Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 189894 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Shofiyyah Karimah Rahman
"Skripsi ini membahas mengenai pengaruh dimensi kesisteman dan identitas nilai dalam pelembagaan partai terhadap loyalitas kader PKS di Kota Depok periode 2015-2020. Tulisan ini menggabungkan teori pelembagaan partai oleh Vicky Randall dan Lars Svasand dengan dilengkapi oleh konsep loyalitas partai dalam analisisnya. Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif dan wawancara mendalam dengan kader serta elit partai. Lebih jauh, artikel ini mendukung argumen bahwa aspek internal dalam manajemen partai berpengaruh besar terhadap soliditas dan loyalitas kader partai dengan menjelaskannya melalui dua aspek: (1) keberadaan komitmen terhadap dakwah sebagai nilai bersama memfasilitasi loyalitas kader dengan berfungsi sebagai pengikat hubungan antara kader dengan partai; (2) keberadaan conflict resolution management (CRM) yang cenderung terorganisir dengan baik, komitmen terhadap mekanisme syura, serta kaderisasi sistematis melalui Unit Pembinaan dan Pengaderan Anggota (UPPA) yang dilaksanakan mengacu pada AD/ART partai memengaruhi tumbuhnya kepercayaan kader terhadap partai sehingga kader tidak mudah terpengaruh dengan konflik eksternal maupun internal dan menjaga loyalitas yang kuat terhadap partai. Namun penulis melihat bahwa kegagalan kaderisasi sistematis melalui UPPA dapat berperan besar dalam hilangnya loyalitas kader, sehingga keberadaan Ketua UPPA atau murabbi yang tepat dapat berpengaruh besar terhadap kesuksesan pembinaan melalui UPPA.

This thesis discusses about the influence of value infusion and systemness dimension in party institutionalization on the loyalty of the Prosperous Justice Party (PKS) cadres in Depok (2015-2020). The articles combined the theory of party institutionalization by Vicky Randall and Lars Svasand with the concept of party loyalty. Research are done with qualitative approach and in-depth interview with several party elites and cadres. Further more the article support the argument that internal aspect of party management will affect party member solidity and loyalty by explaining two aspect: (1) The existence of commitment to da’wah as a shared value serves as a binding relationship between cadres and parties; (2) the existence of rather well-organized conflict resolution management (CRM), commitment toward shura mechanism and systematic regeneration system through member development and caderization unit (UPPA), carried out by referring to the party’s statute affect on the growth of cadres trust in party that cadres are not easily influenced by external and internal conflict, also cement loyalty towards PKS. However authors see that the failure of systematic regeneration through UPPA has a great potential in disrupting party member loyalty, on this matter the existence of a qualified UPPA leader or murabbi has a big influence on the success of UPPA."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Religia Nur Aisyah
"[Skripsi ini meneliti pengaruh brand placement acceptance dan brand recall terhadap preference loyalty dan intention to purchase pada studi kasus smartphone Samsung Galaxy Note 3 dalam drama Korea ldquo My Love From Another Star rdquo Responden penelitian ini dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok pengguna smartphone Samsung dan kelompok pengguna non Samsung yang masing masing berdomisili di Jakara Bogor Depok Tangerang dan Bekasi Metode yang digunakan untuk mengolah data dalam penelitian ini adalah Multiple Regression Hasil penelitian membuktikan secara signifikan bahwa bagi kelompok pengguna Samsung brand placement acceptance dan brand recall berpengaruh pada preference dan loyalty Namun bagi kelompok pengguna non Samsung brand placement acceptance mampunyai pengaruh terhadap brand recall tetapi tidak cukup kuat untuk memengaruhi preference dan intention to purchase sedangkan brand recall memiliki pengaruh terhadap preference dan juga intention to purchase ;The purpose of this research is to analyse the effect of brand placement acceptance and brand recall on preference loyalty and intention to purchase with Samsung Galaxy Note 3 in a Korean drama called ldquo My Love From Another Star rdquo as the study case Respondents of this study are divided into two groups Smartphone Samsung User and Non Samsung User each of which is resided in Jakarta Bogor Depok Tangerang and Bekasi This Study uses Multiple Regression to process the data The result of this research shows significantly that on Samsung user brand placement acceptance and brand recall have impact on preference and loyalty On the other hand for non Samsung user brand placement acceptance has positive impact on brand recall but not strong enough to influence the preference and intention to purchase although brand recall has a positive impact on preference and intention to purchase ;The purpose of this research is to analyse the effect of brand placement acceptance and brand recall on preference loyalty and intention to purchase with Samsung Galaxy Note 3 in a Korean drama called ldquo My Love From Another Star rdquo as the study case Respondents of this study are divided into two groups Smartphone Samsung User and Non Samsung User each of which is resided in Jakarta Bogor Depok Tangerang and Bekasi This Study uses Multiple Regression to process the data The result of this research shows significantly that on Samsung user brand placement acceptance and brand recall have impact on preference and loyalty On the other hand for non Samsung user brand placement acceptance has positive impact on brand recall but not strong enough to influence the preference and intention to purchase although brand recall has a positive impact on preference and intention to purchase , The purpose of this research is to analyse the effect of brand placement acceptance and brand recall on preference loyalty and intention to purchase with Samsung Galaxy Note 3 in a Korean drama called ldquo My Love From Another Star rdquo as the study case Respondents of this study are divided into two groups Smartphone Samsung User and Non Samsung User each of which is resided in Jakarta Bogor Depok Tangerang and Bekasi This Study uses Multiple Regression to process the data The result of this research shows significantly that on Samsung user brand placement acceptance and brand recall have impact on preference and loyalty On the other hand for non Samsung user brand placement acceptance has positive impact on brand recall but not strong enough to influence the preference and intention to purchase although brand recall has a positive impact on preference and intention to purchase ]"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Faizal Fardhani Sigarlaki
"Pemasar kini memiliki peluang untuk dapat meningkatkan perannya dalam perusahaan hingga ke tataran stratejik. Namun untuk dapat melakukannya, pemasar dituntut untuk memiliki kemampuan sehingga dapat mengoptimalkan konfigurasi dari berbagai aset berbasiskan pasar. Berbagai studi telah menunjukkan bahwa aset-aset tersebut seperti inovasi, persepsi atas kualitas jasa, kepuasan, loyalitas, dan aset-aset lainnya, memiliki kemampuan untuk memberikan pengaruh positif terhadap peningkatan nilai perusahaan.

Seringkali aset-aset berbasiskan pasar bersifat tak berwujud (intangible) sehingga relatif sulit untuk dilakukan penilaian agar selanjutnya dapat direpresentasikan dalam ukuran-ukuran keuangan. Pemegang saham cenderung menilai suatu perusahaan berdasarkan ukuran-ukuran keuangan. Maka apabila seorang pemasar memiliki kemampuan untuk merepresentasikan hasil dari konfigurasi aset-aset tersebut dalam ukuran keuangan, peranan pemasar secara stratejik dapat ditingkatkan.

Studi ini dimaksudkan untuk mengkaji konfigurasi aset-aset tersebut dalam bentuk hubungan sebab-akibat serta keterkaitannya dengan nilai perusahaan khususnya dalam perspektif pemegang saham. Peneliti menemukan bahwa terdapat jalur (path) tertentu diantara inovasi, kualitas jasa, kepuasan dan loyalitas pada konteks industri perbankan. Selain itu data mendukung hipotesa bahwa inovasi memiliki kontribusi positif yang relatif tinggi dan signifikan terhadap aset-aset yang menjadi variabel dalam penelitian ini. Selain itu juga diperoleh bahwa inovasi memiliki hubungan positif, kendati tidak signifikan dengan nilai pemegang saham yang direpresentasikan oleh rasio


Nowadays marketers have an opportunity to increase their roles in a firm to be at a strategic level. But to take an advantage of this opportunity, they should have had capabilities to optimizing the configuration of the market-based assets (e.g. perceived innovativeness, perceived service quality, satisfaction, loyalty, etc). Earlier studies have shown that market-based assets have a positive effect in increasing the value of the firm.

Market-based assets has characteristic of intangible form, which makes them relatively difficult of being measured, especially to be represented in financial metric. Shareholders often assess the value of the firm in a financial way. Respectively, when a marketers is having capabilities to represent the result from the market-based assets configuration, which meet the needs of what shareholder’s wants, so that marketer would be able to extend their role at a strategic level.

This study proposed to learn and measure how the market-based assets configuration has a cause and effect relationships among them, then assess how they related with shareholder value. Researcher found that there is a certain path among the assets (marketing variables) especially from innovation through service quality and satisfaction and then creating loyalty of the customers. The hypotheses has supported by the data that innovation has a positive effect contributing in increasing of another assets, which is being measured as variables in this research. Besides that, there is a positive relationships among innovation and shareholder’s value (measured by q ratio), although it has not enough to be significant."

Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muri Maftuchan
"Emonev adalah layanan pengiriman laporan online di Direktorat Jenderal Bina
Upaya Kesehatan. Diketahui Loyalitas pengguna emonev masih rendah, adanya
keluhan pengguna menunjukan adanya permasalahan dengan kualitas layanan
yang dapat berpengaruh terhadap loyalitas , Penelitian ini dilakukan untuk
mengetahui besar pengaruh Kualitas Informasi, Kualitas Interaksi Layanan,
Usability dengan kepuasan dan loyalitas pengguna emonev.
Lokasi penelitian di Bagian Evapor BUK Kemenkes dengan 119 responden
pengisi laporan. Menggunakan metoda crossectional dengan analisis permodelan
structural Equation Modelling.
Pengujian melalui SEM mendapatkan model mempunyai predictive value 58%.
Pada hasil korelasi ditemukan Kualitas Interaksi dan Usability terbukti secara
signifikan mampu mempengaruhi variabel Kepuasan sebesar 30%. Sedangkan
Kepuasan terbukti mempengaruhi Loyalitas sebayak 40 %. Sedangkan kualitas
informasi emonev tidak terbukti berpengaruh terhadap kepuasan. Pada hasil
analisis deskriptif bahwa emonev sulit untuk dipelajari dan tidak memiliki fasilitas
yang cukup untuk berinteraksi. Kualitas Informasi mempengaruhi secara
langsung terhadap Loyalitas sebesar 18 %, Kualitas Interaksi mempengaruhi
Kepuasan secara langsung sebanyak 8.5 %. Kualitas Interaksi layanan
mempengaruhi secara tidak langsung loyalitas sebesar 2.9 %. Usability
mempengaruhi secara langsung terhadap Loyalitas sebesar 25%.
Peningkatan kepuasan dan loyalitas dapat dilakukan dengan mempertahankan
faktor-faktor yang terbukti berpengaruh terhadap kepuasan dan loyalitas dan
mengintervensi hasil analisis diatas. Hasil model penelitan disimpulkan
pemilihan indicator yang kurang tepat maka dari itu diperlukan indikator yang
lebih kompleks untuk dapat meningkatkan predictive value model.

Emonev is the online report service in the Direktorat Jenderal Bina Upaya
Kesehatan. Emonev users Loyalty known is still low, Many user complaints
indicate there were a problems with the quality service that could influence the
loyalty, this study was conducted to determine the influence of Information
Quality, Service Quality Interaction, Usability with emonev user satisfaction and
loyalty.
Location of the study in Subbagian Evaluasi dan Pelaporan BUK MoH with
119 respondents. Using a cross-sectional method with analytical modeling of
structural equation modeling. Through SEM, reseachers get the model that can
predict value 58%. On the results of the correlation analysis found Interaction
Quality and Usability proven significantly, influencing Satisfaction by 30%. and
Satisfaction shown to affect Loyalty as much as 40%. Information quality
directly affects the loyalty by 18%, Interaction Quality Satisfaction directly affect
as much as 8.5%. Interaction service quality affects loyalty indirectly by 2.9%.
Usability directly influence the loyalty by 25 %.But the Information Quality no
proven effect on satisfaction. In the descriptive analysis that emonev hard to learn
and does not have adequate facilities to interact.
Improving customer satisfaction and loyalty can be done by maintaining the
proven factors influence satisfaction and loyalty and intervening on that analysis.
Model of election outcomes research concluded that less precise indicator
therefore it required a more complex indicators that could improve the predictive
value for the model.
"
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2013
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Novi Ardiani
"Penelitian ini mempelajari tentang hubungan antara antecedents dari Dependence dan Trust yaitu Relationship Benefit, Social Bonding, Relationship Termination Costs, Opportunistic Behavior, dan Communication dalam membentuk komitmen dan loyalitas hubungan B2B antara mitra kerja pemasok gabah/beras kepada BULOG. Komitmen yang dipelajari dibedakan atas tiga komponen berdasarkan motivasinya yaitu Calculative, Affective, dan Normative Commitment. Tahapan penelitian terdiri dari pre test dan penelitian utama. Pre test dilakukan untuk menguji validitas dan reliabilitas kuesioner sebagai instrumen penelitian. Penelitian utama dilakukan terhadap 166 responden penggilingan padi di Jawa Barat yang terdaftar sebagai mitra kerja pemasok gabah/beras BULOG tahun 2013, baik yang aktif maupun tidak aktif. Persepsi responden terhadap BULOG diukur dari butir-butir pernyataan kuesioner dalam lima skala Likert. Pengolahan data dilakukan menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) dengan LISREL 8.7. Model pengukuran SEM menunjukkan hasil vaiditas dan reliabilitas yang cukup memuaskan kecuali untuk empat variabel yaitu Dependence, Calculative Commitment, Affective Commitment, dan Loyalitas. Goodness of fit (kecocokan) model secara keseluruhan menunjukkan hasil yang cukup baik. Uji hipotesis pada model struktural menunjukkan hasil dari 16 hipotesis penelitian terdapat tujuh hipotesis yang diterima, enam hipotesis yang tidak signifikan, dan satu hipotesis yang ditolak. Dua hipotesis tidak dapat dibuktikan pada path diagram dalam model struktural lalu kepadanya dilakukan uji tambahan regresi linear dengan SPSS 17.0 dan memberikan hasil yang tidak signifikan, yaitu pengaruh Dependence terhadap Affective Commitment dan pengaruh Calculative Commitment terhadap Loyalitas. Hasil yang tidak signifikan lainnya ditunjukkan pada hubungan Relationship Benefit dan Social Bonding terhadap Dependence, Dependence terhadap Calculative dan Normative Commitment, Trust terhadap Calculative Commitment, dan Normative Commitment terhadap Loyalitas. Pengaruh positif yang signifikan diperlihatkan pada hubungan antara Relationship Termination Costs terhadap Dependence dan Trust, Communication terhadap Trust, Trust terhadap Affective dan Normative Commitment, dan Afective Commitment terhadap Loyalitas. Sedangkan pengaruh negatif yang signifikan ditemukan pada hubungan antara Opportunistic Behavior dan Social Bonding terhadap Trust.

Research studied about relationship between the antecedents of Dependence and Trust, those are Relationship Benefit, Social Bonding, Relationship Termination Costs, Opportunistic Behavior, and Communication in order to build rice supplier commitment and loyalty to BULOG in B2B relationship. Commitment in this study are classified by the motivations, those are Calculative, Affective, and Normative Commitment. Pre test was done before the main test to check the validation and reliability of questionnaire as the research instrument. Main test was done to 166 rice milling in West Java which are listed as paddy/ rice supplier for BULOG in 2013, whether active or not. Respondent perception about BULOG was measured by items of indicator in questionnaire with five Likert scale. Structural Equation Modelling by LISREL 8.7 then used for data processing. Measurement model indicated good result of validity and reliability, for exception four variable, those are Dependence, Calculative Commitment, Affective Commitment, and Loyalty. Goodness of fit for overall model showed good enough result. 16 of hypothesis testing with structural model showed result seven hypothesis are supported, six are not significant, and one is rejected. Two of hypothesis cannot be tested in path diagram - structural model and for this case a linear regression test by SPSS 17.0 was treated to both. The result was not significant for both relationship, those are the impact of relationship between Dependence to Affective Commitment and Affective Commitment to Loyalty. Not significant results also found in impact of relationship between Relationship Benefit and Social Bonding to Dependence, Dependence to Calculative and Normative Commitment, Trust to Calculative Commitment, and Normative Commitment to Loyalty. Positive impact result found in relationship between Relationship Termination Costs to Dependence and Trust, Communication to Trust, Trust to Affective and Normative Commitment, and Affective Commitment to Loyalty. Two negative impact result found in relationship between Opportunistic Behavior and Social Bonding to Trust."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dwi Januar Luqmansyah
"Sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, perbankan syariah di Indonesia juga memberikan kontribusi dalam industri perbankan secara umum, walaupun dalam market share yang masih terbatas. Hal ini mengharuskan perbankan syariah untuk lebih dalam memahami kebutuhan nasabahnya. Salah satu transformasi proses bisnis yang harus dilakukan perbankan saat ini adalah mengubah layanan operasional secara tradisional menjadi layanan operasional berbasis digital. Mandiri Syariah hadir sebagai bank syariah yang pertama yang mengusung konsep Digital Branch. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh customer experience dengan sikap terhadap perbankan syariah dan konsep pemasaran kontemporer seperti kepuasan pelanggan dan loyalitas. Penelitian ini menggunakan metode mall intercept pada nasabah yang melakukan bertransaksi pada Digital Branch. Dengan 25 itempertanyaan penelitian ini berhasil mengumpulkan 252 responden pengguna layanan pada 3 outlet Digital Branch. Data dianalisis menggunakan metode PLS-SEM, hasilnya adalah customer experience berpengaruh positif dan signifikan pada sikap terhadap perbankan syariah dan kepuasan serta loyalitas pelanggan. Penelitian ini mengimplikasikan bagaimana faktor frontline personel paling mempengaruhi customer experience dan customer experience memiliki pengaruh dominan terhadap sikap terhadap perbankan syariah dibandingkan dengan kepuasan dan loyalitas kepada Digital Branch Bank Syariah di Indonesia. Sebagian besar dari mereka memiliki harapan memiliki customer experience yang sesuai dengan nilai syariah yang diharapkan lebih baik dari perbankan konvensional.

As a country with the largest Muslim population in the world, Islamic banking in Indonesia also contributes to the national banking industry, although its market share is still limited. This requires Islamic banking to better understand the needs of its customers. One of the business process transformations carried out by banking today is changing traditional operational services to digital-based operational services. The first Islamic bank that carries the concept of Digital Branch is Mandiri Syariah. The purpose of this study was to determine the effect of customer experience on attitudes towards Islamic banking and contemporary marketing concepts such as customer satisfaction and loyalty. This study uses the online questionnaire for customers who make transactions at the Digital Branch. With 25 research question items, this study managed to collect 252 service user respondents at three Digital Branch outlets. Data analysis using the PLS-SEM method, and the result is customer experience has a positive and significant effect on attitudes towards Islamic banking as well as customer satisfaction and loyalty. The study implies how frontline personnel factors most influence customer experience and customer experience has the greatest influence on attitude toward Islamic banking compared to satisfaction and loyalty to Islamic Bank Digital Branch in Indonesia. Most of them have the expectation of having a customer experience in accordance with sharia values which is expected to be better than conventional banking"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Maria Jayanti G
"Program loyalty adalah salah satu taktik yang disesuaikan perusahaan untuk menjadi organisasi yang sukses dan memiliki keuntungan, dimana hal tersebut sangat penting dalam melakukan bisnis saat ini di pasar yang kompetitif. Berbagai jenis program value dari keanggotaan program loyalty dapat mempengaruhi kesetiaan kepada program, brand loyalty, dan respon perilaku, termasuk dari word of mouth, dan kemauan untuk membayar lebih. Penelitian ini akan mengkaji program value (hadiah yang menarik, pengetahuan yang bermanfaat, dan upaya yang diperlukan) dari KALBE Family Reward Card sebagai program loyalty yang memberikan dampak pengalaman yang menguntungkan, sedangkan pengalaman yang menguntungkan mempunyai pengaruh kepada program loyalty, brand loyalty, dan respon perilaku, termasuk dari word of mouth, dan kemauan untuk membayar lebih. Penelitian menunjukkan bahwa KALBE Family Reward Card memiliki nilai program yang berdampak menguntungkan experiental, manfaat pengalaman ini memberi dampak ke program loyalty dan brand loyalty, dan juga dampak dari word of mouth dan kemauan untuk membayar lebih perilaku.

Program Loyalty is one of the tactics that companies has adapted to an organizational success and profit which are critical in conducting business in todays competitive market. The different types of value customers derive from Program Loyalty membership could influence loyalty to the program, loyalty to the brand, and behavioral responses, including word of mouth, and willingness to pay more. This research will examine the program value (reward attractiveness, knowledge benefit,and required effort) of KALBE Family reward card as the Program Loyalty give impact to experiental benefit, whereas experiential benefit influence loyalty to the program, loyalty to the brand, and behavioral responses, including word of mouth, and willingness to pay more. The research indicates that the KALBE Family reward card has program value that impact to experiental benefit, this experiential benefit give an impact to Program Loyalty and Brand Loyalty, and also the impact on word of mouth and willingness to pay more behaviour."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sarah Annisa Nabila
"ABSTRAK
Pendidikan dipercaya sebagai salah satu faktor yang mampu mengakhiri rantai kemiskinan. Namun di beberapa wilayah seperti di China dan Tanzania pendidikan tidak efektif untuk menekan angka kemiskinan. Malah dalam sebagian kasus, investasi keluarga yang terlalu besar dalam pendidikan malah menyebabkan kemiskinan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji bagaimana pengaruh pendidikan yang direpresentasikan dengan angka partisipasi murni siswa/i SMP dan SMA terhadap tingkat kemiskinan di Indonesia dengan menggunakan data dari 34 provinsi di Indonesia dalam 4 tahun 2013-2016 . Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah regresi data panel yaitu Random Effect Model. Hasil dari uji statistik menunjukkan bahwa angka partisipasi murni siswa/i SMP dan SMA terbukti secara signifikan menurunkan tingkat kemiskinan. Namun, koefisien pengaruh kedua variabel tersebut yang relatif kecil menunjukkan bahwa pendidikan belum berhasil memberikan eksternalitas positif yang diharapkan dapat diciptakan oleh sektor pendidikan. Untuk itu masih di rasa perlu ada peningkatan tidak hanya dalam jumlah kuantitas peserta didik melainkan juga kualitas pendidikan untuk menciptakan manfaat yang lebih.

ABSTRACT
Education is believed to be one of the factors that could bring an end to the poverty chain. However, in some countries like China and Tanzania, education is not effective to reduce poverty rate. Instead, in some cases, a large amount of family investments in education leads to poverty. The aim of this research is to examine how education, which is represented by middle school and high school students 39 pure participation rate, affects the poverty rate in Indonesia by using the data collected from 34 provinces in Indonesia in 4 years timespan 2013 2016 . The method used in this research is the regression of panel data by Random Effect Model. The result of this statistic test shows that middle school and high school students 39 pure participation rate has been proven to be able to reduce the poverty rate significantly. However, the impact rsquo s coefficient of both variables, which are relatively small, shows that education has not been successful in providing the positive externality which is expected from the education sector. For this reason, it is necessary to have an increase not only in the quantity of students, but also in the quality of education so that it will give more benefit."
2017
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Angelia Ruth
"Ketidakadilan gender pada perempuan dan laki-laki sering terjadi di masyarakat. Ketidakadilan gender ini juga terjadi terhadap perempuan Papua dalam novel Isinga. Hal ini disebabkan karena budaya Papua yang menganut budaya patriarki. Bentukbentuk ketidakadilan gender yang terjadi dalam novel ini, yaitu marginalisasi, subordinasi, stereotip, kekerasan, dan beban ganda. Kelima ketidakadilan gender tersebut saling berhubungan antara satu dengan yang lainnya. Dari kelima ketidakadilan gender tersebut yang paling mendominasi adalah beban ganda dan kekerasan.

Gender inequality in women and men often occurs in community. Gender inequality also happens to women in Papua, as told in the novel Isinga. This is due to the patriarchal culture being adopted in Papuan culture. Types of gender inequality that can be found in this novel are marginalization, subordination, stereotype, violence, and double burden. All five of them are correlated with each other. The most pronounce gender inequality being double burden and violence."
Depok: Universitas Indonesia, 2016
S62114
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Widya Faniya Mufida
"Penelitian ini bertujuan untuk melihat kontribusi kepuasaan waktu luang (leisure satisfaction) pada kesejahteraan subjektif (subjective well-being) Generasi Z yang melakukan kegiatan "Do-It-Yourself" (DIY). Partisipan dalam penelitian adalah 145 Generasi Z yang saat ini berusia 18—26 tahun. Penelitian ini menggunakan analisis regresi untuk mengetahui sejauh mana kepuasan di waktu luang berkontribusi terhadap kesejahteraan subjektif. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara kepuasaan di waktu luang dan kesejahteraan subjektif dengan kontribusi sebesar 66,6%. Lebih lanjut, penelitian ini juga menganalisis skor yang diperoleh dari partisipan yang melakukan DIY indoor dan outdoor secara terpisah. Hasilnya menunjukkan bahwa kepuasan waktu luang dari DIY indoor memiliki hubungan positif yang signifikan dengan kepuasan subjektif. Namun, kepuasan waktu luang dari DIY outdoor memiliki hubungan yang tidak signifikan dengan kepuasan subjektif. Penelitian ini dapat menjadi sumber literatur yang relevan untuk penelitian mendatang. Selain itu, penelitian ini juga dapat menjadi dasar pertimbangan bagi Generasi Z dalam memilih aktivitas dan lokasi yang tepat untuk mengisi waktu luang mereka.

This research aims to examine the contribution of leisure satisfaction to the subjective well-being of Generation Z individuals engaging in "Do-It-Yourself" (DIY) activities. The study involved 145 Generation Z participants aged 18 to 26 years. Regression analysis was employed to assess the extent to which leisure satisfaction contributes to subjective well-being. The research findings revealed a significant positive relationship between leisure satisfaction and subjective well-being, with a contribution of 66.6%. Furthermore, the study analyzed the scores obtained from participants who engaged in DIY activities indoors and outdoors separately. The results indicated a significant positive relationship between leisure satisfaction from DIY indoor activities and subjective satisfaction. However, leisure satisfaction from DIY outdoor activities did not show a significant relationship with subjective well-being. This research can serve as a relevant literature source for future studies. Additionally, it can be a basis for Generation Z individuals to consider appropriate activities and locations to enhance their leisure time.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>