Ditemukan 7002 dokumen yang sesuai dengan query
Perry, Nick
London: Routledge Press , 1998
306.21 PER h
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Daffa Wibisono Krisrashmansyah
"Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi membuat media berpotensi untuk memengaruhi pola pikir dan kebudayaan masyarakat. Kekuatan visual diandalkan oleh media untuk menarik perhatian pengguna serta mempermudah dalam penyampaian pesan. Hal tersebut telah menyebabkan terbentuknya realitas baru yang tidak berkaitan dengan dunia nyata atau disebut dengan hiperrealitas. Hiperrealitas sendiri merupakan suatu kondisi di mana realitas dengan hal-hal fiksi menjadi sulit untuk dibedakan. Penelitian ini menganalisis bagaimana film Suzume no Tojimari (2023) membentuk hiperrealitas. Studi ini juga meninjau bagaimana keterkaitan hiperrealitas yang dibentuk dengan konteks peningkatan pemahaman dan kesadaran audiens terhadap bencana alam. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, serta menggunakan teori hiperrealitas dan simulakra oleh Jean Baudrillard untuk memahami apa saja kumpulan simulakra (elemen-elemen fantasi) yang dapat memungkinkan timbulnya hiperrealitas pada film Suzume no Tojimari. Penelitian berargumen bahwa anime ini berpotensi menimbulkan hiperrealitas karena adanya pembauran antara elemen-elemen fantasi dengan simbol-simbol replikasi dari dunia nyata. Hiperrealitas yang dibentuk dalam Suzume no Tojimari juga berkemungkinan untuk menjadi alat bantu jika benar-benar dikaitkan dengan tujuan Shinkai Makoto selaku pembuat anime ini yaitu meningkatkan pemahaman dan kesadaran penonton terhadap bencana alam. Hiperrealitas terjadi ketika elemen-elemen fantasi seolah-olah menjadi lebih nyata dan berpotensi untuk memengaruhi realitas itu sendiri, dan representasi dari bencana alam pada anime ini dibalut oleh elemen-elemen fantasi tersebut.
The development of Information and Communication Technology has given media a powerful influences in changing societal mindsets and culture. Media often relies on strong visual elements to grab attention and make messages easier to understand. This influence has led to the creation of a new kind of reality that is not connected to the real world, known as hyperreality. Hyperreality itself is a condition where reality and fiction become difficult to distinguish. This study analyses how hyperreality that related to the causes of natural disasters is constructed in the Suzume no Tojimari (2023) movie. It also examines how this portrayal can help improve viewers in understanding and awareness of natural disasters. This study using a descriptive qualitative approach and also applies Jean Baudrillard’s theory of hyperreality and simulacra to identify the various fantasy elements in Suzume no Tojimari that can shape a sense of hyperreality. This study finds that this anime has the potential to shape hyperreality due to the blending of fantasy elements with symbol that replicated from reality. The hyperreality that constructed in Suzume no Tojimari also has the potential to be an effective tool if the movie if it aligns with Shinkai Makoto’s Goal of increasing audience understanding and awareness of natural disasters. Hyperreality is shaped when fantasy elements seem more real than reality itself, and the natural disasters that represented in Suzume no Tojimari are wrapped in these fantasy elements."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Siagian, Henri Salomo
"
ABSTRAKPencitraan sudah menjadi sesuatu yang lazim di era pemilihan secara langsung. Padahal, pencitraan tidak lain hanya sebuah gambaran atau ilusi ideal atau sebuah hiperrealitas mengenai politisi yang dikonstruksikan oleh para konsultan politik profesional.
Hiperrealitas dalam politik, atau hiperpolitik, membuat publik tidak bisa mengetahui sesuatu yang riil. Masyarakat hanya melihat ilusi politik yang tidak memiliki akar realita melalui berbagai kanal media massa.
Penelitian ini menyajikan hiperrealitas karya filsuf posmodernisme, Jean Baudrillard, dan disandingkan dengan pemasaran politik yang ditawarkan oleh Avraham Shama. Dan persinggungan antarpemikiran itu digunakan dalam melihat pencitraan Joko Widodo dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014.
ABSTRACTImage has become something common in the era of direct election. Though, image is nothing but an illusion or an ideal picture, or a hyperreality, of the politician who constructed by professional political consultants.Hyperreality in politics, or hyperpolitics, making the public can not know something real. The public only see the political illusion that has no roots reality through various mass media channels.This study presents the works of postmodernism philosophers, Jean Baudrillard, hyperreality and juxtaposed with political marketing offered by Avraham Shama. And the intersection of the concepts used in imaging Joko Widodo in Presidential Election in 2014."
2015
T43855
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
"Penelitian ini bertujuan untuk membahas fenomena budaya pariwisata virtual yang berkembang melalui virtual tour. Virtual tour merupakan simulasi lokasi atau objek wisata dengan menggunakan rangkaian video atau gambar beserta tambahan musik, efek suara, teks, dan narasi. Studi sebelumnya menemukan bahwa virtual tour muncul karena adanya perkembangan teknologi, kebutuhan promosi objek wisata, dan kebutuhan penjagaan warisan budaya. Berdasarkan pemikiran Baudrillard, kondisi hyperreality merupakan konsekuensi logis dari perkembangan teknologi dan pandemi Covid-19 yang menguatkan kehidupan cyberspace. Namun peneliti berargumen bahwa tidak serta merta kondisi hyperreality dapat terjadi, khususnya dalam virtual tour yang dikelola oleh perusahaan A. Peneliti berargumen bahwa terdapat kompleksitas tersendiri untuk menciptakan kondisi hyperreality. Penelitian ini berusaha untuk menjelaskan apakah virtual tour yang dikelola oleh perusahaan A merupakan sebuah kondisi hyperreality pada industri pariwisata di era digital. Penelitian ini menemukan bahwa hyperreality tidak tercipta dalam virtual tour yang dikelola oleh perusahaan A. Terdapat beberapa komponen hyperreality sesuai pemikiran Baudrillard, yaitu model simulasi, seperti simulasi rute perjalanan, simulasi visual, simulasi narasi, dan simulasi interaksi. Namun masih terdapat keterbatasan yang menghalangi terciptanya kondisi hyperreality pada virtual tour. Menurut wisatawan, virtual tour merupakan inovasi yang menarik, namun mereka belum sepenuhnya menikmati perjalanan wisata virtual.
This study aims to discuss the phenomenon of virtual tourism culture that develops through virtual tours. A virtual tour is a simulation of a location or tourist attraction using a series of videos or images along with additional music, sound effects, text, and narration. Previous studies have found that virtual tours arise because of technological developments, the need for promotion of tourist objects, and the need for preserving cultural heritage. Based on Baudrillard's thinking, the hyperreality condition is a logical consequence of technological developments and the Covid-19 pandemic that strengthens cyberspace life. However, the researcher argues that hyperreality does not necessarily occur, especially in a virtual tour managed by company A. The researcher argues that there is a distinct complexity to creating hyperreality conditions. This study seeks to explain whether the virtual tour managed by company A is a hyperreality condition in the tourism industry in the digital era. This study finds that hyperreality is not created in a virtual tour managed by company A. There are several components of hyperreality according to Baudrillard's thinking, namely simulation models, such as travel route simulations, visual simulations, narrative simulations, and interaction simulations. However, there are still limitations that prevent the creation of hyperreality conditions on virtual tours. According to tourists, virtual tours are an interesting innovation, but they have not fully enjoyed virtual travel."
[Depok;Depok, Depok]: [Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia;Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia], 2021
S-pdf;S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Yogyakarta: Gadjah Mada University Press , 1996
R 306 TOU
Buku Referensi Universitas Indonesia Library
New York: George Braziller, 1966
297.7 ROM
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Lechner, Frank J.
Hong Kong: Blackwell, 2005
306 LEC w
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Kaplan, David
Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1999
306.01 KAP t
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Inglis, David
London: Routledge, 2005
306 ING c
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Eliot, Thomas Stearns
London: Faber and Faber, 1948
301 ELI t
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library