Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 118607 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Dale, Margaret
Jakarta: Gramedia, 2003
658.407 DAL a
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Dale, Margaret
Jakarta: Gramedia, 2003
658.407 DAL a
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Dale, Margaret
Jakarta: Gramedia, 2003
658.407 DAL a
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
"Contextual Teaching and Learning in Cooperative Learning of TGT Strategy was used to increase science process skills and Science Learning Outcomes. The problems of this research was the low science process skills and learning outcome of the students. Type of this research was CAR. The source of data in this research were students of class VII MTs Tarbiyatun Nasyiin Pamekasan. The result of the research shows that the students' science process skills and learning outcome were increased. Contextual teaching and learning combined with cooperative learning of TGT strategy could also gain positive response."
2009
570 JPB 1:1 (2009) (1)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
"Contextual teaching and learning in cooperative learning of TGT strategy was used to increase science process skills and science learning outcome. The problems of this research was the low science process skills and learning outcome of the students. Type of this research was CAR. The source of data in this reseacrh were students of class VII MTS Tarbiyatun Nasyiin Pemekasan. The result of the research shows the students' science process skilss and learning outcome were increased. Contextual teaching and learning combined with cooperative learning of TGT strategy could also gain positive response."
JPB 1:1 (2009)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
"The objective of the present study is to find out the effect of problem-based performance assessment and instructional models on the students' metacognition in mathematics at senior high schools. The study was conducted in SMU in Jakarta. There were 120 first grade students as the sample of the study, selected through multistage random sampling. The data were gathered by using a metacognition scale. Data analysis was done by using the two way analysis of variance. The results of the study are: (1) In general, problem-based performance assessment effects students' metacognition mathematics, (2) Learning models affect the students' metacognition in mathematics; in which the cooperative learning model is more effective in improving the students' metacognition than the classical learning model, (3) There is an interaction effect between problem-based performance assessment and instructional models. Such interaction show that problem solving performance assessment is more effective in improving students' metacognition in mathematics if it is combined with cooperative learning model; while problem posing performance assessment is more effective if it is combined with classical learning model."
EDJPPAK
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
"Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran dan informasi bagaimana implementasi pendekatan pembelajaran berbasis tantangan untuk meningkatkan ketrampilan generik sains dan permahaman konsep IPA pada tema pemanasan global. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-eksperiment dengan desain One-Group Pretest-Postest. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII dengan jumlah siswa 31 orang di salah satu SMP Negeri di Kab. Bandung Barat Propinsi Jawa Barat. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, tes keterampilan generik sains dan tes pemahaman konsep, serta skala sikap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendekatan pembelajaran berbasis tantangan pada tema Pemanasan Global dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa dan keterampilan generik sains siswa yang ditunjukkan dengan presentase nilai rata-rata gain yang dinormalisasi untuk pemahaman konsep sebesar (0,44) (kategori sedang). Dan hasil analisis data skala sikap menunjukkan bahwa hampir semua siswa setuju terhadap implementasi pendekatan pembelajaran berbasis tantangan dengan prosentase persetujuan sebesar (83,49%). Hasil-hasil ini menunjukkan bahwa implementasi pendekatan pembelajaran berbasis tantangan dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa dan keterampilan generik sains siswa.
"
JURPEND 14:2 (2014)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Slamet Riyadi
"Salah satu media yang dapat digunakan dalam pembelajaran insya' muwajjah (mengarang terbimbing) adalah media gambar ber-seri, yaitub rangkaian beberapa gambar yang saling berkaitan. Peserta didik bisa membuat sebuah kata sesuai dengan gambar-gambar tersebut, lalu merangkainya menjadi sebuah kalimat sempurna. Dan pada tahap selanjutnya bila kalimat-kalimat tersebut disusun sesuai dengan rangkaian gambar-gambar yang tepat maka akan menjadi sebuah paragraf, sehingga terbentuklah sebuah karangan. Dengan demikian dapat diketahui bahwa penggunaan media gambar ber-seri dapat meningkatkan keterampilan peserta didik dalam menulis."
[place of publication not identified]: Universitas Dharmawangsa, 2016
330 MIWD 48 (2016)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
cover
"Penelitian ini berawal dari permasalahan pada pembelajaran IPA yang cenderung “content transmission” dan “teacher centered”. Pembelajaran demikian mengakibatkan proses penalaran siswa menjadi terbatas. Hal itu mendorong dilakukan penelitian dengan tujuan meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Seanjutnya disusun rancangan penelitian strategi pembelajaran berbasis inkuiri dengan siklus belajar 5E untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian pretest-postest control group design. Hasil analisis uji hipotesis diperoleh kemampuan berpikir kritis kelompok eskperimen lebih baik dari pada kelompok kontrol setelah pembelajaran. Dengan demikian pembelajaran berbasis inkuiri dengan siklus belajar 5E sangat signifikan dalam meningkatkan ketrampilan berpikir kritis dibandingkan dengan pembelajaran konvesional.
"
JURPEND 14:2 (2014)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>