Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 141908 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Isna Mutiara Salsabila
"Munculnya pandemi COVID-19 menyebabkan masyarakat kesulitan dalam mengakses pelayanan kesehatan. Berdasarkan statistik JKN, kunjungan FKTP tahun 2019 mencapai 337,69 juta kemudian menurun menjadi hanya 193,03 juta kunjungan pada Agustus 2021. Telekonsultasi, salah satu jenis telemedicine, dikatakan dapat menjadi solusi yang tepat agar masyarakat tetap dapat mengakses pelayanan kesehatan yang dibutuhkan sekaligus menjaga diri dari penularan COVID-19. Terdapat peningkatan penggunaan beberapa aplikasi telekonsultasi di Indonesia saat pandemi, dari 4 juta menjadi lebih dari 15 juta orang. Tetapi, angka ini hanya 7,63% dari penduduk pengguna internet di Indonesia dan 5,6% dari total populasi Indonesia. Karena itu, peningkatan akses pelayanan kesehatan melalui telemedicine masih terbilang sulit untuk dicapai. Penelitian di Indonesia yang menganalisis penyebab masyarakat masih belum ingin menggunakan telekonsultasi dan hal apa yang berhubungan dengan intensi mereka untuk menggunakan telekonsultasi pun masih sedikit. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran serta faktor-faktor yang berhubungan dengan intention-to-use layanan telekonsultasi di masa pandemi COVID-19 pada penduduk Jabodetabek usia 19-49 tahun. Kriteria tersebut dipilih berdasarkan pertimbangan jumlah kasus COVID-19, tingkat mobilitas, keluhan kesehatan dan kebutuhan akan pelayanan kesehatan, serta tingkat penggunaan internet. Penelitian kuantitatif ini menggunakan desain cross-sectional dan metode analisis data PLS-SEM. Pengambilan data dilakukan pada Januari 2022 dengan sampel sejumlah 222 responden. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan signifikan antara pengaruh sosial, perceived usefulness, trust in provider, dan trust in internet terhadap intention-to-use layanan telekonsultasi. Intention-to-use juga terbukti berhubungan signifikan dengan penggunaan sesungguhnya dari layanan telekonsultasi. Selain itu, ditemukan pula hubungan signifikan antara perceived need dengan trust in provider, serta perceived health risk dan perceived ease of use terhadap  perceived usefulness. Untuk itu, penyedia layanan perlu memastikan bahwa dokter yang mengelola telekonsultasi kredibel, mampu mendiagnosis dengan baik, dan dapat menjalankan service excellence berbasis teknologi. Sistem keamanan aplikasi penunjang juga harus ditingkatkan agar tidak terjadi pencurian data. Pemerintah pun perlu mempromosikan penggunaan telekonsultasi ke masyarakat terutama pada masa pandemi, menegakkan larangan penyebarluasan data pribadi pasien, serta meningkatkan digitalisasi fasyankes dan mengintegrasikannya agar tercapai cakupan pelayanan kesehatan yang luas dan merata, baik daring atau pun luring.

The emergence of the COVID-19 pandemic has made it difficult for people to carry out their activities, even to access health services. According to JKN statistics, FKTP visits in 2019 reached 337.69 million, then decreased to only 193.03 million visits in August 2021. Teleconsultation, a type of telemedicine, could be the right solution so that people can still access the health services they need and protect themselves from the spread of COVID-19. There was an increase in the use of several teleconsultation applications in Indonesia during the pandemic, from 4 million to more than 15 million people. However, this rate is only 7.63% of the internet users population in Indonesia and 5.6% of the total population of Indonesia. This issue makes increasing access to health services through telemedicine is still challenging to achieve. There is still limited research in Indonesia that analyzes why people still do not want to use teleconsultation and what is related to their intentions to use it. Therefore, this study aims to determine the description and factors related to the intention to use health teleconsultation services during the COVID-19 pandemic among Jabodetabek residents aged 19-49. These criteria were chosen based on consideration of COVID-19 cases, mobility level, health problems and the need for health services, and internet use. This quantitative study used a cross-sectional design and PLS-SEM data analysis method. Data collection was carried out in January 2022 with 222 samples. The results showed a significant relationship between social influence, perceived usefulness, trust in providers, and trust in the internet on the intention to use teleconsultation services. Intention-to-use was also significantly related to the use of teleconsultation services. In addition, a significant relationship was found between perceived need with trust in the provider, and perceived health risk and perceived ease of use with perceived usefulness. Therefore, providers need to ensure physicians who manage teleconsultation are credible, able to diagnose correctly, and skillful in carrying out technology-based service excellence. Supporting application security systems must also be improved to prevent cyber crimes such as data theft. The government must continue promoting teleconsultation to the public, especially during the pandemic, enforce the prohibition on the dissemination of patients’ data, and increase the digitization of health facilities, and integrate them to achieve more coverage and equal health services both online and offline."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Shinta Fauziah
"Terjadinya peningkatan pengguna aplikasi seluler mendorong peluang untuk mempermudah konsultasi kesehatan melalui telemedicine di era pandemi COVID-19. Di Indonesia sendiri terjadi peningkatan penggunaan telemedicine selama pandemi COVID19. Namun, setelah pandemi COVID-19, masyarakat cenderung akan berkonsultasi secara offline kembali karena ketika berkonsultasi pada telemedicine masyarakat akan merasa beresiko karena tidak dapat bertemu dokter secara langsung dan layanan online seringkali menimbulkan isu-isu privasi. Rasa ketidakpastian dan beresiko dapat dikurangi dengan membangun kepercayaan masyarakat melalui proses trust transfer. Oleh karena itu, penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat memengaruhi trust transfer agar masyarakat tetap berlanjut menggunakan layanan konsultasi telemedicine walaupun pandemi COVID-19 telah berakhir. Kemudian dilakukan penyebaran survei kepada masyarakat Indonesia yang sedang atau pernah berkonsultasi menggunakan aplikasi telemedicine dan mendapatkan 457 responden valid. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan analisis PLS-SEM dengan bantuan program SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa trust in doctor dipengaruhi oleh perceived reputation, telemedicine quality, dan familiarity. Kemudian trust in telemedicine dipengaruhi oleh disposition to trust dan telemedicine quality. Sedangkan trust in technology dipengaruhi oleh perceived reputation, telemedicine quality, dan familiarity. Selanjutnya trust in doctor dan trust in technology berpengaruh secara positif terhadap trust in telemedicine services namun tidak berpengaruh secara langsung terhadap continuance intention. Selain itu, satisfaction dan perceived usefulness berpengaruh positif secara langsung terhadap continuance intention.

The increase in mobile application users encourages opportunities to facilitate health consultations through telemedicine in the era of the COVID-19 pandemic. In Indonesia, there has been an increase in the use of telemedicine during the COVID-19 pandemic. However, after the COVID-19 pandemic, people tend to consult offline again because when consulting on telemedicine, people will feel risky because they cannot meet doctors in person and online services often cause privacy issues. The sense of uncertainty and risk can be reduced by building public trust through the trust transfer process. Therefore, this study aims to determine the factors that can affect trust transfer so that people continue to use telemedicine consulting services even though the COVID-19 pandemic has ended. Then the survey was distributed to the Indonesian people who were or have been consulted using the telemedicine application and got 457 valid respondents. This research is quantitative research using PLS-SEM analysis with the help of the SmartPLS program. The results showed that trust in doctor was influenced by perceived reputation, telemedicine quality, and familiarity. Then trust in telemedicine is influenced by disposition to trust and telemedicine quality. Meanwhile, trust in technology is influenced by perceived reputation, telemedicine quality, and familiarity. Furthermore, trust in doctor and trust in technology have a positive effect on trust in telemedicine services but do not directly affect continuance intention. In addition, satisfaction and perceived usefulness have a direct positive effect on continuance intention."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Amita Rahma Shintyar
"Stres kerja adalah kondisi yang menyebabkan karyawan merasa tertekan, bosan, dan tidak nyaman dalam melakukan pekerjaannya. Sekitar 50-60% dari hari kerja yang hilang disebabkan oleh stres kerja dan jumlah ini cenderung meningkat di Eropa. Semenjak merebaknya COVID-19, seluruh negara di dunia mulai memberlakukan Work from Home (WFH) atau bekerja dari rumah. Oleh karena situasi yang mendesak, WFH dapat berpotensi menjadi stressor bagi pekerja. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat stres kerja dan hubungan antara karakteristik pekerja serta penerapan WFH pada pekerja PT LTI yang bekerja dari rumah selama masa pandemic COVID-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan cross sectional dengan menggunakan kuesioner stres kerja NIOSH Generic Job Stres Questionnaire dan kuesioner pelaksanaan WFH dari ILO yang didistribusikan secara daring kepada 62 responden. Sebanyak 66,1% responden mengalami stres kerja ringan. Variabel karakteristik pekerja yang terbukti signifikan memiliki hubungan dengan stres kerja pada penelitian ini adalah jumlah anak, usia anak dan lokasi kerja. Pada variabel penerapan WFH variabel yang terbukti signifikan memiliki hubungan dengan stres kerja adalah kesejahteraan dan produktivitas pekerja yaitu pada elemen pertanyaan: digitalisasi dan implikasi hukum serta kontrak kerja. Hambatan dalam bekerja memiliki hubungan yang signifikan sedangkan variabel kepercayaan dan budaya organisasi tidak memilki hubungan yang signifikan dengan stres kerja.

Job stress is a condition that causes employees to feel pressured, bored, and uncomfortable when doing work. About 50-60% of all lost workdays are caused by work stress and this number is increased in Europe. Since the outbreak of COVID-19, all countries in the world have started implementing WFH (work from home). Due to the urgency of the situation, WFH can potentially be a stressor for workers. This study aims to analyze the level of work stress and the relationship between worker characteristics and the application of WFH to PT LTI Work From Home Worker’s during pandemic COVID-19. This study used a cross sectional approach using the NIOSH Generic Job Stress Questionnaire and the ILO's WFH implementation questionnaire distributed using G-form to 62 respondents. As many as 66,1% of respondents experienced mild work stress. Variables of worker characteristics that were shown to have a significant relationships with work stress in this study were the number of children, children's age and work location. Meanwhile, in the variable of WFH implementation that were shown to have a significant relationship with work stress are the well-being and productivity of workers, on the question elements: digitalization, legal and contractual implications. The work obstacles have a significant relationship, while trust and organizational culture don’t have a significant relationship with work stress."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2021
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Denti Vadalika Puteri
"Stres kerja merupakan keadaan dimana terjadi ketidakseimbangan antara tuntutan pekerjaan dengan kemampuan seseorang untuk mengelola tuntutan tersebut sehingga menimbulkan berbagai dampak negatif. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan faktor – faktor yang berhubungan dengan stres kerja pada guru SMA Negeri di Jakarta Pusat saat masa pandemi COVID-19. Adapun faktor – faktor yang diteliti meliputi faktor karakteristik individu (jenis kelamin, usia, status pernikahan, masa kerja, tingkat pendidikan, tipe kepribadian, jumlah anak) dan faktor psikososial (beban kerja, jadwal kerja, dukungan sosial, kontrol pekerjaan, ambiguitas peran, konflik peran, home-work interface). Penelitian ini menggunakan desain penelitian cross sectional dan pengambilan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner online. Dari 113 orang guru yang berpartisipasi dalam penelitian ini, didapatkan 47,8% guru mengalami stres kerja. Selain itu, terdapat hubungan antara status pernikahan (P value = 0,037), jumlah anak (P value = 0,016), ambiguitas peran (P value = 0,015), dan home-work interface (P value = 0,048) dengan stres kerja.

Occupational stress is a situation where there is an imbalance between job demands and workers ability to manage those demands, then it can causing various negative impacts. The aim of this study is to explain factors related to work stress among public high school teachers in Jakarta Pusat during COVID-19 pandemic. Observed factors are individual characteristics (sex, age, marriage status, work period, education level, personality type, number of children) and psychosocial factors (workload, work schedule, social support, control over work, role ambiguity, role conflict, home-work interface). This study design is cross sectional and data collection was carried out by distributing online questionnaires. From 113 teachers participated in this study, it was found that 47,8% of teachers experience occupational stress. Moreover, the result also found a relationship between marriage status (P value = 0,037) and work stress, number of children (P value = 0,016) and work stress, role ambiguity (P value = 0,015) and work stres, home-work interface ( P value = 0,048) and work stress."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Avissa Nur Sakina
"Preferensi terhadap minuman berpemanis di Indonesia saat ini masih tergolong tinggi. Dewasa muda merupakan salah satu usia yang rentan untuk mengembangkan preferensi minuman berpemanis, tetapi masih sedikit penelitian terkait populasi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran preferensi minuman sebelum pandemi COVID-19 dan faktor apa saja yang dapat memengaruhi preferensi minuman pada mahasiswa S1 Reguler Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, Angkatan 2017. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan studi potong lintang dan metode purposive sampling. Pengambilan data dilakukan pada bulan Juni 2021 kepada 107 mahasiswa melalui pengisian kuesioner pengisian mandiri secara daring. Hasil penelitian menunjukkan sebanyak 52.3% responden memiliki preferensi terhadap minuman berpemanis dan sisanya memiliki preferensi terhadap minuman tidak manis (47.7%). Analisis bivariat juga menujukkan terdapat hubungan antara pengaruh atribut sensoris minuman (p value = 0.003) dan paparan iklan oleh tokoh media massa (p value = 0.040) dengan preferensi minuman berpemanis. Penelitian ini menyarankan untuk memperbanyak informasi kesehatan terkait minuman berpemanis kepada masyarakat, penggencaran penjualan minuman tidak manis yang sehat, dan juga penggunaan media sosial untuk menarik kelompok dewasa muda.

The preference of sugar-sweetened beverages is relatively high in Indonesia. Young adults are one of the highly susceptible age to develop the SSBs preference, but little is known about the research of their population. This study aims to examined the overview of beverage preferences before COVID-19 pandemic and factors that might affect the beverage preferences on 2017 batch, bachelor students of Faculty of Economic and Business Universitas Indonesia. This study is a quantitative research with a cross-sectional design and uses purposive sampling methods. Data collection was conducted on June 2021 with a total of 107 respondents using an online self-administered questionnaire. The results showed that 52.3% respondent had a high level of preference towards sugar-sweetened beverages, and the remaining of respondents had a preference for unsweetened beverages (47.7%). Bivariate analysis also showed significant results between the influence of sensory attribute of beverages (p value = 0.003) and exposure to advertisements by social media figures (p value = 0.040) with the preference of sugar-sweetened beverages. This study suggests to various parties to increase health-information especially related to sugar sweetened beverages to the public, intensify sales of unsweetened healthy beverages, and also consider the use of social media to attract young adults.

 

 

Key words:

beverage preferences, sugar-sweetened beverages, young adults, sensory attributes, social media."

Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sutrani Rachmawati
"Pandemi Covid-19 menjadi situasi yang menantang bagi tenaga kesehatan karena menempatkan mereka sebagai populasi berisiko tinggi untuk terinfeksi dan mendapatkan permasalahan terkait kondisi kerja yang berpengaruh terhadap tingkat distres. Tujuan penelitian ini ingin menganalisis faktor-faktor yang berhubungan dengan tingkat distres pada tenaga kesehatan di Kabupaten Pandeglang selama pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan desain studi cross-sectional yang dilakukan pada Oktober-Desember 2021 secara daring. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh tenaga kesehatan di Kabupaten Pandeglang yang bekerja di Rumah Sakit, Puskesmas dan Klinik. Distres diukur menggunakan Pandemic-Related Perceived Stress Scale of COVID-19 (PSS-10-C). Data dianalisis menggunakan Chi-squere dan regresi logistik ganda. Tenaga kesehatan memiliki tingkat distres rendah (30,49%) dan sedang (69,51%). Analisis regresi logistik ganda menunjukan bahwa faktor dominan yang berhubungan dengan tingkat distres yaitu ketersediaan APD dan dukungan rekan kerja. Tenaga kesehatan di Kabupaten Pandelang mengalami tingkat distres rendah dan sedang selama pandemi Covid-19. Pasokan APD yang memadai dan pembagian tugas yang jelas antar rekan kerja dibutuhkan untuk mencegah meningkatnya tingkat distres pada tenaga kesehatan selama pandemi Covid-19.

The Covid-19 pandemic has become a challenging situation for health workers because it places them as a population at high risk for infection and getting problems related to working conditions that affect the level of distress. This study aims to analyze the factors associated with the level of distress among health workers in Pandeglang during the Covid-19 pandemic. This study uses a cross-sectional study design that was conducted in October-December 2021. The population in this study were all health workers in Pandeglang who worked in hospitals, public health centers, and clinics. The distress level is measured using the Pandemic-Related Perceived Stress Scale of COVID-19 (PSS-10-C). Data are analyzed using Chi-square and multiple logistic regression. Health workers have low (30.49%) and moderate (69.51%) levels of distress. Multiple logistic regression analysis showed that the dominant factors associated with the level of distress are the availability of PPE and the support of colleagues. Health workers in Pandelang experienced low and moderate levels of distress during the Covid-19 pandemic. An adequate supply of PPE and a clear division of tasks among co-workers are needed to prevent an increase in the level of distress for health workers during the Covid-19 pandemic."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aswar Makruf
"Aktivitas lari telah menjadi salah satu olahraga rekreasi paling populer di seluruh dunia. Selama pandemi COVID-19, aktivitas ini kerap dilakukan di luar ruangan secara berkelompok dengan tidak memakai masker. Terdapat risiko penularan yang tinggi pada kegiatan ini karena COVID-19 tidak hanya menular dari seseorang yang bergejala, namun juga dapat menular pada fase presimptomatik dan bahkan pada kasus asimptomatik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang berhubungan dengan infeksi saluran pernafasan (infeksi COVID-19) pada pelari rekreasional selama pandemic COVID-19. Penelitian dilakukan dengan metode kuantitatif. Sebanyak 545 pelari rekreasional berpartisipasi dalam penelitian dengan mengisi kuesioner berbasis website secara online. Berdasarkan hasil penelitian, diduga 30,28% pelari rekreasional menderita infeksi saluran pernafasan (infeksi COVID-19) dan 15,41% menunjukkan hasil skrining COVID-19 yang positif. Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa indeks massa tubuh, knowledge, perceived behavioral control dan perceived effectiveness merupakan variabel yang dominan berhubungan dengan infeksi saluran pernafasan (infeksi COVID-19) pada pelari rekreasional di Indonesia. Upaya intervensi atau program promosi yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman pelari sekaligus meningkatkan persepsi positif akan kemampuan diri dalam mengontrol perilaku hidup sehat serta keyakinan atas efektivitas program kesehatan, perlu dilakukan untuk mengurangi risiko infeksi virus dan bakteri pada aktivitas berlari di luar ruangan. Selain itu, perhatian khusus pada pelari dengan indeks massa tubuh yang tidak normal agar lebih memperhatikan upaya penanggulangan infeksi saat berolahraga di luar ruangan.

Running has become one of the most popular recreational sports worldwide. During the COVID-19 pandemic, this activity is often carried out outdoors in groups without wearing a mask. There is a high risk of transmission in this activity because COVID-19 is not only transmitted from someone who is symptomatic, but can also be transmitted in the presymptomatic phase and even in asymptomatic cases. This study aims to analyze the factors associated with respiratory tract infections (COVID-19 infection) in recreational runners during the COVID-19 pandemic. The research was conducted using quantitative methods. A total of 545 recreational runners participated in the study by filling out a website-based online questionnaire. The results showed that 30.28% of recreational runners suffered from respiratory tract infections (COVID-19 infection) and 15.41% got positive COVID-19 screening results. The results of statistical analysis show that body mass index, knowledge, perceived behavioral control and perceived effectiveness are the dominant variables associated with respiratory tract infections (COVID-19 infection) in recreational runners in Indonesia. Intervention efforts or promotional programs that aim to increase knowledge and understanding of runners while at the same time increasing positive perceptions of their ability to control healthy living behavior and confidence in the effectiveness of health programs, need to be carried out to reduce the risk of viral and bacterial infections in outdoor running activities. In addition, special attention to runners with abnormal body mass index to pay more attention to infection control efforts when exercising outdoors.
"
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Benedicta Cindy Delphinia
"Pandemi COVID-19 merupakan masa-masa stress bagi masyarakat, kecemasan dan rasa takut akan adanya penyakit baru menimbulkan stigma sosial. Stigma sosial dapat berdampak buruk bagi penanganan dan pengendalian wabah. Mahasiswa memiliki peran sebagai pembawa dan pelaku perubahan serta contoh nyata. Salah satu bentuk nyata dapat diwujudkan melalui upaya pencegahan dan mengatasi stigma sosial COVID-19 di masyarakat.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui stigma sosial COVID-19 di kalangan mahasiswa Universitas Indonesia dan faktor yang berpotensi menyebabkan stigma sosial COVID-19 tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi potong lintang. Populasi penelitian ini merupakan seluruh mahasiswa jenjang studi strata 1 (S1) dengan sampel sebanyak 373 responden. Data dikumpulkan melalui kuesioner daring yang diisi mandiri oleh responden. Analisis yang dilakukan meliputi analisis univariat dan bivariat menggunakan uji chi square. Hasil penelitian menunjukkan sebanyak 31,1% responden masih memiliki stigma sosial. Analisis bivariat yang dilakukan menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan secara statistik antara variabel jenis kelamin, pengetahuan dan keterpaparan informasi dengan stigma sosial COVID-19. Meskipun secara statistik tidak terdapat hubungan yang signifikan namun ditemukan kecenderungan pada variabel asal fakultas non-kesehatan, sikap, peran tokoh masyarakat, dan peran petugas kesehatan.

The COVID-19 pandemic is a stressful time for the community, anxiety and fear of a new disease causing social stigma. Social stigma can have a negative impact on the handling and control of the outbreaks. Students have a role as agents of change as well as the real examples in society. One of the real action of this role can be realized through the efforts to prevent and overcome the social stigma of COVID-19 in society.This study aims to determine the social stigma of COVID-19 among University of Indonesia students and the factors that potentially causing the social stigma of COVID-19. The method used in this research is descriptive analysis with a cross-sectional study design. The population of this study were all undergraduate students (S1) and minimum sample of 373 respondents was obtained. Data were collected through online questionnaires and filled out independently by respondents. The analysis carried out includes univariate and bivariate analysis using the chi square test.The results showed that 31.1% of respondents still had COVID-19 social stigma. The bivariate analysis conducted showed that there was no statistically significant relationship between the variables of gender, knowledge and information exposure with the social stigma of COVID-19. Although there is no statistically significant relationship, a trend was found in the non-health faculty origin variables, attitudes, the role of community leaders, and the role of health workers."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Shanti Lestari
"Telekonsultasi FKTP adalah salah satu kebijakan yang dikeluarkan BPJS Kesehatan dalam bentuk Surat Edaran dan Peraturan Direksi. Defenisi yang digunakan Peneliti dalam Telekonsultasi ini adalah Pelayanan Kontak Tidak Langsung yang merupakan pemberian pelayanan kesehatan melalui sistem informasi yang digunakan oleh FKTP dan Peserta sebagai sarana komunikasi, atau melalui sistem informasi yang disediakan oleh BPJS Kesehatan, sebagai sarana komunikasi/konsultasi secara 2 arah. Terkait obat yang diatur khusus hanya untuk obat PRB, sedangkan untuk obat non PRB, sesuai ketentuan masuk dalam komponen Kapitasi yang dibayarkan ke FKTP dan obat pasien isoman COVID-19 sesuai yang diatur Kemenkes/Dinas Kesehatan setempat. Kebijakan ini mulai dilaksanakan sejak April 2020 dan hingga Agustus 2021, pencapaian secara Nasional masih belum optimal, hanya beberapa kabupaten/kota yang menunjukkan pencapaian lebih baik dibandingkan yang lain nya, salah satu nya adalah pencapaian tertinggi di FKTP Kota Malang, baik persentase FKTP yang mengImplementasikan nya maupun persentase dan nominal pasien yang telah memanfaatkan Telekonsultasi dari FKTP terdaftar nya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Implementasi kebijakan Telekonsultasi FKTP dalam mencegah penyebaran COVID-19 tanpa pasien kehilangan hak nya untuk dapat akses ke layanan kesehatan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dilakukan selama bulan Oktober 2021 sampai dengan bulan Desember 2021 di FKTP Kota Malang, BPJS Kesehatan Cabang Malang dan Kantor Pusat. Teknik pengumpulan data melalui FGD dan Wawancara Mendalam kepada Informan utama dan telaah dokumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan model Implementasi Kebijakan Van Meter dan Van Horn. Hasil penelitian di bulan November 2021 diperoleh bahwa capaian Angka Kontak KBK baru tercapai 135/mill dari target minimal 150/mill, Angka Kontak Tidak Langsung untuk indikator kepatuhan faskes pada kualitas mutu baru tercapai dengan bobot 15% dari target 20%, 100% FKTP Kota Malang telah Implementasi Telekonsultasi, dan pemanfaatan oleh pasien perlahan meningkat sampai dengan 33.66% serta terjadi trend peningkatan FKTP kerjasama. Pada penelitian ini, Peneliti menyarankan untuk pelatihan petugas FKTP dilakukan secara periodik dan berkesinambungan, dimulai dengan melakukan Telekonsultasi pada Peserta Prolanis, supervisi langsung dijadikan kegiatan rutin dan dukungan politik melalui Dinas Kesehatan kepada Pemerintah Kota Malang untuk dapat memperbanyak hotspot-hotspot gratis yang dapat diakses oleh warga, sehingga masyarakat dapat lebih optimal memanfaatkan pelayanan Telekonsultasi.

Teleconsultation FKTP is one of the policies issued by BPJS Health in the form of Circulars and Directors' Regulations. The definition used by the researcher in this teleconsultation is the Indirect Contact Service, which is the provision of health services through the information system used by the FKTP and Participants as a means of communication, or through the information system provided by BPJS Kesehatan, as a means of two-way communication/consultation. Regarding drugs that are specifically regulated only for DRR drugs, while for non-DRR drugs, according to the provisions, they are included in the Capitation component paid to FKTP and drugs for COVID-19 isoman patients as regulated by the Ministry of Health / local Health Office. This policy has been implemented since April 2020 and until August 2021, national achievements are still not optimal, only a few districts/cities show better achievements than others, one of which is the highest achievement in Malang City FKTP, both the percentage of FKTP implementing as well as the percentage and nominal of patients who have used teleconsultation from their registered FKTP. This study aims to analyze the implementation of the FKTP teleconsultation policy in preventing the spread of COVID19 without patients losing their right to access health services. This study uses a qualitative method, conducted during October 2021 to December 2021 at FKTP Malang City, BPJS Kesehatan Malang Branch and Head Office. Data collection techniques through FGD and in-depth interviews with key informants and document review. This research uses the Van Meter and Van Horn Policy Implementation model approach. The results of the research in November 2021 showed that the achievement of the KBK Contact Number had only been achieved at 135/mill from the minimum target of 150/mill, the Indirect Contact Number for the health facility compliance indicator on quality had only been achieved with a weight of 15% of the 20% target, 100% of City FKTP Malang has implemented teleconsultation, and patient utilization is slowly increasing up to 33.66% and there is an increasing trend of collaborative FKTP. In this study, the researcher suggests that the training of FKTP officers be carried out periodically and continuously, starting with teleconsultation to Prolanis participants, direct supervision as a routine activity and political support through the Health Office to the Malang City Government to be able to increase free hotspots that can be accessed by the public. residents, so that the community can more optimally take advantage of teleconsultation services."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Faqih Hartono
"PT X Unit Citeureup merupakan pabrik industri manufaktur semen terbesar di dunia. Proses industri di dalamnya melibatkan berbagai proses, bahan, serta pekerjaan berbahaya. Sehingga dengan demikian proses kerja di dalamnya banyak menyebabkan risiko keselamatan dan kesehatan kerja. Selain itu, pada saat ini PT X Unit Citeureup juga menghadapi tantangan pandemi COVID-19 sama seperti industri lainnya. Hal ini dapat berdampak negatif baik kepada pekerja ataupun manajemen PT X Unit Citeureup. Berdasarkan hal tersebut, terbentuknya keselamatan di tempat kerja merupakan hal yang harus diupayakan dan lebih dimaksimalkan. Penelitian ini mencoba untuk mengevaluasi faktor-faktor yang membentuk keselamatan di tempat kerja dengan upaya pencegahan COVID-19 dan dimensi-dimensi kerentanan K3. Dimensi-dimensi tersebut dapat digunakan sebagai dasar studi elemen psikologi organisasi dan iklim keselamatan yang mampu memprediksi keselamatan di tempat kerja. Penelitian dilakukan melalui pendekatan kuantitatif dengan desain studi cross-sectional. Pengumpulan data dilakukan secara daring melalui google form untuk mengetahui bagaimana persepsi pekerja terkait variabel-variabel yang diteliti. Pengumpulan data dilakukan pada bulan Mei dengan besar sampel yang terkumpul adalah 126 responden dari 19 divisi. Data berikutnya dianalisis dengan PLS-SEM (Partial Least Square Structural Equation Modeling). Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa faktor-faktor kerentanan K3 seperti kesadaran K3 dan partisipasi K3, serta upaya pencegahan COVID-19 berhubungan secara signifikan terhadap keselamatan di tempat kerja. Hasil ini menunjukkan bahwa intervensi terhadap peningkatan kesadaran K3, partisipasi K3, dan upaya pencegahan COVID-19 di tempat kerja dapat meningkatkan keselamatan di tempat kerja pada masa pandemi COVID-19. 

PT X Unit Citeureup is the largest cement manufacturing industrial plant in the world. The industrial processes in it involve a variety of processes, materials, and hazardous works. Thus, the work process in it causes a lot of occupational safety and health risks. In addition, at this time PT X Unit Citeureup is also facing the challenges of the COVID-19 pandemic just like other industries. This situation can have a negative impact on both employees and management of PT X Unit Citeureup. Based on this situation, the establishment of safety in the workplace is something that must be pursued and maximized. This study attempts to evaluate the factors that shape workplace safety with COVID-19 prevention measures and the dimensions of occupational health and safety (OHS) vulnerability. These dimensions can be used as the basis for the study of elements of organizational psychology and safety climate that are able to predict safety in the workplace. This research was conducted through a quantitative approach with a cross-sectional study design. Data were collected online by using google form to find out how workers perceive related to the variables studied. Data collection was carried out in May with a large sample of 126 respondents from 19 divisions. The next data were analyzed by PLS-SEM (Partial Least Square Structural Equation Modeling). The results of this study indicate that OHS vulnerability factors such as OHS awareness and OHS participation as well as COVID-19 prevention measures are significantly related to safety in the workplace. These results indicate that interventions to increase OHS awareness, OHS participation, and COVID-19 prevention measures in the workplace can improve workplace safety during the COVID-19 pandemic."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>