Ditemukan 149053 dokumen yang sesuai dengan query
Amanda Christina Magdalena Tarihoran
"COVID-19 telah menjadi pandemi global dan hal ini menimbulkan rasa ketakutan dalam masyarakat. Rasa takut ini membawa perubahan dalam gaya hidup maupun pengambilan keputusan terkait dengan adanya risiko, khususnya dalam hal berwisata. Perubahan-perubahan ini terjadi berbeda-beda setiap individu, berkaitan dengan bagaimana kepribadian mereka masing-masing. Penelitian ini mengkaji hubungan Big Five Personality terhadap Risk Attitude dan Travel Intention serta pengaruh Fear of Covid terhadap Travel Anxiety, Risk Attitude dan Travel Intention. Penelitian ini dilakukan dengan metode non-probability purposive sampling dengan total 462 orang responden berusia 17 tahun keatas dan sudah pernah atau sedang merencanakan perjalanan wisata selama masa pandemic COVID-19 berlangsung. Partial Least Squares - Structural Equation Modeling (PLS-SEM) digunakan untuk menganalisis penelitian ini dan ditemukan bahwa hubungan antara fear of COVID-19 terhadap travel intention menunjukkan hasil yang signifikan, namun hubungan antara fear of COVID-19 terhadap risk attitude adalah tidak signifikan. Personality juga ditemukan mempengaruhi travel intention baik secara direct maupun indirect, kecuali untuk traits agreeableness dan neuroticism.
COVID-19 has become a global pandemic and this creates a sense of fear in society. This fear brings changes in lifestyle and decision making related to risk, especially in terms of traveling. These changes occur differently for each person, related to how their respective personalities are. This study examines the relationship of the Big Five Personality to Risk Attitude and Travel Intention and the effect of Fear of Covid on Travel Anxiety, Risk Attitude and Travel Intention. This research was conducted using a non-probability purposive sampling method with a total of 462 respondents aged 17 years and over and had been or were planning a tourist trip during the COVID-19 pandemic. Partial Least Squares - Structural Equation Modeling (PLS-SEM) was used to analyze this study and it was found that the relationship between fear of COVID-19 and travel intention showed significant results, but the relationship between fear of COVID-19 and risk attitude was not significant. Personality was also found to influence travel intention both directly and indirectly, except for the agreeableness and neuroticism traits."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Dewi Agustin Pratama Sari
"Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh travel motivation dan destination image terhadap intention to visit halal destinaton yang dimoderasi oleh novelty seeking behavior. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan responden sebanyak 229 wisatawan nusantara. Peneliti menggunakan survey online sebagai cara memperoleh responden. Data diolah dengan menggunakan Equation Structural Modelling.
Berdasarkan hasil penelitian maka diketahui bahwa faktor yang signifikan dan berhubungan positif terhadap intention to visit halal destination hanya travel motivation dan affective destination image. Untuk faktor lainnya tidak signifikan terhadap intention to visit halal destination. Selain itu, dalam penelitian ini juga diketahui adanya pengaruh moderasi baik dari cognitive destination image maupun affective destination image, meskipun begitu kedua variabel tersebut memiliki hasil pengaruh yang berbeda.
The purpose of this study is to understand the effect of travel motivation and destination image to intention to visit halal destination. This study also use novelty seeking behavior as moderating variable. This researh is quantitative research with 229 respondents. Researcher use online survey to get respondents. The data is processed by using Equation Structural Modeling. The result of the research is only travel motivation and affective destination image that significant and positively related to intention to visit halal destination. The other factors not significant to intention to visit halal destination. In addition, in this study also known the influence of moderation both from cognitive destination image and affective destination image, although both variables have different effects."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
T52050
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Ferrel Oktavenus Rizalsan
"Pariwisata merupakan salah satu sumber pemasukan devisa negara terbesar dan terus menunjukkan pertumbuhan yang positif. Hal ini memberikan peran besar bagi industri pariwisata untuk mampu berkontribusi bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia. Namun, pandemi Covid-19 di 2020 memberikan dampak negatif pada ekonomi secara global. Pariwisata menjadi salah satu sektor ekonomi yang terdampak secara luas. Kebijakan pembatasan yang diberlakukan pemerintah berdampak langsung terhadap kegiatan pariwisata secara nasional. Risiko penularan Covid-19 menjadi ketakutan baru bagi wisatawan yang ingin berwisata. Akibatnya terjadi penurunan wisatawan yang cukup drastis dibanding tahun sebelumnya. Oleh karena itu, penelitian ini membahas terkait pengaruh risiko yang diterima wisatawan selama pandemi dan pengaruhnya terhadap niat bepergian dari wisatawan. Pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan uji deskriptif dan uji regresi sederhana. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel perceived risk berhubungan dan berpengaruh terhadap travel intention pada wisatawan Gen Z di daerah Jabodetabek. Penelitian ini diharapkan dapat membantu untuk menentukan kebijakan yang sesuai pada strategi pemulihan sektor pariwisata.
Tourism is one of the largest sources of foreign exchange income for the nation and continues to show positive growth. This gives a huge role for the tourism industry to be able to contribute to Indonesia's economic growth. However, the Covid-19 pandemic in 2020 has had a negative impact on the global economy. Tourism is one of the most widely affected economic sectors. The travel restriction policy imposed by the government has a direct impact on tourism activities nationally. The risk of Covid-19 transmission is a new anxiety for tourists who want to travel. As a result, there was a drastic decrease in tourist visits compared to the previous year. Therefore, this study aims to discuss the influence of perceived risk by tourists during the pandemic and its effect on travel intention of the tourists. This research uses quantitative methods with descriptive tests and simple regression tests. The results of this study indicate that the perceived risk variable is related and has an effect on travel intention in Gen Z tourists in Jabodetabek area. This research is expected to help to determine the appropriate policy on the tourism sector recovery strategy."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Sultan Aliandi Prawira
"Pandemi COVID-19 telah mengubah dunia. Dampaknya dirasakan oleh seluruh penduduk di hampir semua negara di dunia. Pandemi COVID-19 bukan hanya krisis kesehatan, tetapi merupakan krisis multidimensi yang mengakibatkan banyak industri beradaptasi untuk bertahan. Industri pariwisata menjadi salah satu industri yang paling terdampak pandemi ini. Akibatnya, perilaku wisatawan dalam berwisata berubah drastis sejak pandemi COVID-19. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak pandemi COVID-19 terhadap perilaku wisatawan domestik Indonesia dalam berwisata di dalam negeri. Penelitian ini menggunakan kerangka Theory of Planned Behaviour (TPB) untuk melihat pengaruh dari perceived risk of travelling, attitude, perceived behavioural control dan subjective norms terhadap intensi melakukan perjalanan domestik (intention to travel) selama pandemi COVID-19 dan willingness to pay untuk langkah-langkah keamanan tambahan selama bepergian dan di tempat tujuan. Ada 287 responden yang berkontribusi dalam penelitian ini. Responden penelitian ini merupakan orang-orang yang tinggal di wilayah Indonesia setidaknya sejak bulan Maret 2020 dan berusia minimal 18 tahun. Kuesioner penelitian disebarkan secara online dan dianalisis menggunakan Partial Least Squares-Structured Equation Modeling (PLS-SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin besar intention to travel maka semakin besar pula willingness to pay. Sebaliknya, hanya attitude dan subjective norms yang memiliki pengaruh signifikan dengan intention to travel. Sementara itu, perceived risk memiliki pengaruh positif pada attitude dan perceived behavioral control.
The COVID-19 pandemic has changed the world. Its impact is felt by the entire population in almost all countries in the world. The COVID-19 pandemic is not just a health crisis, it is a multidimensional crisis that has resulted in many industries adapting to survive. The tourism industry is one of the industries most affected by this pandemic. As a result, tourist behavior in traveling has changed drastically since the COVID-19 pandemic. This study aims to analyze the impact of the COVID-19 pandemic on the behavior of Indonesian domestic tourists in traveling within the country. This study uses the Theory of Planned Behavior (TPB) framework to see the effect of perceived risk of traveling, attitude, perceived behavioral control and subjective norms on the intention to travel domestically during the COVID-19 pandemic and willingness to pay for additional safety measures during travel and at the destination. There are 287 respondents who contributed to this research. The respondents of this study are people who have lived in the territory of Indonesia since at least March 2020 and are at least 18 years old. Research questionnaires were distributed online and analyzed using Partial Least Squares-Structured Equation Modeling (PLS-SEM). The results showed that the greater the intention to travel, the greater the willingness to pay. On the other hand, only attitude and subjective norms have a significant effect on intention to travel. Meanwhile, perceived risk has a positive influence on attitude and perceived behavioral control."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Erwinsyah Negara
"Pariwisata merupakan sektor dengan nilai ekonomi dan potensi pertumbuhan yang cukup besar. Pandemi COVID-19 yang terjadi memiliki dampak negatif yang cukup besar pada kinerja perekonomian industri pariwisata. Tetapi setelah status pandemi dicabut, masyarakat akan kembali antusias untuk berwisata dan pada akhirnya dapat membuat perekonomian industri pariwisata kembali berjalan. Namun, preferensi masyarakat dalam berwisata pasca pandemi masih belum diketahui. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang secara signifikan mempengaruhi intensi pemilihan destinasi wisata pasca pandemi COVID-19 (Studi kasus Lombok sebagai destinasi wisata halal). Kerangka konseptual dikembangkan melalui tinjauan literatur terdahulu dengan menggunakan model Theory of Planned Behavior (TPB) yang diperluas. Data dikumpulkan dari 1068 responden dengan menggunakan teknik kuota sampling dengan kriteria: Masyarakat Jabodetabek yang pernah melakukan kegiatan pariwisata selama 5 tahun terakhir, telah berusia di atas 20 tahun, dan belum pernah melakukan kunjungan ke Lombok. Selanjutnya data dianalisis dengan pendekatan SEM-PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap, norma subyektif, kontrol perilaku, dan citra destinasi berpengaruh positif signifikan terhadap intensi berwisata ke Lombok sebagai destinasi wisata halal. Namun, religiosity ditemukan tidak memiliki pengaruh yang signifikan. Selanjutnya, sikap dan norma subyektif ditemukan berperan sebagai mediator antara religiusitas dan pengetahuan tentang COVID-19 terhadap intensi berkunjung ke Lombok. Penelitian ini juga menemukan bahwa sikap berperan sebagai mediator antara risiko psikologis dan citra destinasi terhadap niat mengunjungi Lombok. Penelitian ini memberikan wawasan kepada agen perjalanan, terutama dalam mendefinisikan determinan yang mempengaruhi niat mengunjungi Lombok sebagai destinasi wisata halal pasca pandemi. Akhirnya, penelitian ini menyampaikan beberapa keterbatasan dan menawarkan arahan untuk penelitian selanjutnya.
Tourism is a sector with considerable economic value and growth potential. But with the COVID-19 pandemic that occurred had a significant negative impact on the economic performance of the tourism industry. But after the pandemic status is lifted, people will be enthusiastic about tourism again and in the end can get the tourism industry economy back running. However, people's preferences in post- pandemic tourism are still unknown. This study aims to determine the factors that significantly influence the intention to choose a tourist destination after the COVID- 19 pandemic (the case study of Lombok as a halal tourist destination) in the Jabodetabek community. The conceptual framework was developed through a review of the previous literature using the extended Theory of Planned Behavior (TPB) model. Data were collected from 1068 respondents using a quota sampling technique with the following criteria: Jabodetabek’s resident who have carried out tourism activities for the last 5 years, are over 18 years old, and have never visited Lombok. Furthermore, the data were analyzed using the SEM-PLS approach. The results showed that attitudes, subjective norms, behavioral control, and destination image had a significant positive effect on the intentions to visit Lombok. However, religiosity was found to have no significant effect. Furthermore, subjective attitudes and norms were found to play a role as a mediator between religiosity and knowledge about COVID-19 towards the intention to visit Lombok. This study also found that attitude acts as a mediator between psychological risk and destination image on intention to visit Lombok. This research provides insight to travel agents, especially in defining the determinants that affect the intention to visit Lombok as a post-pandemic halal tourist destination. Finally, this study addresses some limitations and offers recommendation for further research."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Muthia Khanza
"Aktivitas pemasaran diperlukan dalam industri pariwisata. Salah satu pemasaran yang dilakukan adalah melalui aktvitas E-Wom. Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk melihat pengaruh antara E-Wom, Destination Image, Attitude Toward Destination, dan Travel Intention. Penelitian ini melibatkan 140 responden yang peneliti dapatkan melalui penyebaran kuesioner secara online dan langsung di Singapura melalui teknik convenience sampling dan snowball sampling.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa attitude toward destination wisatawan berpengaruh secara signifikan terhadap travel intention wisatawan dan destination image berpengaruh secara signifikan terhadap attitude toward destination wisatawan pada studi kasus Provinsi DKI Jakarta.
Marketing activities are needed in tourism industry. One of which is through the use of E-Wom. The purpose of this quantitative study is to analyze the effect among E-Wom, Destination Image, Attitude Toward Destination, dan Travel Intention. The study consists of 140 respondents administered through the distribution of online and direct questionaires in Singapore with the use of convenience sampling and snowball sampling methods. The empirical results from the structural model suggest that tourist's attitude toward destination significantly effects tourist's travel intention and destination image significantly effects tourist's attitude toward destination, especially in the case of DKI Jakarta."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
S62672
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Gerald Dwiananda Putra
"Intervensi non-farmasi sosial merupakan factor kunci dalam menanggulangi pandemic Covid-19 di Indonesia. Pentingnya intervensi non-farmasi sosial telah berkembang di Industri perjalanan dan wisata. Penelitian sebelumn menemukan bahwa kepercayaan pada intervensi non-farmasi social memidiasi hubunga antara upaya negosiasi dan minat berwisata. Studi ini meneliti hubungan antara intervensi non-farmasi social terhadap minat berwisata dalam negeri di Indonesia dan faktor yang memengaruhi minat berwisata dalam negeri seseorang baik yang sudah melakukan wisata dalam negeri sebelum situasi pandemic covid-19 dan yang belum. Data penelitian ini diambil di Indonesia, hal ini dikarenakan pada saat kasus covid-19 berkurang, regulasi yang berlaku di Indonesia memungkinkan untuk melakukan wisata dalam negeri. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa bagi yang terlah berwisata dalam negeri, motivasi secara positif memengaruhi minat berwisata, pembatasan secara negatif memengaruhi minat berwisata, pembatasan secara positif memengaruhi upaya negosiasi, dan negosiasi & kepercayaan pada intervensi non-farmasi memediasi hubungan antara motivasi dan negosiasi. Di sisi lain, bagi yang belum berwisata, motivasi secara positif memengaruhi minat berwisata, pembatasan secara positif memengaruhi upaya negosiasi, dan negosiasi & kepercayaan pada intervensi non-farmasi memediasi hubungan antara motivasi dan negosiasi, dan pembatasan tidak memiliki pengaruh yang signikan kepada minat berwisata
Non-pharmaceutical intervention is one of the key factors in overcoming the Covid-19 pandemic in Indonesia. The importance of social non-pharmaceutical intervention (individual, social, and community) has been growing in the travel and tourism industries. Past research discovered that trust in social non-pharmaceutical intervention mediates the relationship between negotiation effort and travel intention. This study examined the relationship between non-pharmaceutical intervention on domestic travel intention in Indonesia and the factors influencing individual domestic travel intention among those who have and have not traveled during the pandemic situation. The data were collected in Indonesia as the regulation allow domestic travel when the covid case decreases. The results showed that among those who have traveled, motivation positively influences travel intention, constraint negatively influences travel intention, constraint positively influences negotiation efforts, and negotiation & trust in non-pharmaceutical intervention mediate the relationship between motivation and negotiation. On the other hand, for individuals who have not traveled, motivation positively influences travel intention, constraint positively influences negotiation efforts, and negotiation & trust in non-pharmaceutical intervention mediate the relationship between motivation and negotiation, and constraint does not have significant influence on travel intention"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Middleton, Victor T.C.
Oxford : Butterworth-Heinemann, 2000
338.479 1 MID m
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Boniface, Brian G
London, New York: Routledge, 2016
338.47 BON w
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Elrika Dwimarsya Christina
"Skripsi ini membahas dan menganalisis tentang pengaruh electronic word-of-mouth terhadap intensi wisatawan untuk melakukan perjalanan wisata ke Labuan Bajo, dengan menerapkan Theory of Planned Behavior yaitu dengan mempertimbangkan attitude, subjective norms serta perceived behavioral control. Sampel penelitian ini adalah wisatawan yang sudah pernah membaca online review seputar Labuan Bajo namun belum pernah berkunjung ke daerah tersebut sebelumnya. Data diolah menggunakan metode Structural Equation Modelling.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa electronic word-of-mouth tidak berpengaruh secara signifikan terhadap intention untuk berkunjung ke Labuan Bajo, namun berpengaruh signifikan terhadap attitude, subjective norms serta perceived behavioral control yang berperan sebagai variabel mediasi.
This study discusses and analyzes the effect of electronic word of mouth on tourist intention to travel to Labuan Bajo and applying the Theory of Planned Behavior by considering attitude, subjective norms and perceived behavioral control. The sample of this research is tourists who have read online review about Labuan Bajo but have never visited the place before. The data were processed using Structural Equation Modeling method. The result of the research shows that electronic word of mouth does not significantly influence tourist intention to visit Labuan Bajo, but it has significant effect on attitude, subjective norms and perceived behavioral control that acts as mediation variable."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library