinamika sistem. Pandangan besar sistem dari segi komponen, koneksi, dan aspek kontekstual ditelaah untuk mengembangkan model konseptual dinamika kendaraan listrik nasional sebagai diagram lingkaran sebab akibat. Berdasarkan hasil empiris, biaya kendaraan, infrastruktur, dan aspek sosial yang dirasakan mempengaruhi adopsi kendaraan listrik nasional memainkan peran penting dalam meningkatkan adopsi kendaraan listrik di pasar Indonesia.
Adoption growth of electric vehicles in Indonesias automotive market has not been significant. Whereas Indonesia government had released ambitious target to achieve environmentfriendly electric vehicle penetration as much as 2,8 million units until 2025, in which consists of 2,1 million units motorcycle and 700 thousand units car. This goal has been made as form of governments commitment to reduce national greenhouse gases GHG emission in 2030 and as strategy of energy diversification to maintain energy availability and fulfill domestic consumption. National automotive market has its own unique dynamic of interrelationship among local consumers, producents, and government, as well as the interdependencies between those actors that exist in electric vehicle mass adoption. Through holistic view, this paper aims to analyze the market structure of national electric vehicle adoption and explore government policies that potentially affect the growth of electric vehicle adoption from multiple points of view in the middle of possible uncertainties using system dynamics approach. Big view of the system from component, connection, and contextual aspects are provided to develop conceptual model of national electric vehicle dynamics as causal loop diagram. Based on empirical results, the vehicle cost, infrastructure, and perceived social aspect influence national electric vehicle adoption play key role of increasing electric vehicle adoption in Indonesia market."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Ekky Aliansyah
"Sejak tahun 2019, pemerintah Indonesia gencar mempromosikan adopsi mobil listrik sebagai solusi dalam menangani kerusakan lingkungan. Adopsi mobil listrik sendiri tidak terlepas dari bagaimana persepsi masyarakat terhadap teknologi ini. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mendukung dan menghambat proses adopsi mobil listrik di Indonesia dengan menggunakan metode analisis sentimen dan pemodelan topik menggunakan data komentar Youtube tahun 2019-2023. Pada tahap klasifikasi sentimen, dilakukan percobaan dengan enam model klasik (SVM, Naive Bayes, CatBoost, LightGBM, XGBoost, dan AdaBoost) serta satu model IndoBERT dengan tiga skenario praproses yang berbeda. Model BERT dengan praproses sederhana terbukti sebagai model terbaik dengan rata-rata akurasi 77.33% untuk 5-fold cross validation. Analisis tren menunjukkan peningkatan jumlah komentar dari tahun ke tahun dengan proporsi sentimen negatif yang meningkat, terutama terkait dengan kebijakan pemerintah. Faktor pendorong utama adopsi termasuk preferensi terhadap biaya pembelian yang terjangkau, penghematan biaya operasional, desain, dan layanan. Sebaliknya, faktor penghambat meliputi infrastruktur dan waktu pengisian daya, kebijakan, dan biaya pembelian.
Since 2019, the Indonesian government has been actively promoting the adoption of electric vehicles (EVs) as a solution to address environmental degradation. The adoption of EVs is significantly influenced by public perception of this technology. Therefore, this study aims to identify the factors that support and hinder the adoption of electric vehicles in Indonesia by employing sentiment analysis and topic modeling methods using YouTube comment data from 2019-2023. In the sentiment classification phase, experiments were conducted with six classical models (SVM, Naive Bayes, CatBoost, LightGBM, XGBoost, and AdaBoost) and one IndoBERT model with three different preprocessing scenarios. The BERT model with simple preprocessing proved to be the best model with an average accuracy of 77.33% for 5-fold cross-validation. Trend analysis shows an increase in the number of comments year over year with a rising proportion of negative sentiment, particularly concerning government policy. The main drivers of adoption include a preference for affordable purchase costs, operational cost savings, design, and service. Conversely, barriers include infrastructure and charging time, policy, and purchase costs."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2024
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Andi Afifah Khairunnisa
"Sejak tahun 2019, pemerintah Indonesia gencar mempromosikan adopsi mobil listrik sebagai solusi dalam menangani kerusakan lingkungan. Adopsi mobil listrik sendiri tidak terlepas dari bagaimana persepsi masyarakat terhadap teknologi ini. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mendukung dan menghambat proses adopsi mobil listrik di Indonesia dengan menggunakan metode analisis sentimen dan pemodelan topik menggunakan data komentar Youtube tahun 2019-2023. Pada tahap klasifikasi sentimen, dilakukan percobaan dengan enam model klasik (SVM, Naive Bayes, CatBoost, LightGBM, XGBoost, dan AdaBoost) serta satu model IndoBERT dengan tiga skenario praproses yang berbeda. Model BERT dengan praproses sederhana terbukti sebagai model terbaik dengan rata-rata akurasi 77.33% untuk 5-fold cross-validation. Analisis tren menunjukkan peningkatan jumlah komentar dari tahun ke tahun dengan proporsi sentimen negatif yang meningkat, terutama terkait dengan kebijakan pemerintah. Faktor pendorong utama adopsi termasuk preferensi terhadap biaya pembelian yang terjangkau, penghematan biaya operasional, desain, dan layanan. Sebaliknya, faktor penghambat meliputi infrastruktur dan waktu pengisian daya, kebijakan, dan biaya pembelian
Since 2019, the Indonesian government has been actively promoting the adoption of electric vehicles (EVs) as a solution to address environmental degradation. The adoption of EVs is significantly influenced by public perception of this technology. Therefore, this study aims to identify the factors that support and hinder the adoption of electric vehicles in Indonesia by employing sentiment analysis and topic modeling methods using YouTube comment data from 2019-2023. In the sentiment classification phase, experiments were conducted with six classical models (SVM, Naive Bayes, CatBoost, LightGBM, XGBoost, and AdaBoost) and one IndoBERT model with three different preprocessing scenarios. The BERT model with simple preprocessing proved to be the best model with an average accuracy of 77.33% for 5-fold cross-validation. Trend analysis shows an increase in the number of comments year over year with a rising proportion of negative sentiment, particularly concerning government policy. The main drivers of adoption include a preference for affordable purchase costs, operational cost savings, design, and service. Conversely, barriers include infrastructure and charging time, policy, and purchase costs."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Muhammad Rizhan Aji Pratama
"Adopsi kendaraan listrik plug-in (PEV) adalah subjek yang menarik banyak minat baru-baru ini. Perhatian yang meningkat ini sebagian disebabkan oleh kemajuan paralel yang cepat dalam bisnis, kebijakan, dan metode teknologi yang dimaksudkan untuk mempromosikan penggunaan teknologi baru yang revolusioner ini. Performa PEV menjadi lebih sebanding dengan mobil konvensional karena kemajuan teknologi baterai, dan semua pembuat mobil besar sekarang menawarkan PEV. Pemerintah, termasuk di Indonesia, di semua tingkatan menerapkan insentif keuangan dan non-keuangan yang berbeda untuk mempromosikan adopsi PEV. Namun, dampak dari perubahan ini pada akhirnya tergantung pada minat pelanggan. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah persepsi konsumen merupakan faktor dalam niat membeli atau menyewa kendaraan listrik. Untuk menjawab pertanyaan ini, penelitian korelasi antara persepsi konsumen Indonesia termasuk keuntungan relatif, trialability, observability, kebijakan, dan efek jaringan atau stasiun pengisian dilakukan untuk menentukan persepsi mana yang merupakan faktor utama dalam menentukan niat beli atau sewa listrik kendaraan.
Plug-in electric vehicle (PEV) adoption is a subject that has attracted a lot of interest recently. This increased attention is partially due to the quick parallel advancements in business, policy, and technological methods meant to promote the use of this revolutionary, new technology. The performance of PEVs is becoming more comparable to that of conventional cars because to advancements in battery technology, and all major automakers now offer PEVs. Governments, including in Indonesia, at all levels are implementing different financial and non-financial incentives to promote PEV adoption. However, the impact of these changes ultimately depends on customer interest. Therefore, the purpose of this study is to determine if consumer perceptions are a factor to the purchase or lease intent of electric vehicles. To respond to this query, a research of correlation between the perceptions of Indonesian consumers including relative advantage, trialability, observability, policy, and network effects or charging stations is done to determine which perceptions are the major factors in determining purchase or lease intent of electric vehicles."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Heru Jovendra
"Penggunaan energi alternatif merupakan salah satu cara untuk mengurangi dampak dari komsumsi energi fosil. Seiring bertambah majunya teknologi maka pengaplikasian energi alternatif juga semakin luas. Salah satunya pembuatan kendaraan listrik dengan menggunakan sel surya. Prinsip dari dari kendaraan listrik ini adalah penggunaan energi yang disimpan baterai dari hasil konversi energi listrik dari sel surya.
Pada skripsi ini telah dilakukan pembuatan kendaraan listrik dengan menggunakan sel surya sederhana dengan menggunakan motor dc brushless 350 watt. Sumber energi utama untuk mengerakkan motor dc brushless ini berasal dari energi yang tersimpan pada baterai. Sumber energi pada baterai berasal dari energi pada panel sel surya yang dipasang pada kendaraan listrik dengan menggunakan sel surya ini. Pada akhirnya, kendaraan listrik dengan menggunakan sel surya ini mampu memperpanjang lifetime energi menjadi 51,9 menit.
The use of alternative energy is one way to reduce the impact of fossil energy compsumption. As technological advances increase, then the aplication of alternative energy is more extensive. One form of application is the manufacture of solar electric vehicles. The principle of electric vehicles is the use of solar converted electrical energy that is stored in the batteries. This thesis deals in the manufacture of a simple solar powered electric vehicle using a brushless DC motor 350 Watt. The main energy source in powering the brushless dc motor is derived from the energy stored in batteries. The electrical energy stored in the battery is converted from the energy acquired from the solar panel mounted in this solar powered electric vehicle. In the end, electric vehicles using solar cells is able to extend the lifetime of energy to be 51,9 minutes."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
S43336
UI - Skripsi Open Universitas Indonesia Library
Nabila Riski Julianti
"Perkembangan teknologi mempengaruhi berbagai bidang usaha untuk menerapkan sistem otomasi. Salah satunya adalah industri transportasi yang marak mengembangkan kendaraan otonom atau Autonomous Vehicle (AV). Seiring dengan perkembangan tersebut, penyelenggaraan AV tentu membutuhkan regulasi yang mendukung. Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui pelindungan konsumen terhadap pengguna jasa transportasi AV di Indonesia dan bagaimana pertanggungjawaban pelaku usaha terhadap potensi kerugian yang dialami oleh konsumen ketika menggunakan jasa layanan transportasi AV. Tulisan ini menggunakan metodologi hukum Doktrinal, dengan menelaah suatu norma dan penerapan asas hukum, serta pelaksanaan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2007 tentang Perkeretaapian, Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik sebagaimana terakhir kali diubah dengan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2024, serta peraturan terkait lainnya. Walaupun ketentuan mengenai penyelenggaraan, pelindungan hukum, hingga pertanggungjawaban atas kerugian konsumen sebagai pengguna jasa transportasi AV belum diatur secara khusus dalam perundang-undangan di Indonesia, namun adanya sistem otomasi dalam operasional kendaraan sudah disinggung dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 18 Tahun 2023 tentang Sertifikasi Kecakapan Awak Sarana Perkeretaapian dan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 76 Tahun 2021 tentang Sistem Manajemen Transportasi Cerdas di Bidang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.
Technological developments have influenced various business fields to implement automation systems. One of them is the transportation industry which is rampant in developing Autonomous Vehicles (AV). Along with these developments, the implementation of AV requires supportive regulations. This paper aims to find out consumer protection for AV transportation service users in Indonesia and how business actors are accountable for potential losses experienced by consumers when using AV transportation services. This paper uses a doctrinal legal methodology, by examining a norm and the application of legal principles, as well as the implementation of Law Number 8 of 1999 concerning Consumer Protection, Law Number 23 of 2007 concerning Railways, Law Number 22 of 2009 concerning Road Traffic and Transportation, Law Number 11 of 2008 concerning Information and Electronic Transactions as last amended by Law Number 1 of 2024, and other related regulations. Although provisions regarding the implementation, legal protection, and liability for consumer losses as users of AV transportation services have not been specifically regulated in legislation in Indonesia, the existence of an automation system in vehicle operations has been mentioned in the Regulation of the Minister of Transportation Number 18 of 2023 concerning Certification of Railway Crew Proficiency and Regulation of the Minister of Transportation Number 76 of 2021 concerning Transportation Management Systems Smart in the Field of Traffic and Road Transportation."
Jakarta: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Christian Salmon
"
ABSTRAKKendaraan listrik ringan ini dirancang menggunakan rangka space frame serta untuk beroperasi di lingkungan kampus Universitas Indonesia. Kendaraan listrik ini dibuat lebih ringan guna meningkatkan efisiensi konsumsi energi kendaraan. Rangka space frame kendaraan listrik ringan ini menggunakan material Al 6061 T6 yang memiliki massa lebih ringan namun tetap mempertahankan kekuatan struktur saat diberikan pembebanan. Sistem suspensi depan dan belakang serta drivetrain dirancang untuk menggunakan komponen yang tersedia di pasaran. Perancangan dan perhitungan kekuatan dilakukan dengan menggunakan program Autodesk Inventor® yang kemudian dikonfirmasi dengan metode analitis, lalu dibandingkan dengan tegangan yield material dengan mempertimbang angka faktor keselamatan serta dynamic factor. Rangka kendaraan ini pada akhirnya disimpulkan mampu menahan pembebanan statis berdasarkan kriteria kegagalan Von Mises yang diperbesar dengan faktor pembebanan dinamik dan faktor keselamatan.
ABSTRACTThis light weight electric commuter is designed utilizing space frame and designed to operate within Universitas Indonesia Campus. This electric sightseeing vehicle frame is made to be lighter to increase energy consumption efficiency. This space frame electric vehicle frame using Al 6061 T6 that has lighter mass but retained its strength when loaded. Front and rear suspension and drivetrain is designed to use component available in market. Design and calculation of strength using Autodesk Inventor® program then confirmed by analytical calculation, finally compared with yield strength with safety factor and dynamic factor consideration. This vehicle frame is finally concluded capable to withstand static load based on Von Mises failure criteria amplified by dynamic factor and safety factor.
"
2015
S59062
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library