Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 115248 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Tengku Meyke Olivia
"PT. Astra Graphia Tbk (Astra Graphia) merupakan sebuah perusahaan publik bagian dan group Astra Internasional, dengan kondisi tersebut informasi dari perusahaan, terutama informasi keuangan, dibutuhkan oleh berbagai macam pihak yang berkepentingan. Pihak pihak diluar perusahaan, seperti kreditur, calon investor, kantor pajak dan lain lainnya yang memerlukan informasi ini dalam kaitannya dengan kepentingan mereka. disamping itu pihak intern perusahaan yaitu manajemen juga memerlukan informasi keuangan untuk mengetahui, mengawasai dan mengambil keputusan keputusan untuk menjalankan perusahaan.
Untuk memenuhi kebutuhan informasi bagi pihak luar maupun dalam perusahaan, disusun suatu sistem informasi akuntansi. Sistem ini direncanakan untuk menghasilkan informasi yang berguna bagi pihak luar maupun dalam perusahaan. Salah satu tujuan utama dari sistem informasi adalah untuk membantu pihak manajemen didalam memperlancar kegiatan usaha perusahaan sehari hari. Oleh karena itu tujuan tersebut dapat dicapai melalui pemrosesan transaksi yang terjadi dari sumber sumber ekstern atupun sumber intern dan persiapan keluaran seperti dokumen dokumen operational dan laporan keuangan. Agar informasi yang dihasilkan pemrosesan transaksi tersebut dapat membantu Manajemen, maka para akuntan juga berperan didalam perancangan elemen elemen sistem perosesan transaksi seperti dokumen dokumen sumber, buku harian, buku besar dan laporan keuangan.
Transaksi dan siklus akuntansi merupakan titik sentral untuk berfungsinya sistem informasi akuntansi. Dimana fungsi pemrosesan transaksi menguraikan fungsi-fungsi lain yang terlibat dalam memperiancar pperasi harian perusahaan. Untuk mempero[eh informasi yang cepat, tepat dan akurat diperlukan alat yang dapat memproses transaksi dengan cepat, dalam hal ini komputer dapat digunakan sebagai alat bantu didalam pemrosesan transaksi. Dimana komputer adalah seperangkat alat elektronik yang dapat memproses data dengan cepat, tepat dan akurat.
Pengendalian intern terhadap sistem penjualan juga merupakan hal yang tidak dapat diabaikan karena sistem penjualan merupakan suatu kegiatan yang dimulai dari menginput data, memproses data sampai dengan data tersebut menghasilkan suatu informasi, tidak luput dari kesalahan yang kadang tidak dapat dihindarkan.
Penelitian ini bermaksud untuk memahami secara lebih mendalam masalah-masalah yang berkaitan dengan pengendalian intern yang dialami perusahaan, kemudian mencarikan pemecahan bagi masalah-masalah tersebut dengan menggunakan teori akuntansi, teori sistem informasi, teknik analisis deskriptif, dan analisis terhadap data yang dipero[eh dari pengamatan langsung terhadap obyek penelitian."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2005
T15598
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Panjaitan, Junita Ruth
"Tesis ini membahas efektivitas Sistem Informasi Pengendalian Intern Penjualan Piutang PT ABC dalam mendeteksi kesalahan maupun kecurangan. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Hasil penelitian menyarankan agar PT ABC memperbaiki system pengendalian intern terutama lingkungan pengendalian sehingga tercipta lingkungan kerja yang kondusif dan juga pengendalian berbasis komputer yaitu pengendalian umum dan pengendalian aplikasi dengan menempatkan unit yang fokus mengelola sistem infomasi dan melengkapi fasilitas pengendalian aplikasi sesuai dengan proses bisnis yang ada
The focus of this study is the effectivitation Internal Control System Information of Sale in Credit & Account Receivable PT ABC in detection the error and fraud. This research is
description. Knowing this will allow PT ABC improve Internal Control, specially about control environment to make conducsif environment and improve the control of computer that's general control and application cootrol by held the departement that focus in create & maintenance the information system dan make the facility of application control completely depend on bison's process.
"
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2009
T-pdf
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
N.N.W. Dewi Bandem
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1998
S16694
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tito Abdullah
"Pengelolaan Pengetahuan yang dimiliki oleh sebuah perusahaan menjadi salah satu aspek penting di dalam mengukur keberhasilan perusahaan di era neweconomy saat ini. Perusahaan yang dapat mengelola Pengetahuan dengan baik memiliki peluang untuk dapat meningkatkan nilai kompetitif yang merupakan muara dari aspek efisiensi dan efektifitas kerja serta kepuasan pelanggan. Pada perusahaan yang bergerak dalam bidang industri solusi teknologi informasi, penerapan Knowledge Management menjadi suatu proses yang seharusnya menyatu di dalam aktivitas para spesialis pada saat memberikan layanannya kepada pelanggan. Untuk menerapkan sistem Knowledge Management diperlukan usaha-usaha yang akan menjadi aktivitas inisiatif untuk menjalankannya. Inisiatif ini perlu disusun cermat dengan tujuan agar penerapan Knowledge Management memiliki landasan yang jelas.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menyusun program inisiatif penerapan Knowledge Management pada industri solusi infrastruktur teknologi informasi dengan memilih studi kasus pada PT. Astragraphia - IT Solution, Service Delivery Group.
Panduan utama dalam melakukan analisis tahapan-tahapan tersebut adalah KM Building Blocks yang disusun oleh Karl M. Wiig dengan beberapa rincian teknis penerapan komponen dad building block tersebut diambil dari beberapa panduan praktis seperti yang diusulkan oleh beberapa peneliti dan praktisi KM Penelitian ini telah menyediakan rekomendasi aktivitas yang harus segera dijalankan oleh organisasi sebagai inisiatif yang diprioritaskan untuk mulai menjalankan KM. Inisiatif ini walaupun spesifik untuk industri solusi infrastruktur TI, namun sistematika dan metode di dalam penelitian ini dapat digunakan untuk kasus industri lain, dengan tetap memperhatikan penggerak utama inisiatif KM yang menjadi ciri unik untuk setiap kasus , yaitu Sasaran KM.
Penelitian ini juga memberikan rekomendasi rancangan arsitektural berupa rangka kerja dan kumpulan teknologi dan produk untuk mendukung dijalankannya KM.

Knowledge Management will be an important aspect to measure corporate success in the new-economy era. The corporate that have sufficient capabilities in managing knowledge will have an opportunity to enhance its competitive value as a result of work efficiency, effectiveness and customer satisfaction. In IT Solution provider business, implementation of Knowledge Management should be an integrated process in every specialist activity to deliver the service to the customer. The implementation of knowledge management system requires efforts that will become initiative activity to deploy it. These initiatives should have to be accurately developed to give certain basic platform in implementing knowledge management.
The objective of this research is to compose initiatives program in implementing knowledge management on IT infrastructure solution industries with case study at PT. Astragraphia - IT Solution, Service Delivery Group. Main reference for analysing the research was Karl M. Wiig's KM Building Blocks with some technical details taken from practical guidance provided by some researchers and KM practise expert.
This research provide recommended activities that should be performed by the organization as a priority initiatives to initiate KM. Although these initiatives are IT industry speci fie, but the method and systematic could also be used in another industry case. KM Objectives will remain the focus of main KM initiative driver that become the unique aspect of every case.
This research also give recommendation on architectural design in term of work frame and technology set and product to support KM process.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2002
T40397
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Janty Purnama
"The company convinces that they have to execute a process carefully in order to achieve a best performance, to increase the competitive ability and to achieve the satisfaction of employee and customers. One of the system that can bridge that needs is through the performance management implementation. Agreement and planning is a definite basis to determine if each individual can produce, understand and execute their objectives. Therefore, they will realize that their objectives and individual activity can give impact to the result of department and organization directly.
While execution on the monitoring and feedback will give contribution to the motivation and individual energy in order to achieve their definite goals. And finally an evaluation is an appreciation from the management to their employees totally in one evaluation period. Management is expected to appreciate the employees' goals achievement objectively. It can be done through the existing working standard and through the quality and qualification on the individual dimension - dimension on the definite job standardization.
As a process, the management can work smoothly if the three variables support each other : agreement & job planning, monitoring process and feedback and effective performance appraisal. In this research. the goals that will be achieved is to know the correlation between the agreement and job planning. monitoring and feedback and performance appraisal by an effective performance management in PT Astra Graphia Tbk. This research uses the method of quantitative descriptive.
We take the employees of PT Astra Graphia Tbk. as a research population. These employees have been participated in the on-line performance management from the level II, III, IV & V. Their number is 730 person. The data was taken by providing a list of questions and direct interview with the respondents. Then the researcher tested the data validation and reliability with the correlation Split Half 1lfethod and Spearman Brown formula. After that, an analysis can be done with the correlation technical of product moment Pearson.
From the valid and reliable research, we can get the result as follows :
1. There is a positive and significant correlation between the agreement and planning and the effective good management with the correlation coefficient number (r) : 0.747.
2. There is a positive and significant correlation between the variable of monitoring and feedback with the effective good management with the correlation coefficient (r) : 0.790
3. There is a positive and significant correlation between the job evaluation and the effective good management with the correlation coefficient (r) : 0.877
Therefore we can conclude that the variables that was taken in this research have a strong and significant correlation. That means that effectiveness implementation of performance management system in PT Astra Graphia Tbk have positive and significant relation in its element, specially process assessment of performance having highest value or all the element have supported process execution of performance management which was effective. In this case role of technology (on-line system) follow to assist in achievement of effectiveness execution of performance management system, seen from satisfied responder answer in process of performance appraisal.
We can get the research recommendation as follow :
1. Doing a socialization on the implementation of a good management with the on line mechanism, explaining on the company vision and mission and clarifying on the job evaluation to avoid the subjectivity and improper evaluation.
2. Doing a training on the objective setting so that emplooyee can arrange and set their goals smartly (specific. measurable. reasonable and time limit) and be able to determine the individual objectives in one period of management.
3. Implementing the employees' LDP. So that it can work well and give support to the agreement and planning (PP).
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2004
T14214
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ginting, Alpin
"ABSTRAK
PT Astra Graphia Tbk Document Service Business Group adalah perusahaan yang
terkemuka yang bergerak dibidang solusi perdokumenan di Indonesia. Perkembangan
teknologi, khususnya teknologi informasi, serta perubahan arus perdagangan dunia menuntut
perusahaan untuk terus berbenah agar dapat mempertahankan dan mengembangkan tingkat
layanan dan kepuasan pelanggan.
Dalam usaha mempertahankan keunggulan, perusahaan perlu menetapkan strategi dan
kegiatan yang akan dilaksanakan dan merumuskan rencana kegiatan tersebut dalam rencana
kerja dan melaksanakan proses implementasinya dengan seksama. Agar strategi dan rencana
kerja yang telah ditetapkan dapat terlaksana dengan baik, maka dalam pelaksanaannya perlu
dikendalikan dengan suatu sistem penilaian kinerja yang fleksibel dan mampu
mengintegrasikan seluruh kegiatan dan elemen yang ada dalam perusahaan (Company Wide
Performance Measurement).
Sistem dan mekanisme penilaian kinerja perusahaan terus berkembang seiring dengan
perkembangan dunia usaha dan perkembangan teori manajemen itu sendiri. Sistem
pengukuran kinerja perusahaan yang tradisional lebih banyak menekankan pada pengamatan
dan sudut keuangan saja dan sedikit sekali memberikan perhatian atas nilai perusahaan yang
lain seperti tingkat kepuasan pelanggan, persaingan, visi dan strategi serta kegiatan operasi
internal perusahaan.
Munculnya pendekatan Balanced Scorecard didorong oleh semakin tajamnya
persaingan usaha dan meningkatnya tuntutan pasar bahwa untuk meraih sukses sebuah
Organisasi perlu mengelola seluruh sumber daya yang dimilikinya. Sistem penilaian kinerja
perusahaan yang ada saat ini sangat kental diwarnai oleh tolak ukur keuangan seperti tingkat
pengembalian investasi (Return on Investment), Laba Perlembar Saham (Earning per Share)
ataupun nilai tambah ekonomi (Economic Value Added). Masalahnya sekarang adalah bahwa
kinerja yang hendak diukur dalam suatu perusahaan ataupun dalam satu bidang usaha tidak
terbatas pada faktor keuangan saja melainkan juga meliputi kondisi Iainnya seperti visi dan
strategi, organisasi, tingkat pencapaian operasi, kondisi persaingan, pengembangan sumber
daya manusia, tingkat kepuasan pelanggan dan sebagainya.
Dengan memanfaatkan konsep-konsep baru dalam manajemen seperti manajemen
strategì, akuntansi manajemen, pemasaran, analisa rantaian nilai (value chain), manajemen
sumber daya manusia dan teori organisasi; Balanced Scorecard (BSC) mengetengahkan
pendekatan baru dalam pengukuran kinerja organisasi yang berupaya menjabarkan strategi
unit bisnis kedalam tindakan operasional sehari-hari sekaligus menyeimbangkan aspek sasaran
yang telah ditetapkan oleh perusahaan.
Sebagai satu metode pengukuran yang strategis, Balanced Scorecard mengetengahkan
satu sistem terintegrasi yang menggabungkan tolak ukur keuangan dan non keuangan.
Penjabaran dan peniiaian kinerja melalui Balanced Scorecard membantu perusahaan
meIakukan integrasi seluruh rangkaian strategi manajemen seperti rekayasa ulang busines
proses, sistem manajemen terpadu dan pemberdayaan karyawan. Sistem yang dibangun
melalui Balanced Scorecard memberikan gambaran strategis serta analisa sebab akibat atas
seluruh kegiatan dan kinerja perusahaan sehingga proses pelaksanaan strategi perusahaan dan
kegiatan pembangunan kompetensi dasar tergambar dengan jelas. Sistem penilaian kinerja ini
Sekaligus berfungsi sebagal benchmark untuk mengevaluasi keanekaragaman kegiatan PT
Astra Graphia Tbk Document Service Business Group agar dapat ditentukan aktivitas yang
harus diperhatikan, diperbaiki ataupun dihilangkan agar perusahaan dapat berjalan secara
efektif dan efisien, terutama ukuran atas usaha dan keberhasilan membangun kompetensi
dasar (core competence) sebagai kunci dalam mempertahanan dan mengembangkan
keunggulan bersaing.
"
1999
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Devy Saviatry Nazahar
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1985
S17160
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tresno Eka Jaya R.
"Penggunaan komputer sebagai alat untuk melakukan transaksi bisnis pada saat ini sudah merupakan keharusan bagi perusahaan. Perusahaan-perusahaan pada saat ini menggunakan berbagai jenis program aplikasi untuk membuat proses kegiatan operasional perusahaan dapat berlangsung secara efektif dan efisien. Program-program aplikasi yang terintegrasi yang dapat melakukan hampir seluruh proses dalam perusahaan mulai dari proses produksi, inventori, billing, keuangan, pengadaan dan sampai pada penilaian kinerja merupakan program aplikasi yang paling diminati pada saat ini. Pada saat memilih program aplikasi perusahaan sebaiknya berhati-hati, karena harus disesuaikan dengan bisnis perusahaan, dan juga kemampuan keuangan perusahaan karena untuk pengadaan dan implementasi program aplikasi yang besar dan canggih dibutuhkan biaya yang besar yang terdiri dari biaya untuk hardware dan software, yang tidak kalah pentingnya adalah melakukan evaluasi terhadap pengendalian yang terdapat pada program aplikasi tersebut.
Selain pengendalian-pengendalian yang terdapat dalam program aplikasi harus diperhatikan juga pengendalian umum yang ada di dalam perusahaan. Pengendalian umum ini terdiri dari: Pengendalian manajemen, pengendalian pengembangan dan dokumentasi, pengendalian keamanan, pengendalian operasi ruang pengolahan data elektronik.
Karya akhir ini bertujuan untuk mencoba mengevaluasi pengendalian-pengendalian umum yang ada dalam perusahaan X dan pengendalian aplikasi billing yang digunakan perusahaan X untuk mencatat pendapatan perusahaan X. Evaluasi ini bertujuan untuk menilai kehandalan dari pengendalian-pengendalian yang ada, dan menemukan kelemahan-kelemahan yang masih ada dan kemudian mencoba memberikan saran-saran untuk memperbaiki kelemahan-kelemahan yang ada."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2005
T15610
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Fathi Mufqi
"Laporan ini bertujuan untuk membahas sistem pengendalian pada siklus penjualan yang dimiliki oleh PT ABC yang merupakan perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur makanan dan minuman. Pembahasan berfokus pada efektivitas pelaksanaan sistem pengendalian yang dimiliki oleh PT ABC. Hasil yang didapat adalah bahwa PT ABC masih perlu meningkatkan kualitas pengendalian mereka sehingga operasional mereka bisa mendapat hasil yang lebih efektif dan kelemahan yang dimiliki dapat diperbaiki.

This report will describe and discuss about sales cycle control system from PT. ABC which is a company that engaged in manufacturing of foods and drinks. The discuss will be focus to the effectivity from control system they have. Result from this report is PT ABC need to improve their quality of control so that their operation can get more effective result and their weakness can be corrected.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Arnold D. Daniel P.
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2003
T40449
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>