Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 112191 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ilham Suryo Aldianto
"Laporan magang ini membahas tentang Evaluasi Proses Pembuatan SOP di PT DRA., sebuah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang mengelola energi panas bumi. KAP FLS bertugas membantu pembuatan standar operasional prosedur PT DRA. Hal ini dilakukan dengan menganalisis prosedur di lapangan dan mengikuti pedoman yang ditetapkan dalam Peraturan Menteri Badan Usaha Milik Negara (PER MBU) PER- 18/MBU/2012 tentang Pedoman Penyusunan Standar Operasional Prosedur. Proses Pembuatan Prosedur Operasional Standar telah sesuai dengan tujuan yang tercantum dalam PER-18/MBU/2012, sesuai dengan evaluasi yang dilakukan.

This internship report discusses Evaluating the Process of Creating SOP in PT DRA., a state-owned firm that manages geothermal energy. KAP FLS is in charge of assisting in creating the standard operational procedure for PT DRA. This is done by analyzing on- field procedures and following the guidelines set out in the Minister of State-Owned Enterprises (PER MBU) PER- 18/MBU/2012 regarding Guidelines for Developing Standard Operating Procedure. The process of Creating Standard Operational Procedures was in compliance with the purpose indicated in PER- 18/MBU/2012, according to the evaluation done."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisinis Universitas Indonesia, 2021
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Amelia Frizka Lesmana
"Laporan magang ini membahas evaluasi terhadap prosedur strategi diversifikasi pendapatan pada proyek penyusunan strategi diversifikasi pendapatan yang dilakukan oleh DRA Consulting, sebuah anak perusahaan KAP DRA Indonesia yang bergerak di bidang jasa konsultasi. KAP DRA Indonesia merupakan sebuah kantor akuntan public yang menyediakan layanan audit & asuransi, konsultasi, layanan bisnis & outsourcing, layanan hukum, dan pajak kepada klien perusahaan public, swasta, BUMN, maupun instansi pemerintah. Dalam proyek ini, tugas DRA Consulting adalah menghitung kelayakan finansial suatu proyek menggunakan parameter NPV dan IRR, termasuk pembuatan model keuangan dan perhitungan tingkat diskonto sebagai dasar perhitungan kelayakan finansial. Selain model finansial, proses penyusunan strategi diversifikasi pendapatan turut melibatkan analisis rasio keuangan untuk menilai kinerja perusahaan dan analisis PESTLE, Porter Five Forces, dan Matriks IFE-EFE. Berdasarkan hasil evaluasi, proses penyusunan strategi diversifikasi yang dilakukan telah sesuai dengan teori yang ada. Namun, ditemukan perbedaan dalam detail langkah penyusunan strategi diversifikasi seperti rasio yang digunakan dalam proses analisis keuangan dan interpretasi hasil akhir skor tertimbang Matriks IFE-EFE. Laporan magang ini juga membahas refleksi diri penulis selama menjalani magang serta rencana pengembangan diri setelah penulisan. Penulis menemukan bahwa lingkungan kerja yang positif memiliki dampak yang signifikan terhadap kinerja. Meskipun menghadapi tantangan dan keraguan terhadap kemampuan diri, penulis mampu mengatasi hal ini dengan rasa syukur dan kesadaran atas dedikasi dan usaha. Penulis juga mengembangkan strategi untuk mengatasi tekanan pekerjaan yang menumpuk dan tenggat waktu singkat.

This report discusses the evaluation of the revenue diversification strategy procedures on the revenue diversification strategy project conducted by DRA Consulting, a subsidiary of KAP DRA Indonesia that operates in the consulting services sector. KAP DRA Indonesia is a public accounting firm providing audit & assurance, consulting, business & outsourcing services, legal services, and tax services to public, private, state-owned enterprises, and government agencies. In this project, DRA Consulting's task was to calculate the financial feasibility of a project using NPV and IRR parameters, including the creation of financial models and the calculation of discount rates as the basis for financial feasibility calculations. In addition to financial models, drafting revenue diversification strategies also involved financial ratio analysis to assess company performance and PESTLE analysis, Porter Five Forces, and IFE-EFE Matrix. Based on the evaluation results, drafting the diversification strategy was in line with existing theories. However, differences were found in the detailed steps of strategy formulation, such as the ratios used in the financial analysis process and the interpretation of the final weighted scores of the IFE-EFE Matrix. This internship report also discusses the author's self-reflection during the internship and plans for self-development after writing. The author found that a positive work environment has a significant impact on performance. Despite facing challenges and self-doubt, the author was able to overcome them with gratitude and awareness of dedication and effort. The author also developed strategies to cope with piled-up work pressure and tight deadlines."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Fuji Anrina
"Laporan magang ini membahas tentang proses penyusunan SOP keuangan proses expense di PT X yang ditujukan untuk meyesuaikan SOP lama dengan proses bisnis yang baru. Analisis dilakukan atas kesesuaian proses yang dilakukan dengan teori yang ada serta penilaian aspek sistematika SOP PT X mengacu pada beberapa standar. Analisis juga dilakukan atas kecukupan pengendalian internal pada SOP hasil pemutakhiran. Analisis pengendalian internal tersebut dilakukan pada setiap SOP proses expense. Hasil laporan magang menyimpulkan bahwa masih terdapat kekurangan pada proses penyusunan SOP keuangan di PT X. Sementara itu, aspek sistematika dalam SOP keuangan proses expense sudah sesuai dengan standar dan pengendalian internal dalam SOP tersebut sudah cukup memadai.

This internship report discusses about the process of preparing financial standard operating procedures (SOP) expense process on PT X to conform with the new business processes. The analysis was conducted to check the conformity of the preparation process that was performed to the existing theory and also the assessment of systematic aspects of the SOP refers to some standards. The analysis was also carried out on the adequacy of internal control of the updated SOP. Internal controls are analyzed in every SOP of expense process. The result of this internship report concludes that there are some deficiencies in the process of preparing financial SOP on PT X. Meanwhile, the systematics aspects of financial SOP process of expense are already conformed to the standards and internal controls in that SOP are already sufficient."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S44617
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Daniel Hakim
"Laporan Magang ini membahas tentang perubahan dari proses yang dilakukan dalam bagian pengadaan SOP keuangan PT. XYZ disebabkan oleh perubahan struktur organisasi dan ekspansi bisnis yang meningkatkan kompleksitas kegiatan operasional PT. XYZ. Dalam proses update, ada analisis melalui pengendalian internal berbasis COSO guidance dalam sistem internal monitoring, kemungkinan risiko yang bisa timbul, dan prosedur yang dilakukan. Proses update yang dilakukan yaitu dengan melakukan wawancara dan walkthrough pada anggota Person in Charge atau penanggung jawab dari proses yang dioperasikan oleh PT. XYZ dalam beberapa kali dan membuat koreksi SOP keuangan yang ada.
Hasil laporan magang ini menyimpulkan bahwa setelah memperbarui SOP keuangan terhadap proses pengadaan, ada perubahan yang cukup signifikan mengenai proses dioperasikan pada siklus saat ini menuju ke siklus sebelumnya pada proses pengadaan. Sebagian besar perubahan dalam sub proses SOP Procurement adalah dalam kegiatan, diagram alur, dokumen, dan juga mengubah nama judul penanggung jawab. Beberapa SOP juga terjadi perubahan dalam instruksi kerja. Mengenai Format SOP yang digunakan oleh PT. XYZ, telah sesuai dengan format yang umum digunakan oleh perusahaan, dan terlebih lagi sudah menjelaskan poin-poin penting yang perlu ditekankan dalam SOP, sehingga tidak akan menimbulkan kebingungan dalam proses ketika dieksekusi. Selain itu, SOP keuangan yang dimiliki oleh PT. XYZ juga masih perlu perbaikan juga.

This Internship Report discusses about the change of processes performed in financial SOP procurement section of PT. XYZ caused by the change of organization structure and business expansion that enhances the complexity of operational activites of PT. XYZ. In updating process, there is analysis through the internal control based on COSO guidance on monitoring internal systems, the possibility of the risks that could be arising, and the procedures done. The updating process performed by doing interview and walkthrough the Person In Charge members from the processes operated by PT. XYZ in recent times and make correction of the existing financial SOP.
The result of this internship report concludes that after updating the financial SOP towards procurement process, there is a quite significant changes regarding the processes operated on this current cycle towards to previous cycle on procurement process. Most of the sub processes in Procurement SOP changes in activities, flowcharts, documents, and also changes the title name of person in charge. Some SOP also occured changes in work instructions. Regarding SOP format used by PT. XYZ, it has been in accordance with the general format used by the company, and moreover already explained the key points that need to be emphasized in the SOP, so it will not lead to confusion in the process when it is executed. In addition, financial SOP owned by PT. XYZ is also still need of improvement too.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
S57666
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Febrianto
"Laporan magang ini membahas proses pemutakhiran SOP proses revenue, subproses prepaid dan penerimaan kas atau bank yang dapat meningkatkan internal kontrol dari penerimaan kas atau bank dari PT.EFG. PT.EFG bergerak dalam telekomunikasi di Indonesia. Dalam laporan magang ini juga membahas analisis pengendalian umum dan aplikasi atas proses penerimaan kas dari PT.EFG.
Kesimpulan pada laporan magang ini adalah praktek dalam pengendalian internal PT.EFG atas proses revenue subproses penjualan prepaid sudah sangat baik dan tidak terdapat risikoyang besar yang mungkin diterima PT.EFG.
Laporan magang ini menyarankan ketelitian dan analisis yang lebih mendalam untuk diperhatikan pada pihak yang terkait pada proses penyusunan SOP dan implementasi SOP yang sudah dibuat untuk meningkatkan kualitas pengendalian yang lebih baik.

This Internship report is to discusses the process updating SOP that affected the internal controls of the revenue process, prepaid subprocesses in cash receipts or bank PT.EFG engaged in telecommunications in Indonesia. In this report is also described the analysis of general and application controls over the cash receipts from PT.EFG.
The conclusion is the practice internship in internal controls over the revenue subprocesses PT.EFG prepaid sales have been very good and there is no major risk that might receive PT.EFG.
The report suggests rigor and analytical depth to be considered at the relevant parties in the process of formulation and implementation of SOP and that has been improving to be the best quality control.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S54700
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Cut Miranda Ayu Fitria
"

PT Asta Kriya merupakan salah satu UMKM di Indonesia yang memproduksi lebih dari 200 jenis suvenir dan kerajinan tangan khas Indonesia. PT Asta Kriya memiliki omzet senilai 1.4 miliar per tahun dan menjalankan bisnisnya dengan bermitra dengan beberapa pengrajin pilihan dari berbagai kota seperti Solo, Jogjakarta, Bandung, dan Surabaya. Berdasarkan pengumpulan data oleh peneliti secara kualitatif (in depth interview), observasi, dan analisis data kuantitatif, peneliti menemukan kendala utama yang dihadapi oleh PT Asta Kriya, yaitu terkendalanya pengelolaan persediaan dan kunjungan penjualan yang tidak efektif. Penelitian business coaching ini bertujuan untuk menyelesaikan permasalahan pemasaran melalui pengelolaan overstock dan pembuatan standard operating procedure (SOP) dalam kegiatan kunjungan perusahaan. Melalui kegiatan business coaching ini diperoleh hasil bahwa pengelolaan overstock yang dilakukan secara cepat dan tepat media mampu meminimalisir jumlahnya pada perusahaan, pelaksanaan retention program dapat membantu meningkatkan penjualan terhadap perusahaan, serta penggunaan SOP dapat memberikan arahan bagi divisi pemasaran untuk melakukan direct selling. Untuk kedepannya, penulisan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi di bidang ilmu pengetahuan terkait dengan manajemen persediaan, overstock, dan pemasaran direct selling


PT Asta Kriya is one of the MSMEs in Indonesia that produces more than 200 types of Indonesian souvenirs and handicrafts. PT Asta Kriya has a turnover of 1.4 billion anually and runs its business by partnering with selected craftsmen from various cities such as Solo, Jogjakarta, Bandung and Surabaya. Based on data collection by researchers qualitatively (in depth interview), observation, and quantitative data analysis, researchers found the main obstacles that being faced by PT Asta Kriya, There are constrained inventory management and ineffective sales visits. This business coaching study aims to solve marketing problems through overstock management and making standard operating procedure (SOP) in company visits. Through this business coaching activity, results were obtained that overstock management that being carried out quickly and using correct media was able to minimize the amount to the company, the implementation of the retention program could help increase sales to the company, and the use of SOP’s could provide direction for the marketing division to direct selling. In the future, this writing is expected to contribute in the field of science related to inventory management, overstock, and direct selling marketing.

"
2019
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Aloysius Aryayuda Kendratama
"Laporan ini membahas prosedur penyusunan Risk Based SOP yang dilakukan oleh Kantor Akuntan Publik Ernst Young EY Indonesia terhadap PT X, khususnya untuk proses bisnis pengadaan barang/jasa. Laporan ini juga menganalisis tahapan proses pembuatan Risk Based SOP yang dimulai dari pemetaan proses bisnis, hingga implementasi Risk Control Matrix RCM ke dalam SOP PT X dengan membandingkan terhadap teori yang sudah ada.

This report discusses the procedure of preparing Risk Based SOP conducted by Public Accounting Firm Ernst Young EY Indonesia to PT X, especially for business process of procurement of goods services. This report also analyzes the stages of Risk Based SOP making process starting from business process mapping, to implementation of Risk Control Matrix RCM into SOP PT X by comparing to existing theory."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Dita Shafira Apriyani
"Dokumen yang dikelola oleh masing-masing instansi atau perusahaan mempunyai peranan yang sangat penting terutama dokumen Standar Operasional Prosedur (SOP). Standar operasional prosedur (SOP) adalah pedoman atau acuan untuk melaksanakan tugas dan pekerjaan sesuai dengan fungsi dari pekerjaan tersebut. Dengan adanya SOP semua kegiatan di suatu perusahaan dapat terancang dengan baik. Standar Operasional Prosedur (SOP) yang dipetakan dalam pengamatan ini, bertujuan menjadi panduan tim Document Control untuk melakukan kegiatan distribusi dokumen SOP ke masing-masing departemen. Pengamatan dilakukan dengan mencocokkan dokumen yang ada di lapangan dengan master list SOP. Dokumen yang dicek meliputi nomor dokumen, nama dokumen, dan nomor revisi. Dilakukan pengamatan dicek masa berlaku dokumen dengan melihat nomor revisi yang ada di lapangan dengan nomor revisi yang terdapat di acuan master list SOP, apabila ada dokumen yang masih mempunyai nomor revisi lama, dilakukan penarikan dokumen SOP tersebut lalu dibuat dokumen dengan nomor revisi terbaru. Berdasarkan hasil observasi, dokumen yang tersedia di lapangan pada seluruh departemen PT. Kalbio Global Medika sudah mempunyai dokumen dengan revisi terbaru atau sudah sesuai dengan master list.

Documents managed by each agency or company have a significant role, especially the Standard Operating Procedure (SOP) document. Standard operating procedures (SOP) are guidelines or references for carrying out tasks and jobs according to the function of the job. With the existence of SOP, all activities in a company can be well designed. The Standard Operating Procedure (SOP) in this observation aims to guide the Document Control team in distributing SOP documents to each department. Observations were made by matching the existing documents in the field with the SOP master list. Documents checked include document number, document name, and revision number. Observations were made to check the document's validity period by looking at the revision number in the field with the revision number contained in the SOP master list reference. If a document still has the old revision number, the SOP document is withdrawn, and a document with the latest revision number is created. Based on the results of observations, the documents are available in the field in all departments of PT. Kalbio Global Medika already has documents with the latest revisions or in accordance with the master list."
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2022
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Risa Rahmayati
"Berdasarkan Cara Distribusi Obat yang Baik, fasilitas distribusi harus memastikan bahwa obat hanya disalurkan kepada pihak yang berhak atau berwenang untuk menyerahkan obat ke masyarakat. Pihak-pihak tersebut merupakan pihak yang berwenang dalam menyelenggarakan pelayanan kefarmasian atau memberikan obat seperti apotek, rumah sakit, klinik, puskesmas, toko obat, maupun toko non obat (BPOM RI, 2020). Cara yang dapat dilakukan fasilitas distribusi untuk memastikan obat hanya disalurkan obat kepada pihak yang berwenang adalah dengan melakukan kualifikasi pelanggan baru atau rekualifikasi pelanggan lama secara berkala. Kualifikasi pelanggan dilakukan oleh fasilitas ditribusi sejak proses pendaftaran pelanggan baru sehingga dapat dipastikan obat hanya disalurkan kepada pihak yang berhak dan berwenang untuk menyerahkan obat kepada masyarakat (BPOM RI, 2020). Pada tugas khusus ini, dilakukan evaluasi kesesuaian implementasi SOP Kualifikasi Pelanggan di PT KFTD Cabang Jakarta 3 terhadap kelengkapan berkas kualifikasi pelanggan baru dari Apotek AA. Berdasarkan data yang didapatkan, PT KFTD Cabang Jakarta 3 telah melaksanakan kualifikasi pelanggan terhadap pelanggan baru yaitu Apotek AA. Akan tetapi, berkas kualifikasi pelanggan yang diberikan oleh Apotek AA, belum melengkapi denah lokasi, sehingga Apotek AA perlu untuk melengkapi berkas tersebut.

Based on CDOB, distribution facilities must ensure that drugs are only distributed to those who are authorized to deliver drugs to the community. These parties are authorized parties in organizing pharmaceutical services or providing drugs such as pharmacies, hospitals, clinics, puskesmas, drug stores, and non-drug stores (BPOM RI, 2020). The way that distribution facilities can ensure that drugs are only distributed to the authorities is to qualify new customers or requalify old customers periodically. Customer qualification is carried out by the distribution facility since the new customer registration process so that it can be ensured that drugs are only distributed to parties who are entitled and authorized to hand over drugs to the public (BPOM RI, 2020). In this report, an evaluation of the suitability of the implementation of the Customer Qualification SOP at PT KFTD Cabang Jakarta 3 was carried out on the completeness of the new customer qualification file from Apotek AA. Based on the data obtained, PT KFTD Cabang Jakarta 3 has carried out customer qualifications for new customers, namely AA Pharmacy. However, the customer qualification file provided by AA Pharmacy, has not completed the site plan, so AA Pharmacy needs to complete the file."
Depok: Fakultas Farmasi Universitas ndonesia, 2023
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>