Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 52877 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Nababan, Mangihut
"Untuk menyampaikan gagasannya secara lebih efektif, banyak sastrawan
menggunakan paradoks. Setelah dianalisis dcngan menggunakan pendekatan New
Criticism, ditemukan bahwa dalam novelnya 7711: God of Small Things, Arundhati Roy
menggunakan paradoks pada peristiwa, penokohan, dan penceritaan untuk mengkritik
budaya Anglophilia dan pralctek ajaran Kristen aiiran Suriah di Kerala, negara bagian di
India bagian Selatan.
Orang ?berkulit putih,? terutama orang lnggris, yang dianggap bcrbudaya tinggi
dan berperilaku baik, ternyata berperilaku jahat dan menyebabkan kesengsaraan bagi
peududuk asli yang mengaguminya, dan yang sebenarnya memiliki kelebihan-kelebihan.
Secara ironis, pemujaan secara berlebihan terhadap Sophie Mol, seorang peranakan
?berkulit putih? yang sedang berkunjung ke rumah kakeknya di Ayemenem, Kerala,
merupakan pemicu dari berbagai kejadian mcnyedihkan, termasuk kematian Sophie Mol
Sendiri.
Gereja mengajarkan persamaan martabat rnanusia di hadapan Tuhan. Akan tetapi,
agama Kristen aliran Suriah di Kerala menggolong-golongkan umatnya berdasarkan
kasta. Umat yang berasal dari ketumnan Brahmana (Touchables), polisi dan orang
?berkulit putih" ditempatkan pada kelas atas, kelas terhormat, sementara kaum paria
(Untouchables), Arnmu yang dikucilkan karena melanggar atumn keluarga, bersama anak
kembarnya, ditempatkan pada kelas bawah, kclas terbuang.
Akan tetapi, kedua kelompok manusia ini dibuat lebih hina dari binatang dan
serangga. Seperti binatang, kelompok atas ini begitu kejam dan kasar terhadap kaum
bawah. Kaum Untouchable.: diperlakukan begitu hina dan tidak berdaya, sehingga
kehidupan binatang dan serangga seolah-olah lebih langgeng dari kehidupan mereka.
Sementara itu, binatang dan serangga menunjukl-can sifat-sifat manusia dan diperlalcukan
seperti manusia. Selanjutnya kaum Untouchable: dan keluarga tersnsih Ammu dibuat
lebih berguna dari kaum Touchables, polisi dan orang ?berkulit putih?, karena kelompok
pertama membuat yang tidak berguna dan terbuang menjadi berguna, sedangkan
kelompok kcdua membuat barang yang baru dan berguna menjadi tidak bcrguna.
Perscllngkuhan Ammu dari keluarga Brahmana dengan Vclutha dari kclompok
paria merupakan hujatan terhadap pihak yang menguiuk ikatan antara insan dari kedua
kelompok tersebut. Perbuatan incest anak kembar Arrunu bisa dilihat, antara lain, sebagai
ejekan terhadap praktek agama Kristen aliran Suriah yang mengutuk pemikahan
antarsuku dan antaragama, dan menekankan pemikahan sesama mere]-ca. Perbuatan
terkutuk tersebut bisa juga dilihat sebagai akibat dari patahnya cinta pada kehidupan
mercka. Tidak seorang pun mencintai mcrcka, dan orang-orang yang pemah mereka
cintai tclah mcninggal.

Abstract
In order to convey their message more effectively, many writers use paradoxes.
Analytical study of The God of Small Things employing New Critcism reveals that in his
novel, Arundhati Roy uses paradoxes in the plot, characterization, and language to
criticise Anglophlia and Syrian Christian practices in Kerala, a Southern state in India.
The Whites who are thought to be highly civilized and., therefore well-behaved,
tum out to be notorious and cause sufferings to the natives who admire them. These
natives are thought to be inferior, but actually are worthy. Ironical ly, excessive devotion
towards visiting Sophie Mol, an English mixed-blood young girl, triggers tragedies,
including the death oi' Sophie Mol herselti
The church preaches equality of men before God. But the Syrian Christian church
puts her faithfuls in castes. Descendants of former Brahmins (Touchables), the police and
the Whites are put in the highest position, and are highly respected, whereas the pariahs
(Umauchables), Ammu for breach of family regulation, together with her twins, are put
in the lowest one, and considered worthless.
But these two groups of people are made inferior to animals and insects. Like
animals, Ybuchables, thc police and the Whites are so cruel towards Unrouchables,
Arnmu, and her twins that animals and insects seem more viable than them. Furthermore,
the Umouchables are made worthier than the Unrouchables. in that the former make
useless and discarded things useful, whereas the latter make new and useful things
useless-
. Adultery commited by Arnmu, a Brahmin descent, with Velutha, a pariah, is seen
as a blow to those who consider marriages between two different castes impossible and
condemned. Incest done by Ammu?s twins is seen, among others, as a ridicule to Syrian
Christian practices which denounces marriages between different tribes and ditTerent
religions, engouraging marriages among themselves. It may also be viewed as a result of
love deprivation in their life, because no one loves them and the people they loved have
parished"
Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2000
T5284
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rahayu Puji Haryanti
"Anglophilia is a kind of state of mind in which the owner (the anglophile) adhores English people or English things. In this research the meaning of this term is broadened into a state of mind of people who adhore white people (including white American) and all their properties (way of life, culture, language, etc). This research tries to undo what has happened to the anglophiles especially those who live in am ex-British and American colonized areas as described in two novels - The God of Small Things by Arundhati Roy and Dog-eaters by Jessica I Tagedorn. First, it reveals that the theme of those novels is how the people in the novels, in facing the conflicts between their traditional (eastern) culture and the colonizer's (western) culture, strive for a cultural identity. After that, this research shows how anglophi/ia is developed within the frame of the theme. It can be infered that, then, anglophilia is a dilemma for those people (especially the main characters) as, on one side, it does not give a clear stance to the upholders but, on the other side, it cannot be completely avoided. When the anglophiles try to get rid of the western culture and turn to their ancestors' culture, the are faced with dislocation. They cannot deny that they still need self actualization by embracing the western culture.
This research finds out that both novels offer a temporary solution to the problem. It is the idea of hybridization. The conflicts are regarded as historical impact that has to be taken by the new generation in the colonial areas. They are not anymore purely local while, at the same time, the cannot be fully western. Their identity is in the grey area (between black and white). However, as said before, it is a temporary stance since with their position, they are not yet satisfied. They sill continue searching while being active and dynamic in living their life."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2000
T37232
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nuraini Putri Tarmono
"Karya sastra merupakan produk yang dapat mencerminkan kehidupan masyarakat. Salah satu isu sosialnya adalah mengenai wanita. Citra wanita dapat tergambar dari alur kehidupannya, oleh karenanya jika alur kehidupannya berbeda tentu akan menimbulkan karakter yang berbeda pula. Penggambaran citra wanita methakil merupakan sosok wanita yang tidak seperti wanita Jawa pada umumnya. Permasalahan dalam penelitian ini terdiri atas dua, yaitu 1. Bagaimana penggambaran citra wanita methakil dalam novel Wanita Methakil, dan 2. Bagaimana relevansi dan implikasi bagi wanita masa kini. Tujuan dalam penelitian ini yaitu memberikan gambaran mengenai citra wanita methakil dan memberikan suatu pendidikan karakter pada wanita masa kini. Deskriptif kualitatif di gunakan sebagai metode penelitian dengan pendekatan objektif sebagai cara untuk menganalisis citra di dalam novel. Hasil dari penelitian ini terdiri dari: 1. Citra wanita methakil terbagi atas karakter kurangnya kontrol diri dan bertanggung jawab, dan 2. Implikasi didapatkan melalui pendidikan karakter yang tergambar dalam citra wanita di Serat Candrarini sebagai pembelajaran bagi wanita masa kini agar tidak mengarah pada karakter wanita methakil yang buruk. Didapatkan kesimpulan bahwa citra wanita methakil adalah contoh karakter yang buruk sehingga dapat dijadikan sebagai batasan dalam berperilaku khususnya bagi wanita.

Literary works are products that can reflect the life of society. One of the social issues is about women. The image of a woman can be depicted from the flow of her life; therefore, if the flow of life is different, it will certainly lead to different characters. The depiction of Methakil's female image is of a female figure who is not like Javanese women in general. The problems in this study consist of two: 1. How is the depiction of the image of methakil women in the novel Wanita Methakil, and 2. what are the relevance and implications for women today? The purpose of this study is to provide an overview of the image of methakil women and provide character education for women today. Descriptive qualitative is used as a research method with an objective approach as a way to analyze the image in the novel. The results of this study consist of: 1. The image of a methakil woman is divided into characters with lack of self-control and responsibility; and 2. The implication is obtained through character education depicted in the image of women in Serat Candrarini as a lesson for women today so as not to lead to the bad character of methakil women. It is concluded that the image of a methakil woman is an example of a bad character, so that it can be used as a limitation in behavior, especially for women."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2023
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
"Ning swasti (Savitri) a character in Achmad Munif's novel Primadona has been illustrated as a feminist eksistensialist....."
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Fikri Banalha
"Penelitian ini membahas konflik batin pada tokoh Muhammad Ayyas dalam novel Bumi Cinta karya Habiburrahman El Shirazy dengan menggunakan pendekatan psikologi sastra. Novel Bumi Cinta mengandung unsur nilai dan norma Islam di dalamnya. Setiap tempat memiliki nilai dan normanya masing-masing. Perbedaan nilai dan norma di suatu tempat bisa saja bertentangan dengan tempat yang lainnya. Dalam novel Bumi Cinta tokoh Ayyas yang memiliki latar nilai dan norma Islam menghadapi perbedaan nilai dan norma di Rusia yang sangat bertentangan dengan dirinya. Nilai dan norma yang bertentangan ini mengakibatkan munculnya konflik batin di dalam diri Muhammad Ayyas. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan menggunakan pendekatan psikologi sastra. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Ayyas mengalami dilema dalam pertemanan, mencari tempat tinggal, beribadah, dan percintaan. Hal tersebut karena setiap keputusan yang Ayyas ambil selalu berlandaskan nilai dan norma Islam serta logika berpikirnya.

This study discusses about inner conflict Muhammad Ayyas character in the novel Bumi Cinta by Habiburrahman El Shirazy using a psychology literary approach. Novel Bumi Cinta has Islam norms and value. Each place has its own norms and values. This difference can be contradicting between others. In novel Bumi Cinta, Muhammad Ayyas has a problem because he has a different norms and values with surroundings. Contradicting value and norms makes inner conclict for Muhammad Ayyas. This research tries to describe inner conflict in him and describe Muhammad Ayyas response when he deals with inncer conflict. This study used a qualitative descriptive method and analyzed the novel based on a psychology literary approach. The result showed Muhammad Ayyas facing a dilemma about friendship, looking for a place, worship, and love. Ayyas decision always based on Islam norms and values and his logic."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2021
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Hendra Prasetyo
"Skripsi ini membahas tentang citra diri perempuan dalam novel “Love In The Kingdom of Oil” karya Nawal el Sadaawi. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan citra diri perempuan dalam novel dari aspek fisik, psikis, dan sosial masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan struktural untuk menganalisis unsur intrinsik dalam novel. Unsur intrinsik ini menjadi dasar dalam analisis citra diri perempuan. Kesimpulan dari analisis tersebut adalah terdapat korelasi antara unsur intrinsik tema, tokoh dan penokohan, latar, dan amanat dengan penggambaran citra perempuan dalam novel tersebut.

This thesis discusses about women self image in the novel “Love In The Kingdom of Oil” by Nawal el Sadaawi. The purpose of this study to describe about women self image in the novel from the physical aspect, psychological aspect, and social aspect. This research use a structural approach to analyze the intrinsic unsure of the novel. The intrinsic elements of the basis for the analyze of the woman self image. The conclusion of this analysis is that there is a correlation between theme, character and characterization, setting, and moral with describtion of women self image in that novel."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S45920
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Literary work is man's creative work that expresses the beauty of human being and becomes tools to deliver ideas that has been thought and felt by author about human life...."
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Yulia Sri Lorani
"ABSTRAK
Skripsi ini membahas deskripsi mengenai salah satu nilai yang dijunjung tinggi di
Jepang yang bernama omoiyari. Nilai omoiyari menjadi landasan bagi orang
Jepang dalam bertindak. Omoiyari diperlukan untuk membentuk manusia yang
matang secara moral. Menurut teori omoiyari yang dikemukakan oleh Takie
Sugiyama Lebra, nilai omoiyari memiliki lima bentuk yang wujudnya dapat
dilihat dalam novel berjudul Madogiwa no Totto-chan. Dari hasil analisis dapat
diketahui bahwa omoiyari tercermin menjadi empat tingkah laku seperti
memelihara konsensus, mengoptimalkan kenyamanan, bersifat timbal balik, dan
merasa bersalah.

ABSTRACT
This thesis discusses the description of one of the values upheld in Japan named
omoiyari. Omoiyari value becomes the basis for the Japanese people in the way
they act. Omoiyari is required to establish a morally mature human. According to
the theory of omoiyari by Takie Sugiyama Lebra, omoiyari value has five forms
that can be seen in the Madogiwa no Totto-chan novel. From the analysis, it can
be seen that omoiyari reflected in four behaviors such as maintaining consensus,
optimizing comfort, reciprocal, and feel guilty"
Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2014
S57587
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Apsanti Djokosuyatno
"Kelima novel sejarah Indonesia yang dipilih sebagai objek penelitian ini memperlihatkan keragaman konvensi, bentuk, dan warna. Ada yang menggunakan tokoh-tokoh sejarah sebagai tokoh utama, dan tokoh fi ktif sebagai pelengkap, ada yang sebaliknya menggunakan tokoh sejarah sebagai tokoh bawahan, ada yang sebagian besar tokohnya adalah tokoh sejarah. Katrologi Bumi Manusia memperlihatkan warna realis yang kuat dan bentuk yang rumit; begitu pula Arok Dedes yang ideologis. Subang Zamrud Nurhayati memperlihatkan erotisme dan alur yang sederhana, sementara Roro Mendut menekankan masalah psikologis, dan Perlawanan Rakyat Sigi yang pendek berwarna heroik, memang tepat untuk anakanak. Dua dari keempat pengarang novel sejarah yang dibahas sudah tiada, dua yang lain berusia lanjut. Mereka semua memperoleh pendidikan yang relatif baik, khususnya dalam hal sejarah. Keempatnya sangat prihatin terhadap keadaan bangsa dan negaranya, dan sebagian besar telah secara aktif mendukung mereka yang tertindas.

The fi ve Indonesian historical novels being the object of this research, reveal the western convention of the genre in a variety of forms and colours. Pramoedya?s and Mansur Samin?s use both ?real? historical person as heroes and secondary character, while the others present imaginative characters as heros and historical persons as background. Pram?s Bumi Manusia, consisting of four books, shows the most complicated form and tends to be realistic in its narration. Arok Dedes, as complicated as the fi rst, is an ideological one. While Roro Mendut, in a very loose plot preoccupies with the psychological problem of the principal characters, and Subang Zamrud Nurhayati is erotic. The thinnest of the fi ve, Perlawanan Rakyat Sigi is heroic. About the writers: two of them are dead, the rest is above sixty years old. The interview shows that they love history and have received good education, especially in history stuff. They are preoccupied by the poor condition of the Indonesian people and the nation, and most of them supported actively the struggle of the oppressed."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2002
AJ-Pdf
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>