Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 145008 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Yanuar Indah Pratiwi
"Rumah Sakit adalah institusi pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan secara paripurna yang menyediakan pelayanan rawat inap, rawat jalan, dan gawat darurat. Waktu pelayanan yang baik berhubungan dengan kepuasan pelanggan, sehingga rumah sakit harus dapat mengontrol waktu pelayanan untuk mencapai kepuasan pasien. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis alur pelayanan resep rawat jalan di Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI) sehingga pelayanan dapat memenuhi standar waktu tunggu obat. Waktu tunggu pelayanan resep di Depo Farmasi Rawat Jalan RSUI untuk obat jadi pada bulan Maret dan April berturut-turut sebesar 41,52% dan 45,67%, sementara untuk obat racik sebesar 54,22% dan 61,67%. Dimana hasil tersebut masih belum memenuhi standar waktu tunggu obat jadi yaitu ≤ 30 menit dan obat racik yaitu ≤ 60 menit. Oleh karena itu, alternatif solusi untuk menurunkan waktu tunggu pelayanan obat dapat dilakukan dengan memperbaiki alur pelayanan resep yaitu pada tahap pembayaran pasien umum, penyerahan berkas BPJS/Asuransi lain, konfirmasi resep, pengkajian dan verifikasi resep, pemisahan resep, dan verifikasi obat.

A hospital is a health service institution that provides plenary individual health services that include inpatient, outpatient, and emergency services. Good service time is related to customer satisfaction, so hospitals must be able to control service time to achieve patient satisfaction. The purpose of this study is to analyze the flow of outpatient prescription services at the University of Indonesia Hospital (RSUI) so that services can meet drug waiting time standards. The waiting time for prescription services at the RSUI Outpatient Pharmacy Depot for finished drugs in March and April was 41.52% and 45.67%, respectively, while for mixed drugs it was 54.22% and 61.67%. These results still do not meet the standard waiting time for finished drugs, which is ≤ 30 minutes, or mixed drugs, which is ≤ 60 minutes. Therefore, alternative solutions to reduce waiting times for drug services can be found by improving the flow of prescription services, namely at the stages of general patient payment, submission of BPJS or other insurance files, prescription confirmation, prescription assessment and verification, prescription separation, and drug verification."
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2023
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Atikah Yunda Setyowati
"Tugas khusus ini membahas tentang waktu tunggu pelayanan resep pasien rawat inap di Rumah Sakit Universitas Indonesia. Proses pelayanan resep yang paling lama adalah tahapan dari dispensing hingga penyerahan dan edukasi obat dengan waktu rata-rata pelayanan resep 3 jam 44 menit. Rata-rata waktu pelayanan resep pasien BPJS Kesehatan adalah 9 jam 7 menit, sedangkan pasien umum membutuhkan waktu 7 jam 13 menit. Data rata-rata waktu pelayanan resep H-1 adalah 12 jam 35 menit, sedangkan waktu pelayanan resep hari-H adalah 4 jam 40 menit. Faktor-faktor yang menyebabkan lamanya waktu pelayanan resep pasien pulang di Instalasi Farmasi Unit Rawat Inap Rumah Sakit Universitas Indonesia, yaitu: (1) adanya proses retur dan verifikasi ulang obat; (2) pasien dengan jaminan kesehatan BPJS memerlukan proses yang lebih lama dalam pelayanan resep karena adanya pembuatan copy resep jika diperlukan serta pengecekan obat dalam Fornas (apabila tidak terdapat dalam Fornas, perlu konfirmasi ke DPJP); dan (3) Tidak dilaksanakannya SOP pemulangan pasien.

This work practices report discusses the waiting time for prescription services inpatients at University of Indonesia Hospital. The longest prescription service process is the stage from dispensing to delivery and drug education with an average prescription service time of 3 hours 44 minutes. The average prescription service time for BPJS Health patients is 9 hours 7 minutes, while general patients need 7 hours 13 minutes. The average data for the H-1 prescription service time is 12 hours 35 minutes, while the D-Day prescription service time is 4 hours 40 minutes. The factors that cause the long time for prescription service for discharged patients at the Pharmacy Installation of the Inpatient Unit at the University of Indonesia Hospital are: (1) the process of returning and re-verifying medicines; (2) patients with BPJS health insurance require a longer process for prescription services due to making a copy of the prescription if necessary and checking the drug in Fornas (if it is not available in Fornas, confirmation needs to be done with DPJP); and (3) Failure to implement patient discharge SOPs."
Depok: Fakultas Farmasi Universitas ndonesia, 2022
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Hutabarat, Rismauli Ruth Natasari
"Obat memberikan efek terapi yang optimal jika dosis yang diberikan tepat dan efek samping yang minimal berdasarkan parameter farmakokinetik dan dikaitkan dengan farmakodinamik. Pada anak, proses farmakokinetik obat berbeda pada orang dewasa. Perbedaan proses farmakokinetik obat pada anak dengan orang dewasa mencakup perbedaan pH lambung, waktu pengosongan lambung, volume cairan ekstraseluler, dan lainnya. Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI) fokus terhadap pelayanan kesehatan neonatus, infant, dan anak. Sulitnya menemukan sumber dosis obat untuk pasien anak dirasakan apoteker di RSUI menjadi permasalahan sampai saat ini dan berpotensi menyebabkan medication error. Tujuan penyusunan tugas khusus pada praktik kerja profesi apoteker (PKPA) di rumah sakit ini adalah untuk membuat daftar dosis obat sebagai panduan pemberian dosis terapi anak dan menganalisis kesesuaian dosis obat pada resep pasien anak di rawat inap RSUI. Prosedur yang dilakukan adalah pengumpulan data, pembuatan datar dosis obat, dan analisis lima sampel resep (A,B,C,D,E) pasien neonatus, bayi, dan anak di rawat inap. Daftar dosis obat sebagai panduan pemberian dosis terapi anak dibuat berdasarkan daftar penggunaan obat di rawat inap Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI) menggunakan referensi yang sesuai. Didapatkan bahwa dua pasien, yaitu A dan B, diresepkan obat dengan dosis yang melebihi dosis lazim. Beberapa obat yang diresepkan pada pasien C, D, dan E juga kurang dari dosis rekomendasi, namun masih sesuai karena tidak melebihi dosis dalam sehari.

Drugs provide optimal therapeutic effects if the dose given is correct and less side effects based on pharmacokinetic parameters and associated with pharmacodynamics. In children, the pharmacokinetic process of drugs is different to adults. Differences in drug pharmacokinetic processes in children and adults include differences in gastric pH, gastric emptying time, et cetera. Universitas Indonesia Hospital (RSUI) focuses on neonate, infant and child health services. The difficulty in finding sources of medication doses for pediatric patients is a problem for their pharmacists to this day and potentially cause medication errors. The purpose of implementing pharmacist internship report (PKPA) is to create a list of drug doses as a guide for administering therapeutic doses for children and to analyze the accuracy of drug doses in prescriptions for pediatric inpatients at RSUI. The procedures are data collection, preparation of drug dosage data, and analysis of five prescription samples (A,B,C,D,E) from hospitalized neonates, infants and children. The list of drug doses as a guide was created based on the list of drug use in inpatients at the Universitas Indonesia Hospital (RSUI) using appropriate references. It was found that two patients, A and B, were prescribed medication in doses more than the usual dosage. Some of the drugs prescribed to patients C, D, and E were also less than the recommended dose, but were still appropriate because they did not exceed the daily dose.
"
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2023
PR-PDF
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Dheasandra Nur Azzahra
"Penderita penyakit kronis memakan biaya yang sangat banyak disebabkan oleh pengobatannya yang berlangsung lama. Namun, dengan adanya program pemerintah yaitu BPJS Kesehatan, sangat membantu masyarakat untuk meringankan biaya pengobatannya. BPJS Kesehatan menanggung semua penyakit yang tertuang dalam regulasi JKN-KIS, termasuk penyakit kronis. Tingginya peresepan obat kronis BPJS di Rumah Sakit Universitas Indonesia perlu menjadi perhatian khusus bagi Instalasi Farmasi RS UI dalam perencanaan dan pengadaan obat kronis sehingga dapat meminimalisir terjadinya kekosongan obat. Tugas khusus ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian jumlah pengadaan dan peresepan obat kronis BPJS di farmasi rawat jalan Rumah Sakit Universitas Indonesia selama enam bulan terakhir yaitu pada periode Bulan Juni hingga November tahun 2022. Pembuatan tugas khusus ini diawali dengan melakukan penarikan data pengadaan dan peresepan obat krnosis BPJS pada periode Juni hingga November 2022 kemudian diolah menggunakan fitur PivotTable pada Microsoft Excel. Berdasarkan hasil pengolahan, diketahui bahwa selama enam bulan terakhir yaitu dari Bulan Juni hingga November tahun 2022, Rumah Sakit Universitas Indonesia telah mengadakan 129 item obat kronis sebanyak 681 kali. Sebanyak 96% obat kronis BPJS yang diadakan oleh Rumah Sakit Universitas Indonesia pada periode Juni hingga November 2022 telah memenuhi kebutuhan minimal peresepan obat untuk pasien kronis di depo farmasi rawat jalan dan sebanyak 67% item obat yang diadakan masih perlu dilakukan optimalisasi baik dalam pengadaan maupun peresepannya.

People with chronic diseases incur significant expenses due to the prolonged duration of their treatments. However, with the existence of the government program BPJS Kesehatan (Indonesia's National Health Insurance), it greatly assists the public in alleviating the cost of their medical treatments. BPJS Kesehatan covers all diseases listed in the JKN-KIS regulations, including chronic diseases. The high prescription rate of chronic medications covered by BPJS at the University of Indonesia Hospital (Rumah Sakit Universitas Indonesia) needs special attention from the Pharmacy Installation to plan and procure chronic medications effectively, thus minimizing drug shortages. The specific task aims to determine the appropriateness of the quantity of procurement and prescription of BPJS-covered chronic medications at the outpatient pharmacy of the University of Indonesia Hospital during the last six months, specifically from June to November 2022. This task begins by collecting data on the procurement and prescription of BPJS-covered chronic medications during the specified period and processing it using the PivotTable feature in Microsoft Excel. Based on the results, it is found that during the last six months, from June to November 2022, the University of Indonesia Hospital procured 129 different items of chronic medications, amounting to 681 times. Approximately 96% of the BPJS-covered chronic medications procured by the hospital during this period have met the minimum prescription requirements for chronic patients in the outpatient pharmacy, while approximately 67% of the procured items still require optimization, both in terms of procurement and prescription."
Depok: Fakultas Farmasi Universitas ndonesia, 2022
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Vika Wahyudi Anggiri
"Resep elektronik merupakan salah satu sistem informasi berpusat kepada pelayanan dengan menghubungkan antara dokter dan apoteker yang bertujuan untuk meningkatkan keselamatan pasien, mengurangi ketidakefisienan dan mengurangi kesalahan pemberian obat. Penyelenggaraan resep elektronik bertujuan untuk memudahkan pengguna dalam melaksanakan tugasnya sehari-hari. Namun, faktor kegunaan dan manfaat dari teknologi ini akan bergantung dari penerimaan pengguna dalam memanfaatkan teknologi yang ada. Tujuan penelitian untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh penerimaan penggunaan terhadap resep elektronik dengan pendekatan Technology Acceptance Model di RS PON Prof. Dr. dr. Mahar Mardjono. Penelitian dilakukan pada bulan Juni sampai Juli tahun 2020 menggunakan desain penelitian studi cross sectional dengan pendekatan metode kuantitatif. Uji hipotesis menggunakan analisis Partial Least Square dengan probabilitas dua arah dimana nilai T-statistik lebih besar dari 1,96 maka hasil signifikan dengan memiliki pengaruh yang bermakna. Penerimaan teknologi resep elektronik di RS PON Prof. Dr. dr. Mahar Marjono dikategorikan cukup dengan nilai 69,6%. Hasil penelitian menunjukan bahwa persepsi kemudahan penggunaan dipengaruhi oleh desain layar, terminologi dan pelatihan serta sikap terhadap penggunaan dan kecenderungan penggunaan dipengaruhi oleh persepsi kegunaan. Kondisi nyata penggunaan sistem terjadi penurunan jumlah penggunaan resep elektronik dan didapatkan nilai rata-rata penggunaan resep manual sebesar 5,4%. Implementasi resep elektronik di RS PON Prof. Dr. dr. Mahar Mardjono sudah berjalan cukup baik dan diperlukan peningkatan kemampuan sistem dengan tujuan meningkatkan kinerja dan kualitas layanan rumah sakit.

Electronic prescribing is one of the information systems focusing on automated service that connects doctors and pharmacists, which potentially improves safety care, reduces inefficiencies and prescription errors. Electronic prescribing assists users in delivering their daily works. However, the usefulness factor and benefits of electronic prescribing relies on the user acceptance to optimize the advantages of this technology. This research aims to find and to analyze the effect of user acceptance towards electronic prescribing by using Technology Acceptance Model approach at National Brain Center Prof. Dr. dr. Mahar Mardjono Hospital. The research was conducted in June to July 2020 by employing cross sectional research design and quantitative method approach. The hypothesis testing is developed by using Partial Least Square analysis with a two-way probability where if the value of T-Statistics is higher than 1,96, the effect is significant and meaningful. User acceptance towards electronic prescribing at National Brain Center Prof. Dr. dr. Mahar Mardjono Hospital is categorized as sufficient with a value of 69,6%. The research finds that perceived ease of use was influenced by screen design, terminology and training, while attitude towards using and behavioral intention were influenced by perceived usefulness. The actual system use signifies a decline in electronic prescribing usage and the average value of using manual prescribing was 5,4%. Implementation of electronic prescribing at National Brain Center Prof. Dr. dr. Mahar Mardjono Hospital has been running quite well and it is necessary to increase system capabilities with the aim of improving the performance and quality of hospital services."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2020
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Shellinna Kurniawati
"Rumah Sakit (RS) merupakan institusi pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan secara paripurna yang menyediakan pelayanan rawat inap, rawat jalan, dan gawat darurat dimana di dalamnya terdapat Instalasi Farmasi (IF) sebagai sebuah unit yang menyelenggarakan seluruh kegiatan pelayanan kefarmasian di Rumah Sakit. Tuberkulosis (TB) adalah penyakit menular yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis yang menyerang organ tubuh, terutama paru-paru, tetapi juga dapat menyerang organ lain seperti tulang, kelenjar getah bening, ginjal, dan otak. Indonesia adalah salah satu negara dengan beban TB tertinggi di dunia dengan prevalensi sekitar 214 kasus per 100.000 penduduk. Pemerintah terus berupaya meningkatkan kesadaran, pencegahan, diagnosis dini, pengobatan, dan pemantauan TB melalui program-program yang lebih efektif. Oleh sebab itu, dilakukan analisis terhadap pola peresepan obat pasien tuberkulosis sensitif obat (TB SO) di Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI) periode Januari – Maret 2023. Dari 107 pasien TB SO, terdapat 57 pasien laki-laki dan 52 pasien perempuan. Berdasarkan kategori usia, terdapat 18 pasien anak dan 91 pasien dewasa. Jumlah minimum obat sebagai titik pemesanan kembali untuk paket OAT kategori I pasien dewasa 4 KDT adalah 404 tablet dan 2 KDT saat stok tersisa 705 tablet. Sedangkan stok minimum untuk paket OAT anak 3 KDT adalah 38 tablet dan 2 KDT sebanyak 127 tablet. Jumlah maksimum obat untuk paket OAT kategori I pasien dewasa 4 KDT adalah saat stok mencapai 6.455 tablet dan 2 KDT saat stok mencapai 11.277 tablet. Sedangkan stok maksimum untuk paket OAT anak 3 KDT adalah 606 tablet dan 2 KDT sebanyak 2.027 tablet.

Hospital is a health service institution that provides complete individual health services including inpatient, outpatient, and emergency services with a pharmacy installation as a unit that organizes all pharmaceutical service at the hospital. Tuberculosis (TB) is an infectious disease caused by the bacterium Mycobacterium tuberculosis which attacks organs, especially the lungs, and also other organs such as bones, lymph nodes, kidneys, and brain. Indonesia is one of the countries with the highest TB patients in the world with a prevalence of around 214 cases per 100,000 population. The government continues to increase awareness, prevention, early diagnosis, treatment, and monitoring of TB through more effective programs. Thus, an analysis was carried out on the pattern of drug prescribing in patients with sensitive drug-susceptible tuberculosis (TB SO) at the University of Indonesia Hospital during January - March 2023. Of the 107 TB SO patients, there were 57 male patients and 52 female patients. Based on age, there were 18 pediatric patients and 91 adult patients. The minimum number of drugs as the reorder point for category I OAT for adult patients with 4 KDT is 404 tablets and 2 KDT is 705 tablets. Meanwhile, the minimum stock for OAT packages for children with 3 KDT is 38 tablets and 2 KDT is 127 tablets. The maximum number of drugs for category I OAT packages for adult patients 4 KDT is 6,455 tablets and 2 KDT is 11,277 tablets. Meanwhile, OAT packages for 3 KDT children is 606 tablets and 2 KDT is 2,027 tablets."
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2023
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Sekar Ayu Kinasih
"Apotek merupakan sarana atau fasilitas pelayanan kefarmasian tempat dilakukan praktek kefarmasian oleh apoteker. Salah satu pelayanan kefarmasian yang dilakukan di apotek adalah pelayanan resep. Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 2016, lama waktu pelayanan Resep antara 15-30 menit. Berdasarkan SOP Apotek Kimia Farma, waktu tunggu pasien resep non racikan adalah antara 5-10 menit. Untuk mengevaluasi mutu pelayanan resep di apotek, perlu dilakukan perhitungan durasi waktu tunggu pelayanan resep. Hingga saat ini, waktu tunggu pelayanan resep masih menjadi masalah. Hal tersebut terjadi karena kurangnya efisiensi waktu pelayanan yang dilakukan oleh Apoteker maupun tenaga teknis kefarmasian (TTK) dan antrian pasien yang hendak menebus resep di apotek. Oleh karena itu, perlu dilakukan analisis waktu tunggu pelayanan resep di apotek untuk mencapai kepuasan pasien terhadap pelayanan resep di Apotek Kimia Farma Cahaya Amalia. Penelitian dilakukan dengan metode observasi. Observasi dilakukan terhadap resep kredit dan resep tunai pasien di Apotek Kimia Farma Cahaya Amalia. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, rata-rata waktu pelayanan resep kredit di Apotek Kimia Farma Cahaya Amalia adalah 17 menit, sedangkan rata-rata waktu pelayanan resep kredit di Apotek Kimia Farma Cahaya Amalia adalah 6 menit. Rata-rata waktu pelayanan tersebut sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2014 tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Apotek. Namun, rata-rata waktu pelayanan resep kredit tidak sesuai dengan SOP Apotek Kimia Farma.

Pharmacy/drugstore is a pharmaceutical service facility or facility where pharmacists practice pharmacy. One of the pharmaceutical services carried out in a pharmacy is a prescription service. Based on Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 2016, prescription service time is between 15- 30 minutes. Based on the SOP of Apotek Kimia Farma, the waiting time for non- concoction prescription patients is between 5-10 minutes. To evaluate the quality of prescription services in pharmacies, it is necessary to calculate the waiting time for prescription services. Until now, the waiting time for prescription services is still a problem. This happens due to the lack of time efficiency for services performed by pharmacists and pharmaceutical technical personnel (TTK) and the queues of patients who want to redeem prescriptions at the pharmacy. Therefore, it is necessary to analyze the waiting time for prescription services at the pharmacy to achieve patient satisfaction with prescription services at Apotek Kimia Farma Cahaya Amalia. The research was conducted by observation method. Observations were made on credit prescriptions and cash prescriptions for patients at the Apotek Kimia Farma Cahaya Amalia. Based on the results of the analysis that has been carried out, the average credit prescription service time at Apotek Kimia Farma Cahaya Amalia is 17 minutes, while the average credit prescription service time at Apotek Kimia Farma Cahaya Amalia is 6 minutes. The average service time is in accordance with Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2014 concerning Pharmaceutical Service Standards in Pharmacies. However, the average credit prescription service time is not in accordance with the SOP of Kimia Farma Pharmacy."
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2023
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Nur Afifah
"Pengkajian dan pelayanan resep merupakan salah satu pelayanan farmasi klinik di Rumah sakit. Pada pengkajian resep salah satu hal penting yang harus dilakukan adalah menganalisis ketepatan indikasi dan dosis obat. Perbedaan dosis pada pasien anak dibandingkan dewasa karena perbedaan fisiologis yang kemudian berkembang pada perbedaan farmakokinaetik obat. Dosis obat pada anak perlu disesuaikan terlebih dahulu agar efek terapi dapat tercapai dan menghindari ROTD (Reaksi Obat yang Tidak Diinginkan). Ketepatan indikasi dan dosis obat pada resep perlu dianalisis terlebih dahulu oleh Apoteker sebelum obat nantinya diberikan. Dalam melakukan analisis tersebut Apoteker perlu memiliki referensi terpercaya sebagai acuan. Laporan analisis kesesuaian dosis-indikasi obat pasien anak di Rawat Inap Rumah Sakit Universitas Indonesia ini dilakukan dengan menganalisis 5 resep yang dipilih secara acak. Berdasarkanreferensi online database terkait obat seperti Micromedex, medicines.org.uk, Lexicomp, Medscape, panduan tatalaksana IDAI, leaflet obat, maupun referensi terkait lainnya dibuat daftar referensi obat dari obat-obatan yang diresepkan pada pasien anak di rawat inap RSUI selama bulan Juli 2023. Dari daftar tersebut kemudian 5 resep yang sudah dipilih dianalisis kesesuaian indikasi dan dosisnya. Berdasarkan hasil analisi disimpulkan bahwa kelima resep tersebut telah tepat indikasi dan tidak ada obat dengan dosis yang melampaui dosis maksimal, sehingga masih sesuai untuk diberikan pada pasien.

Prescription review and service is one of the clinical pharmacy services in the hospital. In the assessment of prescriptions, one of the important things that must be done is to analyze the accuracy of indications and drug dosages. The difference in dosage in pediatric patients compared to adults is due to physiological differences which then develop in differences in drug pharmacokinetics. The dose of drugs in children needs to be adjusted first so that the therapeutic effect can be achieved and avoid ROTD (Unintended Drug Reactions). The accuracy of the indication and dose of the drug in the prescription needs to be analyzed first by the pharmacist before the drug is given. In conducting this analysis, pharmacists need to have a trusted reference as a reference. This report on the analysis of the appropriateness of the dose-indication of drugs for pediatric patients in the Inpatient Department of the University of Indonesia Hospital was carried out by analyzing 5 randomly selected prescriptions. Based on drug-related online databases such as Micromedex, medicines.org.uk, Lexicomp, Medscape, IDAI management guidelines, drug leaflets, and other related references, a drug reference list of drugs prescribed to pediatric patients in the hospitalization of RSUI during July 2023 was created. From this list, 5 prescriptions that had been selected were analyzed for the suitability of indications and doses. Based on the results of the analysis, it was concluded that the five prescriptions had the right indication and there were no drugs with doses that exceeded the maximum dose, so they were still suitable to be given to patients.
"
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2023
PR-PDF
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Lisa Amelia
"Dalam praktiknya, pengkajian resep dilakukan pada semua jenis obat yang diresepkan oleh dokter. Termasuk di antaranya yaitu obat-obatan untuk penyakit jamur pada kulit dan kepala. Infeksi jamur yang terjadi pada kulit dan kepala ini sering ditemukan di kehidupan sehari-hari dari keparahan yang ringan hingga berat. Tujuan dari tugas khusus ini yaitu untuk mengkaji aspek administrasi, farmasetika, dan klinis yang terdapat pada resep obat jamur kulit dan kepala yang ada di Apotek Atrika. Metode yang digunakan dalam pengerjaan laporan ini yaitu studi literatur dari berbagai sumber seperti buku ISO, MIMS, dan referensi mengenai obat lainnya. Dari hasil pengkajian dua resep untuk obat jamur kulit dan kepala, ditemukan bahwa pada aspek administrasi masih ada informasi yang tidak lengkap, namun pada aspek farmasetik dan klinis informasi yang dicantumkan sudah cukup lengkap dan sesuai.

In practice, prescription review is carried out on all types of drugs prescribed by a doctor. This includes medicines for fungal diseases of the skin and head. Fungal infections that occur on the skin and head are often found in everyday life, ranging from mild to severe in severity. The purpose of this report is to examine the administrative, pharmaceutical, and clinical aspects contained in the prescription for skin and head fungus at Apotek Atrika. The method used in preparing this report is the study of literature from various sources such as ISO books, MIMS, and other drug references. From the results of the study of two prescription for the medicine for skin and head fungus, it was found that in the administrative aspect there was still incomplete information, but in the pharmaceutical and clinical aspects the information included was quite complete and appropriate."
Depok: 2022
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Salsabila Tasyah
"Apotek adalah sarana pelayanan kefarmasian tempat dilakukan praktik kefarmasian oleh Apoteker. Pengkajian resep merupakan salah satu standar pelayanan kefarmasian yang dilakukan di Apotek. Pengkajian resep dilakukan untuk melakukan analisa adanya permasalahan terkait obat dan apabila ditemukan masalah terkait obat harus segera dikonsultasikan kepada dokter penulis resep. Tujuan dilakukannya pengkajian resep untuk mencegah permasalahan terkait obat sebelum obat diserahkan kepada pasien sehingga tidak terjadi medication error yang berdampak pada kegagalan terapi dan efek obat yang tidak diharapkan yang merugikan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelengkapan administrasi, kesesuaian farmasetik dan kesesuaian klinis pada peresepan di Apotek Kimia Farma Menteng Huis. Dalam penelitian ini, dilakukan pengkajian resep Pasien Rujuk Balik (PRB) pasien asma dengan mengkaji secara administratif, farmasetik dan klinis. Pada persyaratan administratif, didapatkan ketidaklengkapan berat badan pasien dan paraf dokter. Pada pengkajian secara farmasetik, resep yang tertulis sudah sesuai bentuk dan kekuatan sediaannya. Pada pengkajian secara klinis, terdapat duplikasi dan interaksi pada beberapa obat. Dapat disimpulkan bahwa masih banyak ketidaksesuaian dalam penulisan resep yang diamati sehingga harus dikonsultasikan kepada dokter penulis resep.

Pharmacy is a pharmaceutical service facility where pharmacists practice pharmacy. Prescription review is one of the standard pharmaceutical services carried out at pharmacies. Prescription review is carried out to analyze drug-related problems and if a drug-related problem is found, a doctor who prescribes it must be consulted immediately. The purpose of reviewing prescriptions is to prevent drug-related problems before the drugs are dispensed to patients so that medication errors do not occur which result in therapy failure and unexpected drug effects that harm the patient. This study aims to determine the completeness of administration, pharmaceutical suitability and clinical suitability for prescriptions at the Kimia Farma Pharmacy, Menteng Huis. In this study, the prescription review of Back-Referral Program (PRB) was carried out in asthma patient by examining administrative, pharmaceutical and clinical aspects. In administrative requirements, incomplete patient weight and doctor's initials were obtained. In the pharmaceutical study, the written prescription have appropriate dosage forms and dosage strengths. In clinical studies, there are duplications and interactions with several drugs. It can be concluded that there are still many observed discrepancies in prescription writing, so a doctor who prescribes it must be consulted."
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2023
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>