Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 62615 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Noor Andenta Wibhawa
"Anna Akhamtova membuat karya sastra yang berbentuk kumpulan puisi berjudul Requiem. Kumpulan puisi tersebut ditulis atas kesedihan yang ia ketika tragedi penangkapan anaknya yang bernama Lev Gumilyov, serta mewakilkan maasyarakat Uni Soviet yang bernasib sama dengannya pada era kepemerintahan Joseph Stalin. Penelitian ini akan membahas bagaimana Teror Stalinisme digambarkan dalam kumpulan puisi Requiem karya Anna Akhmatova. Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif Analitis dengan menggunakan teori semiotika Ferdinand De Saussure. Dalam kumpulan puisinya Anna Akhmatova menggambarkan Teror Stalinisme ini dengan menunjukkan dampak dari tindakan Teror Stalinisme yang berupa Pembunuhan, Penyiksaan dan Penangkapan. Dampak dari tindakan Teror Stalinisme ini adalah kesedihan dan penderitaan yang dirasakan oleh Anna Akhmatova dan masyarakat Uni Soviet.

Anna Akhamtova made a literary work in the form of a collection of poems entitled Requiem. This collection of poems was written for the sadness she felt when the tragedy of the arrest of her son named Lev Gumilyov, and represented the people of the Soviet Union who suffered the same fate as her during the reign of Joseph Stalin. This study will discuss how the Terror of Stalinism is described in the collection of poem Requiem by Anna Akhmatova. This study uses an analytical descriptive method using the semiotic theory of Ferdinand De Saussure. In her collection of poems Anna Akhmatova describes the Terror of Stalinism by showing the impact of the acts of Terror of Stalinism in the form of Murder, Torture and Arrest. The impact of this act of Terror of Stalinism was the sadness and suffering felt by Anna Akhmatova and the people of the Soviet Union."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Arviansyah Partohap Bako
"ABSTRAK
Artikel ini membahas mengenai gambaran kesedihan seorang tokoh dalam puisi yang berjudul D jeuner du Matin karya Jacques Pr vert. Puisi yang ditulis oleh Pr vert pada tahun 1946 ini menggambarkan kesedihan suatu tokoh akibat perbuatan tokoh lain. Artikel ini akan menggunakan analisis semantik, sintaksis, dan pragmatik untuk membantu member gambaran kesedihan si tokoh.

ABSTRACT
This article discusses the description of the sadness of a character in a poem entitled D jeuner du Matin by Jacques Pr vert. This Poem written by Pr vert in 1946, it illustrates the sadness of a character due to the actions of other characters. This article will use semantic, syntactic, and pragmatic analyzes to help member image the sadness of the character."
Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2017
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Murywantobroto
"ABSTRAK
Sebagai cerpenis, Aryanti mulai mempublikasikan karyanya pada tahun 1976 melalui majalah Femina. Karyanya mempunyai ciri tersendiri. Dari sejumlah karyanya beberapa di antaranya merupakan cerita yang di dalamnya terdapat kebimbangan yang dialami oleh tokoh protagonisnya, dan pencerita tidak lebih tahu dari protagonisnya, sesuatu benar-benar terjadi atau sekadar ilusi. Peristiwa yang dialami tokohnya kadang-kadang terasa aneh atau tidak wajar, bahkan ia juga banyak mengungkapkan cerita hantu.
Tesis ini meneliti cerpen-cerpen Aryanti dalam Kaca Rias Antik (selanjutnya disingkat KRA). Dari lima belas cerpen dalam KRA, tujuh cerpen yang mengandung unsur das Unheimliche. Selanjutnya dari tujuh buah cerpen yang menimbulkan kecemasan itu dipilih lima buah cerpen yang dapat mewakili tema-tema Unheimliche yang dibuat Aryanti untuk diteliti.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Dalam tema-tema apakah Unheimliche pada KRA karya Aryanti diungkapkan? (2) Apa makna Unheimliche dalam KRA karya Aryanti?
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Memerikan tema-tema yang mengungkapkan Unheimliche dalam KRA karya Aryanti; dan (2) Mengungkapkan makna Unheimliche dalam KRA karya Aryanti.
Objek penelitian ini adalah Das Unheimliche dengan sumber data (1) "Kaca Rias Antik" (KRA), (2) "Jemputan Khusus" (JK), (3) "Si Selop Wanita" (SSW), (4) "Di Tepi Sungai, Di Pinggir Hutan'' (DTS), dan (5) "Irama" (Ir).
Teori psikoanalisis Sigmund Freud, terutama yang berhubungan dengan kecemasan digunakan dalam penelitian ini. Untuk menganalisisnya, digunakan pendekatan yang bersifat intrinsik, yang berfokus pada teks cerpen sebagai adanya ( objektif).
Hasil penelitiannya adalah sebagai berikut. Lima cerpen Aryanti yang menjadi objek penelitian ini mengungkapkan perasaan Das Unheiml'lche. Tema orang mati hidup kembali mendorninasi penyebab kecemasan. Dalam "KRA" medium yang digunakan cermin. Kecemasan muncul karena munculnya tangan dari cermin dan adanya riasan yang tidak seperti biasa; "JK" orang mati hidup kembali menjadi hantu penolong dan kecemasan muncul dengan cara surprise ending; "SSG" orang mati yang hidup kembali muncul melalui bunga anggrek. Kecemasan terjadi karena bentuk bunga anggrek yang aneh; "DTS" menampilkan hantu yang menakutkan dan menganggu. Kecemasan muncul dari peristiwa yang dialami tokoh sejak awal perkawinan yang tidak disetujui kerabatnya.
Tema Das Unheimliche lain adalah kemahakuasan fikiran yang terdapat dalam "Ir" kecemasan disebabkan oleh adanya perilaku aneh tokoh yang suka menyendiri berdiri di pinggir jembatan seperti hendak bunuh diri.
Dari kelima cerpen dalam KRA, Das Unheimliche bermakna sebagai pengungkap mekanisme pertahanan diri. Kecemasan merupakan tanda peringatan adanya sesuatu yang tidak heres. Mekanisme pertahanan yang ditemukan adalah represi penokohan, pengalihan, proyeksi, fantasi, rasionalisasi, regresi, dan formasi reaksi."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2002
T39163
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Vieri Firdausy Akhlaq
"Beragam fenomena yang terdapat dalam karya sastra cukup menarik untuk dikaji, terlebih jika isu yang diangkat cukup dekat bagi pembacanya. Salah satu permasalahan yang menarik untuk diteliti yakni kaitan permasalahan maskulinitas toksik yang dapat berpengaruh terhadap aspek psikologis seseorang. Cukup banyak karya sastra, khususnya novel, yang mengangkat isu ini, namun terdapat satu judul yang menarik untuk dijadikan bahan kajian, yakni novel Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas (SDRHDT) karya Eka Kurniawan. Dalam novel ini, terdapat gambaran lugas mengenai permasalahan maskulinitas toksik diterima tokoh utama, Ajo Kawir, yang kemudian berdampak terhadap aspek psikologisnya. Dengan latar belakang demikian, penelitian ini akan mengkaji bagaimana bentuk maskulinitas toksik yang dihadapi tokoh Ajo Kawir dalam kaitannya dengan lima tahapan kesedihan menurut Kübler-Ross akibat penyakit impotensi yang dideritanya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan psikologi sastra. Data yang dihasilkan berupa kata, kalimat, dan wacana yang diambil dalam bentuk kutipan-kutipan yang menggambarkan permasalahan tersebut. Hasil dari penelitian ini menunjukkan terdapat beberapa perilaku maskulinitas toksik yang diterima tokoh Ajo Kawir yang kemudian sangat berdampak terhadap proses penerimaan diri saat melewati lima tahapan kesedihan.
Diverse phenomena found in literary works are intriguing to study, especially when the issues addressed are relatable to readers. One compelling issue for research is the impact of toxic masculinity on a person's psychological aspects. Many literary works, especially novels, explore this issue, but one particularly interesting title for study is "Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas" (SDRHDT) by Eka Kurniawan. This novel provides a clear depiction of the issue of toxic masculinity experienced by the main character, Ajo Kawir, which subsequently affects his psychological well-being. Against this backdrop, this research aims to examine how the forms of toxic masculinity faced by Ajo Kawir relate to the five stages of grief according to Kübler-Ross, due to the impotence he suffers from. The method used in this study is descriptive qualitative research, employing a literary psychology approach. Data collected include words, sentences, and discourse extracted in the form of quotations that depict these issues. The findings of this research highlight several instances of toxic masculinity experienced by Ajo Kawir, significantly impacting his self-acceptance process as he navigates through the five stages of grief."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2024
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Tri Swasono Hadi
"Duka akibat ditinggalkan orang terdekat merupakan salah satu bentuk stressor terberat yang bisa dialami seseorang. Dalam bentuk ekstrimnya terdapat sejumlah kasus tertentu yang berakhir dengan kegagalan dalam mengatasi perasaan duka, ditandai dengan depresi yang berkepanjangan, hilangnya semangat hidup dan kejadian paling ekstrim adalah melakukan bunuh diri (DSM IV-TR, 2000). Dibandingkan rentang usia lainnya, kehilangan orang tua yang dialami anak dewasa merupakan area yang kurang mendapat perhatian. Namun tetap saja kehilangan ini dapat dirasakan sama beratnya dengan kehilangan orang tua pada masa anak-anak atau remaja. Survei terhadap 220 anak dewasa yang ditinggal salah satu orang tuanya menunjukan 1 dari 4 orang masih mengalami masalah sosial dan emosional hingga 5 tahun setelah kematian orang tuanya (Scharlach,1991).
Hasil wawancara mendalam dengan 83 orang antara usia 35 hingga 60 tahun menemukan mayoritas masih menunjukkan emosional distress (mulai dari kesedihan dan menangis hingga depresi dan pikiran untuk bunuh diri) setelah satu hingga 5 tahun, terutama setelah kehilangan ibu. Lebih lanjut hampir setengah dari mereka yang kehilangan salah satu orang tuanya melaporkan mengalami gangguan fisik, seperti sakit, mudah lelah dan kondisi kesehatan umum yang menurun (Scharlach & Fredericksen,I993).
Peneiltian diarahkan pada hal tersebut di atas, yaitu untuk mengetahui secara mendalam proses duka pada individu-individu dewasa yang ditinggal meninggal oleh ibunya. Penelitian ini mengacu kepada sejumlah teori, di antaranya tahapan-tahapan kematian oleh Kubler Ross, tiga tahap proses duka oleh Schultz (dalam Papalia, 1998), dan model singkat duka duka dari Mahoney (2002).
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan utama. Yang pertama adalah mengetahui proses penyesuaian duka pada sebuah keluarga yang memiliki tingkat keeratan yang tinggi satu sama lain dan memiliki ketergantungan emosional besar terhadap sosok ibu/istri yang belum lama meninggal dunia. Tujuan kedua adalah berdasarkan hasil penelitian tersebut, dan juga melalui proses penelitian ini sendiri, diharapkan dapat membawa dampak terapetik bagi para responden penelitian yang terlibat di dalamnya. Oleh karenanya hasil dan manfaat penelitian ini lebih ditujukan langsung dan spesifik kepada para responden penelitian, ketimbang khalayak umum atau pun akademisi. Ada pun yang menjadi responden penelitian ini adalah sebuah keluarga yang terdiri dari empat individu dewasa (satu duda dan tiga orang anak yang belum menikah), dan masih tinggal dalam satu rumah.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan tipe penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data selain observasi dan wawancara adalah partisipasi langsung oleh peneliti. Dalam hal ini peneliti berperan ganda baik sebagai peneliti sekaligus sebagai responden penelitian. Penelitian ini dilakukan dalam kurun waktu sekitar satu setengah tahun. Untuk menganalisa dan menginterpretasikan data penelitian antara lain digunakan metode reflektif.
Penelitian ini menghasilkan beberapa temuan, yaitu pertama bahwa masing-masing individu menunjukkan tahapan-tahapan duka yang berbeda satu dengan lain, walaupun mereka berada dalam satu keluarga dan mempunyai keeratan yang tinggi. Hal ini menunjukkan pendekatan menggunakan tahapan-tahapan duka yang universal seperti halnya dikemukakan oleh Ross dalam Papalia (1998) tidak berlaku dalam keluarga ini.
Temuan yang kedua adalah bahwa proses duka pada keluarga H tidak berjalan dalam tahapan-tahapan yang sepenuhnya linear dan progresif namun fluktuatif seiring dengan perjalanan waktu.
Hasil yang ketiga adalah secara umum intensitas duka yang dirasakan paling berat oleh keluarga H adalah di beberapa bulan awal, selanjutnya terjadi masa transisi dan penyesuaian di mana intensitas duka mulai menurun namun setelah itu kembali ada peningkatan intensitas perasaan duka (sedih, kesepian, kehilangan) pada masa di atas setahun.
Hasil keempat adalah mayoritas anggota keluarga menyebutkan selain perasaan sedih mereka juga merasa sedikit lega ketika akhirnya harus kehilangan anggota keluarga mereka. Walau sepertinya kontradiktif dengan ekspresi duka pada umumnya namun hal ini lazim dalam kasus duka di mana orang yang meninggal mengalami sakit lama atau penderitaan yang sangat hebat atau berkepanjangan.
Hasil kelima adalah perbedaan dalam menghadapi, menyesuaikan dan pada akhirnya mengatasi duka nampaknya sangat dipengaruhi antara lain oleh belief systems yang dianut, khususnya yang menyangkut pemberian makna terhadap kematian dan keadaan sesudah meninggal.
Hasil keenam adalah selain memberikan dampak langsung (sedih, marah, kehilangan, depresi dan sebagainya), proses duka juga dapat mendorong perubahan dalam kehidupan seseorang yang mengakibatkan timbulnya dampak-dampak sekunder, yang bisa jadi positif atau pun negatif. Dalam penelitian ini pada beberapa anggota keluarga dampak langsung dari duka sudah berkurang namun justru kemudian dampak sekundernya yang menonjol, seperti halnya perubahan dalam falsafah atau kebiasaan hidup serta perubahan dalam kedekatan hubungan dengan Tuhan.
Hasil ketujuh adalah anggota keluarga H masih berada dalam proses mengatasi duka mereka setelah lebih dari satu setengah tahun. Proses acceptance dan upaya mencari resolusi atas duka terjadi berulang kali dalam kurun waktu tersebut, walau belum mencapai acceptance atau resolution yang benar-benar final seperti yang dimaksud oleh Ross dan Schultz dalam Papalia (1998) atau Mahoney (2002).
Hasil kedelapan adalah keeratan yang tinggi dalam keluarga H berdampak positif menjadikan keluarga tersebut sebagai sistem pendukung yang baik bagi satu sama lain dalam menghadapi duka. Namun di lain pihak keeratan yang tinggi juga berdampak negatif karena membuat mereka semakin susah melepas kepergian sang ibu dan juga susah menerima adanya perubahan atau orang baru.
Sedangkan hasil kesembilan adalah refleksi diri peneliti menemukan bahwa proses duka menyebabkan perubahan-perubahan mendasar, yang hasil akhirnya belum diketahui. Hal ini menunjukkan bahwa duka dapat memicu proses adaptasi yang sangat panjang, dan bahkan mungkin menjadi bagian dari proses dan pembelajaran seumur hidup.
Keterbatasan utama dalam penelitian ini adalah pada subyektivitas pengumpulan dan interpretasi data hasil penelitian dikarenakan peneliti sekaligus berperan sebagai subyek penelitian. Oleh karena itu apabila dimungkinkan disarankan untuk penelitian partisipatoris minimal ada dua peneliti, di mana peneliti lain bertindak sebagai non-partisipan untuk menjaga obyektivitas penelitian.
Saran praktis untuk responden penelitian adalah mengkomunikasikan masalah duka secara terbuka satu sama lain dan jika dianggap perlu meminta bantuan dari pihak lain yang dianggap mampu. Selain itu perlu mengisi dan beradaptasi terhadap kekosongan peran ibu yang ditinggalkan. Saran lain adalah lebih membuka diri terhadap aktivitas, kehidupan dan cinta baru, terutama bagi para anak yang telah berusia dewasa dan belum menikah."
Depok: Universitas Indonesia, 2006
T18644
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sherly Indrayanti
"Kematian bayi dalam kandungan yang telah berusia lebih dari 24 minggu, sehingga harus dikeluarkan melalui proses melahirkan (stillbirth), yang terjadi pada perempuan dewasa muda, menimbulkan perasaan berduka yang mendalam. Perasaan berduka yang merupakan reaksi emosional terhadap peristiwa kehilangan dan muncul dari kesadaran seseorang akan adanya diskrepansi antara harapan dan kenyataan, terjadi bersamaan dengan periode sebelum, saat, dan setelah melahirkan. Dengan demikian, perempuan dewasa muda yang mengalami stillbirth menjalani tahap kedukaan yang terbagi atas shock and disbelief, preokupasi terhadap bayi yang sudah meninggal, hingga sampai pada tahap resolusi, sambil melewati tahapan dari proses hamil dan melahirkan yang juga menuntut penyesuaian yang kompleks.
Sebagaimanapun kompleksitas perasaan berduka yang dirasakan, perempuan dewasa muda yang mengalami stillbirth harus tetap melanjutkan kehidupannya. Proses coping diperlukan agar mereka tidak tersendat pada satu tahap kedukaan, akan tetapi dapat melewati tahap demi tahap hingga mencapai tahap resolusi, di mana mereka dapat kembali memiliki semangat menjalani kehidupan keseharian, mampu merasakan kesenangan, memiliki harapan mengenai masa depan, dan menjalankan peran secara adekuat. Strategi dan mekanisme coping merupakan usaha yang dilakukan untuk mengatasi perasaan berduka yang dialami melalui penerimaan kognitif dan juga penerimaan emosional. Selain proses coping yang diusahakan oleh individu yang mengalami kedukaan, dukungan sosial dari orang-orang terdekat juga merupakan instrumen dalam membantu individu melewati tahap kedukaannya. Dukungan sosial biasanya berasal dari suami, prang tua, teman-teman dekat, serta tenaga profesional, dan dapat diberikan dalam bentuk emosional, instrumental, informasional, dan appraisal. Terlepas dari siapa yang memberikan atau apa jenis yang dukungan sosial yang diberikan, kebermanfaatan dari dukungan sosial tersebut tergantung dari bagaimana penilaian individu yang menerimanya. Dengan demikian kesesuaian antara pemberi, penerima, dan kapan dukungan sosial diberikan merupakan hal penting yang mendukung kesuksesan dari dukungan sosial itu sendiri.
Tujuan penelitian ini ialah untuk mendapatkan gambaran mengenai kedukaan, coping, dan dukungan sosial pada perempuan dewasa muda yang mengalami stillbirth pada periode sebelum, saat, dan setelah melahirkan. Penelitian ini rnenggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, yakni mempelajari satu atau lebih kasus secara mendalam. Pengambilan sample menggunakan sampling kasus tipikal, sedangkan data diperoleh melalui proses wawancara dengan menggunakan tape recorder dan observasi terhadap subyek yang memenuhi karakteristik. Sementara itu, analisis dilakukan dengan tehnik reduksi data, yakni suatu cara menggolongkan, memilih, memusatkan perhatian pada penyederhanaan, mengabstraksikan dan mentransformasi data mentah dari catatan-catatan lapangan yang diperoleh atau hasil observasi. Responden penelitian merupakan 3 orang perempuan dewasa muda yang mengalami kematian bayi dalam kandungan berusia 35 minggu dan 30 minggu yang terjadi dalam jangka waktu 3 minggu, 3 bulan, dan 2 tahun terakhir.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengalaman kedukaan pada masing-masing subyek berbeda dari segi waktu yang dibutuhkan untuk melalui tiap tahap kedukaan, kompleksitas dari perasaan berduka itu sendiri, dan tingkat distress yang dialami pada tiap tahap kedukaan. Shock and disbelief yang merupakan tahap awal dalam kedukaan sekaligus berfungsi sebagai mekanisme coping atau berfungsi memberi perlindungan bagi subyek dan reaksi yang lebih parah. Namun demikian, transisi dari tahap ini menuju tahap preokupasi, yang terjadi ketika subyek kembali dari rumah sakit setelah melahirkan, merupakan masa yang paling depresif bagi ketiga subyek. Ketiga subyek menerapkan strategi coping yang bersifat problem focused dan emotion focused secara bergantian pada tiap tahap kedukaan, sementara dua dari tiga subyek cenderung hanya menggunakan mekanisme coping yang bersifat avoiding grief atau menyibukkan diri untuk menghindari hal-hal yang akan mengingatkan subyek pada peristiwa kedukaan. Penerimaan kognitif lebih cepat dicapai oleh masing-masing subyek dibandingkan dengan penerimaan emosional, hal ini dapat dipahami mengingat bahwa perasaan berduka sendiri merupakan suatu dimensi emosional dari proses kedukaan. Selama melewati masa kedukaan, dukungan sosial yang terutama diperoleh dari suami, lalu dilanjutkan dengan teman-teman dekat, orang tua, dan tenaga profesional seperti dokter. Namun demikian, pada tahapan tertentu, dukungan sosial dinilai kurang signifikan, menghalangi subyek untuk mengekspresikan perasaannya, serta menimbulkan perasaan bersalah.
Temuan-temuan lain dalam penelitian ini adalah adanya keterkaitan antara pengalaman terdahulu atau pola asuh yang dialami oleb subyek dengan penghayatan subyek terhadap peristiwa kematian bayi yang mereka alami. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa replacement child syndrome, yakni kehadiran anak berikutnya yang berfungsi menggantikan bayi yang meninggai dan mempersingkat masa kedukaan, merupakan hal yang tidak terhindarkan pada ketiga subyek namun dengan karakteristik yang berbeda pada masing-masing subyek.
Penelitian ini memberikan saran praktis bagi subyek dalam menjalani masa kedukaannya, orang-orang di sekitar subyek dalam memberikan pendampingan, serta tenaga profesional dalam memberikan konseling dan terapi. Sedangkan untuk penelitian lanjutan, disarankan untuk memperdalam keterkaitan antara pola asuh atau pengalaman terdahulu dengan penghayatan individu terhadap kedukaan, yang dalam penelitian ini belum dibahas secara komprehensif dengan menggunakan dasar-dasar kepustakaan. Mengingat kasusnya yang oukup tipikal maka untuk penelitian selanjutnya, disarankan untuk tetap menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus dan teknik pengambilan sampel kasus tipikal."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2006
T18645
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Andri Yuniarti
"Skripsi ini berfokus pada kajian suffering dan coping mechanism pada lansia di sebuah panti werdha swasta di daerah Cibubur, yaitu Sasana Tresna Werdha (STW) Karya Bhakti RIA Pembangunan. Melalui wawancara mendalam dan pengamatan terlibat saya berupaya memahami bagaimana suffering dapat terbentuk dan bagaimana upaya yang dilakukan lansia untuk menghadapinya hingga dapat keluar dari situasi tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa bentuk strategi coping mechanism dilakukan oleh lansia guna melepaskan diri dari situasi yang membuat mereka tertekan. Terwujudnya tindakan berupa strategi ini didorong oleh agensi yang dimiliki lansia sebagai aktor. Dijelaskan pula berbagai bentuk tindakan lansia ketika mengalami suffering, strategi coping mechanism yang mereka lakukan sebagai bentuk upaya menanggulanginya, serta bagaimana bentuk-bentuk strategi tersebut dapat mereka wujudkan.

This paper focuses on the suffering and coping mechanism that are experienced by elderly in a private home care in Cibubur, called Sasana Tresna Werdha (STW) Karya Bhakti RIA Pembangunan. Through in-depth interviews and participant observations, I seek to understand how suffering could be formed and what actions that elderly do to get out of that situation. The study showed that some forms of coping mechanism strategies were carried out by the elderly to escape themselves from situations that made them depressed. The realization of these strategies is driven by the agency owned by the elderly as an actor. This paper also explains various forms of elderly actions when they were in suffering situation, coping mechanism strategies that they embodied as a form of effort to deal with that situation, and how these forms can be actualized.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Jatayu Jiwanda M
"Pemaknaan penderitaan sebagai realitas kehidupan adalah momen yang dapat kita temukan dalam pemikiran Buddhisme. Latar belakang pemikiran buddhisme baik secara ontologis, epistemologis dan aksiologis terhadap pemaknaan realitas kehidupan inilah menjadi dasar dalam penulisan skripsi ini. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dan fenomenologi-hermeneutis dalam menganalisa konsep Dukkha. Tujuan dari penelitian ini adalah menjelaskan penderitaan sebagai pemaknaan realitas kehidupan, hal tersebut memberikan relevansi terhadap kehidupan manusia. Hasil dari penelitian ini adalah pemahaman terhadap penderitaan (dukkha) yang tidak hanya dipahami sebagai konsepsi semata melainkan bentuk penghayatan dari pengalaman-pengalaman hidup Siddhatta Gautama. Sang Buddha melihat kondisi kehidupan manusia dan proses kehidupan yang berjalan terus menerus.

The meaning of Suffering as a reality of life is the moment where we can found in the thought of buddhism. The basic reason of the thought view as well as ontological, epistemological and axiological of the meaning of Buddhism become a basic in this research.This research uses the descriptive analysis and hermeneutic phenomenology method to analyze the concept of dukkha. The purpose of this study is to explain suffering as a meaning of life, which give a relevance to human life. The result of this study is an understanding of suffering that is not only understood as concept merely, although as a form contemplation Siddhatta Gautama. Buddha’s view is human condition and processes of life always continuous."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S47585
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Beverly Gloria Virginia
"Menurut teori Erikson tentang perkembangan psikososial, manusia hidup melalui tahapan saat mereka tumbuh dan berkembang. Masa kanak-kanak adalah tahap penting dalam perkembangan manusia. Melalui interaksi sosial, anak mulai mengembangkan rasa bangga atas prestasi dan kemampuan mereka dalam tuntutan sosial dan akademis yang baru. Dalam tahap ini, mereka menghadapi kesulitan yang mempengaruhi perkembangan mereka sebagai konsekuensinya. Artikel ini membahas tentang Anna, tokoh dalam buku When Hitler Stole the Pink Rabbit yang ditulis oleh Judith Kerr. Penulis tertarik untuk meneliti perkembangan identitasnya saat dia mengalami apa yang disebut banyak orang sebagai masa kecil yang sulit. Anna terpaksa meninggalkan tanah airnya, pindah dari satu negara ke negara lain untuk mencari perlindungan. Penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik deskriptif. Teori-teori yang diterapkan dalam artikel ini adalah Tahapan Perkembangan Psikososial oleh Erick H.Erikson untuk menganalisis perkembangan Anna saat kecil dan bagaimana ia mendefinisikan identitasnya sebagai pengungsi dan juga teori ruang sebagai identitas oleh Marcel Hunziker, Matthias Buchecker, dan Terry Hartig untuk mengidentifikasi pengaruh ruang pada perkembangan identitas Anna. Hasilnya menunjukkan bagaimana ruang mempengaruhi perkembangan identitas Anna pada masa kecilnya.

According to Erikson’s theory on psychosocial development, man lives through stages as they develop and grow. Childhood is a crucial stage in human development. Through social interactions, children begin to develop a sense of pride in their accomplishments and abilities with new social and academic demands. In this stage, they encounter difficulty under circumstances that affects their development as a consequence. This article discusses Anna, a figure in the book When Hitler Stole the Pink Rabbit, written by Judith Kerr. I am interested in researching her identity development as she experienced what many refer to as a difficult childhood. Anna was forced to leave her homeland, moving from one country to another seeking refuge. I use the qualitative research method with descriptive techniques. The theories applied in this article are Stages of Psychosocial Development by Erick H. Erikson to analyze Anna’s development as a child and how she defines her identity as a refugee and also space as identity theory by Marcel Hunziker, Matthias Buchecker, and Terry Hartig to identify the effect of space on Anna’s identity development. The result shows how space affects Anna’s identity development through her childhood."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2021
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Koelemeijer, Judith
Amsterdam and Antwerpen: Uitgeverij Atlas, 2009
BLD 839.314 08 KOE a
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>