Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 73268 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ari Angga Nugraha
"Perkembangan teknologi komunikasi menjadi faktor pendukung perusahaan untuk menghadirkan berbagai macam layanan yang dapat meningkatkan kepuasan pelanggan. Salah satu cara tersebut adalah dengan perantara Customer Service (CS). Kebutuhan CS akan sebuah sistem komunikasi dengan Customer yang sesuai mendorong perusahaan untuk membuat media komunikasi khusus untuk CS mereka. PT. XYZ, sebagai salah satu perusahaan yang ingin menerapkan media komunikasi berbasis aplikasi web khusus untuk CS mereka, memiliki beberapa kebutuhan terkait aplikasi tersebut. Beberapa diantaranya: dapat bekerja multi-platform dan mendukung fleksibilitas pekerjaan CS, seperti mampu mengatur agar CS terlihat Online atau Offline, memindahkan percakapan antar CS, mengakhiri percakapan dan memberi notifikasi jika terdapat pesan masuk. Untuk memenuhi berbagai kebutuhan tersebut, dibutuhkan beberapa teknologi dan layanan, khususnya layanan yang memungkinkan komunikasi antara perusahaan dengan Customer melalui berbagai kanal komunikasi seperti Whatsapp. Salah satu layanan yang digunakan pada penelitian ini adalah Twilio. Twilio merupakan penyedia layanan Cloud Communication Platform yang memungkinkan developer membuat sebuah sistem komunikasi dengan berbagai media seperti suara, pesan teks dan media lainnya serta terintegrasi dengan layanan SMS, Whatsapp, email dan sebagainya. Pada penelitian ini sistem komunikasi memanfaatkan Twilio dan dibangun di atas aplikasi web yang merupakan Progressive Web App (PWA). PWA pada penelitian ini dibangun menggunakan library ReactJs yang menggunakan bahasa pemrograman Javascript. Pemilihan PWA pada penelitian ini berdasarkan pada keunggulan PWA seperti aplikasi web yang responsif, dapat dipasang pada perangkat khususnya perangkat mobile, dan penggunaan service worker yang mampu menerima Push Notification dinilai mampu memenuhi kebutuhan sistem komunikasi CS pada PT XYZ. Notifikasi pada sistem diimplementasikan dengan menggunakan Firebase Cloud Messaging (FCM) yang diintegrasikan dengan Twilio. Hasil akhir dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi web yang memenuhi kebutuhan PT XYZ sehingga aplikasi web dapat digunakan oleh CS dari PT XYZ.

The development of communication technology is a supporting factor for the company to present various services to improve customer satisfaction. One of these ways is through Customer Service intermediaries. CS needs for a communication system with customers that encourages companies to create a custom communication medium for their CS. PT XYZ is a company that wants to implement a custom web application-based communication media for their CS has several needs related to the application. Such as being able to work multi-platform and supporting the flexibility of CS work, such as being able to set CS to look Online or Offline, transfer conversation between CS, terminate conversations and give notification if there are incoming messages. Several technologies and services are needed to fulfill these needs, especially services that allow communication between companies and customers through various communication channels like Whatsapp. One of the services used in this research is Twilio. Twilio is a Cloud Communication Platform service provider that allows developers to create a communication system with various media such as voice, text messages, and other media, integrated with SMS services, Whatsapp, email, and other services. In this research, the communication system using Twilio and built on top of a web application which is a Progressive Web App (PWA). The PWA in this research is built using the ReactJs library, which uses the Javascript programming language. The decision to use PWA in this research is based on advantages of PWAs such as responsive web applications, can be installed on devices, especially mobile devices, and the use of service workers capable of receiving Push Notification is considered capable of meeting the needs of the CS communication system at PT XYZ. Notifications on the system are implemented using Firebase Cloud Messaging (FCM) and integrated with Twilio. The final result of this research is a web application that meets the needs of PT. XYZ so that CS from PT XYZ can use the web application."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Condro Kartiko
"ABSTRAK
Setiap pengguna menginginkan aplikasi web yang berkualitas. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan pimpinan perusahaan dan tim pengembang perangkat lunak, pada PT XYZ belum memiliki acuan baku evaluasi kualitas dari aplikasi web yang dimiliki. Oleh karena itu, PT XYZ juga belum dapat menilai tingkat capaian kualitas sebuah aplikasi web. Berdasarkan fakta tersebut terjadi gap antara ekspektasi pimpinan untuk memenuhi keinginan pengguna yang menginginkan produk aplikasi web berkualitas dengan belum adanya acuan baku dan kegiatan evaluasi aplikasi web pada PT XYZ. Evaluasi kualitas aplikasi web dilakukan untuk menilai tingkat capaian kualitas sebuah aplikasi web.
Evaluasi ini berfokus pada empat karakteristik yaitu usability, functionality, reliability, dan efficiency. Metode evaluasi kualitas aplikasi web ini menggunakan Web Quality Evaluation Method (WebQEM) karena bersifat obyektif. Hasil akhir dari analisis ini adalah rekomendasi strategi evaluasi kualitas produk perangkat lunak yang berguna untuk melakukan evaluasi kualitas dari aplikasi web serta dapat menjamin kualitas aplikasi web pada PT XYZ. Rekomendasi strategi yang berfokus pada empat karakteristik tersebut sudah dijalankan. Evaluasi pertama dilakukan pada empat karakteristik dan diberikan rekomendasi untuk dilakukan perbaikan pada semua karakteristik untuk meningkatkan kualitas aplikasi web. Iterasi evaluasi dilakukan kembali pada empat karakteristik tersebut. Hasil yang diperoleh berdasarkan iterasi evaluasi yang dilakukan bahwa aplikasi web tersebut memperoleh peningkatan kualitas pada tiga karakteristik yaitu usability, functionality, dan efficiency.

ABSTRACT
Every user expects the qualified web application. Based on the observation results and interview with the company leader and software developer team of PT XYZ, the firm does not have the standardized reference of evaluation of the web application used. Therefore, the firm can not assess the quality of the web application. This condition leads to the discrepancy between the expectations of the board of directors to meet the expectations of users to get the qualified web applications due to unavailability of standardized reference to evaluate the web. The evaluation is considered essentials to assess the level of quality of the web application.
The evaluation is mainly focused on four characteristics. They are usability, functionality, reliability and efficiency. The evaluation method of web application uses the Web Quality Evaluation Method (WebQEM) for the objectivity nature of the method. The final results of the analysis are in the form of strategic recommendations of software quality evaluation which are useful to evaluate the quality of the web application, and also to assure the quality of the web application of PT XYZ. The strategic recommendations of these four characteristics have been implemented. The first evaluation had been done to these four characteristics and resulted on recommendations to make adjustment and improvements in all characteristics to enhance the quality of web application. The frequent evaluation was conducted as well. It found that the web application has developed the quality in three characteristics, they are usability, functionality and efficiency."
2016
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Fajar Anugerah Subekti
"Klinik gigi DN merupakan salah satu klinik gigi yang saat ini masih menggunakan sistem pengoperasian secara offline, banyak penggunaan kertas dalam pencatatan, appointment dilakukan secara manual, dan data yang tidak terintegrasi. Hal ini dapat menyebabkan terhambatnya pelayanan pasien sehingga timbulnya persepsi buruk dari pasien akan pelayanan yang dilakukan klinik gigi DN. Berdasarkan masalah tersebut, tim pengembang mengembangkan sebuah sistem informasi yang dapat menjadi solusi dari permasalahan tersebut. Pada pengembangan, dikembangkan dua sistem terpisah (internal web apps dan aplikasi PWA [Progressive Web Apps]) yang saling terintegrasi satu sama lain. Internal web apps akan digunakan oleh pihak internal klinik gigi DN dalam menjalankan proses bisnisnya, sementara aplikasi PWA (Progressive Web Apps) digunakan oleh pasien klinik gigi DN. Sistem ini dikembangkan menggunakan salah satu metode pengembangan perangkat lunak agile, yaitu Scrum. Kerangka kerja Scrum yang digunakan terdiri dari tiga fase, yaitu pre-game, game (development), dan post-game. Pada fase pre-game, dilakukan requirement gathering, perencanaan, dan architecture/high level design. Pada fase game, dijalankannya sprint untuk pengerjaan proyek. Pada fase post-game dilakukannya testing terhadap sistem yang telah dikembangkan. Pada pengembangan sistem di klinik gigi DN ini, dihasilkan dua sistem (Internal web apps untuk internal klinik dan aplikasi PWA [Progressive Web Apps] bagi pengguna eksternal klinik) yang dibangun dengan framework Spring Boot dan React JS. Dengan dikembangkan sistem informasi dan aplikasi tersebut, diharapkan pihak klinik gigi DN dapat lebih efektif dan efisien dalam melayani pasien.

DN dental clinic that currently uses an offline operating procedure, uses a lot of paper in recording, appointments are done manually, and the data is not integrated. This can cause delays in serving patients so that there is a bad perception from patients about the services provided by the DN dental clinic. Based on these problems, the development team developed an information system that could be a solution to these problems. During the development, two separate system (internal web apps and PWA [Progressive Web Apps] application) were developed which were integrated with each other. The internal web apps will be used by DN dental clinic internal parties in carrying out their business processes, while the PWA (Progressive Web Apps) application is used by DN dental clinic patients. The system is developed using one of the agile software development methods, namely Scrum. The Scrum framework used consists of three phases, namely, pre-game, game (development), and post-game. In the pre-game phase, requirements gathering, planning, and architecture/high level design are carried out. In the game phase, sprints are executed. In the post-game phase, testing of the system that has been developed is carried out. In the development of the DN dental clinic information system, two system (internal web apps for internal clinic and PWA [Progressive Web Apps] application deliver to patient) were produced which were built with Spring Boot and React JS frameworks. By developing the system information and applications, it is oped that the DN dental clinic can be more effective and efficient in serving patients."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Darren Ngoh
"Tech winter menyebabkan sebanyak 97,000 pekerja di sektor teknologi terdampak pemutusan hubungan kerja pada tahun 2022. Fenomena ini menyebabkan lapangan kerja yang semakin terbatas dan kompetitif, sehingga para lulusan baru di bidang teknologi informasi sulit mendapatkan pekerjaan. Faktor utama yang menyebabkan lulusan baru kalah bersaing adalah kurangnya pengalaman kerja praktis selama masa studi. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini terletak dalam gig economy. Saat ini sudah banyak platform yang menawarkan gig economy dalam bentuk pekerjaan lepas (freelance), tetapi belum ada yang secara khusus menargetkan mahasiswa sebagai pasar utamanya. Padahal, melalui gig economy mahasiswa dapat membangun portofolio yang baik sejak masih duduk di bangku perguruan tinggi dengan menerima proyek lepas bidang Teknologi Informasi (TI). Dalam penelitian ini, dirancang sebuah aplikasi web yang khusus menyediakan proyek lepas di bidang TI bagi mahasiswa dengan menerapkan metodologi Customer Development. Aplikasi web tersebut dapat digunakan oleh dua tipe pengguna, yaitu pengguna pekerja mahasiswa dan pengguna klien. Penelitian ini berhasil menghasilkan luaran berupa solusi yang telah mencapai problem-solution fit dengan menggunakan value proposition canvas yang sudah tervalidasi, MVP berbentuk high-fidelity prototype, serta mengusulkan sebuah funnel akuisisi pengguna dengan memanfaatkan model AIDA. Secara garis besar, value propositions yang harus dimiliki oleh aplikasi adalah sistem verifikasi mahasiswa, sistem assessment bagi mahasiswa, sistem pendaftaran yang terpusat, bimbingan mentor saat pengerjaan proyek, dan sistem insentif yang kompetitif. Beranjak ke funnel akuisisi pengguna, awareness ditandai dengan pengguna pertama kali mengenal aplikasi, interest ditandai dengan pengguna mengunjungi aplikasi, desire ditandai dengan pengguna membuat akun pada aplikasi, dan akhirnya action ditandai dengan pengguna melamar pada proyek yang tersedia pada aplikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat potensi besar dalam pemanfaatan gig economy untuk membantu mahasiswa TI mendapatkan pengalaman kerja nyata.

The tech winter led to the layoff of approximately 97,000 workers in the technology sector in 2022. This phenomenon has led to increasingly limited and competitive job opportunities, making it difficult for fresh graduates in the field of information technology to secure employment. The main factor contributing to fresh graduates' inability to compete is the lack of practical work experience during their studies. One solution to this issue lies in the gig economy. There are currently numerous platforms that offer gig economy opportunities in the form of freelance work, yet none specifically target students as their primary market. However, through the gig economy, students can build a strong portfolio from their university days by accepting freelance projects in the field of Information Technology (IT). In this research, a web application is designed specifically to provide freelance projects in the IT field for students, applying the Customer Development methodology. The web application will be facilitating two segment of users, the student workers and the clients. The research successfully produced outputs including a solution that has achieved a problem-solution fit using a validated value proposition canvas, a Minimum Viable Product (MVP) in the form of a high-fidelity prototype, and proposed a user acquisition funnel utilizing the AIDA model. To simplify, the value propositions for the application are student verification system, an assessment system for students, a centralized registration system, mentor guidance during project work, and a competitive incentive system. Moving on to the user acquisition funnel, awareness is characterized by users first getting to know the application, interest is characterized by users visiting the application, desire is characterized by users creating an account on the application, and finally action is characterized by users applying to projects available on the application. The findings of this research demonstrate a significant potential in leveraging the gig economy to assist IT students in gaining real work experience."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Widodo
"Dengan semakin banyaknya tempat perawatan dan perbaikan printer Hewlett Packard yang dibuka selama tiga tahun terakhir ini, menjadikan persaingan diantara pemain yang ada di pasar tersebut semakin ketat. Selain itu adanya kebijaksanaan dari produsen Hewlett Packard (HP) yang menutup akses sebagian spare part printer terutama jenis printer low-end dan memberlakukan program trade-in pada printer jenis tersebut, tentu sangat memberatkan bagi dunia bisnis jasa perawatan dan perbaikan printer ini. PT XYZ sebagai Authorized Service provider juga merasakan dampak negatif dari kondisi diatas. Dampak negatif ini terutama mempengaruhi kelangsungan bisnis divisi workshop. Kebimbangan pihak manajemen dalam mengambil kebijaksanaan yang tepat terhadap bisnis workshopnya memang bisa dipahami. Opsi untuk menutup divisi workshop atau malahan mengembangkan secara agresif dengan tujuan bisa memonopoli bisnis ini adalah merupakan pilihan yang tidak mudah. Berbagai pertimbangan hendaknya bisa lebih dicermati. Potensi pasar yang ada dan perkiraan pertumbuhannya merupakan hal yang sangat perlu dipertimbangkan. Sumber pendapatan workshop mana saja yang potensi juga perlu diketahui.
Untuk dapat mengambil kebijaksanaan terhadap divisi workshop PT XYZ tentunya bukan merupakan hal yang mudah. Untuk itu penulis berusaha mencoba mengevaluai dan menganalisa berbagai aspek, yang mana nantinya bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan pengambilan kebijaksanaan penanganan divisi workshop. Dalam meneliti dan menganalisa berbagai aspek yang ada, penulis membagi permasalahan ini menjadi tiga bagian. Pertama, menganalisa apakah pasar jasa service printer HP yang ada dan prediksi pertumbuhannya masih potensi. Kedua, meneliti adakah segmen pelanggan workshop yang lebih perlu dikembangkan. Dan yang ketiga, jika ternyata pasar jasa service masih potensi maka penulis mencoba memberi berbagai masukan sebagai bahan pertimbangan dalam meningkatkan proses service delivery workshop guna mendukung upaya pengembangan pelanggan. Adapun tujuan dari penelitian ini ialah untuk memberi masukan berbagai temuan dan beberapa opsi yang bisa diambil untuk menangani divisi workshop kepada pihak manajemen PT XYZ.
Dari penelitian dan analisis yang penulis lakukan terhadap potensi pasar jasa perawatan dan perbaikan printer HP pada tahun 2006 dan perkiraan pertumbuhannya pada tahun 2007, temyata menunjukan adanya potensi pasar yang berkembang cukup bagus. Walaupun pasar jasa perawatan dan perbaikan ini memiliki perkiraan pertumbuhan yang cukup bagus, namum jika dilihat dari besarnya nilai rupiah pasar tersebut temyata tidak cukup besar sehingga kurang menarik.
Di sisi lain penelitian terhadap PT XYZ menunjukan bahwa selama perjalan bisnisnya tidak pemah mengalami gejolak yang berarti walaupun terkena dampak resesi ekonomi yang berkepanjangan. Pendapatan PT XYZ diperoleh dari keempat divisi, yaitu maintenance contract (MC), spare part, project dan workshop. Divisi maintenance contract memberi kontribusi pendapatan yang paling besar terhadap keseiuruhan pendapatan PT XYZ dan kontribusi terkecil berasal dari divisi project dan workshop. Walaupun kontribusi divisi workshop terhadap pendapatan keseluruhan PT XYZ relatif kecil dibanding divisi lainya, namun divisi ini tidak pernah merugi sepanjang perjalananya.
Penelitian juga dilakukan terhadap pelanggan workshop PT XYZ yang dikelompokkan menjadi pelanggan bisnis dan pelanggan perorangan. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa pelanggan bisnis memiliki proporsi lebih besar dari pada pelanggan perorangan terhadap jumlah barang yang diperbaiki di workshop. Selain itu pelanggan bisnis temyata juga memberi kontribusi pendapatan dan profit margin yang lebih besar dibanding pelanggan perorangan terhadap pendapatan workshop. Dari hasil survey kepuasan pelanggan workshop yang penulis lakukan, menunjukkan adanya gap yang paling besar terjadi pada dimensi tangibles dan dimensi reliability. Hal ini menunujukkan masih adanya perbedaan yang masih cukup besar antara proses service delivery yang diberikan workshop PT XYZ dengan harapan pelanggannya. Hasil survey juga menunjukkan bahwa tingkat prioritas dimensi reliability mendapat prioritas utama bagi pelanggan jika dibandingkan dengan dimensi lainnya (tangibles, responsiveness, assurance dan empathy). Hasil temuan ini sangat berguna bagi usaha peningkatan mutt service delivey workshop PT. XYZ. Dart basil analisa ini penulis akhirnya dapat memberikan beberapa opsi dalam menangani workshop PT XYZ.
Untuk menangani workshop PT XYZ ada beberapa opsi yang bisa dipilih yaitu workshop dikembangkan secara agresif atau di bubarkan saja. Sedangkan opsi yang ketiga ialah mengembangkan workshop secara moderat. Pengembangan secara agresif dan pembubaran divisi workshop temyata bisa menimbulkan banyak dampak negatif. Selain itu akan nampak lucu bila PT XYZ yang ditunjuk sebagai tempat perawatan dan perbaikan resmi HP tidak memiliki bagian (devisi) yang bisa menerima barang HP rusak untuk diperbaiki.
Selain pertimbangan dari sisi nilai rupiah, ternyata workshop juga mempunyai nilai strategis lainnya yang bisa dipertimbangkan, salah satunya ialah sebagai pintu masuknya pelanggan untuk menjalin kerjasama maintenance contract. Perin diingat kembali bahwa maintenance contract ini merupakan divisi dart PT YXZ yang memiliki kontribusi pendapatan dan profit margin paling tinggi terhadap keseluruhan pendapatan PT XYZ. Untuk itu penulis menyarakan kepada pihak manajemen PT XYZ agar memiiih-opsi ketiga yaitu menangani workshop secara moderat.
Agar bisa mengembangakan workshop secara moderat bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan meningkatkan mutu pelayanan jasa perawatan dan perbaikan yang diberikan workshop. Peningkatan mutu pelayanan jasa perawatan dan perbaikan ini hams membertimbangkan berbagai aspek, diantaranya ialah persepsi dan ekspektasi pelanggan workshop. Untuk mengetahui sejauh rnana persepsi dan ekspektasi pelanggan terhadap jasa perawatan dan perbaikan workshop yang telah mereka terima, penulis melakukan survey persepsi dan ekspektasi pelanggan workshop PT XYZ. Dari hasil survey ini akan diperoleh banyak masukan yang bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam upaya peningkatan mute pelayanan jasa workshop.
Dari hasil penelitian ini, akhimya penulis dapat menyimpulkan bahwa potensi perturnbuhan pasar jasa perawatan dan perbaikan printer HP masih cukup baik, namun nilai rupiahnya kecil sehingga kurang menarik dalam pengembangan bisnis secara besar-besaran. Penanganan workshop sebaiknya dilakukan secara moderat, salah satunya dengan cara meningkatkan mutu pelayanan jasa perawatan dan perbaikannya. Untuk meningkatkan mutu pelayanan jasa perawatan dan perbaikan printer di workshop, perlu mempertimbangkan berbagai temuan dari hasil penelitian dan masukan dari pelanggan workshop serta lebih fokus pada segmen pelanggan bisnis.

The effect of some service center were opened in the last three years ago, makes market competition was harder than before. The Policy of Hewlett Packard (HP) did not support low-end printer's spare part any more is big problem for HP Authorized Service Provider (ASP). The effect of this policy, HP ASP does not have any spare part to repair low-end printer HP. Another Producer HP's policy is decision for running program trade-in for broken low-end printer HP with new one in similar level. These two HP's policies make bad condition for business service as HP authorized service provider.
PT XYZ's business as HP authorized service provider was influenced by this condition. PT XYZ's business was not as good as before, especially for workshop division. The growth of workshop's business always slows down smoothly. We can understand that decision making for handle workshop business is not easy. There are some options for handle workshop's business. Closing workshop division or focus in developing workshop business in order to be market leader is not easy decision. There are some factors have to be understood and analyzing. Market potential and its growth is importance to be known. Which one of customer workshop segment more potential to be improved is something shall be remembered.
In this condition to find a good decision to handle workshop's business is not simple. I try to observe and analyze some factors in order to more understand the all basic problems and tray find out something as basic decision maker for workshop's business. In order to make our analyzing is easier to be understood, I try to discuss this problem into three groups. First, to analyze HP printer service market and how it's market growth. Second, to analyze customer base workshop PT XYZ, are there any customers segment more importance to be developed?
Third, if the market is potential I will tray to give some option to support improving quality service delivery workshop. The goal of this observation is giving importance information fording from this observation and analysis to PT XYZ management and gives some options that can be used to handle workshop's business.
By observation and analyzing about HP printer service market in 2006 and market growth prediction in 2007, I found that there was good potential market growth. But if we see the value of the money from HP printer service market is not big enough for developing business service workshop. On the other hand, observation and analysis to PT XYZ service business shown that there was not big problem even though there is some economics recession for long time. PT XYZ revenue was derived from its four divisions (maintenance contract service division, spare part division, project division and workshop division). Maintenance contract service division (MC division) gives the best contribution for all PT XYZ revenue and workshop division gives little contribution for all PT XYZ revenue. Even though workshop division gives only a little contribution to all company revenue, but business workshop never get loss profit as long as its business running. On the other hand workshop division has another good strategies value for company service business. Another strategic value workshop division is as start point for customer excess in making business relation with maintenance contract service division. As we know that MC division has the best revenue and profit margin for all company revenue.
I also analysis and observe workshop's customer. I distinguish workshop's customers into two groups. The groups are business customer and individual customer. The result of observation and analysis workshop customers shown that business customer has bigger proportion than individual customer has. Business customer also gives bigger contribution revenue and profit margin for workshop revenue than individual customer. From the finding of this observation and analysis, I can give some options for handling workshop business PT XYZ. There are some options for handling workshop business. The options are closing workshop division or to develop workshop division aggressively. The other option is improving business workshop as moderate as possible. Option to close workshop division has many negative effects. It looks like funny if PT XYZ as HP Authorized Service Provider does not have division which able to receive service printer form customers. The other reason, there is obligation form producer HP that company as HP authorized service provider has service division in order to receive broken HP product to be repaired. The other aspect has to remember, even though workshop business has a little contribution for company revenue but workshop division has others good strategic business. The other strategic value workshop division is as starting point for excess customer in making business relation with maintenance contract service division. As we know that MC division has biggest contribution revenue and profit margin for Company. By this reasons, I suggest to PT XYZ management to choose option to develop workshop division as moderate as possible.
Option for developing workshop division as moderate possible can be held by improving quality of service delivery workshop. In the process improving quality of service delivery workshop has to remember everything that has been found in observation and analysis about customer base workshop and five dimensions was found from expectation and perception customer survey. The other case must be remembered is managing ratio proportion of each contribution division for all revenue PT XYZ.
At the end of observation and analysis of opportunity development business workshop, I can make decision that there is a good potential for HP printer service market growth, but the value of money is not big enough, so it is not interesting to develop service business aggressively in this market. It will be better if PT XYZ management choose option to develop workshop division by improving quality service delivery moderately. Improvement of quality service delivery workshop has to remember everything that has been found in observation and analysis, especially focus in business customer segment.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2005
T18259
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Charles Christian
"Saat ini, Internet telah banyak digunakan untuk bertukar informasi. Sayangnya, terdapat kendala bahasa yang membuat tidak semua informasi di Internet dapat dimengerti. Telah banyak language service yang dikembangkan tetapi masih banyak kendala yang ditemui, baik dari sisi biaya hingga sisi hak cipta. Oleh karena itu, proyek Language Grid didirikan dengan harapan dapat mengatasi kendala bahasa yang ada. Language Grid adalah sebuah infrastuktur bahasa yang dibangun di Internet. Language Grid memanfaatkan teknologi web service yang memungkinkan language service yang ada di dalamnya dapat diakses dengan mudah melalui web.
Dalam penelitian ini, akan dikembangkan sebuah web service yang memberikan layanan analisis morfologi bahasa Indonesia menggunakan program Morphological Analyzer yang telah dikembangkan sebelumnya oleh Femphy Pisceldo (Pisceldo, 2008). Langkah lebih lanjut adalah mengembangkan wrapper yang menggunakan teknologi web service agar layanan ini dapat diakses melalui infrastruktur Language Grid. Perancangan dari web service ini meliputi perancangan web application pada server side yang berkomunikasi langsung dengan program Morphological Analyzer, dan perancangan file WSDL yang mendefinisikan layanan yang disediakan. Selain itu, juga dilakukan perancangan web application pada client side untuk melakukan uji coba dari web service yang dihasilkan.
Pada akhirnya, web service yang menyediakan layanan analisis morfologi ini berhasil dibuat, namun belum dilakukan deployment ke dalam infrastruktur Language Grid karena kendala teknis dan keterbatasan waktu pengembangan. Web service yang dihasilkan juga telah diuji coba dan telah sukses melewati uji coba tersebut.

Nowadays, many people use Internet for sharing information. Though, there is a language barrier that prevent some of those information to be understood. Many language services have been developed, but there is still many problems to be faced (i.e. the budget and the copyright restriction). In order to conquer the language barrier over the Internet, the Language Grid project is proposed. Language Grid is a language infrastructure over the Internet. Language Grid use the web service technology which allow the language service inside it can be accessed easily via web.
In this research, a web service which serve the morphological analysis in Indonesian Language, with the use of Morphological Analyzer program which is developed recently by Femphy Pisceldo (Pisceldo, 2008), will be developed. The next step is to develop the wrapper which uses web service technology, in order to make this service available on Language Grid. The design of this web service cover the design of the application on the server side which communicates directly to the Morphological Analyzer program and the design of WSDL file which defines the service. Beside those, there will also be designed an application on client side in order to test the web service developed.
At last, this web service, which serve the morphological analysis in Indonesian Language, has been developed successfully. However, this web service is yet to be deployed to Language Grid, because of the limitation of the develop."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2009
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Yandri Fora
"Penggunaan Web sebagai media pengendalian mempunyai prospek yang cukup baik. Dengan menggunakan program web browser seseorang dapat melakukan pengendalian ke tempat lain melalui jaringan komputer yang ada. Melalui tugas akhir ini dirancang dan diiimplementasikan sistem pengendahan yang memanfaatkan media web sebagai perantara terhadap suatu divais melalui jaringan komputer dengan sistem client-server dengan pengguna banyak juga penggunaan database untuk merekam data-data pengendalian. Sistem terdiri dari komputer client tempat user melakukan pengendalian dan komputer server tempat peralatan hardware dihubungkan. Pada komputer server diinstall program yang menjadikan komputer tersebut sebagai Web Server, sedangkan pada komputer client diinstall program web browser yang digunakan client untuk melakukan pengendalian. Komunikasi client/server tedadi saat komputer client melakukan Http Request ke komputer server untuk melakukan pengendalian divais. Kemudian komputer server melakukan proses pengendalian divais berupa set data maupun membaca kondisi hardware. Komputer server memberikan Http Respon ke komputer client berupa pernyataan bahwa proses pengendalian telah dilaksanakan dengan mengirimkan data (HTML) ke web client untuk ditampilkan sebagai hasil pengendalian atau pengecekan kondisi divais. Semua data proses pengendalian disimpan pads database disertai dengan tanggal, waktu, nama user, dan data status peralatan, serta waktu proses yang terjadi sehingga dapat diketahuihistory proses pengendalian yang pernah dilakukan. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan sistem pengguna banyak yang setiap user mempunyai username dan password, serta prioritas dan fasilitas akses yang berbeda sehingga jika user tertentu dengan prioritas tinggi sedang mengakses maka user yang lain akan dibatalkan."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2004
S40144
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Perkembangan teknologi informasi di zaman sekarang sudahsangat berkembang pesat salah satu teknologi informasi yang berkembang pesat adalah internet. Berdasarkan observasi yang dilakukan bahwa di dalam dunia bisnis, media promosi melalui internet dapat digunakan untuk memperluas rangkaian pemasaran. Maka dari itu timbul peluang bisnis baru dalam memanfaatkan teknologi internet untuk dunia bisnis dan marketing. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan dan membuat suatu aplikasi e-marketing berbasis web pada PT PUMA untuk menarik minat calon pelanggan dan memperluas jangkauan pemasaran. Hal yang di dapat dari pengembangan aplikasi e-marketing berbasis web ini adalah perusahaan dapat memperluas segmen pemasaran dalam informasi produk yang dijual kepada pelanggan dan menarik minat calon pelanggan baru untuk mencari informasi produk dari perusahaan tersebut."
005 JEI 2:2 (2013)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
New York: Springer, 2008
003.3 MOD
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Mietta Mediestya Mahanani
"Sistem Aplikasi Registrasi Vital Berbasis Web ini merupakan sistem aplikasi yang membantu petugas pencatatan sipil mencatat peristiwa penting (kelahiran, kematian dan perkawinan) di tingkat kelurahan.
Skripsi ini bertujuan untuk merancang sistem aplikasi registrasi vital yang menunjang kebutuhan petugas pencatatan registrasi vital di tingkat kelurahan, sehingga menghasilkan database kependudukan dan informasi tentang peristiwa penting penduduk.
Metode pengembangan sistem informasi yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Pengembangan Berfase yang dimulai dari tahap analisis sistem dan pengguna, pembuatan desain global, dan pembuatan prototype.
Hingga saat ini, pelaksanaan pencatatan sipil di Kelurahan Kemirimuka masih dilakukan secara manual dan tidak dapat melihat angka statistik vital secara real time. Pelaksanaan pelaporannya pun masih sering mengalami keterlambatan. Oleh karena itu, penelitian Sistem Aplikasi Registrasi Vital Berbasis Web di Tingkat Kelurahan disusun untuk membantu menyelesaikan permasalahan di lapangan.

Vital Registration System Web-Based Applications is an application system that helps officers of civil registration record significant events (births, deaths and marriages) at the village level.
This thesis aims to design applications vital registration systems that support the needs of vital registration records clerk at the village level, resulting in a database of demographic and population information about important events.
Information system development methods used in this study is a phased development that starts from the analysis phase and the user system, creation of a global design and manufacture of prototype.
Until now, the implementation of civil registration in the Village Kemirimuka still done manually and can not see the vital statistics in real time. Implementation of reporting is still frequently experience delays. Therefore, research Vital Registration System Web-Based Applications at the Village Level conceived to help solve problems in the field.
"
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2015
S60377
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>