Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 182904 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Uke Pemila
"Stroke merupakan penyebab kedua kematian dan penyebab ketiga kecacatan di seluruh dunia. Pendekatan terbaik yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya stroke adalah dengan memberikan edukasi pada pasien yang berisiko tinggi stroke. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model edukasi pencegahan stroke untuk menurunkan faktor risiko stroke serta meningkat kemampuan merawat diri pasien yang berisiko tinggi stroke. Penelitian ini menggunakan metode Action Research yang terdiri dari dua tahapan, tahap satu adalah identifikasi masalah sampai pengembangan model yang didasari dengan penelitian kualitatif tentang persepsi pasien dalam kepercayaan kesehatan yang dimilikinya dalam rangka menurunkan faktor risiko stroke. Selanjutnya dikembangkan Model Edukasi Pencegahan Stroke dengan mengintegrasikan tema hasil penelitian kualitatif, studi literatur dan konsultasi pakar. Penelitian tahap dua adalah melakukan uji coba Model Edukasi Pencegahan Stroke untuk menentukan pengaruh model dalam menurunkan faktor risiko stroke dan meningkatkan kemampuan merawat diri pasien berisiko tinggi stroke. Penelitian tahap dua adalah penelitian kuasi eksperimen menggunakan desain post test control group, dengan jumlah sampel sebanyak 140 orang yang terdiri dari 70 orang kelompok intervensi dan 7 orang kelompok kontrol. Hasil penelitian tahap satu didapatkan 4 tema dari hasil deep interview dengan partisipan sehingga dihasilkan Model Edukasi Pencegahan Stroke beserta buku panduan intervensi model, modul untuk perawat serta booklet untuk pasien dan keluarga. Hasil penelitian tahap dua membuktikan adanya perbedaan faktor risiko, self efficacy dan kemampuan merawat diri (self care) yang bermakna pada awal penilaian sampai penilaian bulan ke tiga antara kelompok intervensi dengan kelompok kontrol. Kesimpulan hasil penelitian yaitu Model Edukasi Pencegahan Stroke efektif menurunkan faktor risiko stroke, meningkatkan self efficacy dan meningkatkan kemampuan merawat diri (self care).

Stroke is the second leading cause of death and the third leading cause of disability worldwide. The best approaches that can be taken to prevent stroke is to provide education for patients at high risk of stroke. The purpose of this research was to develop a stroke prevention education model in reducing stroke risk factors and improving self care for patients at high risk of stroke. This study uses an action research method which consist of two stages, the first stage is the identification of the problem to the development of a model based on a qualitative research about the patient’s perceptions of their health beliefs to reduce risk factors for stroke. Furthermore, the Stroke Prevention Education Model was developed by integrating the results, literature review and expert review. The second stage was examination the Stroke Prevention Education Model to identified its effect of the model in reducing stroke risk factors and improving self care for patients at high risk of stroke. This study was a quasi-experimental research using a post test control group design, with a total sample of 140 participants (70 samples in intervention groups and 70 samples in control groups). The qualitative study identified 4 themes from deep interviews with participants, this themes leads to the development of a Stroke Prevention Education Model and its devices include intervention manual, modules for nurses, booklet for patients and their families. The second stage of research proves the significant difference in risk factors, self efficacy and self care between the first measurement to the third measurement after intervention groups. We conclude that Stroke Prevention Education Model effectively reduce stroke risk factors, improve self efficacy and improve self care."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2020
D-Pdf
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hana Talitha Rahma
"ABSTRAK
Pasien pasca stroke saat kembali ke rumah, mereka mengalami masa transisi untuk mengembangkan fungsi fisik dalam aktivitas harian, kemandirian dalam fungsi sehari-hari dan kembali ke kehidupan komunitas. Mereka dihadapkan dengan hambatan kogntif, dependensi, kehilangan identitas, isolasi, kepercayaan diri, dan ketakutan akan kematian. Seluruh isu ini melibatkan persepsi seseorang mengenai self efficacy dalam aktivitas harian mereka. Self efficacy yang rendah dalam aktivitas harian dapat meningkatkan stres dan resiko depresi. Pasien pasca stroke perlu memegang kendali dan mengembangkan kemampuan dalam mengatur self control untuk adaptasi kondisi pasca stroke. Program self control merupakan salah satu penerapan modifikasi perilaku, yang dimana pasien pasca stroke diminta untuk memantau aktivitas harian, melakukan evaluasi, serta memberikan konsekuensi yang mengikuti kemunculan aktivitas harian secara mandiri. Desain penelitian ini termasuk dalam one group pretest-posttest design (before and after) yang diawali dengan pretest dan asesmen awal. Sebagai hasilnya pemberian 6 sesi program self control dapat meningkatkan self efficacy aktivitas harian pada partisipan, dimana secara kuantitatif terjadi peningkatan skor DLSES. Selain itu partisipan juga mengalami peningkatan dalam aktivitas harian. Partisipan merasa yakin akan kemampuan serta potensi yang dimiliki untuk menjalankan aktivitas harian. Partisipan mampu menetapkan tujuan, merencanakan aktivitas harian, serta solusi dalam menghadapi hambatan terkait kondisi pasca stroke. Untuk memperkuat komitmen dalam mempertahakan aktivitas harian diperlukan intervensi lanjutan berupa terapi keluarga atau support group.

ABSTRACT
When post-stroke patients come back to their homes, they endure a transition phase for developing their physical function in daily activities, independence in everyday function and returning to their community lives. They are faced with cognitive boundary, dependency, identity loss, isolation, self-trust, and fear of death. All of these issues involve other people?s perception about self-efficacy in their daily activities. Low self-efficacy in daily activities can increase both stress and risk of depression. Post-stroke patients need to hold control and develop their ability in adjusting self-control to adapt post-stroke condition. Self-control program is one of the applications behavior modification, in which post-stroke patients are asked to observe daily activities, evaluate, and give consequences which follows the emergence of independent daily activities. With the one group pretest-posttest design (before and after) in which it starts with a pretest and early assessment. As a result, giving six session of self-control program may improve self-efficacy in the daily activities of the participants, in which quantitatively there is an increase in DLSES score. Other than that, participants also experience an increase in daily activities. Participants feel assured with the ability and potential they have to do daily activities. Participants are able to establish a goal, plan daily activities, and give solution in facing obstacle related to post-stroke condition. To strengthen the commitment in maintaining daily activities, they need further intervention in the form of family therapy or support group.;"
2016
T46584
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Heny Suseani Pangastuti
"Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji pengaruh model peningkatan kemandirian pasien stroke untuk pengelolaan faktor risiko kekambuhan terhadap pengetahuan, self-efficacy dan kemandirian. Penelitian dilakukan melalui dua tahap, yaitu tahap 1 berupa penelitian deskriptif kualititatif dan pengembangan model, serta tahap 2 berupa penelitian kuasi dengan pre-post test control design. Metode sampling yang digunakan adalah purposif sampling. Pada penelitian tahap 1, didapat 8 orang partisipan sedangkan pada tahap 2 didapat sebanyak 32 orang (kelompok kontrol) dan 35 orang (kelompok perlakuan). Pengambilan data pada tahap 1 dilakukan dengan wawancara mendalam, adapun pada tahap 2, data diambil 3 kali, yaitu pre test, post test pada akhir bulan 1 dan post test pada akhir bulan 2. Analisi data dilakukan dengan metode dari Giorgi (tahap 1) serta uji Friedman dan Wilcoxon (tahap 2).
Hasil penelitian pada tahap 1 didapat 4 tema yang mendukung keberhasilan pasien mengelola faktor risiko kekambuhannya dan tersusun model peningkatan kemandirian pasien stroke. Pada tahap 2 didapat peningkatan nilai mean pada variabel pengetahuan (x2 = 31,087; p=0,000) dan kemandirian (x2 = 24,569 ; p=0,000). Tidak terjadi peningatkan mean pada variabel self-efficacy (x2 = 4, 947; p=0,84). Kesimpulan, model peningkatan kemandirian terbukti efektif untuk meningkatkan kemandirian dan pengetahuan pasien stroke. Model ini dapat direkomendasikan untuk diaplikasikan pada perawatan pasien stroke di poliklinik.

The purpose of this study were to develop the Stroke self-care model for stroke recurrent risk factor management and to examine the effect of the model on on knowledge, self-efficacy and self-care for stroke recurrent risk factor management. There were two phase on this research. The first phase was phase to develop Stroke self-care model for stroke recurrent risk factors management and modules through study literature and a qualitative research. The second phasee was a quasi experiment with pre-post test control design. Eight participant were involved in the first phase, while in second phase there were 32 respondents in control group and 35 respondents in intervention group whom recruited by purposive sampling. Data in first pahse were colected using in-depth interview, and in second phase, data were collected at three points: pre test; one month and two month after intervention. Data in first phase were analyzed with Giorgi methode; and in the second phase using Friedman, and Wilcoxon test.
The results in fist phase identified four themes that contribute to success story stroke patient in a manage stroke risk factors. In second phase, data showed the significant increase of patients? knowledge mean (x2 = 31,087; p=0,000) and self-care mean (x2 = 24,569 ; p=0,000) after 1 dan 2 month after intervention. There was no incrase in patients? self-efficacy mean (x2 = 4, 947; p=0,84). In conclusion, stroke self-care model for stroke recurrent risk factor management is effective to increase stroke patients? knowledge and self-care. This research recomend that, this model can be applied in nursing care for stroke patient in outpatient clinic."
Depok: Universitas Indonesia, 2016
D2131
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Kristanti Wahyuningtyas
"Pasien pasca stroke yang dipulangkan dari rumah sakit dengan disabilitas menyebabkan ketergantungan kepada caregiver dalam pemenuhan aktivitas harian. Singkatnya masa rawat dan beban kerja perawat yang tinggi mendorong dikembangkan metode edukasi berbasis audiovisual untuk mempersiapkan caregiver. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Caregiver Stroke Education Programme CSEP berbasis audiovisual terhadap efikasi diri caregiver dan dampak lanjutan terhadap efikasi diri pasien pasca stroke. Desain penelitian menggunakan quasi eksperimen dengan pre and post test non equivalent control group. Sampel terdiri dari 19 caregiver dan 19 pasien pasca stroke pada tiap kelompok. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan efikasi diri caregiver pada kedua kelompok, efikasi diri caregiver pada kelompok intervensi lebih baik dari caregiver pada kelompok kontrol p value = 0,001 dan berdampak terhadap efikasi diri pasien pasca stroke dimana pasien dengan caregiver pada kelompok intervensi memiliki efikasi diri yang lebih baik dibandingkan kelompok kontrol p value = 0,001, terdapat korelasi yang kuat dengan arah positif yang artinya semakin tinggi efikasi diri caregiver akan semakin tinggi efikasi diri pasien pasca stroke. Diharapkan perawat memberikan Caregiver Stroke Education Programme CSEP berbasis audiovisual terhadap caregiver dalam perencanaan pemulangan pasien stroke sehingga dapat meningkatkan efikasi diri caregiver yang berdampak terhadap peningkatan efikasi diri pasien pasca stroke.

Post stroke patients discharged from hospitals with disability would depend on caregivers to perform Activity of daily livings. Short caregiving period and high workload for the nurses necessitates a more developed education method with audiovisual aid. The purpose of this study was to determine the effect of Caregiver Stroke Education Programme CSEP with audiovisual aid on caregiver self efficacy and the continuing effect on self efficacy of post stroke patients. This research was a quasi experiment with pre and post test non equivalent control group design. Data were collected from two sampling groups the intervention group and the control group. In each group, the samples consisted of 19 caregivers and 19 post stroke patients. The result showed that there was significant effect of Caregiver Stroke Education Programme CSEP with audiovisual aid on caregiver self efficacy p 0,001. Furthermore, caregivers in the intervention group had a significant effect to post stroke patient self efficacy p 0,001 . There was a strong positive correlation between caregivers rsquo self efficacy and the patients rsquo self efficacy. This study suggests that the use of Caregiver Stroke Education Programme CSEP with audiovisual aid and self efficacy resources on discharged post stroke patient could enhance both caregivers rsquo self efficacy and post stroke patients rsquo self efficacy."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2018
T49059
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
I Made Kariasa
"Latarbelakang: Kejadian stroke iskemik termasuk stroke berulang terus meningkat di negara maju maupun negara berkembang termasuk Indonesia. Stroke berulang berdampak terhadap peningkatan morbiditas, mortalitas dan ketidakmampuan fungsional. Kemampuan self-management adalah salah satu indikator untuk memprediksi terjadinya stroke berulang. Pengamatan lapangan menunjukkan belum ada alat yang dapat meningkatkan kewaspadaan diri penyintas. Oleh karena itu perlu dikembangkan alat deteksi dini untuk menumbuhkan selfawareness dan motivasi pasien yang berdampak pada peningkatan kemampuan self-management.
Tujuan: penelitian ini bertujuan membentuk model pengelolaan perawatan diri menggunakan kombinasi prototipe deteksi dini SenDiKa dan Pendidikan kesehatan untuk meningkatkan kemampuan manajemen diri dalam upaya mencegah stroke iskemik berulang serta membuktikan keefektifannya terhadap self-management pasien stroke iskemik.
Metodologi: Penelitian ini terdiri dari dua tahap; tahap pertama mengembangkan alat sensor digital yang dinamai SenDiKa (Sensor Digital Kariasa) menggunakan desain cross-sectional dan menyusun pendidikan kesehatan manajemen diri dan tahap kedua menguji alat tersebut menggunakan desain quasi-eksperimen pre–post-test control group melibatkan 44 sampel pasien pasca stroke iskemik yang diambil melalui teknik consecutive sampling. Subyek terdiri dari kelompok intervensi dan kontrol dengan lama intervensi 12 minggu.
Hasil: Penelitian ini menunjukan adanya perbedaan signifikan antara kedua kelompok dengan p-value = 0,000 dimana kelompok intervensi yang menggunakan alat deteksi dini yang dikombinasi dengan pendidikan kesehatan memiliki perubahan kearah yang baik terhadap self-management dibandingkan kelompok kontrol. Hasil ini menunjukkan penggunaan kombinasi alat deteksi dini Prototipe SenDiKa dan pendidikan kesehatan dapat berfungsi dengan baik serta memberi efek positif terhadap peningkatan self-management pasien pasca stroke.
Simpulan dan Saran Utama: Model kombinasi prototipe SenDiKa dan Pendidikan Kesehatan manajemen diri dapat digunakan untuk mengidentifikasi beberapa indikator utama yaitu; tekanan darah, gula darah dan kolesterol oleh pasien secara mandiri. Rekomendasi lain adalah Menyempurnakan Prototipe SenDiKa sehingga dapat mengeluarkan angka riil dari setiap faktor risiko pasien, kalkulasi dari akumulasi besarnya faktor risiko dan membuat aplikasi Pendidikan Kesehatan Manajemen Diri kedalam sistem android sehingga responden dapat langsung mempelajari manajemen diri yang benar dan sesuai. Prototipe ini dibuat agar teruji kebermanfaatannya, mudah digunakan, mudah didapat dan murah harganya.
.....Background: The incident rate of Ischemic stroke has been rising either in developed or developing countries, including Indonesia. In addition to physical and functional disability caused by stroke attack, recurrent stroke attack becomes another concern which can cause problems in economic and psychosocial aspect. Recurrent stroke attacks are associated with increased morbidity, mortality, and functional disability. Patient’s Self-Management ability is one of the indicators to predict the occurrence of recurrent ischemic stroke. Based on researchers’ observations, there is no tool available to improve awareness of the stroke survivors to prevent recurrent stroke attacks. Therefore, it is necessary to develop an early detection tool to foster patients’ self-awareness and motivation which have an impact on improving patients’ self-management abilities.
Purpose: This study aim to develop a model that combining a prototype of early detection SenDiKa and health education to improve self-management ability to prevent recurrent stroke attacks and to measure its effectiveness.
Method: This study consists of two stages; the first stage is to develop a device called SenDiKa (Kariasa Digital Sensor) using a cross-sectional design combined with providing health education. The second stage is to test the device to patients using a quasi-experimental design involving 44 post-ischemic stroke patients taken through consecutive sampling technique. The subjects were divided into two groups, the intervention group, which will be using SenDiKa combined with health education, and the control group. They will be provided with intervention and be observed for 12 weeks.
Results: This study shows a significant difference between the two groups with pvalue= 0.0000 where the intervention group had a better self-management abilities compared to the control group. The combination of SenDiKa, a prototype of early self-detection tool and health education on self-management, has a positive effect on improving the stroke survivor’s self-management abilities in order to prevent recurrent stroke attacks.
Conclusion and Recommendations: SenDiKa prototype, combined with health education of self-management, can be used to identify several ischemic stroke risk factors: blood pressure, blood sugar, and cholesterol. Knowing the value of this examination is expected to improve the patients’ self-awareness and motivation which hopefully will encourage the patients to improve their self-management abilities in preventing recurrent stroke attacks. Another recommendation is to continue the development of this combination between early detection prototype devices with health education so that everyone can experience its benefits, especially for stroke survivors."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2021
D-pdf
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Leonardo Daniel Mustopo
"Stroke merupakan salah satu penyebab disabilitas terbanyak di dunia. Stroke dapat mempengaruhi kemandirian penderita, termasuk dalam melakukan aktivitas kehidupan sehari-hari. Beberapa skala telah digunakan untuk menilai kemandirian penderita stroke, termasuk Indeks Barthel. Indeks Barthel Modifikasi Shah merupakan modifikasi Indeks Barthel yang lebih sensitif terhadap perubahan kondisi pasien, sehingga ideal digunakan dalam setting rehabilitasi. Thesis ini bertujuan untuk melakukan adaptasi transkultural Indeks Barthel Modifikasi Shah ke Bahasa Indonesia, dan kemudian menilai kesahihan dan keandalannya dalam menilai kemandirian melakukan aktivitas kehidupan sehari-hari pada penderita stroke. Proses adaptasi terdiri dari dua tahap, di tahap pertama dilakukan adaptasi transkultural dari Indeks Barthel Modifikasi Shah sesuai metode dari ISPOR. Hasil dari adaptasi transkultural kemudian diuji di tahap kedua pada 30 pasien stroke fase sub-akut hingga kronis, untuk mendapatkan kesahihan konstruksi, keandalan test-retest, dan keandalan interrater. Dari uji kesahihan konstruksi didapatkan korelasi kuat dari masing- masing domain terhadap total skor (0.788-0.949). Dari keandalan test-retest didapatkan Alpha Cronbach 0.988 (0.942-1.000 untuk masing- masing domain), dan dari keandalan interrater didapatkan Alpha Cronbach 0.999 (0.963-1.000). Dapat disimpulkan bahwa Indeks Barthel Modifikasi Shah versi Bahasa Indonesia memiliki kesahihan dan keandalan yang baik, dan dapat digunakan sebagai suatu skala alternatif untuk menilai kemandirian melakukan aktivitas kehidupan sehari- hari pada penderita stroke

Stroke is one of the biggest causes of disability worldwide. Stroke might affect patient’s independence, including in Activities of Daily Living. Many scales have been used to measure Activity of Daily Living, including Barthel Index. Shah’s Modified Barthel Index is a modification of Barthel Index that is more sensitive to change in patient’s condition; which may be ideal in rehabilitation setting. The purpose of this paper to do transcultural adaptation of Shah’s Modified Barthel Index to Indonesian language. The adaptation process was divided into two stages; in the first stage, transcultural adaptation was done according to method by ISPOR. In the second stage, the scale was tested in 30 subacute and chronic stroke patients for construct validity, test-retest reliability, and interrater reliability. From construct validity test, strong correlation was made, correlation of each domain to total score ranging from 0.788-0.949. In test-retest reliability, Alpha Cronbach of 0.988 of total score, and for each domain ranging from 0.942-1.000 was found. In interrater reliability, Alpha Cronbach of 0.999 of total score, and 0.963-1.000 for each domain was found. In conclusion, the Indonesian adaptation of Shah’s Modified Barthel Index has good reliability and validity and may be used as an alternative scale in measuring a stroke patient’s independency in doing activities of daily living."
Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2019
SP-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Melati Nabilah Johan
"Pemerintah melakukan pergerakan ke arah hulu melalui peningkatan pelayanan prakonsepsi, untuk mencapai target penurunan AKI dan AKB di Indonesia. Namun pelaksanaan pelayanan prakonsepsi masih terdapat beberapa hambatan, salah satunya adalah efikasi diri penyedia pelayanan, termasuk perawat yang memiliki peran untuk memberikan edukasi. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan efikasi diri perawat untuk memberikan edukasi prakonsepsi. Desain penelitian deskriptif dengan metode cross-sectional menggunakan teknik quota sampling, dan diperoleh 192 total responden. Hasil penelitian menunjukkan sebanyak 50,5% perawat memiliki efikasi diri yang tinggi dan 49,5% perawat memiliki efikasi diri yang rendah. Hasil penelitian direkomendasikan menjadi evaluasi dalam meningkatkan keyakinan diri perawat untuk memberikan edukasi prakonsepsi.

The government is moving upstream through increasing preconception services, to achieve the target of reducing MMR and IMR in Indonesia. However, the implementation of preconception services still has several obstacles, one of which is the self-efficacy of service providers, including nurses who have a role to provide education. This study aims to describe the self-efficacy of nurses to provide preconception education. A descriptive research design with cross-sectional method is used with quota sampling technique, and obtained a total of 258 respondents. The results showed that 50.5% of nurses had high self-efficacy and 49.5% of nurses had low self-efficacy. The results of the study are recommended as an evaluation in increasing the self-efficacy of nurses to provide preconception education. "
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tuti Alawiah
"Kebudayaan dapat memengaruhi perilaku dan persepsi sehat dan sakit seseorang. Asuhan keperawatan secara peka budaya diperlukan untuk memahami kebutuhan klien dengan budaya yang beragam. Efikasi diri sangat diperlukan dalam melakukan asuhan keperawatan peka budaya agar memberikan kepercayaan dalam melakukan asuhan keperawatan peka budaya sehingga menghasilkan perilaku caring yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan efikasi diri dalam pemberian asuhan keperawatan peka budaya terhadap perilaku caring mahasiswa profesi ners. Penelitian ini melibatkan 102 orang mahasiswa profesi ners yang berasal program regular dan ekstensi menggunakan desain penelitian deskriptif korelasi dengan metode pengumpulan data secara cross sectional dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian didapatkan efikasi diri dalam pemberian asuhan keperawatan peka budaya mahasiswa profesi ners sudah sangat tinggi dilihat dari proporsinya (83,2%) dan perilaku caring mahasiswa profesi ners juga sangat baik dilihat dari proporsinya (93,67%). Hasil uji analisis dengan menggunakan uji spearman rho menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara efikasi diri dalam pemberian asuhan keperawatan peka budaya terhadap perilaku caring mahasiswa profesi ners (p value = 0.0001). Penelitian ini menyarankan dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai tingkat efikasi diri dalam pemberian asuhan keperawatan peka budaya terhadap perilaku caring pada tahap akademik sarjana yang sudah memulai praktik di rumah sakit, maupun perawat di yang bekerja di rumah sakit.

Culture can influence a person's behavior and perception of health and illness. Culturally sensitive nursing care is needed to understand the needs of clients with diverse cultures. Self-efficacy is very necessary in carrying out culturally sensitive nursing care in order to provide confidence in performing cultural nursing care so as to produce good caring behavior. This study aims to determine the relationship of self-efficacy in providing cultural care to the caring behavior of nursing profession students. This study involved 102 professional students from both regular and extension programs using a descriptive correlation design with cross sectional data collection methods with purposive sampling technique. The results showed that self-efficacy in providing nursing care to nursing professional students was very high seen from the proportion (83.2%) and caring behavior of nursing professional students was also very good seen from the proportion (93.67%). The results of the analysis using the Spearman Rho test showed that there was a significant relationship between self-efficacy in providing cultural care to the caring behavior of nursing professional students (p value = 0.0001). It is recommended that further research be conducted on the level of self-efficacy in providing cultural care for caring behavior at the academic level who have started practicing in hospitals, as well as nurses working in hospitals."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hanik Rohmah Irawati
"ABSTRAK
Self efficacy dalam mengatasi kanker pada pasien kanker payudara dapat
meningkatkan koping yang adaptif, kesejahteraan dan kualitas hidup pasien.
Penelitian ini bertujuan melihat pengaruh dukungan support group terhadap
perbaikan self efficacy pasien kanker payudara yang mendapat kemoterapi dalam
mengatasi kanker. Desain penelitian ini menggunakan metode quasi experiment
dengan pre-post test with control group yang melibatkan 76 pasien kanker
payudara yang terdiri dari kelompok intervensi (38 responden) dan kontrol (38
responden) dengan metode concecutive sampling. Pengambilan data
menggunakan instrumen Cancer Behavior Inventory versi 2. Hasil uji statistik
dengan chi square menunjukkan tidak ada perbedaan proporsi yang bermakna
tingkat self efficacy yang tinggi dalam mengatasi kanker setelah intervensi antara
kelompok intervensi dan kelompok kontrol (RR 1,4 dengan 95% CI 0,8-2,4).
Dukungan support group dengan metode yang tepat perlu diberikan pada pasien
kanker sebagai bagian dari asuhan keperawatan guna meningkatkan self efficacy
dalam mengatasi kanker.

ABSTRACT
Self efficacy for coping with cancer in breast cancer patients can improve the
adaptive coping, welfare dan quality of life of the patients. This study examines
the effect of support of the support group to improvement self efficacy breast
cancer patients taking chemoteraphy for coping with cancer. The study design
uses quasi experiment with pre-post test within control group, involving 76 breast
cancer patients with intervention (38 respondents) and control (38 respondents)
using concecutive sampling method. Retrieving data using instruments Cancer
Behavior Inventory Version 2. Statistical test results with chi square showed no
significance difference proportion self efficacy for coping with cancer between in
intervention group and the control group (RR 1,4 with 95% CI 0,8-2,4). The
support of support group with appropriate methods needs to be given to cancer
patients as part of nursing care in order to increase self-efficacy for coping with
cancer."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2014
T42801
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dwi Putri Dewanti
"Penelitian yang dilakukan kepada siswa kelas 9 ini bertujuan untuk melihat pengaruh pendidikan
dan keselarasan dukungan orang tua terhadap efikasi diri dalam keputusan karier. Pengukuran
pendidikan orang tua dilihat melalui form data demografis partisipan, keselarasan dukungan orang
tua diukur menggunakan alat ukur adolescent-parent career congruent, dan efikasi diri dalam
keputusan karier diukur menggunakan alat ukur Career Decision Self-Efficacy Short Form (CDSE-
SF). Partisipan penelitian ini berjumlah 200 partisipan kelas 9 yang berasal dari SMP Negeri di
Jakarta. Hasil dari penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara
keselarasan dukungan orang tua terhadap efikasi diri dalam keputusan karier. Sedangkan
pendidikan orang tua tidak memiliki pengaruh terhadap efikasi diri dalam keputusan karier. Oleh
karena itu, keselarasan dukungan orang tua penting bagi siswa dalam menentukan keputusan karier.
Penelitian mengenai pendidikan orang tua terhadap efikasi diri dalam keputusan karier tidak
konsisten seperti penelitian sebelumnya. Penelitian yang akan datang disarankan menggunakan
alat ukur pendidikan orang tua yang konsisten.

The research conducted on 9th grade students aims to see the influence of parental education and
support congruent for Career Decision Self-Efficacy. The measurement of parental education was
seen through the participant demographic data form, parental support congruent was measured
using the measure of adolescent-parent career congruent, and career decision self-efficacy was
measured using the Career Decision Self-Efficacy Short Form (CDSE-SF). The participants of this
study were 200 9th grade students who came from junior high schools in Jakarta. The results of this
study indicate that there is a significant effect of parental support congruent for career decision
self-efficacy. Parental education does not have an influence on career decision self-efficacy.
Therefore, parental support congruent is important for students in determining career decisions.
Research of parental education on self-efficacy in career decisions is not consistent as in previous
studies. Future research is suggested to use a measuring tool that includes consistent with parental education.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>