Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 71375 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Cholila Djavad Nammah
2011
LP-pdf
UI - Laporan Penelitian  Universitas Indonesia Library
cover
Arwendria
"Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji korelasi antara intensitas penggunaan situs jejaring sosial (SJS) dan motivasi siswa terhadap kredibilitas informasi Islami yang dipublikasikan di Facebook. Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu variabel bebas (X) adalah intensitas penggunaan SJS oleh mahasiswa IAIN Imam Bonjol Padang dan variabel terikat (Y) adalah motivasi mahasiswa terhadap kredibilitas informasi Islami yang terdapat di Facebook. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan purposive random sampling. Sampel yang akan diambil dalam penelitian ini adalah mahasiswa IAIN Imam Bonjol yang kurikulumnya menawarkan kajian Islam lebih banyak yaitu sebanyak 210 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin tinggi intensitas penggunaan Facebook maka semakin tinggi pula validitas media tersebut menurut pengguna. Melalui penguasaan keterampilan tersebut, mahasiswa tidak hanya sekedar pengguna media sosial khususnya Facebook, namun juga dapat menjadi sumber rujukan bagi pengguna media sosial lainnya terhadap informasi keislaman. Bagi pengambil kebijakan pengembangan kurikulum sudah saatnya untuk memasukkan (menanamkan) kemampuan literasi pada seluruh kurikulum di setiap program studi di IAIN Imam Bonjol"
Jakarta: Pengurus Pusat Ikatan IPI, 2017
020 JIPIN 2:1 (2017)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Suripto
"Penelitian ini bermula dari pemikiran bahwa prestasi belajar anak dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik faktor internal maupun eksternal. Inteligensi merupakan internal kognitif dan kemandirian belajar merupakan internal non kognitif (kepribadian) yang berpengaruh terhadap prestasi belajar. Faktor eksternal yang berpengaruh ,terhadap prestasi belajar antara lain lingkungan keluarga terutama status sosial ekonomi orang tua dan pola asuh yang diterapkan orang tua terhadap anak-anaknya.
Penelitian ini mengkaji keterkaitan antara inteligensi anak, status sosial ekonomi orang tua, pola asuh dan kemandirian belajar anak dengan prestasi belajar anak dalam mata pelajaran PMP, Bahasa Indonesia, UPS, Matematika dan IPA.
Sampel penelitian diambil 12 SD secara random dari semua siswa kelas VI yang jumlahnya 417 anak. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes inteligensi dari Raven, angket status sosial ekonomi orang tua, angket pola asuh menurut anak dan menurut orang tua, angket kemandirian belajar anak dan hasil tes Ebtanas yang meliputi mata pelajaran PMP, Bahasa Indonesia, IPS, Matematika dan IPA.
Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan analisis korelasi berganda. Dari penelitian ini ditemukan bahwa; secara bersama-sama prestasi belajar PMP, Bahasa Indonesia, IPS, Matematika dan IPA dipengaruhi secara positif oleh tingkat inteligensi anak, status sosial ekonomi orang tua, pola asuh, dan kemandirian belajar anak. Keempat variabel tersebut memberi kontribusi terhadap prestasi belajar PMP 21.821%, Bahasa Indonesia 19.017%, IPS 27.899 %, Matematika 18.380 %, IPA 24.418 %.
Secara sendiri-sendiri; (1) prestasi belajar PMP dipengaruhi secara positif oleh tingkat inteligensi anak, dan status sosial ekonomi orang tua, tetapi tidak dipengaruhi secara positif oleh pola asuh dan kemandirian belajar anak, dengan p masing-masing .0001, .0007, 2689, dan 1026. (2) Prestasi belajar Bahasa Indonesia dipengaruhi secara positif oleh tingkat iteligensi anak, status sosial ekonomi orang tua, dan kemandirian belajar anak, tetapi tidak dipengaruhi secara positif oleh pola asuh yang dilakukan orang tua, dengan p masing-masing .0001, .0043, .0088, dan .7948. (3) Prestasi belajar IPS dipengaruhi secara positif oleh tingkat inteligensi anak, dan status sosial ekonomi orang tua, tetapi tidak dipengaruhi secara positif oleh pola asuh dan kemandirian belajar anak, dengan p masing-masing .0001, .0027, 4161, dan 7854. (4) Prestasi belajar Matematika dipengaruhi secara positif oleh tingkat inteligensi anak, dan kemandirian belajar anak, tetapi tidak dipengaruhi secara positif oleh status sosial ekonomi orang tua dan pola asuh, dengan p masing-masing .0001, .0077, .0829, dan .1035. (5) Prestasi belajar IPA dipengaruhi secara positif oleh tingkat inteligensi anak, dan status sosial ekonomi orang tua, tetapi tidak dipengaruhi secara positif oleh pola asuh dan kemandirian belajar anak, dengan p masing-masing 0001, .0003, .3152, dan .1298."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 1996
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Maya Ekatrina Sedasvina Arinardi
"ABSTRAK
Penelitian ini membahas tentang pengaruh reinforceaent sosial terhadap kegiatan belajar bahasa Inggris siswa, khususnya kegiatan belajar nonformal bahasa Inggris. Dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh reinforcement orangtua dan peer aroup teman bermain terhadap kegiatan belajar nonformal bahasa Inggris siswa dan untuk mengetahui reinforcement mana yang paling dominan. Dasar pemikiran yang digunakan dalam menganalisa hubungan tersebut adalah bahwa manusia bertingkah laku karena didorong oleh dukungan sosial. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa ada hubungan positif antara reinforcement yang diperoleh dari orangtua di satu pihak serta reinforcement yang diperoleh dari peer group di lain pihak dengan kegiatan belajar nonformal bahasa Inggris siswa. Namun hubungan tersebut berada pada tingkat yang rendah. Dan tidak ada pengaruh yang dominan mempengaruhi kegiatan belajar nonformal siswa, karena besarnya hubungan antara pengaruh reinforcement orangtua terhadap kegiatan belajar nonformal bahasa dengan besarnya hubungan pengaruh terhadap kegiatan belajar nonformal Inggris siswa hampir sama reinforcement peer group bahasa Inggris siswa. Dari hasil wawancara mendalam, data menunjukkan bahwa hal mempengaruhi kegiatan belajar nonformal bahasa adalah tujuan yang hendak dicapainya, khususnya yang dominan Inggris siswa tujuan yang berorientasi pada penguasaan materi. Artinya kegiatan belajar nonformal bahasa Inggris akan dijalankan siswa dengan sungguh sungguh apabila ia bertujuan untuk menguasai bahasa Inggris. Sedangkan jika siswa mempunyai tujuan yang tidak berorientasi pada penguasaan materi, seperti tujuan yang berorientasi hanya pada perolehan ijazah, maka siswa akan.melakukan kegiatan belajar nonformal bahasa Inggris pada tingkat yang rendah. Kesimpulan ini didukung oleh pendapat Ronald Dore yang menyatakan bahwa untuk menilai kapasitas seseorang dalam melakukan sesuatu, khususnya kegiatan belajar, adalah tujuan yang hendak dicapainya. Mengacu pada hasil penelitian tersebut maka setiap individu yang melakukan kegiatan belajar nonformal bahasa Inggris perlu mengetahui tujuan yang tepat, agar individu tersebut melakukan kegiatan belajar dengan sungguh sungguh."
1990
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Santi Lisnawati
"Prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh banyak faktor. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu: 1) apakah terdapat pengaruh disiplin ibadah shalat dan emotional intelligence terhadap prestasi belajar pada siswa yang menggunakan kurikulum 1994 dan Kurikulum Berbasis Kompetensi, 2) apakah terdapat perbedaan prestasi belajar siswa yang menggunakan kurikulum 1994 dan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Dalam prestasi belajar siswa terbatas pada tiga bidang ilmu yaitu agama, eksakta, dan sosial.
Penelitian menggunakan pendekatan ex post facto, yang menjadi responden adalah siswa SMUN 5 Bogor, yang menggunakan kurikulum 1994 sebanyak 85 orang dan yang menggunakan Kurikulum Berbasis Kompetensi sebanyak 72 orang yang dipilih berdasarkan insidental sampling. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner. Instrumen divalidasi dengan menggunakan "product moment", sedangkan relaibilitas menggunakan "alpha cronbach". Analisis data menggunakan teknik regresi dan t -test.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah: 1) disiplin ibadah shalat memberikan pengaruh yang dominan terhadap prestasi belajar siswa pada kurikulum 1994 (Y= a + bXl, Y = 4.698 + 0.278)0), memberikan kontribusi sebesar 7,7% 2) emotional intelligence memberikan pengaruh yang dominan terhadap prestasi belajar siswa pada Kurikulum Berbasis Kompetensi, (Y = 485.6 + 0.327X1), memberikan kontribusi sebesar 10,7%, 3) ada perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar bidang ilmu eksakta pada siswa yang menggunakan kurikulum 1994 (64.85) dan yang menggunakan KBK (70.43) dengan nilai mean di,ence -5.58.

Achievement learn student influenced by many factor. Problem of this research that are: 1) do there are influence of religious service discipline of shalat and of emotional intelligence to achievement learn at student using curriculum 1994 and Curriculum Base on Competition, 2) do there are difference of achievement learn student using curriculum 1994 and Curriculum Base on Competition. In achievement learn student limited to science trihedron that is religion, social and exact.
Research use approach of ex post facto, becoming responder are student of SMUN 5 Bogor, using curriculum 1994 counted 85 people and using Curriculum Base on Competition counted 72 one who are selected pursuant to sampling incidental, used instrument in the form of questioner. Instrument in validation by using ?moment product" while reliabilities use ?cronbach alpha". Data analysis use technique of regresi and t - test.
Conclusion of this research are: 1) religious service discipline of shalat give dominant influence to achievement learn student at curriculum 1994 (Y= a + bXl, Y = 4.698 + 0.278X1), giving contribution equal to 7,7 %, 2) intelligence emotional give dominant influence to achievement learn student at Curriculum Base on Competition (Y = 485.6 + 4.327X1), giving contribution equal to 10,7 %, 3) there is difference which is significant between achievement learn physical science area at student using curriculum 1994 ( 64.85) and using Curriculum Base on Competition ( 70.43) with value of mean diffrence - 5.58.
"
Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2005
T15206
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nirwana
"ABSTRACT
The research objectives were todetermine the effect ofenvironmental management based learning and cognitive style on learning outcomes of the natural sciences-physics Bengkulu city junior high school students with asample class VII Semester1. The experimental groupusing amanagement- based learning environment, while the control groupusedthe conventionallearning management. Each groupis distinguished bycognitive style field independent and field dependent. The research using experimental methods 2 x 2 factorial design. The research instrument using an objective test of multiple choice and essay limited. By using Anova test hypotheses obtained two lines of research results that the study of the natural sciences-physics students who use learning management environment based higher compared with conventional learning management."
Bogor: Program Pascasarjana Universitas Pakuan, 2017
370 JPLH 5:1 (2017)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Mahmudin
"Membentuk dan mengembangkan perilaku peserta didik dapat dilakukan dengan menerapkan perilaku disiplin dan membangkitkan Self-Regulated Learning. Religiusitas menjadi salah satu faktor pengendali tingkah laku serta merupakan sebuah motifasi hidup dan merupakan alat pengembangan, pengendalian diri, dan juga merupakan suatu alat pembentuk moral. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh religiusitas terhadap disiplin dan regulasi diri dalam belajar siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kota Bekasi. Hipotesis; 1) Terdapat pengaruh yang signifikan dari religiusitas terhadap disiplin siswa SMP; 2) Terdapat pengaruh yang signifikan dari religiusitas terhadap regulasi diri dalam belajar siswa SMP; 3) Terdapat pengaruh yang signifikan dari disiplin terhadap dan Self-Regulated Learning siswa SMP. Skala yang digunakan adalah skala religiusitas (Glock & Stark), skala disiplin (Sears) dan skala MSLQ (Pintrich dan Groot). Responden penelitian ini adalah 164 siswa SMP Negeri di Kota Bekasi. Pemilihan subyek dilakukan dengan random sampling. Langkah analisis data menggunakan Analisis CFA dan Analisis SEM dengan alat bantu SPSS 15 dan LISREL 8.8 Kesimpulan; Ada pengaruh yang signifikan antara religiusitas terhadap disiplin dan Self-Regulated Learning dan antara disiplin terhadap Self-Regulated Learning.

The formation and development of students' behavior may be carried out by imposing discipline and encourage self-regulated learning. Religousness is one of the factors which controls the behavior and a motivation to live and is a development tool, self control as well as a tool to form the moral. The objectives of the study is to find out the impact of religiousness on the disciple and self regulation in the learning prosess of students of State Junior High School in Bekasi City. The hyphotheses are : (1) There is a signification impact of religiouness on the discipline of Junior High School students; 2) There is a significant impact of religousness on the self-regulated learning Junior High School students; 3) There is a significant impeet of religiousness on the discipline and self regulated learning of Junior High School students. The scale is used is the scale of religiousness (Glock & Stark), the scale of discipline (Sears) and MSLQ scale (Pintrich and Groot). The respondents of this study are 164 students of State Junior High School in Bekasi City. The subject is selented by random sampling. The data analysis step uses CF A Analysis and SEM Analysis with the help of tools namely SPSS 12 and LISREL 8.8. Conclusion: There is a signifant impact of reHgiousness on discipline and self-regulated learning and of discipline on self-regulated learning."
Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2009
T26944
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Jaya Wijaya
"Perhatian utama dari makalah ini adalah untuk memberikan informasi mengenai perbedaan jumlah kata yang digunakan oleh laki-laki dan perempuan Belanda, Tujuannya adalah untuk melihat kelompok mana yang lebih efisien dalam mengungkapkan pikirannya dalam Twitter yang memiliki ruang tulis yang terbatas. Dengan menganalisis korpus berupa sepuluh tweet laki-laki dan sepuluh tweet perempuan Belanda yang dilakukan secara random dan membandingkannya dengan teori Dede Brouwer berkenaan dengan perbedaan bahasa pria dan perempuan, diharapkan dapat ditarik kesimpulan kelompok mana yang menggunakan kata lebih banyak dan apakah dengan adanya media Twitter yang memiliki ruang tulis terbatas membawa perubahan pada karakteristik berbahasa pada laki-laki dan perempuan Belanda.

The main focus on this paper is to give information about the differences between Dutch males and females in terms of the amount of words, used by them. The main goal is to see which group is more efficient in terms of expressing their feelings on Twitter which has limited space. The tweets of ten Dutch males and females will then be compared with the theory of Dede Brouwer in terms of differences between the language used by males and females. I hope I can come to conclusion which group uses more words and whether Twitter with limited writing space bring changes to the language characteristic among the two genders.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Daru Sumantri
"ABSTRAK
Daya pikir kreatif siswa sering terhambat sehingga mereka kurang mampu
mengatasi pemecahan masalah yang terkadang sederhana. Hal ini disebabkan karena
pendidikan formal yang mereka ikuti, cenderung hanya mengembangkan kemampuan
reproduksi terhadap bahan pengetahuan dan kurang merangsang pemikiran kreatif
siswa.
Perlu ada perbaikan dalam pendidikan dengan menempatkan kreativitas
sebagai fokus, melalui penciptaan Iingkungan belajar kreatif yaitu lingkungan yang
dapat memberikan keamanan dan kebebasan psikologis bagi siswa untuk
menampilkan kreativitas yang mereka miliki. Salah satu alternatif yang ditawarkan
adalah belajar berkelompok, namun metode belajar kelompok tersebut tidak bolah
menekankan pada belajar sacara kooperatif yang dapat membuat kecenderungan "fit
in' terhadap orang Iain.
Penelitian ini melihat penerapan kegiatan belajar secara kolaborasi yang
merupakan alternatif belajar berkelompok yang ditawarkan oleh sejumlah ahli,
terhadap kreativitas siswa. Kegiatan belajar secara kolaborasi adalah kegiatan belajar
kelompok yang melibatkan siswa dan pengajar dalam mencapai tujuan belajar
bersama melalui suatu mekanisme interaksi sosial.
Dalam pelaksanaannya, penelitian ini menjadikan siswa SLTA sebagai subyek
dengan alasan banyak masalah yang harus diselesaikan dalam jenjang SLTA
sehingga mereka perlu mengembangkan kreativitas untuk mengatasinya. Dengan
menggunakan desain one group pre-test post-test, siswa menjalani tahapan proses
kegiatan belajar secara kolaborasi sebanyak 2 kali seminggu selama kurang Iebih 3
bulan dengan mengambil waktu sepulang sekolah. Tahap pertama adalah pre
kegiatan belajar secara koiaborasi yang merupakan masa persiapan, meliputi proses
perijinan, pendataan siswa, dan pengambilan pre-test. Tahap kedua adalah kegiatan
belajar secara kolaborasi yang meliputi 1 sesi pembuatan kontrak belajar, 8 sesi
pembelajaran, dan 1 sesi pengambilan post-test. Alat yang digunakan adalah Cultural
Fair Intelligence Test skala 3 A untuk mendata kecerdasan siswa, Tes Kreativitas
Verbal split-half untuk pre-test dan post-test, materi diskusi dan pendukungnya, lembar
observasi, audio dan video tape.

Siswa yang berjumlah 15 orang dibagi dalam 3 kelompok berdasarkan data
awal unjuk kerja siswa dimana siswa dengan tingkat unjuk kerja yang berbeda
digabung untuk menghasilkan kelompok yang heterogen. Tiap kelompok berinteraksi
dengan pengajar (peneliti) dan pakar topik diskusi yang dilibatkan pada sesi-sesi
pembelajaran akhir (sesi 5 - 8).
Penelitian ini menghasilkan skor pre-test post-test dan transkrip verbatim yang
telah diuji reliabilitasnya melalui interrater. Hasil pre-test post-test menunjukkan
adanya perubahan terhadap kreativitas siswa. Sebagian besar siswa mengalami
penurunan dan hanya 5 orang siswa yang mengalami peningkatan serta seorang
siswa yang tidak mengalami perubahan. Dari analisa protokoler yang dihasilkan dalam
bentuk data kuantitatif, memperlihatkan tabel skor mengenai dinamika unjuk kerja
kreativitas siswa dalam tiap kelompok yang dipengaruhi beragam peran yang
dijalankan siswa dan pengajar selama sesi pembelajaran serta interaksi antar siswa
selama kegiatan belajar secara kolaborasi
Dalam tiap kelompok, siswa memperlihatkan suatu dinamika dimana siswa
menunjukkan unjuk kerja kreativitas yang cukup baik ketika mereka aktif berinteraksi
dengan saling memberikan informasi yang dibutuhkan untuk penyelesaian tugas
bersama dan saling menjelaskan pendapat mereka secara verbal. Unjuk kerja
kreativitas juga terlihat meningkat saat kelompok aktif menjalankan peran secara
menyeluruh dan saling melengkapi serta pengajar mampu mengkombinasikan
perannya dengan seimbang.
Hal yang masih perlu dipertimbangkan adalah materi diskusi, waktu
pelaksanaan, kriteria sekolah, keberadaan pengajar, pakar, dan alat bantu observasi."
1998
S2753
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>