Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 34618 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Puspa Nurmasyitah
"Perpustakaan sekolah memiliki manfaat sangat penting. Satu fungsi penting pemanfaatanperpustakaan sekolah adalah sebagai sumber belajar. Siswa dapat melakukan kegiatan literasi bacatulis yang merupakan bagian dari pelayanan perpustakaan. Namun, bagi siswa yang mengalami keterlambatan paham literasi baca tulis tentu menjadi hal yang sangat sulit untuk memanfaatkanperpustakaan sebagai sumber belajar. Oleh karena itu, dirancang teknik pembelajaran konsultasi, mandiri dan dorongan moral (KO-MAN-DO) pada kegiatan literasi baca tulis (LI-BAS) di perpustakaansekolah oleh pustakawan sekolah. Tujuan utama penelitian ini adalah membantu siswa mengatasi masalah keterlambatan paham LI-BAS dasar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menjelaskan kondisi objek kajian pada kondisi awal dan kondisi akhir. Teknik pengumpulandata dengan observasi dan wawancara. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif objek kajiankemampuan baca tulis. Subjek penelitian adalah 4 orang siswa yang lambat paham LI-BAS di SMPN3 Galang. Hasil yang diperoleh setelah penerapan LI-BAS KO-MAN-DO berupa peningkatankemampuan membaca dan menulis rata-rata siswa sebesar 38%. Indikator keberhasilan penelitian ini meliputi progres kemampuan membaca dan menulis. Berdasarkan capaian kondisi akhir siswa makadinyatakan bahwa teknik KO-MAN-DO dapat diterapkan LI-BAS bersumber pada perpustakaan."
Jakarta: Pusat Jasa Perpustakaan dan Informasi, 2022
020 VIS 24:1 (2022)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Ibrahim Bafadal
Jakarta: Bumi Aksara, 1999
027.8 IBR p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Yogyakarta: Kanisius, 1986
027.8 MEM
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Yaya Suhendar
Jakarta : Prenada, 2014
027.8 YAY p (1)
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Irma Utari Aditirto
"Skripsi ini merupakan suatu laporan dan hasil penelitian terhadap perpustakaan sekolah dasar percontohan, salah satu u_saha di bidang pembinaan, pengembangan, dan penyelenggaraan perpustakaan sekolah pada sekolah-sekolah dasar negeri di wilayah DKI Jakarta yang diselenggarakan oleh Kantor Perwakilan Departeraen Pendidikan dan Kebudayaan DKI Jakarta, dan Dinas Pendidikan dan Pengajaran DKI Jakarta. Dalam rangka menyebarluaskan dan meningkatkan mutu pe_layanan perpustakaan lima puluh lima sekolah dasar negeri yang tersebar di kelima wilayah DKI Jakarta ditunjuk sebagai perpustakaan percontohan. Sekolah-sekolah yang ditunjuk sebagai penyelenggara perpustakaan percontohan bertugas membimbing dan membina perpustakaan-perpustakaan sekolah di sekolah dasar negeri, subsidi, dan swasta dalam lingkungan masing-masing. Dengan adanya kelima puluh lima perpustakaan percontohan ini, yang cara-cara penyelenggaraan dan kegiatan-kegiatan lainnya dapat dipergunakan sebagai contoh untuk ditiru, dan sekelompok guru pelaksana perpustakaan yang mampu membina rekan-rekan me.reka di sekolah-sekolah lain, perkembangan perpustakaan seko_lah dasar diharapkan akan mengalami kemajuan yang pesat_"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1977
S15399
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Jamridafrizal
"The school library is one of most important fasility must be put in the top position of learning process. The greater importance role of the school library is helping not only students but also teacher to get somewhere in many areas. The components which contribute to effective successful well-managed school libraries are the following: finance and budgeting, collection, human resources, Furniture and Equipment, organization, services, library use, promotion and technology . All these components are essential in a realistic policy framework and action plan. In this research the writer only focus on collection, human resources, services, Furniture and Equipment. Collection of school library usually related to curriculum, called ?basic collection?. But one thing must bear in mind that fiction is also valuable material to stimulate emosional quotient. Moreover the ages of elementary school students are the good beginning development to build good reading characters. Human resource is one the most important aspect for managing school library. The presence of them in the middle of this area will make everything become valuable. Because the good human resources will impact on managing services. The core of school library is services. There is no library without services. This aspect also must be managed well dan professionally. In many researches that good services will influence on student motivation in learning and attaining good achievement The forth is furniture and equipment. The provision of furniture and equipment is unrefuseable facilities. Goodness of this aspect will impact desire of users to come into the library. In addition to, managing both of these attractively really also give contribution the increasing library usage. In the process of attaining the goals of the school library, the management must continually monitor the performance in the services, collections, staff performances equipments and furnitures to ensure that the strategies are achieving the specified objectives. Statistical studies should be carried out periodically in order to identify trends."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2007
T19277
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Redita Yuliawati
"Perpustakaan sekolah mengambil peranan penting dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa dan menunjang pembangunan nasional. Salah satu peranan yang terus dikembangkan adalah perpustakaan sekolah sebagai penyedia bahan pustaka berkualitas dan bervariasi.
Tujuan utama proses biblioterapi adalah siswa mampu mengambil informasi, nilai, dan solusi tepat dari permasalahan yang dihadapi melalui buku yang dibaca. Dengan terlaksananya layan biblioteraphy secara tidak langsung siswa diarahkan untuk meningkatkan minat baca mereka terhadap koleksi bahan pustaka yang disediakan oleh perpustakaan sekolah. Selain itu proses biblioterapi memungkinkan siswa untuk menciptakan banyak kelompok diskusi berdasarkan bahan pustaka yang dirujuk sebagai buku terapi."
Jakarta: Pusat jasa Perpustakaan dan Informasi ( Perpustakaan Nasional RI), 2011
020 VIS 13:3 (2011)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
David Widyanto W.
"Anak-anak penderita cacat terdapat di mana-mana, di negara maju maupun di negara berkembang. Dalam kehidupan sehari-hari mereka mendapat hambatan karena cacat yang di_sandangnya itu, sehingga diperlukan usaha khusus untuk mempersiapkan mereka dalam menerima pendidikan. Diperlu_kan waktu yang lebih lama dan ketelitian yang lebih besar untuk mengembangkan kemampuan belajar mereka. Dalam hal pendidikan inilah perpustakaan dapat berperan secara po_sitif dalam membantu para penyandang cacat, terutama per_pustakaan pada sekolah-sekolah khusus untuk penyandang cacat. Walaupun masih banyak orang, bahkan pustakawan pun mengira bahwa pelayanan perpustakaan hanyalah untuk orang normal saja, patutlah disadari bahwa para penyandang cacat sebetulnya mempunyai hak untuk mendapat pelayanan perpus_takaan sama seperti anggota masyarakat lainnya. Penulis berkeyakinan bahwa perpustakaan pada sekolah khusus untuk penyandang cacat dapat juga berfungsi seba_gai pusat informasi, pusat belajar-mengajar dan rekreasi, serta dapat menjadi alat yang efektif untuk mempertinggi hasil usaha sekolah tersebut."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1986
S15278
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Latul, Hengky
"Penelitian mengenai perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar ini telah dilakukan di sejumlah perpustakaan Sekolah Menengah, Atas Negeri di Jakarta Pusat pada bulan April sampai bulan Juni 1990. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui sampai sejauh manakah keterlibatan perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar-mengajar bagi guru dan murid di sekolah. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang disebarkan di 7 perpustakaan Sekolah Menengah Atas Negeri di Wilayah Jakarta Pusat. Tehnik pengolahan data menggunakan prosentase dan Skala sikap Likert. Proses pengolahan data di.jelaskan. Hasi1 penelitian menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan dan pemahaman akan fungsi dan tujuan perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar-mengajar cukup baik. Namun guru masih bersikap negatif terhadap perpustakaan. Di samping itu fasilitas sarana dan prasarana di perpustakaan sekolah sangat memprihatinkan serta ketrampilan dalam mengelola perpustakaan sama sekali belum dimiliki oleh petugas perpustakaan karena tidak mempunyai latar belakang pendidikan ilmu perpustakaan. Layanan perpustakaan sekolah juga belum dilaksanakan sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang ada serta koleksi perpustakaan sekolah yang pada umumnya masih lemah dan belum terarah. Eksistensi perpustakaan sekolah juga sangat tergantung pada sikap kepala sekolah se1aku pemegang kebijaksanaan dalam pendanaan serta sumber dana yang terbatas. Kesempatannya ini merupakan faktor penghambat yang mengakibatkan perpustakaan sekolah tidak dapat menjalankan fungsi dan peranannya dengan baik. Akhirnya beberapa rekomendasi dan usul penulis ajukan sebagai jalan keluar untuk mengatasi masalah-masalah yang ada di perpustakaan sekolah."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1990
S15123
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>