Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 129413 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Shafira Efrie Yunianthi
"Perkembangan teknologi komunikasi berpengaruh terhadap perubahan perilaku individu. Determinisasi teknologi tanpa disadari telah membuat manusia sangat bergantung terhadap teknologi. Pola komunikasi dari zaman ke zaman mengalami perubahan dengan hadirnya teknologi, salah satu contohnya adalah pengunaan KakaoTalk yang merupakan aplikasi mobile instant messenger dengan pengguna paling banyak di Korea. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peran aplikasi mobile instant messenger terhadap perubahan pola komunikasi pada masyarakat Korea. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik survei menggunakan kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perkembangan teknologi telah membawa perubahan dalam pola komunikasi. Perubahan yang terjadi itu memiliki dampak positif dan negatif. Dampak positif yang muncul, seperti komunikasi menjadi lebih mudah, dan meningkatkan efisiensi serta produktivitas individu. Sedangkan, dampak negatifnya telah terjadi pergeseran pola komunikasi seperti, hilangnya komunikasi interpersonal dan ketergantungan terhadap teknologi. Terkait penggunaan teknologi mobile instant messenger, aplikasi KakaoTalk sangat berperan penting dalam berkomunikasi di Korea karena sebagian besar orang Korea menggunakan aplikasi ini untuk berkomunikasi sehari-hari.
The development of communication technology affects changes in individual behaviour. Technology Determinism unconsciously makes human being very dependent on technology. Communication, from age to age, changes the presence of technology, and one of the examples is KakaoTalk, which is the most-used instant messenger in Korea. The research question of this paper is how the role of the mobile instant messenger in changing the communication pattern of the South Korean people. The research method used in this writing is a descriptive qualitative method which uses a questionnaire survey. The result found that the existence of the development of technology creates changes in communication. The changes are divided into positive and negative impacts. The positive effect of communications technology was more accessible, as well as increasing efficiency and productivity. Meanwhile, the negative impact was the shift of communication, such as the loss of interpersonal communication and dependence on technology. Related to the use of mobile technology, KakaoTalk takes a significant role in South Korea`s communication because most of the Korean people use KakaoTalk for daily communication."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2019
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Rinan Alqiacy
"Mobile instant messenger adalah suatu teknologi komunikasi yang dapat mengirimkan pesan dengan cepat melalui perantaraan jaringan internet dari satu mobile ke mobile yang lain. Mobile instant messenger yang akan diteliti dalam penelitian ini adalah WhatsApp dan LINE. Penelitian ini bertujuan untuk menguji teori Technology Acceptance Model TAM , di mana perceived usefulness dan perceived ease of use sebagai faktor penentu penggunaan teknologi mobile instant messenger. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan sifat eksplanatif dan deskriptif. Hasil penelitian ini menemukan bahwa perceived usefulness dan perceived ease of use berhubungan secara positif dan signifikan terhadap penggunaan WhatsApp dan LINE.

Mobile Instant Messenger is a communication technology that can send messages quickly through the medium of the Internet network from one mobile to another mobile. Mobile instant messenger that will be examined in this study is WhatsApp and LINE. This study aims to test the theory of Technology Acceptance Model TAM , in which perceived usefulness and perceived ease of use as determinants of the use of mobile instant messenger technology. The research method used is quantitative research with explanative and descriptive nature. This research found that perceived usefulness and perceived ease of use were positively and significantly associated with the use of WhatsApp and LINE."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2017
S67556
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sofia Primalisanti Devi
"ABSTRAK
Tesis ini membahas pembentukan pemahaman bersama dalam proses komunikasi
interpersonal bemedia Smartphone dengan keterlibatan emoticon di dalam
pertukaran pesannya. Studi ini memusatkan perhatian pada penggunaan stiker
yang terdapat pada Instant Messenger Application, Line. Penelitian ini adalah
studi Kualitatif dengan paradigma Konstruktivionisme dan menggunakan in-depth
interview sebagai metode pengambilan datanya. Penggunaan Teori Coordinated
Management of Meaning dalam penelitian ini menunjukan hasil bahwa memaknai
suatu simbol emosi tidak dapat dimaknai secara berdiri sendiri, konteks
pemakaian simbol emosi yang melingkupinya memiliki kontribusi dalam proses
pemaknaan pesan secara keseluruhan.

ABSTRAK
This thesis discuss about building common understanding in interpersonal
communication using Smartphone media with emoticon involvement on its
message exchange. This study is focusing on sticker usage in Line, a Smartphonebased
Instant Messenger Application. This is a qualitative study with based on
constructivism paradigm and using in-depth interview as a method of data
collection. Using The Coordinated Management of Meaning Theory, the results in
this research shows that interpreting emoticon symbol can not be interpreted as a
stand-alone context, the context of emoticon symbol usage that surrounds it also
has a contribution in interpreting the whole message."
Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
T41847
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Laurentinus Rian
"ABSTRAK
Skripsi ini membahas tentang aplikasi Instant Messenger pada smartphone berbasis Android. Aplikasi ini memanfaatkan asymmetric encryption dalam pengamanan pesan. Asymmetric encryption dipilih agar dapat memberikan pengamanan yang baik kepada pengguna aplikasi sehingga pesan yang dikirimkan hanya dapat dibaca oleh pengirim dan penerima. Aplikasi ini menggunakan protokol XMPP yang merupakan salah satu protokol dalam instant messenger yang bersifat open source. Analisa keamanan pesan dilakukan terhadap variasi algoritma enkripsi dan panjang kunci yang digunakan yang mempengaruhi waktu yang diperlukan untuk melakukan proses enkripsi tersebut dan panjang data hasil enkripsi. Variasi-variasi ini dianalisasi untuk menentukan algoritma enkripsi dan panjang kunci yang optimal untuk digunakan pada aplikasi instant messenger pada smartphone berbasis Android dengan memperhatikan batas kemampuan smartphone tersebut. Dari hasil penelitian ini didapatkan bahwa algoritma enkripsi ECIES memiliki performa yang paling baik untuk diterapkan pada aplikasi instant messenger. Pada proses pembuatan kunci memiliki persentase peningkatan sebesar 99.89% dibandingkan RSA dan 93,63% dibandingkan Diffie-Hellman. Pada proses enkripsi algoritma ini tidak sebaik RSA namun pada proses dekripsi memiliki peningkatan sebesar 85, 36 % dibandingkan RSA dan 98,35% dibandingkan Diffie-Hellman

ABSTRACT
This paper discussing about Instant Messenger application for Android. This application uses asymmetric encryption for message protection. Asymmetric encryption is used because it will give good protection for application user so that only message sender and receiver who can read the message. This application uses XMPP protocol. XMPP is an open source instant messenger protocol. Message protection is analyzed using encryption algorithms and key lengths variation. An algorithm and a key length will be chosen as the most suitable to use in Android smartphone. In the end, this research shows that ECIES encryption is the best algorithm to be used in instant messenger application. ECIES has 99.89% increment than RSA and 93.63% increment than Diffie-Hellman in creating keys process. Although ECIES does not have increment in encryption process than RSA but it has 85.36% increment than RSA and 98.35% increment than Diffie-Hellman in decryption process."
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S54053
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Erwin Yulianto
"Popularitas Mobile Instant Messaging (MIM) terus meningkat jaman sekarang ini. Hal ini menyebabkan peningkatan penggunaannya dalam organisasi juga. Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor psikologis dalam penggunaan MIM dalam komunikasi informal berdasarkan Teori Reasoned Action (TRA) dan untuk mengamati dampak penggunaan MIM terhadap kepuasan komunikasi organisasi. Menggunakan pendekatan kuantitatif dan survey, data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis dengan Partial Least Square (PLS). Dengan 89 responden dari Inspektorat Jenderal BPK RI, penelitian menunjukkan bahwa TRA tidak sepenuhnya diterapkan dalam penggunaan MIM dalam komunikasi informal. Norma subyektif tidak berpengaruh signifikan terhadap niat dan perilaku. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa penggunaan MIM di komunikasi informal berpengaruh signifikan terhadap kepuasan komunikasi organisasi.
The popularity of Mobile Instant Messaging (MIM) continues to rise nowaday. This causes a rise in its use in organization as well. This study aims to examine the psychological factors in the use of MIM in informal communication based on the Theory of Reasoned Action (TRA) and to observe the effect of MIM’s use toward the organizational communication satisfaction. Using quantitative approach and survey, the data are collected through questionnaires and analyzed by Partial Least Square (PLS). With 89 respondents from Principal Inspectorate of BPK RI, the study shows that TRA is not fully applied in the use of MIM in informal communication. Subjective norm has no significant effect on intention and behavior. The result also shows that the use of MIM in informal communication has significant effect on organizational communication satisfaction."
Medwell Journals, 2016
MK-Pdf
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Gladys Mayssa Heryanti
"ABSTRAK
Salah satu cara untuk bertahan dalam dunia bisnis adalah mempertahankan pelanggan agar menjadi pelanggan yang loyal dalam menggunakan barang atau jasa yang ditawarkan. Loyalitas pelanggan merupakan hal sangat penting karena merupakan salah satu hal yang ingin dicapai oleh semua pelaku bisnis atau perusahaan. Diferensiasi produk merupakan salah satu strategi yang dapat digunakan perusahaan dalam mempertahankan pelanggan. Skripsi ini membahas pengaruh diferensiasi produk terhadap loyalitas pelanggan instant messenger LINE. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jumlah sampel 100 orang yang diambil dengan menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa diferensiasi produk memiliki pengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan.

ABSTRACT
One way to survive in the business world is to keep customers in order to become a loyal customer to use the goods or services offered. Customer loyalty is very important because it is one thing to be achieved by all businesses or companies. Product differentiation is one of the strategies that can be used by companies to retain customers. This paper discusses the effect of product differentiation on customer loyalty instant messenger LINE. This research is a quantitative study with a sample of 100 people taken by using purposive sampling. These results indicate that product differentiation has a positive effect on customer loyalty."
2015
S59463
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Juniana Francisca
"Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor penentu penting dari intensi berkelanjutan terhadap Mobile Shopping melalui Blackberry Messenger (BBM). Ada 138 kuesioner efektif yang diperoleh untuk analisis survei. Dua langkah pemodelan persamaan structural (SEM) digunakan untuk memvalidasi model pengukuran dan menguji hipotesis. Responden penelitian ini adalah mahasiswa yang memiliki pengalaman dengan M-Shopping BBM. Model penelitian ini dikembangkan oleh Hung, Yang & Tsieh (2012) dan menggunakan lima variabel yaitu konfirmasi, manfaat yang dirasakan, kepuasan, kepercayaan, dan intensi berkelanjutan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan dan kepuasan adalah faktor utama niat kelanjutan konsumen terhadap M-Belanja BBM.

The purpose of this study is to examine critical determinants of consumers? continuance intentions toward mobile shopping Blackberry Messenger. There were 138 effective questionnaires obtained for survey analysis. Two steps of structural equation modeling were used to validate the measurement model and test the hypothesized relationships. Survey respondents were university students who were had experience in Blackberry Messenger mobile shopping. The model of this study was developed by Hung, Yang & Tsieh (2012). In particular, this study identified five factors of consumer?s continuance intentions, confirmation, perceived usefulness, satisfaction, trust, and continuance intention. The results showed that trust and satisfaction were the main factors of consumer's continuance intentions toward M-Shopping BBM."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S44558
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Erwin Yulianto
"Popularitas Mobile Instant Messaging (MIM) terus naik, termasuk dalam organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk melihat faktor psikologis Penggunaan MIM dalam komunikasi informal menggunakan Theory of Reasoned Action (TRA) sekaligus melihat pengaruh Penggunaan MIM terhadap Kepuasan Komunikasi Organisasi. Menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode survei, data dikumpulkan melalui kuesioner, kemudian dianalisis dengan Partial Least Square (PLS).
Hasil penelitian dengan 89 responden dari Inspektorat Utama BPK RI, menunjukkan bahwa TRA tidak sepenuhnya terterapkan pada Penggunaan MIM dalam komunikasi informal. Norma subjektif tidak berpengaruh signifikan terhadap intensi maupun perilaku. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa Penggunaan MIM dalam komunikasi informal berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Komunikasi Organisasi.

The popularity of Mobile Instant Messaging (MIM) continues to rise nowadays, including its use in organization. This study aims to examine the psychological factors in the use of MIM in informal communication based on the Theory of Reasoned Action (TRA), and to observe the effect of MIM?s Use toward the Organizational Communication Satisfaction. Using a quantitative approach and survey methods, the data were collected through questionnaires, and analyzed by Partial Least Square (PLS).
With 89 respondents from Principal Inspectorate of BPK RI, the study shows that TRA is not fully applied in the use of MIM in informal communication. Subjective norm has no significant effect on intention and behavior. The result also shows that the use of MIM in informal communication has significant effect on Organizational Communication Satisfaction.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2016
T46324
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Theresa Victory Gloria
"Aktivitas menggunakan mobile instant messenger merupakan aktivitas yang paling sering dilakukan oleh konsumen Indonesia dengan perangkat ponsel pintarnya. Salah satu mobile instant messenger yang paling banyak digunakan oleh konsumen Indonesia adalah LINE messenger. Penelitian ini meneliti dampak network externalities yang konsumen miliki dan flow experience yang dirasakan oleh konsumen terhadap loyalitas yang dimiliki konsumen pada LINE messenger. Dengan metode SEM, didapatkan bahwa referent network size perceived complementarit, perceived enjoyment, attention focus mempengaruhi loyalitas konsumen MIM secara positif.

The activity of using mobile instant messaging is the most popular activity Indonesian consumers do with their smartphones. One of the most used mobile instant messaging applications in Indonesia is LINE messenger. This study tries to find the impact of consumers network externality and flow experience to their loyalty towards their LINE messenger. Structural Equation Modeling is used to analyze the relationship between each variable. By that analysis, It is found that referent network size, perceived complementarity, perceived enjoyment, and attention focus can affect the consumers loyalty positively
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
S56381
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>