Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 124173 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Michelle Nur Aura Islami
"Apotek merupakan sarana pelayanan kefarmasian tempat dilakukan praktik kefarmasian oleh Apoteker yang dibantu oleh Tenaga Teknis Kefarmasian dalam menjalankan pekerjaan kefarmasian. Standar pelayanan kefarmasian di apotek meliputi standar mengenai pengelolaan sediaan farmasi, alat kesehatan dan bahan medis habis pakai, dan pelayanan farmasi klinik. Pelayanan farmasi klinik yang ada di Apotek Kimia Farma Pondok Bambu salah satunya adalah pelayanan obat pasien Program Rujuk Balik yang merupakan program unggulan BPJS Kesehatan untuk pemenuhan obat peserta dengan bekerja sama dengan depo/apotek. Program Rujuk Balik (PRB) adalah bertujuan untuk memudahkan akses bagi peserta penderita penyakit kronis. BPJS Kesehatan memanfaatkan teknologi digital yang semakin maju untuk meningkatkan efektivitas, efisiensi, serta peningkatan mutu pelayanan contohnya adalah memungkinkan fasilitas kesehatan tingkat pertama merujuk pasien ke tingkat lanjut secara daring. Dengan adanya perkembangan teknologi digital ini dapat dimanfaatkan oleh BPJS Kesehatan dan apotek yang bekerja sama untuk pelayanan pasien Program Rujuk Balik dalam penerimaan resep yang sebelumnya secara manual menjadi digital. Banyaknya persyaratan yang harus dibawa oleh pasien saat pengambilan obat PRB dirasa kurang efisien dan memakan tempat yang cukup banyak. Pada laporan praktik kerja profesi apoteker ini bertujuan untuk mempersiapkan penerapan sistem baru pelayanan pasien PRB di apotek dengan penerimaan resep secara digital melalui aplikasi Whatsapp yang dapat memudahkan peserta tidak perlu membawa berkas yang banyak dan menjadikan sistem pelayanan lebih efisien.

Pharmacy is a pharmaceutical service facility where pharmacists carry out pharmaceutical practices who are assisted by Pharmacy Technical Staff in carrying out pharmaceutical work. Pharmacy service standards in pharmacies include standards regarding the management of pharmaceutical preparations, medical devices and medical consumables, and clinical pharmacy services. One of the clinical pharmacy services at the Kimia Farma Pondok Bambu Pharmacy is the drug service for patients of the Refer Back Program, which is the flagship program of BPJS Kesehatan for fulfilling drug participants by working with depots/pharmacies. The Program Rujuk Balik (PRB) is aimed at facilitating access for participants with chronic diseases. BPJS Kesehatan utilizes increasingly advanced digital technology to increase effectiveness, efficiency, and improve service quality, for example, by enabling first-level health facilities to refer patients to advanced levels online. With the development of this digital technology, BPJS Health and pharmacies can work together to service patients of the Refer Back Program in receiving prescriptions that were previously made digital manually. The many requirements that must be brought by patients when taking PRB drugs are felt to be inefficient and take up quite a lot of space. This report on the work practice of the pharmacist profession aims to prepare for the implementation of a new system of servicing PRB patients in pharmacies by digitally receiving prescriptions via the Whatsapp application which can make it easier for participants not to need to carry a lot of files and make the service system more efficient."
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2023
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Chinthia Rahadi Putri
"Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) merupakan bentuk kepedulian pemerintah terhadap akses kesehatan pada masyarakat sehingga masyarakat dapat memperoleh pengobatan yang berkualitas, terjamin mutunya, dan terjangkau. Sebagai wujud keselarasan dengan tujuan adanya JKN, maka apoteker perlu memaksimalkan pengobatan yang diberikan kepada pasien. Salah satu upaya dalam memaksimalkan pengobatan tersebut ialah dengan melakukan pengkajian resep. Dengan adanya pengkajian resep ini akan menurunkan kejadian ketidakrasionalan penggunaan obat. Pengkajian resep ini dilakukan terhadap pasien peserta BPJS Kesehatan Program Rujuk Balik (PRB) serta pada pasien umum.

The National Health Insurance Program (JKN) is a form of government concern for access to health in the community so that people can get quality, guaranteed quality, and affordable treatment. As a form of alignment with the objectives of JKN, pharmacists need to maximize the treatment given to patients. One of the efforts in maximizing the treatment is by conducting a prescription review. This prescription review will reduce the incidence of irrational use of drugs. This prescription review was conducted on patients participating in the BPJS Health Referral Program (PRB) and on general patients."
Depok: Fakultas Farmasi Universitas ndonesia, 2023
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Ririn Edwatri Maulia
"Pelayanan Kefarmasian di Apotek meliputi 2 kegiatan, yaitu kegiatan yang bersifat manajerial berupa pengelolaan Sediaan Farmasi, Alat Kesehatan, dan Bahan Medis Habis Pakai dan pelayanan farmasi klinik. Sebagai salah satu program unggulan guna meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan bagi peserta BPJS Kesehatan serta memudahkan akses pelayanan kesehatan kepada peserta penderita penyakit kronis, maka dilakukan optimalisasi implementasi Program Rujuk Balik. Pelayanan Program yang sudah terkontrol/stabil namun masih memerlukan pengobatan atau asuhan keperawatan dalam jangka panjang. Sebagai fasilitas kesehatan tingkat lanjutan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan, Apotek Kimia Farma 529 Cipinang Jaya melayani pasien dengan Program Rujuk Baik (PRB). Perlu adanya gambaran karakteristik pasien PRB untuk dapat menentukan perencanaan obat yang ada di Apotek berdasarkan pola penyakit dari bulan sebelumnya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif observasional dengan metode pengumpulan data retrospektif. Jenis penyakit PRB yang balik banyak diderita oleh pasien adalah hipertensi. Pasien PRB paling banyak dengan kelompok umur 61-70 tahun, 51-60 tahun, dan 71-80 tahun. Sehingga pasien lansia mendominasi pada Program Rujuk Balik.

Pharmaceutical Services at the Pharmacy include 2 activities, namely managerial activities in the form of managing Pharmaceutical Preparations, Medical Devices, and Medical Consumables and clinical pharmacy services. As one of the leading programs to improve the quality of health services for BPJS Kesehatan participants and facilitate access to health services for participants with chronic diseases, optimization of the implementation of the Referral Program is carried out. Program services that are already controlled/stable but still require long-term treatment or nursing care. As an advanced health facility that collaborates with BPJS Kesehatan, Kimia Farma Pharmacy 529 Cipinang Jaya serves patients with the Good Referral Program (PRB). There needs to be a description of the characteristics of PRB patients to be able to determine the drug planning available at the Pharmacy based on disease patterns from the previous month. This study uses a descriptive observational method with a retrospective data collection method. The type of PRB disease that is often suffered by patients is hypertension. The most PRB patients are in the age groups 61-70 years, 51-60 years, and 71-80 years. So that elderly patients dominate the Referral Program.
"
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2023
PR-PDF
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Nadya Rahmawati Putri
"Home pharmacy care adalah salah satu aspek pelayanan farmasi yang ada di apotek dengan pelaksanaannya dilakukan di rumah khususnya pada pasien lanjut usia dan memiliki riwayat penyakit kronis (diabetes, penyakit kardiovaskular, TBC, asma). Tujuan dilakukannya home pharmacy care adalah meningkatkan pemahaman mengenai pengobatan sehingga penggunaan obat sesuai, serta memastikan kepatuhan penggunaan obat pasien sehingga keberhasilan terapi akan meningkat. Akibat dari peningkatan kasus virus corona yang terjadi di Indonesia, pelaksanaan home pharmacy care di Apotek Kimia Farma 352 tidak dilakukan dengan berkunjung ke rumah pasien untuk meminimalkan resiko penularan. Strategi yang dilakukan melalui telfon atau disebut dengan metode telefarma. Fokus pasien yang dilakukan home pharmacy care adalah pasien PRB (Program Rujuk Balik)

Home pharmacy care is one aspect of pharmaceutical services in pharmacies where it is carried out at home, especially for elderly patients who have a history of chronic diseases (diabetes, cardiovascular disease, tuberculosis, asthma). The aim of doing home pharmacy care is to increase understanding of medication so that drug use is appropriate, and ensure adherence to patient drug use so that the success of therapy will increase. As a result of the increase in cases of the corona virus that has occurred in Indonesia, the implementation of home pharmacy care at the Kimia Farma 352 Pharmacy is not carried out by visiting the patient's house to minimize the risk of transmission. The strategy carried out by telephone is known as the telepharma method. The focus of patients undergoing home pharmacy care is PRB (Referral Program) patients.
"
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2022
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Yunita Sari
"Peningkatan pengetahuan dan pemahaman peran apoteker dalam Apotek dan Industri Farmasi perlu dilakukan dengan melaksanakan Praktik Kerja Profesi Apoteker di Apotek Kimia Farma No. 254 Pos Pengumben dan PT Takeda Indonesia. Metode yang digunakan dalam pembuatan tugas khusus di Apotek Kimia Farma No. 254 Pos pengumben adalah studi literatur mengenai obat penyakit dermatitis, mencari ketersediaan resep yang tersedia di apotek, pengkajian resep, sedangkan metode pembuatan tugas khusus di PT Takeda Indonesia adalah studi literatur sistem produksi ramping dan perhitungan cycle time dan takt time. Pada pelaksanaan Praktik Kerja Profesi Apoteker di Apotek Kimia Farma No. 254 Pos Pengumben, penulis melakukan analisis resep penyakit dermatitis berdasarkan resep yang didapatkan. Berdasarkan hasil analisis resep penyakit dermatitis, terapi yang diterima pasien rasional, aman, dan efektif. Pada pelaksanaan Praktik Kerja Profesi Apoteker di PT Takeda Indonesia, penulis menhitung cycle time dan takt time. Berdasarkan hasil perhitungan tersebut, didapatkan bahwa nilai cycle time lebih besar dari takt time, yang artinya perlu dilakukan perbaikan untuk mengurangi cycle time dengan cara menghilangkan kemacetan proses dan pemborosan berupa penungguan dan pergerakan berlebihan, sehingga perlu dilakukan upaya peningkatan efektivitas dan efisiensi pada proses pengemasan sekunder yaitu dengan cara penambahan konveyor melingkar, pembesaran sudut antara konveyor atas dan perosotan.

 

Increasing knowledge and understanding of the role of pharmacists in the Pharmacy and Pharmaceutical Industry could be done by implementing the Professional Pharmacist Work Practices (Internship) at Apotek Kimia Farma No. 254 Pos Pengumben and PT Takeda Indonesia. The method that used to make this study at Kimia Farma No. 254 Pos pengumben was literature study on dermatitis drugs, looking for the availability of prescriptions available in pharmacy, reviewing prescriptions, while the method that used to make this study at PT Takeda Indonesia was literature study on lean production systems and calculation of cycle time and tact time. Based on the analysis of dermatitis prescriptions in Apotek Kimia Farma No. 254 Pos Pengumben, therapy received by patient was rational, safe, and effective. In the implementation of the Pharmacist Professional Work Practice at PT Takeda Indonesia, the authors calculated cycle time and tact time. Based on the results of these calculations, it is found that the value of the cycle time is greater than the Takt time, which means that improvements need to be made to reduce cycle time by eliminating bottlenecks and waste in the form of waiting and excessive movement, so it is necessary to make efforts to increase the effectiveness and efficiency of the secondary packaging process by adding a circular conveyor, enlarging the angle between the top conveyor and the slide."
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2020
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Cynthia Dewi
"Program Rujuk Balik (PRB) merupakan salah satu pelayanan yang didapatkan peserta BPJS Kesehatan. Pelayanan obat PRB diberikan oleh ruang farmasi Puskesmas dan Apotek yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan seperti Apotek Kimia Farma Kemayoran. Salah satu penyakit kronis yang masuk dalam PRB yaitu hipertensi. Biasanya pasien yang menderita hipertensi disertai penyakit lain seperti penyakit jantung koroner, diabetes melitus, dan riwayat penyakit stroke sehingga diperlukan kombinasi obat antihipertensi agar tekanan darah pasien dapat mencapai target dan terkontrol. Banyaknya jumlah obat yang diterima pasien dalam satu resep dapat meningkatkan terjadinya masalah terkait obat sehingga perlu dilakukan analisis resep agar masalah terkait obat dapat dihindari. Analisis resep dilakukan dengan mengambil data resep pasien PRB selama bulan September 2022 di Apotek Kimia Farma Kemayoran. Data tersebut kemudian diolah untuk mendapatkan hasil pola penggunaan obat PRB dan jumlah pemenuhan obat antihipertensi pasien PRB. Selanjutnya dilakukan pemilihan resep PRB yang di dalamnya terdapat obat antihipertensi dan dipilih 3 resep dengan jumlah dan variasi obat antihipertensi. Kemudian dilakukan pengkajian resep untuk mengetahui masalah terkait pengunaan obat pada pasien PRB. Hasil analisis menunjukkan pada resep pasien PRB yang mengandung obat antihipertensi ditemukan beberapa masalah terkait obat seperti efek samping dan interaksi antara obat yang perlu diperhatikan. Masalah tersebut dapat diatasi dengan mengubah jadwal konsumsi obat pasien atau dengan memberikan obat tambahan untuk mengatasi efek samping yang muncul pada pasien.

Program Rujuk Balik (PRB) is one of the services provided by BPJS Health participants. PRB drug services are provided by the pharmacy room at the Community Health Center and Pharmacies that work with BPJS Health, such as the Kimia Farma Kemayoran Pharmacy. One of the chronic diseases included in DRR is hypertension. Usually patients who suffer from hypertension are accompanied by other diseases such as coronary heart disease, diabetes mellitus, and a history of stroke, so a combination of antihypertensive drugs is needed so that the patient's blood pressure can reach the target and be controlled. The large number of drugs that patients receive in one prescription can increase the occurrence of drug-related problems, so it is necessary to analyze the prescription so that drug-related problems can be avoided. Prescription analysis was carried out by taking prescription data from PRB patients for September 2022 at the Kimia Farma Kemayoran Pharmacy. The data is then processed to obtain the results of patterns of PRB drug use and the number of fulfillment of antihypertensive drugs in PRB patients. Then a prescription review was carried out to find out problems related to drug use in PRB patients. The results of the analysis showed that the PRB patient's prescription containing antihypertensive drugs found several drug-related problems such as side effects and interactions between drugs that needed attention. This problem can be overcome by changing the patient's drug consumption schedule or by giving additional drugs to deal with side effects that appear in patients."
Depok: Fakultas Farmasi Universitas ndonesia, 2022
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Isti Nurul Afifah
"Apoteker memiliki peran penting di industri farmasi, rumah sakit, pemerintahan, distributor farmasi dan apotek. Sebelum memasuki dunia kerja dan menjalani praktik profesi, apoteker diharuskan untuk dapat memenuhi standar kompetensi apoteker Indonesia yang terdiri dari sepuluh standar kompetensi. Standar kompetensi tersebut merupakan kemampuan yang diharapkan dimiliki oleh seorang apoteker saat lulus dan masuk ke tempat praktik kerja profesi. Selain ilmu yang cukup, seorang calon apoteker juga diharapkan memiliki bekal berupa pengalaman dalam menjalankan praktik profesi apoteker, maka dari itu dilaksanakanlah Praktik Kerja Profesi Apoteker (PKPA) di Apotek Kimia Farma Tugu, PT. Enseval Putera Megatrading, dan PT. Takeda Indonesia pada periode Februari-Agustus 2020. Setelah PKPA dilaksanakan, diharapkan calon apoteker dapat memperluas wawasan dan pemahaman terkait praktik profesi apoteker di Apotek, PBF, dan Industri.

 


Pharmacists have an important role in the pharmaceutical industry, hospitals, government, pharmaceutical distributors and apotek. Before entering the real of work and undergoing professional practice, pharmacists are required to have the competency standards of Indonesian pharmacists which consist of ten competency standards. This competency standard is the ability that is expected to have by a pharmacist when graduates and enters a professional work practice. Besides sufficient knowledge, a pharmacist candidate is also expected to have experience in practicing the pharmacist profession, therefore the Pharmacist Professional Work Practice (PKPA) is carried out at Apotek Kimia Farma Tugu, PT. Enseval Putera Megatrading, and PT. Takeda Indonesia during the period of July-August 2020. After PKPA, it is hoped that pharmacists candidates will get a knowledge of the pharmacists professional practice in apotek, PBF, and industry."
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2020
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Rensa Alsya Fitri
"Seorang apoteker memegang peranan penting di Rumah Sakit dan Apotek. Apoteker harus memenuhi standar kompetensi sebagai persyaratan untuk memasuki dunia kerja dan menjalani praktik profesi. Standar kompetensi apoteker Indonesia terdiri dari sepuluh standar kompetensi sebagai kemampuan yang diharapkan oleh apoteker dapat lulus dan masuk ke tempat praktik kerja profesi. Sebagai bekal dan pengalaman, calon apoteker untuk dapat memahami peran apoteker dan meningkatkan kompetensi, maka dilaksanakan Praktik Kerja Profesi Apoteker di Apotek Kimia Farma No.295 Jatiwaringin dan Rumah Sakit Permata Cibubur selama periode bulan Februari-Juli 2020. Selama PKPA, diharapkan calon apoteker dapat memperluas wawasan, pemahaman, dan pengalaman untuk melakukan pekerjaan kefarmasian di tempat praktik kerja profesi. 


A pharmacist plays an important role in the Hospital and Pharmacy. Pharmacists must fulfill competency standards as requirements for joining the world of work and undergoing professional practice. Indonesian pharmacist competency standards consist of ten competency standards as abilities that are expected by pharmacists to pass and join professional work practices. As a provision and experience, prospective pharmacists can understand the role of pharmacists and improve competence, internship at Apotek Kimia Farma No.295 Jatiwaringin and Permata Cibubur Hospital during the period February-July 2020. During at internship, it is expected that prospective pharmacists can broaden insight, understanding, and experience to do pharmaceutical work in a professional work practice."
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2020
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Zenshiny Starlin
"ABSTRAK
Praktik Kerja Profesi Apoteker di Apotek Kimia Farma No. 366 Maharaja, PT. Indofarma Tbk., dan Rumah Sakit Universitas Indonesia Periode Februari - Mei 2020

ABSTRACT
Internship at Apotek Kimia Farma No. 366 Maharaja, PT. Indofarma Tbk., and Universitas Indonesia Hospital Period February-May 2020
"
2020
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Ratna Nadyana
"Seorang apoteker mempunyai peranan penting di berbagai sarana kefarmasian, seperti apotek dan industri farmasi, maupun pemerintahan. Apoteker dalam menjalankan pekerjaan kefarmasian, harus memiliki sertifikat kompetensi profesi. Standar Kompetensi Apoteker Indonesia (SKAI) di tahun 2016, terdiri dari 10 (sepuluh) standar kompetensi, merupakan standar minimal yang harus dimiliki seorang apoteker untuk dapat berpraktik secara profesional. Pelaksanaan Praktik Kerja Profesi Apoteker (PKPA) pada periode Januari-April 2019 di Apotek Kimia Farma 49 Pondok Bambu, Suku Dinas Kesehatan Kota Administrasi Jakarta Selatan, dan PT Indofarma (Persero) Tbk. ditujukan untuk dapat menunjang dalam pemenuhan standar kompetensi. Dalam hal ini, calon apoteker juga diharapkan dapat meningkatkan wawasan dan pemahaman, kemampuan, dan keterampilan mengenai peran, tugas, dan tanggung jawab apoteker serta pengalaman praktis untuk melakukan pekerjaan kefarmasian.

A pharmacist has a significant role in various pharmaceutical facilities, such as pharmacy or drugstore, pharmaceutical industry and also in the government. Pharmacists in carrying out pharmaceutical work, must have a certificate of professional competence. Standar Kompetensi Apoteker Indonesia (SKAI) in 2016, consists of 10 (ten) competencies, are the minimum standards that must be possessed by a pharmacist to be able to practice professionally. The purposes of Praktik Kerja Profesi Apoteker (PKPA) at Apotek Kimia Farma 49 Pondok Bambu, City Health Department Administration of South Jakarta, and PT Indofarma (Persero) Tbk. period January-April 2019, intended to be able to support the fulfillment of competency standards. In this case, the prospective pharmacist is also expected to be able to gain more knowledge, increase the understanding, abilities, and skills regarding the roles, tasks and responsibilities of the pharmacist also as practical experience to do pharmaceutical work.
"
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2019
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>