Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 194385 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Jonathan Bagus Pradhana Basoeki
"Adopsi perbankan digital telah meningkat di Indonesia, menekankan perlunya mengidentifikasi variabel yang mempengaruhi behavior intention pelanggan untuk menggunakan produk perbankan digital. Makalah ini menyelidiki dampak pemasaran bank digital di media sosial, yang telah menjadi platform penting untuk keterlibatan pelanggan. Selain itu, penelitian ini menganalisis pengaruh manfaat dari grup konglomerat terhadap adopsi pelanggan, dengan fokus pada Allo Bank - bagian dari grup konglomerat CT Corp. Selain faktor-faktor tersebut, studi ini dilengkapi dengan tiga variable untuk memberikan studi komprehensif, yaitu Theory of Planned Behavior, Technology Acceptance Model, dan The Unified Theory of Acceptance and Use of Technology.Penelitian ini mengumpulkan data dari sampel 262 responden yang sudah menjadi pengguna Allo Bank. Data yang dikumpulkan meliputi informasi tentang 12 variabel laten. Teknik pemodelan SmartPLS digunakan untuk menganalisis data, memberikan alat yang efektif untuk mengevaluasi hubungan antara variabel dan menghasilkan wawasan tentang adopsi produk perbankan digital. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa semua hipotesis berpengaruh secara signifikan. Wawasan yang diperoleh dari penelitian ini dapat menginformasikan pengembangan inisiatif pemasaran yang ditargetkan, sehingga meningkatkan adopsi layanan perbankan digital dan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi digital. Studi ini adalah yang pertama kali mengeksplorasi dampak manfaat dari grup konglomerat serta pengaruh pemasaran media sosial terhadap adopsi bank digital di Indonesia dan mengintegrasi variable Theory of Planned Behavior, Technology Acceptance Model, dan Unified Theory of Acceptance and Use of Technology

The adoption of digital banking has seen an increase in Indonesia, emphasizing the need to identify the variables that influence customers' behavioral intention to use digital banking products. This paper investigates the impact of digital bank marketing on social media, which has become a crucial platform for customer engagement. Furthermore, the research analyzes the influence of conglomerate group benefits on customer adoption, focusing on Allo Bank - a part of CT Corp conglomerate group. In addition to these factors, the study applies three established theories, namely the Theory of Planned Behavior, Technology Acceptance Model, and the Unified Theory of Acceptance and Use of Technology, to gain a comprehensive understanding of customers' adoption of digital banking in Indonesia. This study gathered data from a sample of 262 respondents who were existing users of Allo Bank. The data collected included information on 12 latent variables. The SmartPLS modelling technique was employed to analyze the data, providing an effective tool for evaluating the relationships between the variables and generating insights into the adoption of digital banking products. This study's findings have a signficant influence on each hypthesis. The insights gained from this research can inform the development of targeted marketing initiatives, thus enhancing the adoption of digital banking services and contributing to the growth of the digital economy. This study is the first to explore the impact of conglomerate group benefits on customer adoption and desire to use digital banking products and the influence of social media marketing on the adoption of digital banks in Indonesia while integratis the variables of Theory of Planned Behavior, Technology Acceptance Model, and Unified Theory of Acceptance and Use of Technology."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Finadya Rienetta
"Fokus dari laporan ini adalah untuk membahas pengaruh dari pemasaran melalui media sosial yang dilakukan oleh luxury brands terhadap ekuitas nilai, ekuitas merek, ekuitas hubungan, ekuitas konsumen, dan intensi membeli. Hasil penemuan ini mengungkapkan bahwa pemasaran melalui media sosial memiliki pengaruh positif terhadap ekuitas nilai, ekuitas merek, dan ekuitas hubungan. Ekuitas nilai, ekuitas merek, dan ekuitas hubungan juga memiliki pengaruh positif terhadap intensi membeli. Untuk ekuitas konsumen, ekuitas nilai, ekuitas hubungan, dan intensi membeli menghasilkan pengaruh positif, sedangkan ekuitas merek tidak memiliki pengaruh terhadap ekuitas konsumen. Hasil dari penelitian ini dapat membantu luxury brands untuk memprediksi tindakan konsumen untuk membeli di masa depan sekaligus memberikan wawasan untuk strategi pemasaran luxury brands.

The focus of this study is to examine the effect of social media marketing carried out by luxury brands on value equity, brand equity, relationship equity, customer equity and purchase intention. This study finds that social media marketing has positive effect on value equity, brand equity, and relationship equity. The value equity, brand equity, and relationship equity also have positive effect on purchase intention. As for customer equity, value equity, relationship equity, and purchase intention are proven to have positive effects, while brand equity shows no effect on customer equity. The findings can enable luxury brands to forecast future purchasing behaviour and provide useful insights for marketing strategies.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
S63332
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sukmasari Triana Gita Putri
"Selama pandemi ini, para pemangku kepentingan pariwisata dan perhotelan di Indonesia harus menyesuaikan strategi mereka untuk bertahan hidup. Meskipun sebagian besar penduduk Indonesia aktif dan konsumtif di Internet, mereka membutuhkan dorongan motivasi seperti keterlibatan untuk mengeluarkan uang demi mendapatkan waktu bersantai. Penelitian ini menganalisis aktivitas pemasaran media sosial, menganalisis customer engagement yang terjadi, dan mengkaji pengaruh social media marketing (SMM) terhadap customer engagement hotel mewah saat terjadi pandemi dengan memanfaatkan big data. Dalam menganalisis SMM dan customer engagement, peneliti memanfaatkan data real time dari akun media sosial hotel kemudian menggunakan natural language processing (NLP) serta pelabelan data untuk mengolahnya. Analisis pengaruh menggunakan regresi data panel dari hasil analisis sebelumnya. Hasil yang didapatkan adalah gambaran SMM terkait dengan dimensi hiburan, terkini, interaksi, kustomisasi, serta aktivitas engagement pada media sosial. Dimensi hiburan dan terkini terwakili dengan 17 kata yang telah diuji keabsahannya. Dimensi interaksi meningkat pada akhir tahun 2020, sedangkan dimensi kustomisasi tidak banyak digunakan oleh pihak hotel. Customer engagement juga meningkat pada akhir tahun 2020. Diketahui bahwa penggambaran pengaruh yang dimiliki SMM terhadap customer engagement sesuai dengan model random-effect. Customer engagement yang terjadi di masa pandemi tidak hanya dipengaruhi oleh dimensi hiburan, terkini, interaksi, dan customisasi. Para pemasar dan pelaku bisnis perhotelan bisa mendapatkan perspektif baru tentang cara mengatasi SMM dan peningkatan engagement di Instagram selama pandemi ini. Berdasarkan studi sebelumnya yang telah dilakukan pada merek mewah, studi ini akan lebih bermanfaat bagi stakeholders pariwisata dan perhotelan.

During this pandemic, stakeholders of tourism and hospitality in Indonesia have to adjust their strategy to survive. Even though most Indonesia users are active and consumptive on the Internet, they need motivational drives such as an engagement to spend money for leisure. This research will examine the impact of social media marketing (SMM) on customer engagement in luxury hotels during the pandemic situations by utilizing the real time benefits of big data. Firstly, formed panel data of SMM and customer engagement. Researchers scripted real time data from social media accounts of the hotels then use natural processing language (NLP) and automated text analysis to processed the data. Then, for the impact analysis, researchers utilized a panel data regression from the transformed data panel. The results were describing the SMM related to four dimensions which are entertainment, trendiness, interaction, customization, and also the engagement activities. The results discovered that the random-effect model was suitable to determine the influence of SMM on customer engagement. During the pandemic, customer engagement was influenced by other unobservable variables besides entertainment, trendiness, customization, and interaction dimension. The marketer and hoteliers can get new perspectives about overcoming SMM on Instagram during this pandemic. Based on the previous study that has been done in luxury brands, this study will be more useful for tourism and hospitality stakeholders. "
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rafania Kinasih Rus Effendi
"Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi niat perilaku terhadap adopsi bank digital, terutama ditinjau oleh teori penerimaan teknologi, norma subjektif, konfirmasi keamanan dan risiko Covid-19 yang dirasakan. Model ini dibangun untuk mengevaluasi 9 hipotesis. Penelitian ini menggunakan survei online dan purposive sampling, sehingga 155 responden dikumpulkan dari generasi Z dan Y Indonesia. Kemudian, datadianalisis oleh SEM-PLS dan hasilnya menunjukkan 4 dari 9 hipotesis yang didukung, yaitu perceived usefulness, perceived Covid-19 risk, dan security confirmation tidak secara positif mempengaruhi niat perilaku terhadap adopsi bank digital. Studi ini menemukan bahwa variabel perceived usefulness tidak memediasi hubungan antara kemudahan penggunaan yang dirasakan terhadap niat perilaku dan subjective norms terhadap niat perilaku. Temuan penelitian ini menguntungkan penyedia bank digital dengan memahami faktor-faktor yang dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dan meningkatkan atau mengurangi kinerja produk untuk mengevaluasi pendekatan konsumen agar mereka lebih tertarik dalam memilih produk brand. Terlepas dari keterbatasan, diharapkan bahwa hasilnya dapat digunakan untuk perbaikan lebih lanjut dalam subjek. 

This study aims at identifying and analyzing factors that influence the behavioral intention towards digital banksadoption, particularly reviewed by technology acceptance theories, subjective norms, security confirmation and perceived Covid-19 risk. The model was constructed to evaluate 9 hypothesis. This study uses online survey and purposive sampling, resulting 155 respondents were collected from generation Z and Y of Indonesia. Further, data was analyzed by SEM-PLS and the results demonstrated 4 out 9 hypotheses supported, namely perceived usefulness, perceived Covid-19 risk, and security confirmation does not positively affects behavioral intention towards digital banks adoption. Also, it was found that perceived usefulness does not mediates the relationship between both perceived ease of use towards behavioral intention and subjective norms towards behavioral intention.  The findings of this study benefits the digital bank providers by understanding the factors that can increase societal awareness and enhance or reduce product performance to evaluate consumer approach in order for them to be more interested in choosing brand products. Despite the limitation, it is hoped that the result may be used for further improvement in the subject."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Susi Sakti Andarini
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan media sosial dalam kampanye pemasaran sosial oleh Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia di era New Wave Marketing, dengan memperhatikan social media marketing dan model adopsi yang sesuai, sehingga diharapkan proses adopsi produk sosial semakin besar. Menggunakan metode kualitatif dan strategi studi kasus, penelitian ini menunjukkan elemen social media marketing yang diterapkan yaitu communitization, confirming, clarifying, commercialization, co-creation, coding, caring, character, dan collaboration. Jenis media sosial yang dimanfaatkan dan sesuai dengan model adopsi learn-feel-do yaitu website, facebook dan mailing list; model do-feel-learn yaitu facebook, website, mailing list, twitter dan youtube; dan model adopsi learn-do-feel yaitu facebook.

This research conducted to understand social media utilisation in social marketing campaign by Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia in New Wave Marketing Era, using social media marketing and adoption model of social product. The study was conducted with qualitative methods using a case study as strategy. Research shows that social media marketing which is used by organization are communitization, confirming, clarifying, commercialization, co-creation, coding, caring, character, and collaboration. Social media types which is used learn-feeldo model are website, facebook, and mailing list; learn-feel-do model is used by facebook, website, mailing list, twitter and youtube; and learn-feel-do model is used by facebook."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2015
T43710
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Vioren Paramitta Adithana
"Perkembangan internet dan smartphone mendorong berbagai kegiatan, salah satunya pembayaran, untuk dilakukan secara online dengan memanfaatkan teknologi mobile. Saat ini bank sudah mulai menyediakan layanan digital only bank. Namun, masih banyak pro-kontra terkait bank digital di Indonesia. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meneliti adopsi digital banking yang melibatkan perpindahan kepercayaan dari suatu e-commerce yang sudah banyak dipercayai dengan menggunakan teori trust transfer beserta faktor-faktor customer experience yang memengaruhi proses trust transfer tersebut. Penelitian ini menggunakan studi kasus bank digital SeaBank dengan e-commerce Shopee yang memiliki satu parent group yang sama yaitu Sea Group. Pendekatan kuantitatif pada penelitian ini memanfaatkan data dari penyebaran kuesioner daring dengan total 629 responden. Kemudian, data diolah menggunakan metode partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM) dengan perangkat lunak SmartPLS 4. Hasil analisis data menunjukkan faktor customer cost, convenience, perceived ease of use, informativeness, dan relationship investment berpengaruh secara positif kepada trust in Shopee. Lalu, faktor customisation, customer cost, dan relationship investment berpengaruh secara positif kepada loyalty to Shopee. Selain itu, ditemukan bahwa trust in Shopee dan loyalty to Shopee memengaruhi trust in SeaBank secara positif, serta trust in SeaBank memengaruhi intention to use SeaBank secara positif, sehingga penelitian ini memperkuat teori trust transfer. Di lain sisi, faktor customisation tidak memengaruhi trust in Shopee dan faktor convenience, perceived ease of use, dan informativeness tidak memengaruhi loyalty to Shopee. Namun, penolakan beberapa hipotesis tersebut telah divalidasi oleh enam narasumber wawancara yang merupakan pengguna aktif Shopee. Implikasi teoritis penelitian ini adalah perluasan mengenai pengaruh customer experience terhadap value yang diberikan perusahaan kepada customer, dapat meningkatkan kepercayaan dan kesetiaan pengguna sekaligus memberikan fakta baru mengenai proses trust transfer hingga menjadi intention to use antara Shopee dengan SeaBank dalam konteks customer experience.

The development of the internet and smartphones has facilitated various activities, including online payments, by leveraging mobile technology. Currently, banks have begun offering digital-only banking services. However, there are still many pros and cons related to digital banks in Indonesia. Therefore, this research aims to examine the adoption of digital banking, involving the transfer of trust from a well-established e-commerce platform, using the trust transfer theory and the factors of customer experience that influence this trust transfer process. This study focuses on the case of SeaBank, a digital bank, and Shopee, an e-commerce platform, which share the same parent group, Sea Group. The quantitative approach in this research utilizes data collected through online questionnaires with a total of 629 respondents. The data is then analyzed using the partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM) method with SmartPLS4 software. The results of the data analysis show that factors such as customer cost, convenience, perceived ease of use, informativeness, and relationship investment have a positive influence on trust in Shopee. Furthermore, customisation, customer cost, and relationship investment have a positive impact on loyalty to Shopee. Additionally, trust in Shopee and loyalty to Shopee positively affect trust in SeaBank, and trust in SeaBank positively influences the intention to use SeaBank, thus strengthening the trust transfer theory. On the other hand, customisation does not affect trust in Shopee, and factors such as convenience, perceived ease of use, and informativeness do not influence loyalty to Shopee. However, the rejection of these hypotheses has been validated by six interviewees who are active Shopee users. The theoretical implications of this research include expanding the understanding of the influence of customer experience on the value provided by companies to customers, which can enhance user trust and loyalty, while also providing new insights into the trust transfer process leading to the intention to use between Shopee and SeaBank in the context of customer experience.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Pardosi, Nathanael
"Perkembangan internet dan smartphone mendorong berbagai kegiatan, salah satunya pembayaran, untuk dilakukan secara online dengan memanfaatkan teknologi mobile. Saat ini bank sudah mulai menyediakan layanan digital only bank. Namun, masih banyak pro-kontra terkait bank digital di Indonesia. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meneliti adopsi digital banking yang melibatkan perpindahan kepercayaan dari suatu e-commerce yang sudah banyak dipercayai dengan menggunakan teori trust transfer beserta faktor-faktor customer experience yang memengaruhi proses trust transfer tersebut. Penelitian ini menggunakan studi kasus bank digital SeaBank dengan e-commerce Shopee yang memiliki satu parent group yang sama yaitu Sea Group. Pendekatan kuantitatif pada penelitian ini memanfaatkan data dari penyebaran kuesioner daring dengan total 629 responden. Kemudian, data diolah menggunakan metode partial least squares structural equation modeling (PLSSEM) dengan perangkat lunak SmartPLS 4. Hasil analisis data menunjukkan faktor customer cost, convenience, perceived ease of use, informativeness, dan relationship investment berpengaruh secara positif kepada trust in Shopee. Lalu, faktor customisation, customer cost, dan relationship investment berpengaruh secara positif kepada loyalty to Shopee. Selain itu, ditemukan bahwa trust in Shopee dan loyalty to Shopee memengaruhi trust in SeaBank secara positif, serta trust in SeaBank memengaruhi intention to use SeaBank secara positif, sehingga penelitian ini memperkuat teori trust transfer. Di lain sisi, faktor customisation tidak memengaruhi trust in Shopee dan faktor convenience, perceived ease of use, dan informativeness tidak memengaruhi loyalty to Shopee. Namun, penolakan beberapa hipotesis tersebut telah divalidasi oleh enam narasumber wawancara yang merupakan pengguna aktif Shopee. Implikasi teoritis penelitian ini adalah perluasan mengenai pengaruh customer experience terhadap value yang diberikan perusahaan kepada customer, dapat meningkatkan kepercayaan dan kesetiaan pengguna sekaligus memberikan fakta baru mengenai proses trust transfer hingga menjadi intention to use antara Shopee dengan SeaBank dalam konteks customer experience.

The development of the internet and smartphones has facilitated various activities, including online payments, by leveraging mobile technology. Currently, banks have begun offering digital-only banking services. However, there are still many pros and cons related to digital banks in Indonesia. Therefore, this research aims to examine the adoption of digital banking, involving the transfer of trust from a well-established e-commerce platform, using the trust transfer theory and the factors of customer experience that influence this trust transfer process. This study focuses on the case of SeaBank, a digital bank, and Shopee, an e-commerce platform, which share the same parent group, Sea Group. The quantitative approach in this research utilizes data collected through online questionnaires with a total of 629 respondents. The data is then analyzed using the partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM) method with SmartPLS4 software. The results of the data analysis show that factors such as customer cost, convenience, perceived ease of use, informativeness, and relationship investment have a positive influence on trust in Shopee. Furthermore, customisation, customer cost, and relationship investment have a positive impact on loyalty to Shopee. Additionally, trust in Shopee and loyalty to Shopee positively affect trust in SeaBank, and trust in SeaBank positively influences the intention to use SeaBank, thus strengthening the trust transfer theory. On the other hand, customisation does not affect trust in Shopee, and factors such as convenience, perceived ease of use, and informativeness do not influence loyalty to Shopee. However, the rejection of these hypotheses has been validated by six interviewees who are active Shopee users. The theoretical implications of this research include expanding the understanding of the influence of customer experience on the value provided by companies to customers, which can enhance user trust and loyalty, while also providing new insights into the trust transfer process leading to the intention to use between Shopee and SeaBank in the context of customer experience.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Evita Haliansyah
"Perkembangan internet dan smartphone mendorong berbagai kegiatan, salah satunya pembayaran, untuk dilakukan secara online dengan memanfaatkan teknologi mobile. Saat ini bank sudah mulai menyediakan layanan digital only bank. Namun, masih banyak pro-kontra terkait bank digital di Indonesia. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meneliti adopsi digital banking yang melibatkan perpindahan kepercayaan dari suatu e-commerce yang sudah banyak dipercayai dengan menggunakan teori trust transfer beserta faktor-faktor customer experience yang memengaruhi proses trust transfer tersebut. Penelitian ini menggunakan studi kasus bank digital SeaBank dengan e-commerce Shopee yang memiliki satu parent group yang sama yaitu Sea Group. Pendekatan kuantitatif pada penelitian ini memanfaatkan data dari penyebaran kuesioner daring dengan total 629 responden. Kemudian, data diolah menggunakan metode partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM) dengan perangkat lunak SmartPLS 4. Hasil analisis data menunjukkan faktor customer cost, convenience, perceived ease of use, informativeness, dan relationship investment berpengaruh secara positif kepada trust in Shopee. Lalu, faktor customisation, customer cost, dan relationship investment berpengaruh secara positif kepada loyalty to Shopee. Selain itu, ditemukan bahwa trust in Shopee dan loyalty to Shopee memengaruhi trust in SeaBank secara positif, serta trust in SeaBank memengaruhi intention to use SeaBank secara positif, sehingga penelitian ini memperkuat teori trust transfer. Di lain sisi, faktor customisation tidak memengaruhi trust in Shopee dan faktor convenience, perceived ease of use, dan informativeness tidak memengaruhi loyalty to Shopee. Namun, penolakan beberapa hipotesis tersebut telah divalidasi oleh enam narasumber wawancara yang merupakan pengguna aktif Shopee. Implikasi teoritis penelitian ini adalah perluasan mengenai pengaruh customer experience terhadap value yang diberikan perusahaan kepada customer, dapat meningkatkan kepercayaan dan kesetiaan pengguna sekaligus memberikan fakta baru mengenai proses trust transfer hingga menjadi intention to use antara Shopee dengan SeaBank dalam konteks customer experience.

The development of the internet and smartphones has facilitated various activities, including online payments, by leveraging mobile technology. Currently, banks have begun offering digital-only banking services. However, there are still many pros and cons related to digital banks in Indonesia. Therefore, this research aims to examine the adoption of digital banking, involving the transfer of trust from a well-established e-commerce platform, using the trust transfer theory and the factors of customer experience that influence this trust transfer process. This study focuses on the case of SeaBank, a digital bank, and Shopee, an e-commerce platform, which share the same parent group, Sea Group. The quantitative approach in this research utilizes data collected through online questionnaires with a total of 629 respondents. The data is then analyzed using the partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM) method with SmartPLS4 software. The results of the data analysis show that factors such as customer cost, convenience, perceived ease of use, informativeness, and relationship investment have a positive influence on trust in Shopee. Furthermore, customisation, customer cost, and relationship investment have a positive impact on loyalty to Shopee. Additionally, trust in Shopee and loyalty to Shopee positively affect trust in SeaBank, and trust in SeaBank positively influences the intention to use SeaBank, thus strengthening the trust transfer theory. On the other hand, customisation does not affect trust in Shopee, and factors such as convenience, perceived ease of use, and informativeness do not influence loyalty to Shopee. However, the rejection of these hypotheses has been validated by six interviewees who are active Shopee users. The theoretical implications of this research include expanding the understanding of the influence of customer experience on the value provided by companies to customers, which can enhance user trust and loyalty, while also providing new insights into the trust transfer process leading to the intention to use between Shopee and SeaBank in the context of customer experience.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Saragih, Maudy Bunga Rosmita
"Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel pemasaran media sosial memiliki hubungan signifikan terhadap variabel loyalitas pelanggan secara langsung dalam konteks Instagram @tokopedia. Namun, variabel pemasaran media sosial tidak memiliki hubungan signifikan terhadap variabel loyalitas pelanggan melalui mediasi kepuasan pelanggan. Pemasaran melalui media sosial Instagram @tokopedia, seperti informasi mengenai cashback, diskon, gratis ongkir, dan lainnya, serta membuat konten-konten interaktif yang mengajak pengikut untuk berpartisipasi, terbukti dapat menarik pelanggan untuk puas dan menjadi loyal. Kemudian, Variabel kepercayaan merek memiliki hubungan terhadap loyalitas pelanggan baik secara langsung ataupun dengan mediasi kepuasan pelanggan. Tokopedia telah berhasil memenuhi semua aspek dari kepercayaan merek. Dengan demikian, loyalitas pelanggan dalam bentuk retensi, frekuensi pembelian, maupun WOM yang baik, adalah hasil dari meningkatnya kepercayaan pelanggan terhadap platform Tokopedia Penelitian ini diharapkan dapat membantu para manajer pemasaran khususnya di bidang industri e-commerce untuk mengoptimalkan strategi komunikasi pemasaran di media sosial dengan menggunakan pendekatan yang bersifat emosional terhadap pelanggannya untuk mendorong peningkatan loyalitas pelanggan.

The results of the study show that social media marketing have a significant relationship to customer loyalty directly in the context of Instagram @tokopedia. However, social media marketing do not have a significant relationship to customer loyalty through the mediation of customer satisfaction. Marketing through social media Instagram @tokopedia, such as information about cashback, discounts, free shipping, and more, as well as creating interactive content that invites followers to participate, has been proven to attract customers to be satisfied and loyal. Then, brand trust has a relationship to customer loyalty either directly or by mediating customer satisfaction. Tokopedia has succeeded in fulfilling all aspects of brand trust. Thus, customer loyalty in the form of good retention, purchase frequency, and WOM is the result of increased customer trust in the Tokopedia platform. This research is expected to help marketing managers, especially in the e-commerce industry, to optimize marketing communication strategies on social media by uses an emotional approach to its customers to encourage increased customer loyalty."
Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dwi Januar Luqmansyah
"Sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, perbankan syariah di Indonesia juga memberikan kontribusi dalam industri perbankan secara umum, walaupun dalam market share yang masih terbatas. Hal ini mengharuskan perbankan syariah untuk lebih dalam memahami kebutuhan nasabahnya. Salah satu transformasi proses bisnis yang harus dilakukan perbankan saat ini adalah mengubah layanan operasional secara tradisional menjadi layanan operasional berbasis digital. Mandiri Syariah hadir sebagai bank syariah yang pertama yang mengusung konsep Digital Branch. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh customer experience dengan sikap terhadap perbankan syariah dan konsep pemasaran kontemporer seperti kepuasan pelanggan dan loyalitas. Penelitian ini menggunakan metode mall intercept pada nasabah yang melakukan bertransaksi pada Digital Branch. Dengan 25 itempertanyaan penelitian ini berhasil mengumpulkan 252 responden pengguna layanan pada 3 outlet Digital Branch. Data dianalisis menggunakan metode PLS-SEM, hasilnya adalah customer experience berpengaruh positif dan signifikan pada sikap terhadap perbankan syariah dan kepuasan serta loyalitas pelanggan. Penelitian ini mengimplikasikan bagaimana faktor frontline personel paling mempengaruhi customer experience dan customer experience memiliki pengaruh dominan terhadap sikap terhadap perbankan syariah dibandingkan dengan kepuasan dan loyalitas kepada Digital Branch Bank Syariah di Indonesia. Sebagian besar dari mereka memiliki harapan memiliki customer experience yang sesuai dengan nilai syariah yang diharapkan lebih baik dari perbankan konvensional.

As a country with the largest Muslim population in the world, Islamic banking in Indonesia also contributes to the national banking industry, although its market share is still limited. This requires Islamic banking to better understand the needs of its customers. One of the business process transformations carried out by banking today is changing traditional operational services to digital-based operational services. The first Islamic bank that carries the concept of Digital Branch is Mandiri Syariah. The purpose of this study was to determine the effect of customer experience on attitudes towards Islamic banking and contemporary marketing concepts such as customer satisfaction and loyalty. This study uses the online questionnaire for customers who make transactions at the Digital Branch. With 25 research question items, this study managed to collect 252 service user respondents at three Digital Branch outlets. Data analysis using the PLS-SEM method, and the result is customer experience has a positive and significant effect on attitudes towards Islamic banking as well as customer satisfaction and loyalty. The study implies how frontline personnel factors most influence customer experience and customer experience has the greatest influence on attitude toward Islamic banking compared to satisfaction and loyalty to Islamic Bank Digital Branch in Indonesia. Most of them have the expectation of having a customer experience in accordance with sharia values which is expected to be better than conventional banking"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>