Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 210782 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Nur Meity Sulistia Ayu
"Latar Belakang: Ketidaknyamanan kerja perawat semakin meningkat akibat stres, kelelahan serta kecemasan tertular Covid-19 yang mengakibatkan penurunan kinerja dan berdampak pada pelayanan yang tidak aman. Perawat manajer dapat memodifikasi lingkungan kerja menggunakan teknologi terapi sinar biru yang memiliki panjang gelombang nanometer untuk meningkatkan kenyamanan kerja perawat. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan alat kenyamanan kerja menggunakan nano wave light emitting diode (Nano-LED) dan mengukur efektifitasnya terhadap kenyamanan dan efikasi diri perawat di ruang perawatan Covid-19. Metode: Penelitian ini menggunakan desain Research and Development dengan tiga tahap penelitian. Penelitian tahap 1 mengidentifikasi masalah dan kebutuhan peningkatan kenyamanan kerja menggunakan Nano-LED, tahap 2 mengembangkan alat Nano-LED, dan tahap 3 mengukur efektifitasnya terhadap kenyamanan kerja dan efikasi diri perawat. Penelitian dilakukan di dua rumah sakit rujukan Covid-19 di wilayah DKI Jakarta sebagai kelompok intervensi dan kelompok kontrol. Jumlah sampel sebanyak 187 perawat menggunakan total sampling. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon, Mann Whitney dan regresi linear berganda. Hasil: Penelitian tahap 1 menemukan 5 tema. Partisipan perawat manajer dan perawat pelaksana melalui focus group discussion mengonfirmasi perlunya peningkatan kenyamanan kerja perawat menggunakan Nano-LED. Tahap 2 menghasilkan alat Nano-LED blue turquoise light SMD 2835 panjang gelombang 460—470 nm. Tahap 3 diperoleh hasil ada perbedaan signifikan peningkatan rerata kenyamanan kerja (p < 0,001) dan efikasi diri perawat (p < 0,001) sebelum dan setelah intervensi pada responden kelompok intervensi. Selanjutnya ditemukan ada perbedaan signifikan peningkatan rerata kenyamanan kerja perawat (p = 0,002) dan efikasi diri perawat (p = 0,001) antara kelompok intervensi dan kelompok kontrol setelah intervensi. Kesimpulan: Intervensi Nano-LED efektif meningkatkan kenyamanan kerja dan efikasi diri perawat. Hasil penelitian merekomendasikan agar Nano-LED dapat diaplikasikan di ruang rawat untuk meningkatkan kenyamanan kerja dan efikasi diri perawat.

Background: Nurses' work discomfort due to stress, fatigue and anxiety of contracting Covid-19 can have an impact on decreasing performance and unsafe services for patients. Nurse managers can modify the work environment using blue light therapy technology which has a nanometer wavelength to increase the comfort of nurses' work. The research aims to develop a work comfort tool using a nano wave light emitting diode (Nano-LED) and measure its effectiveness on the comfort and self-efficacy of nurses in the Covid-19 ward. Methods: The study used a Research and Development design with three phases of research. Phase 1 research identifies problems and needs for increasing work comfort using Nano-LED, phase 2 develops Nano-LED device, and phase 3 measures its effectiveness on work comfort and nurse self-efficacy. The study was conducted at two Covid-19 referral hospitals in the DKI Jakarta area as an intervention group and a control group. The number of samples was 187 nurses using total sampling. Data analysis used Wilcoxon test, Mann Whitney and multiple linear regression. Result: Phase 1 study found 5 themes. Participant nurse managers and nurse staffs through focus group discussions confirmed the need to increase the comfort of nurses' work using Nano-LED. Phase 2 produces a Nano-LED blue turquoise light SMD 2835 with a wavelength of 460—470 nm. Phase 3 showed that there was a significant difference in the average increase in work comfort (p < 0.001) and nurses' self-efficacy (p < 0.001) before and after the intervention in the intervention group respondents. Furthermore, it was also found that there was a significant difference in the average increase in nurses' work comfort (p = 0.002) and nurses' self-efficacy (p = 0.001) between the intervention group and the control group after the intervention. Conclusion: The Nano-LED intervention is effective in increasing the work comfort and self-efficacy of nurses. The results of the study recommend that Nano-LED can be applied in the treatment room to increase work comfort and nurse self-efficacy."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2022
D-pdf
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Moh. Heri Kurniawan
"Perawat baru kerap mengalami masalah adaptasi memasuki dunia kerja yang berdampak pada kinerja dan kepuasan. Dukungan preceptor yang dibangun dari nilai caring dan efikasi diri yang dimiliki perawat baru merupakan elemen penting dalam mendukung perawat baru melewati masa transisi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara caring preceptor dan efikasi diri dengan kinerja dan kepuasan perawat baru. Metode penelitian menggunakan desain Cross Sectional dengan sampel 123 perawat baru yang dipilih menggunakan metode total sampling. Data dianalisis menggunakan uji korelasi dan regresi linier ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara efikasi diri dengan kinerja r=0,240, p=0,008 dan kepuasan r=0,371, p=0,000 dan terdapat hubungan yang kuat antara caring preceptor dengan kinerja r= 0,572, p=0,000 dan kepuasan r=0,522, p=0,000 . Kesimpulan penelitian ini yaitu variable efikasi diri dan caring preceptor dapat memprediksi kinerja perawat baru sebesar 35,9 dan memprediksi kepuasan perawat baru sebesar 37,2 . Persamaan model regresi yaitu kinerja = 40,619 0,976 efikasi diri 0,399 caring preceptor ; kepuasan = -21,803 2,079 efikasi diri 0,425 caring preceptor . Kesimpulan pada penelitian ini yaitu variabel efikasi diri dan caring preceptor dapat memprediksi kinerja perawat baru di RSUP Fatmawati Jakarta sebesar 35,9 dan variabel efikasi diri dan caring preceptor dapat memprediksi kepuasan perawat baru di RSUP Fatmawati Jakarta sebesar 37,2 . Preceptor harus caring pada perawat baru dan meningkatkan efikasi diri perawat baru.
Kata Kunci : efikasi diri, caring preceptor, kepuasan, kinerja, perawat baru.

New nurses usually had underperformance and dissatisfaction in their professional practice as a nurse in the first year job. Preceptor guidance with caring value and the new nurse self efficacy are the important element that gave new nurse in a transition phase. This study aimed to analyze the relationship between caring preceptor and self efficacy with the performance and satisfaction of new nurses. The research method used Cross sectional design with 123 samples of new nurses selected using total sampling method. Data were analyzed using correlation test and multiple linear regression. The results showed that there was correlation between self efficacy with job performance r 0,240, p 0,008 and job satisfaction r 0,371, p 0,000 . There was a strong correlation between caring preceptor and job performance r 0,572, p 0,000 and job satisfaction r 0,522, p 0,000 . Equation of regression model that is job performance 40,619 0,976 self efficacy 0,399 caring preceptor job satisfaction 21,803 2.079 self efficacy 0.425 caring preceptor . The conclusion of this research was sel efficacy and caring preceptor variabel could predict the performance of new nurses at RSUP Fatmawati Jakarta 35,9 and self efficacy and caring preceptor variabel could predict the satisfaction of new nurse at Fatmawati General Hospital Jakarta 37,2 .. The preceptor must be caring for the new nurse and growing self efficacy of the new nurse.
Keyword caring preceptor, job satisfaction, new nurses, performance, self efficacy"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2018
T50582
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nisa Wati
"

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh work family conflict (WFC) dan family work conflict (FWC) terhadap turnover intention dengan job stress bertindak sebagai variabel mediasi dan self-efficacy bertindak sebagai variabel moderasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode Structural Equational Model (SEM) dan perangkat lunak lisrel 8.8 untuk pengolahan data. Metode pengambilan sample yang digunakan adalah nonprobability sampling dengan menggunakan sampel sebanyak 176 responden di rumah sakit wilayah Nusa Tenggara Barat. Data dikumpulkan menggunakan survei melalui kuesioner yang dibagikan secara online dan offline.  Hasil penelitian menunjukan bahwa WFC dan FWC memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap job stress. Job stress memediasi secara parsial hubungan antara WFC dan turnover intention, sementara job stress memediasi secara penuh hubungan antara FWC dan turnover intention. Ditemukan juga bahwa self-efficacy sebagai variabel moderasi meningkatkan efek positif WFC dan FWC terhadap job stress. Hasil penelitian tersebut mengimplikasikan bahwa penting bagi rumah sakit untuk menciptakan lingkungan kerja yang mendukung dan efektif, memberikan batasan tanggung jawab dan peran, melihat kembali apa yang menjadi kesepakatan awal antara pihak rumah sakit dan perawat, serta memberikan afeksi dan motivasi agar perawat tidak mengalami stres berlebih sehingga tidak memiliki niat untuk meninggalkan pekerjaanya


The purpose of this study was to determine the effect of work-family conflict (WFC) and family-work conflict (FWC) on turnover intention, in which job stress acted as a mediating variable and self-efficacy as a moderating variable. The study employed a quantitative research using surveys to 176 nurses from hospitals in West Nusa Tenggara. Data was collected by questionnaire which had been shared online and offline afterwards, data is analyzed using Lisrel 88 software and Structural Equation Modeling (SEM). The result showed that WFC and FWC had significant effects on job stress. Job stress partially mediated the relationship between WFC and turnover intention, while job stress fully mediated the relationship between FWC and turnover intention. It was found that self-efficacy acted as a moderating variable increasing the effects of WFC and FWC on job stress. The results of this study imply that hospitals need to create a supportive and effective work environment, set limits on responsibilities and roles, review preliminary agreements between the hospital and nurses, and provide affection and motivation to reduce excess stress on nurses, hence nurses do not have the intention to leave job.

 

"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Norma Yulita Endo
"Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara coping self-efficacy dan burnout pada perawat. Pengukuran coping self-efficacy menggunakan alat ukur Coping Self-Efficacy Scale (Chesney dkk., 2006) yang memiliki tiga subskala, yaitu use problem focused coping, stop unpleasant thoughts and emotions, dan get support from family and friends dengan total 26 item. Pengukuran terhadap burnout menggunakan alat ukur Maslach Burnout Inventory-Human Service Survey (Maslach & Jackson, 1981) yang memiliki tiga dimensi, yaitu emotional exhaustion, depersonalization, dan menurunnya sense of personal accomplishment dengan total 22 item. Jumlah partisipan yang diperoleh sebanyak 131 perawat. Hasil utama penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang negatif dan signifikan antara coping self-efficacy dan burnout pada perawat, yang berarti semakin tinggi coping self-efficacy perawat, semakin rendah burnout yang dirasakan.

The aim of this study is to investigate whether any relationship between coping self-efficacy and burnout among nurses. Coping self-efficacy was measured by Coping Self-Efficacy Scale (Chesney et al., 2006) which has three subscales, namely use problem focused coping, stop unpleasant thoughts and emotions, and get support from family and friends with a total of 26 items. Burnout was measured by Maslach Burnout Inventory-Human Service Survey (Maslach & Jackson, 1981) which has three dimensions, namely emotional exhaustion, depersonalization, and reduced sense of personal accomplihsment with a total of 22 items. Participants of this study were 131 nurses. The main result of the study shows that there is a significant negative relationship between coping self-efficacy and burnout among nurses, in conclusion, the higher score of coping self-efficacy obtained by nurses, the lower they perceived burnout."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2015
S61951
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Patricia Duma Masta Nehemia
"Peningkatan bonus demografi di Indonesia akan menjadi tantangan bagi lulusan baru untuk mendapatkan pekerjaan jika mereka tidak mempersiapkan diri. Oleh karena itu, kesiapan kerja menjadi atribut yang sangat penting. Faktor yang memengaruhi kesiapan kerja adalah efikasi diri. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk melihat peran efikasi diri terhadap kesiapan kerja pada lulusan baru dengan metode regresi linear sederhana. Partisipan penelitian (N = 302) merupakan WNI berusia 21-25 tahun yang baru lulus dan pernah melakukan magang. Alat ukur yang digunakan adalah General Self-Efficacy Scale (GSES) dan Work Readiness Scale (WRS). Pengambilan data dilakukan secara daring. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efikasi diri (M = 3,34, SD = 0,31) berperan secara positif dan signifikan sebesar 60,8% terhadap kesiapan kerja (M = 3,30, SD = 0,29), R² = 0,608, F(1, 300) = 464,954, p < 0,001. Hasil regresi menunjukkan effect size besar. Artinya, semakin tinggi efikasi diri seseorang, semakin tinggi kesiapan kerjanya karena mereka yakin terhadap kemampuan mereka untuk berhasil dan menghadapi tantangan. Sebaliknya, individu dengan efikasi diri rendah cenderung menghindari tantangan sehingga memiliki kesiapan kerja yang rendah. Hasil penelitian ini memberikan penambahan pengetahuan terkait efikasi diri dan kesiapan kerja pada lulusan baru.

The increase in Indonesia's demographic bonus will pose a challenge for recent graduates to find jobs if they do not prepare themselves. Therefore, work readiness becomes a crucial attribute. A factor that influences work readiness is self-efficacy. Thus, this study aims to examine the role of self-efficacy in work readiness among recent graduates using simple linear regression. The study participants (N = 302) are Indonesian citizens aged 21-25 who have recently graduated and had done an internship. The instruments used are the General Self-Efficacy Scale (GSES) and the Work Readiness Scale (WRS). Data collection was conducted online. The result showed that self-efficacy (M = 3.34, SD = 0.31) positively and significantly accounts for 60.8% of work readiness (M = 3.30, SD = 0.29), R² = 0.608, F(1, 300) = 464.954, p < 0.001. The regression result shows a large effect size. This means that the higher a person's self-efficacy, the higher their work readiness, as they are confident in their ability to succeed and face challenges. Conversely, individuals with low self-efficacy tend to avoid challenges, resulting in lower work readiness. This study contributes to the understanding of self-efficacy and work readiness among new graduates."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Any Sumarni
"Perawat merasa tidak percaya diri saat memberikan asuhan ke pasien, khawatir akan tertular virus covid-19. Perasaan tidak percaya diri pada perawat dalam melakukan asuhan ke pasien Covid-19 karena rasa khawatir akan tertular Covid-19. Salah satu upaya pencegahan mengurangi penularan adalah dengan vaksin Covid-19. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian survei deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran efikasi diri setelah booster vaksin covid-19 pada perawat di Rumah Sakit X. Hasil penelitian menunjukan rerata usia perawat adalah 31,34 dengan masa kerja perawat adalah 5.41, status vaksinasi sebagian besar booster 2 (71.0%) dengan jenis vaksin pfizer 53.4%. Gambaran efikasi diri pada perawat dengan kategori tinggi sebanyak 74,8%. Efikasi diri faktor-faktor yang mempengaruhi efikasi diri tinggi sebanyak 74,8%. Efikasi jenis vaksin Covid-19 kategori baik menjadi referensi pilihan vaksin booster selanjutnya.

Nurses feel insecure when providing care to patients, worried about contracting the Covid-19 virus. Feelings of insecurity in nurses in caring for Covid-19 patients because of fear of contracting Covid-19. One of the prevention efforts to reduce transmission is the Covid-19 vaccine. This study uses quantitative research with descriptive survey research methods with a cross sectional approach. The purpose of this study was to find out a picture of self-efficacy after the covid-19 vaccine booster in nurses at X Hospital. The results showed that the average age of nurses was 31.34 with a nurse's service life of 5.41, the vaccination status of most of booster 2 (71.0%) with type pfizer vaccine 53.4%. The description of self-efficacy in nurses with a high category is 74.8%. Self-efficacy factors that affect high self-efficacy as much as 74.8%. The efficacy of this type of Covid-19 vaccine in the good category is a reference for the choice of the next booster vaccine."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Daula Gina Fabila
"Mahasiswa selalu dihadapkan dengan segala penugasan dan bertanggung jawab untuk menyelesaikannya. Dalam proses penyelesaian tugas-tugas tersebut, tidak jarang mahasiswa memiliki kebiasaan untuk menunda-nunda menyelesaikannya yang disebut dengan prokrastinasi akademik. Prokrastinasi akademik dapat disebabkan oleh rendahnya efikasi diri yang menjadi sumber penting dari motivasi belajar mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan antara efikasi diri dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa S1 reguler keperawatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan cross sectional dengan teknik proportionate stratified random sampling pada 241 mahasiswa S1 reguler keperawatan. Instrumen yang digunakan yaitu Academic Procrastination Scale (APS) untuk mengukur prokrastinasi akademik pada mahasiswa dan The Academic Self-Efficacy Scale (TASES) untuk mengukur efikasi diri. Hasil analisis univariat didapatkan sebanyak 133 responden (55,2%) memiliki efikasi diri tingkat tinggi dan sebanyak 164 responden (68,0%) mengalami prokrastinasi akademik tingkat sedang. Hasil analisis bivariat dengan menggunakan uji chi-square menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang bermakna antara efikasi diri dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa S1 Reguler Keperawatan (p= 0,000). Diharapkan pendidik, pembimbing akademik, dan Badan Konseling Mahasiswa (BKM) dapat memberikan edukasi kepada mahasiswa terkait pentingnya efikasi diri bagi mahasiswa untuk menjalani proses perkuliahan dengan baik agar terhindar dari perilaku prokrastinasi akademik.

College students are always faced with all assignments and are responsible for completing them. In the process of completing these assignments, it is not uncommon for students to have a habit of procrastinating completing them which is called academic procrastination. Academic procrastination can be caused by low self-efficacy which is an important source of student learning motivation. This study aims to identify the correlation between self-efficacy and academic procrastination among regular undergraduate nursing students. This research used a cross-sectional approach with a proportionate stratified random sampling technique of 241 regular undergraduate nursing students. The instruments used are the Academic Procrastination Scale (APS) to measure academic procrastination in students and The Academic Self-Efficacy Scale (TASES) to measure self-efficacy. The results of the univariate analysis found that 133 respondents (55.2%) had high levels of self-efficacy and 164 respondents (68.0%) experienced moderate levels of academic procrastination. The results of bivariate analysis using the chi-square test showed that there was a significant correlation between self-efficacy and academic procrastination in regular undergraduate nursing students (p=0.000). It is hoped that educators, academic supervisors, and Student Counseling Boards can provide education to students regarding the importance of self-efficacy for students to go through the lecture process properly in order to avoid academic procrastination behavior. "
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dhea Rizky Ardini
"Penelitian ini bertujuan untuk melihat peran efikasi-diri inovasi sebagai variabel mediator dalam hubungan antara aktivitas belajar formal maupun informal terhadap perilaku kerja inovatif karyawan. Studi kuantitatif ini dilakukan terhadap 165 responden menggunakan metode accidental sampling dengan menyebarkan kuesioner daring. Adapun karakteristik sample adalah karyawan/karyawati yang bekerja di area Jabodetabek dengan rentang usia 24 – 44 tahun, masa kerja minimal 1 tahun di tempat kerja saat ini dan pendidikan terakhir minimal S1. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah Alat Ukur Aktivitas Belajar Formal, Alat Ukur Aktivitas Belajar Informal, Skala Efikasi-Diri Inovasi dan Alat Ukur Perilaku Kerja Inovatif. Metode penelitian ini menggunakan metode survei. Untuk pengolahan data menggunakan analisa regresi mediasi dengan aplikasi statistik SPSS 25. Hasil analisis data menunjukkan bahwa efikasi diri inovasi memediasi sebagian hubungan antara aktivitas belajar formal dan informal dengan perilaku kerja inovatif. Hasil penelitian ini mengindikasikan adanya manfaat positif dari efikasi-diri inovasi dalam hubungan antara aktivitas belajar formal dan informal terhadap perilaku kerja inovatif.

This study aims to examine the role of innovation self-efficacy as a mediator in the relationship between formal and informal learning activities on employees' innovative work behavior. This quantitative study was conducted on 165 respondents using the accidental sampling method by distributing online questionnaires. The characteristics of respondents are employees who work in the Jabodetabek area with an age range of 24-44 years, a minimum 1 year of working experience in current company and has at least Strata-1 educational background. The measuring instruments used in this research are the Formal Learning Activity Scale, the Informal Learning Activity Scale, the Innovation Self-Efficacy Scale and the Innovative Work Behavior Scale. This research uses a survey method. For data processing using mediation regression analysis with the application of SPSS 25 statistics. The results of data analysis show that innovative self-efficacy partially mediates the relationship between formal and informal learning activities with innovative work behavior. The result of this study implies the benefits of innovative self-efficacy in the relationship between formal and informal learning activities on innovative work behavior."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2021
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Furi Estie Honez
"Kehamilan di usia remaja menjadi salah satu masalah sosial utama yang dihadapi negara-negara di dunia. Kehamilan remaja berdampak pada kesehatan fisik dan psikologis Fase transisi menjadi orang tua menjadi tantangan bagi ibu remaja dan pasangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan maternal self efficacy dan paternal self efficacy setelah diberikan intervensi edukasi audiovisual.  Studi quasy experimental study with control group design dilakukan terhadap 60 pasangan dengan melakukan intervensi berbasiskan audiovisual dan kuesioner maternal self efficacy dan paternal self efficacy. Nilai median maternal self efficacy pada kelompok kontrol pre test dan post test tidak mengalami peningkatan bermakna yakni 22 menjadi 23. Setelah dilakukan intervensi, nilai median maternal self efficacy pada kelompok intervensi meningkat signifikan yakni 23 menjadi 35. Nilai median paternal self efficacy pada kelompok kontrol pre test dan post test tidak mengalami peningkatan bermakna yakni 28,5 menjadi 30. Setelah dilakukan intervensi, nilai median paternal self efficacy pada kelompok intervensi meningkat signifikan yakni 25 menjadi 35. Selisih maternal self efficacy signifikasn pada kelompok intervensi 12 jika dibandingkan kelompok kontrol yakni 1. Hal yang sama juga terjadi pada selisih paternal self efficacy kelompok intervensi sebesar 11 jika dibandingkan kelompok kontrol sebesar 1,5. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh edukasi audio visual dengan peningkatan maternal self efficacy dan paternal self efficacy (0<0,001). Edukasi dengan menggunakan media audiovisual terbukti dapat meningkatkan pengetahuan ibu hamil remaja dan pasangan dalam mempersiapkan diri dalam menghadapi transisi menjadi orang tua dan perawatan bayi baru lahir. Penelitian ini merekomendasikan agar fasilitas kesehatan selalu melibatkan pasangan selama edukasi dan fase transisi ibu hamil remaja.

Teenage pregnancy is one of the main social problems facing countries in the world. Teenage pregnancy impacts physical and psychological health. The transition phase into parenthood is a challenge for teenage mothers and partners. This study aims to determine the increase in maternal self-efficacy and paternal self-efficacy after being given an audiovisual educational intervention. A quasi-experimental study with control group design conduct on 60 couples using audiovisual-based interventions and maternal self-efficacy and paternal self-efficacy questionnaires. The median value of maternal self-efficacy in the pre-test and post-test control groups did not increase significantly, from 22 to 23. After the intervention, the median value of maternal self-efficacy in the intervention group increased significantly,  from 23 to 35. The median value of paternal self-efficacy in the pre-control group test and post-test did not experience a significant increase, from 28.5 to 30. After the intervention, the median value of paternal self-efficacy in the intervention group increased significantly, from 25 to 35. The difference in maternal self-efficacy was significant in the intervention group 12 when compared to the control group  1. The same thing also happened to the difference in paternal self-efficacy in the intervention group 11 when compared to the control group 1.5. This shows the influence of audiovisual education by increasing maternal self-efficacy and paternal self-efficacy (0<0.001). Education using audiovisual media has been proven to increase the knowledge of teenage pregnant mothers and their partners in preparing themselves for the transition to becoming parents and preparing for newborn care. This research recommends that health facilities always involve partners during the education and transition phase of teenage pregnant women.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>