Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 105843 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Deka Anggawira
"Penelitian ini membahas tentang pengelolaan National Scientific Repository (RIN) dalam hal standar penyimpanan data terpercaya yang dikeluarkan oleh CoreTrustSeal. Standar penyimpanan data terpercaya mengandung 3 elemen utama, yaitu infrastruktur organisasi, manajemen objek digital, dan teknologi. RIN sendiri digagas oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dan dikelola oleh Pusat Data dan Dokumentasi Ilmiah Indonesia (PDDI-LIPI). Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan proses pengelolaan RIN dan mengidentifikasi hambatan yang muncul. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara semi terstruktur dengan 8 informan, observasi lapangan dan observasi sistem, serta studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa RIN dibangun karena tuntutan regulasi, kebutuhan pimpinan, pemenuhan visi misi organisasi, dan hasil survei yang dilakukan terhadap peneliti. Mengenai manajemen, dari 16 aspek yang diteliti terdapat 11 aspek yang mendapatkan tingkat kepatuhan 4, 4 aspek yang mendapatkan tingkat kepatuhan 3, dan 1 aspek yang mendapatkan tingkat kepatuhan 2. Kendala yang dihadapi adalah kurangnya motivasi. peneliti, lemahnya perangkat hukum, kompetensi sumber daya manusia (SDM), kewenangan kelembagaan, dan interoperabilitas data. Penelitian ini dapat memberikan masukan kepada institusi untuk pengembangan sistem dan kebijakan RIN yang lebih baik.

..This study discusses the management of the National Scientific Repository (RIN) in terms of reliable data storage standards issued by CoreTrustSeal. Reliable data storage standards contain 3 main elements, namely organizational infrastructure, digital object management, and technology. RIN itself was initiated by the Indonesian Institute of Sciences (LIPI) and managed by the Indonesian Center for Scientific Data and Documentation (PDDI-LIPI). This study aims to explain the RIN management process and identify the barriers that arise. This study uses a qualitative approach and case study methods. Data collection techniques include semi-structured interviews with 8 informants, field observations and system observations, and document studies. The results showed that RIN was built because of regulatory demands, leadership needs, fulfillment of the organization's vision and mission, and the results of a survey conducted on researchers. Regarding management, of the 16 aspects studied there are 11 aspects that get a level of compliance 4, 4 aspects that get a level of compliance 3, and 1 aspect that gets a level of compliance 2. The obstacle faced is a lack of motivation. researchers, weak legal instruments, competence of human resources (HR), institutional authority, and data interoperability. This research can provide input to institutions for the development of a better RIN system and policy."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dina Prihatiningsih
"ABSTRAK
Studi ini bertujuan untuk mengetahui gambaran penyimpanan obat di gudang
farmasi RS ASRI tahun 2011. Hasil penelitian menemukan sistem penyimpanan obat
tidak memenuhi indikator penyimpanan obat yang efisien, ini tercermin dari (i)
ketidakcocokan antara obat dengan kartu stok, (ii) terdapat beberapa obat kadaluarsa, (iii)
sistem penataan gudang belum sesuai standar. Studi ini menyarankan agar gudang dibuat
sesuai persyaratan dan dilengkapi dengan saran adan prasarana yang dibutuhkan.

Abstract
This study aims to know the description of the drug storage in The
Pharmacy warehouse of Asri Hospital in 2011. The results found that storage
systems of medicine did not meet the indicators of drug store efficiency, it
appeared from (i) incompatibility between some drugs with card stock (ii) there
were some expired drugs (iii) storage system did not meet the standard setup. This
study suggested that the warehouse was made according to the requirements and
equipping facilities and infrastructure as required."
2012
14-17-310858052
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Aisyah
"Permasalahan ketersediaan logistik obat merupakan salah satu masalah kesehatan saat ini di Kabupaten Aceh Besar, antara lain sering tidak terpenuhinya kebutuhan obat di puskesmas. Berdasarkan data GFK tahun 2006 ditemukan obat kosong mencapai 14%, obat kurang 28% obat bcrlebih sebanyak 3% dan obat kadaluarsa 4,6% untuk obat PKD dan 15% untuk obat bantuan, Untuk itu manajemen logistik obat hams terus menerus ditingkatkan sehingga dapat memenuhi kebutuhan program pelayanan kesehatan dasar.
Permasalahan dalam sistem informasi berpengaruh terhadap fimgsi pengelolaan obat, terutama pada aspek perencanazm, pengadaan, penyimpanan dan disuibusi. Sistem pencatatan dan pelaporan di GFK selama ini belum beljalan dengan optimal. SDTK (Sistem hxformasi Database Terpadu Kabupaten) yang tersedia belum memenuhi infonnasi logistik obat kabupaten secara lengkap. Untuk itu dikembangkan sistem informasi manajemen Iogistik obat di GFK rnelaiui perancangan prolozype yang diharapkan dapat membantu pennasalahan yang ada.
Metodologi yang digunakan dalam tesis ini adalah metode incremental dan iterative melalui tahapan perencanaan, analisis, perancangan, pengkodean dan uji cpba sistem. Identifikasi dan analisis masalah sistem dilakukan dengan wawancara mendalam, telaah dokumen dan obsewasi pada unit kerja dinas keschatan dan beberapa infonnan yang terkait. Perancangan prototype dilakukan dengan menggunakan bahasa pcmrograman PHP dan basis data mysql yang bersifat open source. Uji coba prototype dilakukan menggmmakan data sampel di Laboratorium Komputer Fakultas Kesehatan Masayarakat Departemen Biostatistika Universitas Indonesia.
Hasil dari pengembangan sistem informasi ini adalah dihasilkan protozype Sistem Informasi yang berisi Iaporan ketersediaan obat, perencanaan obat, beberapa indikator manajemen, prediksi obat kurang dan kadaluarsa san rancangan baru formulir LPLPO. Prorotype yang dihasilkan dirancang sesuai dengan identifikasi masalah dan kebutuhan infonnasi manajemen logistik obat di GFK Prototype yang dihasilkan pada pengembangan ini masih banyak terdapat keterbatasan, sehingga belum dapat memecahkan selumh permasalahan yang ada. Untuk itu diperlukan pengembangan lebih lanjut agar lehih aplikatif. Agar pelaksanaan sistem informasi ini dapat berjalan dengan baik dan bcrkclanjutan, juga dibutuhkan komitmen dan kebijakan pendukung, tennasuk penyediaan dana dan sumber daya manusia, mekanisme umpan balik dan pengawasan.

Medicine logistic availability is one of current health issues in Aceh Besar District, where medicine requirement at health center often cannot be met Based on GFK data released in 2006, it is found that stock out medicine is about 14%, deficient medicine is about 28%, overstock medicine is about 3% and expired medicine are 4,6 and 15% for PKD medicine and aid medicine respectively. Therefore, medicine logistic management have to be improved so that it can meet basic health care program requirement. Current recording and reporting system at GFK is still not optimal, Available District Integrated Database Infomation System (SDTK) still does not meet total medicine logistic infomation of the district. Thus, it is needed to develop medicine logistic management information system at GFK through prototype planning that expected to solve the issue.
Metodology used for this research was incremental and iterative methods consisting planning, analysis, design, coding and system testing steps. Identitieation and analysis of the system were performed by depth interview, document survey and observation of work unit at district health office and related informant. Prototype design is performed by using PHP programming language and open source mysql database. Prototype testing is performed by using sample data in Computer Laboratory of Biostatistic Departement of Public Health Science Faculty, University of Indonesia.
The outcome of development of the infomation system is a prototype containing medicine availability reporting, planning, management indicators, prediction of deficient medicine and expired medicine and new design of LPLPO fomr input, The prototype resulted from this development still have some limitations, thus it still cannot solve all of the existing issues. Further development is needed so that this prototype can be more applicable. Commitment and policy of the supporter are needed so that the implemetation of this information system can work better and continuously, including fund and human resource provision , feedback mechanism and supervision.
"
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2008
T34378
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Luthfiery Widiandito Martokoesoemo
"Manajemen risiko mencakup proses sistematis untuk mengenali, mengevaluasi, dan mengendalikan risiko dalam semua aktivitas perusahaan guna meningkatkan efektivitas dan efisiensi secara keseluruhan dalam upaya meningkatkan ketahanan rantai pasok. Dalam studi ini, metode House of Risk (HOR) diterapkan. Metode ini diadaptasi dari Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) dan model korelasi Quality Function Deployment (QFD). Penelitian ini difokuskan pada proses rantai pasokan gudang perakitan di PT XYZ. Analisis risiko pada HOR 1 dimulai dengan mengidentifikasi risiko melalui diskusi dengan para ahli dan tinjauan literatur, diikuti dengan penilaian tingkat keparahan kejadian risiko dan nilai kejadian agen risiko. Temuan dari HOR 1 mengidentifikasi 18 kejadian risiko dan 27 agen risiko. Dengan menggunakan analisis Pareto, 13 agen risiko prioritas telah diidentifikasi, dengan agen risiko tertinggi adalah ketidaksesuaian kualitas material dari pemasok, yang memiliki nilai ARP sebesar 3216. HOR 2 merumuskan 13 tindakan pencegahan untuk mengurangi risiko prioritas ini. Pemrosesan data pada HOR 2 mengungkapkan bahwa terdapat tiga kelompok tindakan pencegahan yang harus diimplementasikan yaitu tiga kelompok tindakan pencegahannya yaitu menyusun dan melaksanakan Standard Operating Procedure (SOP) yang komprehensif serta program pelatihan, mengevaluasi dan menerapkan sistem teknologi informasi terbaru, menerapkan Warehouse Management System (WMS) secara real-time.

Risk management includes a systematic process for identifying, evaluating, and controlling risks in all company activities to enhance overall effectiveness and efficiency in efforts to improve supply chain resilience. In this study, the House of Risk (HOR) methodology is applied. This method is adapted from the Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) and the Quality Function Deployment (QFD) correlation model. The research is focused on the assembly warehouse supply chain process at PT XYZ. The risk analysis in HOR 1 begins with identifying risks through expert discussions and literature review, followed by an assessment of the severity of risk events and the occurrence values of risk agents. The findings from HOR 1 indicate 18 risk events and 27 risk agents. Using Pareto analysis, 13 priority risk agents were identified, with the top risk agent being the unsuitability of material quality from suppliers, which has an ARP value of 3216. HOR 2 outlines 13 preventive measures to mitigate these priority risks. Data processing at HOR 2 revealed three groups of preventive measures to be implemented: developing and implementing comprehensive SOPs and training programs, evaluating and adopting the latest information technology systems, and implementing a real-time Warehouse Management System (WMS)."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Multazam Bagus Harto
"Setiap industri berlomba-lomba khususnya ritel, melakukan transisi atau menambah channel penjualannya tidak hanya melalui toko fisik, tetapi juga melalui channel online. Begitupun hal nya dengan gudang yang dituntut untuk bisa ikut serta dalam proses pemenuhan pesanan baik itu melalui toko maupun melalui online. Penelitian ini mengembangkan inventory model untuk gudang dual channel dengan kapasitas gudang yang terbatas dan adanya pengembalian produk. Dengan gudang terbagi menjadi dua bagian, yaitu untuk pemenuhan pesanan of line dan untuk pemenuhan pesanan online. Pengembangan model ini juga mempertimbangkan ketidakpastian permintaan dan lead time pengiriman. Kendala kapasitas gudang bersifat convex nonlinear programming dan menggunakan analisis Karush-Kuhn-Tucker dalam menyelesaikannya. Solusi bentuk tertutup dikembangkan menggunakan distribusi normal tanpa adanya kendala kapasitas gudang yang terbatas, dan algoritma yang berulang atau iteratif menggunakan bisection method untuk kasus dengan adanya kendala kapasitas gudang yang terbatas. Analisis numerik dilakukan langsung terhadap gudang di perusahaan ritel olahraga untuk mendapatkan secara nyata model yang diusulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kapasitas gudang sangat mempengaruhi besarnya ukuran jumlah pemesanan. Analisis sensitivitas yang dilakukan juga menunjukkan bahwa model yang diusulkan menawarkan solusi yang optimal untuk ukuran jumlah pesanan dan reorder point serta dapat pula meminimumkan total biaya gudang.

Every industry is competing, especially retail, to transition or increase its sales channels not only through physical stores, but also through online channels. Likewise, warehouses are required to be able to participate in the order fulfillment process both through stores and online. This research develops an inventory model for dual channel warehouses with limited warehouse space and product returns. With the warehouse divided into two parts, namely for offline order fulfillment and for online order fulfillment. The development of this model also considers demand uncertainty and delivery lead time. The warehouse space constraint is convex nonlinear programming and uses Karush-Kuhn-Tucker analysis in solving it. A closed-form solution was developed using normal distribution in the case of no limited warehouse space constraints, and an iterative algorithm using bisection method for the case with limited warehouse space constraints. Numerical analysis was conducted directly on a warehouse in a sports retail company to get a real-world view of the proposed model. The results show that warehouse space greatly affects the size of the order quantity. The sensitivity analysis conducted also shows that the proposed model offers an optimal solution for the size of the order quantity and reorder point and can also minimize the total warehouse cost."
Jakarta: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Jelita Murni
"

Pemilihan presiden di Indonesia merupakan isu yang selalu menarik perhatian publik setiap periodenya. Dalam mengawal pemilihan presiden yang demokratis dan aspiratif, media massa memiliki peran penting dan strategis dengan menerapkan prinsip-prinsip jurnalisme. Artikel jurnal ini menganalisis dua hasil penelitian mengenai penerapan objektivitas sebagai salah satu prinsip jurnalisme pada pemberitaan pemilihan presiden di Indonesia yang dipublikasikan di jurnal ilmiah nasional. Meskipun kedua penelitian tersebut menggunakan metode analisis isi dengan pendekatan kuantitatif, peneliti pada artikel kedua juga mengelaborasi penelitiannya dengan pendekatan kualitatif melalui analisis framing. Hasil dari kedua penelitian tersebut menunjukkan rendahnya pemberitaan yang berimbang terkait pemilihan presiden di Indonesia oleh media massa yang diteliti. Namun, keduanya tidak mengulas secara menyeluruh konsep dan kriteria objektivitas berita yang dikemukakan oleh Westerståhl.


Presidential elections in Indonesia are an issue that attracts public attention every period. In guarding a democratic and aspirational presidential election, the mass media has an essential and strategic role by applying journalism principles. This journal article analyzes two research results regarding the application of objectivity as one of the principles of journalism to the coverage of presidential elections in Indonesia published in national scientific journals. Although both studies used the content analysis method with a quantitative approach, the researcher in the second article also elaborated his research with a qualitative approach through framing analysis. The results of both studies show the low number of balanced news coverage related to the presidential election in Indonesia by the mass media studied. However, they did not thoroughly review the concept and criteria of news objectivity proposed by Westerståhl.

 

"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Novi Rahmawati
"ABSTRAK
Skripsi ini bertujuan untuk membahas mengenai manajemen terhadap informasi publik yang diterapkan di Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI). Implementasi dari praktik manajemen informasi ANRI ini terdiri dari identifikasi sumber informasi publik ANRI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil temuan menjukkan bahwa pelaksanaan manajemen informasi publik di ANRI terbagi berdasarkan jenis sumber informasi publik itu sendiri, yaitu informasi publik yang bersumber dari arsip dinamis dan informasi publik yang bersumber dari arsip statis. Manajemen informasi publik yang diterapkan oleh ANRI mencakup tiga kegiatan utama, yaitu pengolahan, penyimpanan dan penyebaran informasi publik. Berdasarkan hasil temuan di lapangan, terdapat beberapa kekurangan ANRI dalam memberikan pelayanan keterbukaan informasi publik yang disebabkan oleh kekurangan ANRI dalam melakukan manajemen informasi terhadap informasi publik. Oleh karena itu, ANRI masih perlu meningkatkan perencanaan dan upaya yang lebih baik yang berkaitan dengan manajemen informasi publik ANRI.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Gistya Fiscana
"Penelitian ini membahas tentang manajemen sumber daya manusia di Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Tujuannya untuk mengetahui fungsi-fungsi manajemen mulai dari perencanaan, pengorganisasian, penggerakkan, dan pengawasan, serta kendala-kendala yang ditemui dalam menjalankan manajemen sumber daya manusia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian deskriptif. Penelitian ini menggunakan strategi penelitian kualitatif, yaitu studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan fungsi-fungsi manajemen sumber daya manusia di Perpustakaan Nasional Republik Indonesia telah dilaksanakan secara terstruktur dan sesuai dengan prosedur yang berlaku.

This research is about human resources management in the national library of Indonesia. The purpose of this research is to review the functions of the human resources management implementation in the national library of Indonesia, from planning, organizing, actuating and controlling, and to find if there are any problems in implementing these functions. This research used qualitative approach and descriptive research methods. This research used case studies as its main strategy. The outcome of this research shows that all the functions of human management in the national library of Indonesia has been excellent and comply with the current procedures."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S45964
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rama Pattara
"Tesis ini membahas penyelenggaraan manajemen sekuriti fisik Museum Nasional Indonesia Jakarta sebagai upaya dalam melindungi aset negara sehingga dapat terhindar dari ancaman yang mengakibatkan kerugian. Saat ini Museum Nasional merupakan salah satu Museum yang memiliki benda koleksi peninggalan sejarah terlengkap di Indonesia. Hal ini mengakibatkan kerawanan terjadinya kerugian maupun kejahatan pencurian benda koleksi seperti yang pernah terjadi sebanyak 5 (lima) kali di Museum Nasional ini. Menyikapi permasalahan tersebut peneliti ingin mengetahui bagaimana pelaksanaan sistem manajemen keamanan sekaligus untuk mengetahui kelemahan pengelolaan Manajemen Sekuriti Museum Nasional.
Penelitian tesis ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi peneliti terhadap penyelenggaraan sekuriti Museum Nasional Indonesia yang belum sesuai dengan beberapa literatur manajemen sekuriti fisik. Batasan tesis ini fokus pada proses manajemen sekuriti, proses sekuriti fisik dan proses upaya taktis pengamanan. Penelitian tesis ini menggunakan metoda kualitatif dengan pendekatan yuridis manajerial, serta penulisan deskriptis analitis melalui penggambaran dan penganalisaan. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan penelaahan beberapa dokumen. Sumber data berasal dari informan berupa data primer maupun sekunder. Tinjauan pustaka yang digunakan merupakan beberapa konsep dan dokumen yang menunjang penelitian.
Hasil penelitian menyimpulkan masih ada kekurangan dalam pengelolaan keamanan fisik, kendala dalam pengelolaan serta tidak dilaksanakannya cara manajemen yang benar, maupun kurangnya peran Polri dalam mendukung pengoptimalan Manajemen sekuriti Museum Nasional. Oleh karena itu peneliti menyarankan Pertama, pelaksanaan seminar secara berkala dan terpusat di KIK UI bagi Satpam untuk mengingatkan kembali proses manajemen Sekuriti. Kedua, perbaikan dan penambahan alat pengaman bagi personel dan fisik Museum Nasional. Ketiga, pelatihan auditor Sistem Pengamanan bagi alumni Mahasiswa KIK UI agar saat berdinas di Polda dapat memprakarsai pembentukan Tim Audit bagi Objek Vital di Indonesia.

This thesis discusses the implementation of physical security management of the National Museum of Indonesia, Jakarta as an effort to protect state assets so as to avoid the threat that resulted in losses. Currently the National Museum is one museum that has a collection of historical heritage objects complete in Indonesia. This resulted in the loss insecurity and crime such as theft of a collection of objects that have occurred as many as five (5) times in the National Museum. In response to these problems the researchers wanted to know how the implementation of safety management systems as well as to identify the weaknesses in the management of the National Museum of Security Management.
This thesis research is motivated by the observation of the conduct of security researcher National Museum of Indonesia that is not in accordance with some physical security management literature. Limitations of this thesis focuses on the process of security management, physical security processes and process tactical security efforts. This thesis research using qualitative methods, juridical managerial, analytical and descriptive writing through the depiction and analysis. The technique of collecting data through observation, interviews and a review of several documents. Source data comes from informants such as primary and secondary data. Literature review used a few concepts and documents that support the research.
The study concluded there are still shortcomings in the management of physical security, as well as obstacles in the management of non-performance management correct way, and the lack of police role in supporting the optimization of security management of the National Museum. Therefore, researchers suggest First, implementation and periodic seminars at KIK centralized UI for the guard to remind Security management process. Second, improvements and the addition of safety devices for physical and personnel of the National Museum. And Third, Security System auditor training for UI Alumni Student KIK while serving in the police in order to initiate the establishment of the Audit Team for Vital Objects in Indonesia.
"
Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2014
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Intan Lisetyaningrum
"Prosedur pembedahan menjadi salah satu tindakan medis yang paling menegangkan dan dapat menimbulkan kecemasan pada anak. Terapi musik menjadi salah satu penanganan non farmakologi untuk masalah ansietas preoperatif pada anak. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis berbagai sumber literatur untuk membuat standar operasional prosedur terapi musik sebagai manajemen ansietas preoperatif pada anak. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur dengan mengumpulkan artikel dari berbagai database dan didapatkan 1.135 artikel yang sesuai dengan kata kunci “children”, “music AND music therapy”, “anxiety”, “preoperative”. Kemudian artikel disaring dengan metode PICO untuk menetapkan kriteria inklusi penelitian, dan didapatkan 5 artikel yang sesuai dengan kriteria inklusi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, didapatkan hasil bahwa terapi musik dapat mengurangi kecemasan preoperatif pada anak dan dalam penelitian ini telah dibuat rekomendasi standar prosedur operasional terapi musik sebagai manajemen ansietas preoperatif pada anak. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat untuk penelitian selanjutnya.

Surgical procedures become one of the most stressful medical measures and can cause anxiety in children. Music therapy is one of the non-pharmacological treatments for preoperative anxiety problems in children. The purpose of the study was to analyze various sources of literature to standard operating music therapy procedures as preoperative anxiety management in children. The study used a method of literature study by collecting articles from various databases and obtained 1.135 articles that matched the keywords "children", "music AND music therapy", "anxiety", "preoperative". Then the article was filtered with pico method to set the criteria for research inclusion, and obtained 5 articles that fit the inclusion criteria. Based on research conducted, it was found that music therapy can reduce preoperative anxiety in children and in this study has made standard recommendations of musical therapy operational procedures as preoperative anxiety management in children. The results of this study are expected to be useful for future research. "
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2021
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>