Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 208807 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Haris Muhammad
"Penggunaan website oleh pemerintah Indonesia sudah sangat berkembang pesat. Website dapat digunakan untuk menyediakan informasi tentang berbagai kegiatan pemerintah yang sedang atau telah dilakukan. Pemerintah Kota Depok merupakan salah satu bagian dari struktur pemerintahan daerah di Indonesia yang juga telah menggunakan website segabai teknologi informasi dalam penyelenggaraan pemerintahannya. Keberadaan website Pemerintah Kota Depok dimaksudkan agar dapat membantu masyarakat dalam memberikan pelayanan, menjadikan pelayanan lebih sederhana, dan transparan. Selain itu, diharapkan para anggota masyarakat dapat memberikan saran atau konsep untuk kemajuan Kota Depok. Dengan begitu, pengaruh dari website Kota Depok harus dievaluasi untuk menentukan apakah sudah cukup memuaskan pengguna dan mencapai tujuan yang telah ditetapkan dalam keberadaannya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh kualitas kegunaan, kualitas informasi, kualitas interaksi layanan, dan kualitas visual website pemerintah kota depok terhadap kepuasan pengguna. Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif dan pengumpulan data primer melalui kuesioner. Sampel yang digunakan adalah 385 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas kegunaan, kualitas informasi, kualitas interaksi layanan dan kualitas visual mempunyai pengaruh positif terhadap kepuasan pengguna website pemerintah kota depok.

Usage website by the Indonesian government has developed very rapidly.Website can be used to provide information about various government activities that are being or have been carried out. The Depok City Government is one part of the regional government structure in Indonesia that has also used website as information technology in the administration of government. The existence of the Depok City Government website is intended to help the community in providing services, making services simpler and more transparent. Apart from that, it is hoped that community members can provide suggestions or concepts for the progress of Depok City. In this way, the influence of the Depok City website must be evaluated to determine whether it is sufficient to satisfy users and achieve the goals set for its existence. Therefore, this research aims to prove the influence of usability quality, information quality, service interaction quality, and visual quality of the Depok city government website on user satisfaction. The research was conducted using a quantitative approach and collecting primary data through questionnaires. The sample used was 385 respondents. The research results show that the variables usability quality, information quality, service interaction quality and visual quality have a positive influence on user satisfaction of the Depok city government website."
Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fika Permata Sari
"Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya penerapan keterbukaan informasi pada pemerintahan. Padahal Internet sebagai media yang mampu menyediakan fasilitas akses informasi telah mengubah arah dan pandangan pengguna dalam melakukan aktivitas mencari informasi. Pemerintah, dalam hal ini, Kementerian harus mampu menyediakan situs/website yang inovatif agar mampu menarik perhatian dan mampu mendorong pengguna melakukan interaksi virtual. Metodologi penelitian dengan paradigm positivistik melalui metode kuantitatif deskriptif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa perangkat komunikasi website dilihat dari kualitas layanan, kualitas informasi, loyalitas pengguna website yang diterapkan Kementerian Perindustrian sudah baik dilihat dari indikator Kualitas Layanan dan Kualitas Informasi sehingga dapat meningkatkan Loyalitas terhadap penggunaan website.

This study was driven by the poor level of information disclosure of the government. Whereas the Internet as a medium that is capable of providing access to facilities and information is changing the way users view the activity seeking information. The government, in this case, the Ministry should be able to provide the site /innovative website to be able to attract attention and be able to encourage users to perform virtual interaction. The research used a positivistic paradigm through a quantitative descriptive method.
The results of using a communication tool a of a website visits based on quality of service, quality of information, user loyalty applied at the Ministry of Industry website has been able to meet the standard Quality of Service and Quality of Information, thereby increasing loyalty to the use of the website.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2015
T43712
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Purwadi
"Kinerja (performance) suatu situs web adalah pengalaman pengguna yang menarik untuk diteliti karena menjadi salah satu pengukuran penting dari perspektif pengguna. Berangkat dari hal tersebut, penelitian ini pun bertujuan untuk meneliti pengalaman pengguna situs web dari sisi analisis faktor dan pengaruh pengalaman pengguna mengakses situs web. Penelitian ini menguji empat skema, yaitu: (a) faktor-faktor bagian dari pengalaman pengguna situs web, (b) pengaruh pengalaman pengguna situs web terhadap kepercayaan kepada brand, (c) pengaruh pengalaman pengguna situs web terhadap kembali ke situs web, dan (d) pengaruh pengalaman pengguna situs web terhadap membagikan situs web ke pengguna lain. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode survei. Jenis penelitian ini ialah explanatory research. Kuesioner penelitian bertipe daring dengan skala Likert tujuh kategori respons. Populasi penelitian ini berjumlah 300 jurnalis dengan sampel penelitian adalah sensus. Pengolahan data penelitian memanfaatkan bantuan Statistical Package for the Social Sciences (SPSS) versi 25.0. Uji hipotesis penelitian menggunakan confirmatory factor analysis (CFA) dan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini, pertama adalah ada delapan faktor yang menjadi bagian signifikan dari pengalaman pengguna situs web, yaitu emosi pengguna, hedonis, desain, nilai pengguna, usability, kecepatan akses, nilai publik, dan budaya. Kedua, pengalaman pengguna situs web terbukti berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan kepada brand, kembali ke situs web, dan membagikan situs web ke pengguna lain. Ketiga, terbentuknya empat skema yang dapat menjadi cikal-bakal model pengalaman pengguna situs web.

The performance of a website is an interesting user experience to be investigated because it becomes one of the important measurements from the user's perspective. Based on this, this study aims to examine the user experience of the website in terms of factor analysis and the influence of user experience accessing the website. This study examines four schemes, namely: (a) the factors part of the website user experience, (b) the influence of the website user experience on brand trust, (c) the influence of the website user experience on returning to the website, and (d) the influence of the website user experience on sharing the website with other users. This research approach is quantitative with survey methods. This type of research is explanatory research. The research questionnaire is online type with a Likert scale of seven response categories. The population of this research is 300 journalists with the census sample as the research sample. The research data processing uses Statistical Package for the Social Sciences (SPSS) version 25.0. The research hypotheses test use confirmatory factor analysis (CFA) and simple linear regression test. The results of this study, first, there are eight factors that are a significant part of the website user experience, namely user emotions, hedonic, design, user values, usability, speed of access, public values, and culture. Second, the website user experience has proven to have a significant effect on brand trust, returning to the website, and sharing the website with other users. Third, the formation of four schemes that can be the forerunner of the website user experience model. "
Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Surya Adhadiyat
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh website customer orientation, website personality, website quality terhadap repurchase intention. Penelitian ini menunjukan bahwa website customer orientation, website personality dan website quality memengaruhi secara signifikan terhadap repurchase intention. Penelitian ini mengambil objek penelitian yaitu para pengguna tokobagus.com yang pernah melakukan transaksi sekurang-kurangnya satu kali transaksi.

The objective of this study is to analyze effect of website customer orientation, website personality, website quality towards repurchase intention. This research shows that website customer orientation, website personality and website quality significantly affect towards repurchase intention. The object of this research is tokobagus.com users that have been transaction into this website at least once.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
S54049
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yuli Rianhar Adri Latief
"Perkembangan teknologi website telah berkembang pesat di setiap sektor manapun. Media website dalam setiap organisasi digunakan sebagai profiling sekaligus media informasi dari organisasi tersebut. Media website merupakan sarana penyebaran informasi efektif bagi pihak sektor publik/pemerintah dan swasta karena media website ini dapat diakses kapan dan dimanapun. Direktorat Jenderal Sumber Daya Air (Ditjen SDA) adalah unit eselon 1 di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang memanfaatkan teknologi website untuk salah satu penerapan layanan e-government. Penelitian ini ditujukan untuk melakukan kajian evaluasi kualitas website Ditjen SDA dengan mengintegrasikan dua model pengukuran kualitas website (WebQual 4.0 dan e-GovQual).
Penelitian ini berhasil mensintesis dua model pengukuran kualitas website yang kemudian digunakan dalam instrumen survei pengukuran tingkat kualitas website Ditjen SDA. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan survei kepada para pengguna website Ditjen SDA melalui media survei cetak dan media survei on-line. Dari data isian kuesioner yang terkumpul didapatkan sebanyak 199 data valid. Setelah data survei terkumpul kemudian dianalisis menggunakan metode SEM-CFA (Structural Equation Modeling-Confirmatory Factor Analysis) dengan menggunakan perangkat lunak Lisrel 8.7. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa information quality, reliability, usability, citizen support, dan trust yang berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kualitas website Ditjen SDA. Dimensi yang memiliki pengaruh terbesar adalah information quality dan reliability. Selanjutnya disusun rekomendasi untuk tiap dimensi yang bertujuan meningkatkan kualitas website.

The development of website technology has developed rapidly in every sector anywhere. On-line media such as website in any organization has been used as well as profiling media from the organization. Website is an effective media for disseminating information to the public/government sector and the private sector and also this website media can be accessed anytime and anywhere. Directorate General of Water Resources (DG-WR) is one of echelon units in the Ministry of Public Works and Housing People which uses website technology as an implementation of e-government services. This study aimed to conduct a study evaluating the quality of the website DG-WR by integrating the two models of quality measurement for website (WebQual 4.0 and e-GovQual).
This study succeeded in synthesizing two models measuring the quality of a website which is then used in the survey instrument for measuring the quality level DG-WR website. Collecting data in this study using surveys of the users of the website DG-WR through printed media and online surveys. From the data obtained questionnaires that were collected as many as 199 data is valid. Once the survey data collected then it is analyzed using SEM-CFA (Structural Equation Modeling-Confirmatory Factor Analysis) using software Lisrel 8.7. The result of this study indicates that information quality, reliability, usability, citizen support, and trust have both significant and positive effect on the quality of the website DG-WR. Two dimensions have the greatest influence are information quality and reliability. Next step is to arrange recommendations on each dimension aimed at improving the quality of the website.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2016
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Orisa Mahardhini
"Makalah proyek akhir ini membahas mengenai pengalaman pengguna (User Experience) dalam menggunakan website library.umn.ac.id berdasarkan konsep ekologi informasi Rosenfield seperti context, content dan user yang bertujuan untuk membantu perpustakaan dalam memvisualisasikan dan memahami lingkungan informasinya. Pengalaman pengguna (User Experience) dalam mengakses informasi menjadi penting untuk diperhatikan terutama dalam kaitannya dengan kegunaan (usability) dan kemudahan (ease to use) web untuk mendapatkan sumber informasi yang dibutuhkan. Arsitektur informasi suatu website akan mempengaruhi pengalaman pengguna (User Experience) dalam menggunakan situs website perpustakaan dan kemudahan mendapatkan informasi. Website perpustakaan seharusnya dapat menjadi rujukan bagi pengguna perpustakaan dalam mengakses referensi dan informasi, namun berdasarkan visitor count tingkat kunjungan website library.umn.ac.id tahun 2021 justru menurun. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi yang bertujuan untuk mendapatkan gambaran mendalam pada saat pemustaka menggunakan website library.umn.ac.id. Adapun penentuan informan didasarkan pada seseorang yang memiliki kapabilitas dalam fokus penelitian sehingga dapat mengartikulasikan pengalaman hidupnya. Berdasarkan temuan penelitian, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tujuan pembuatan website library.umn.ac.id masih belum terlihat jelas (context), menu website library.ac.id masih sulit ditemukan dan membingungkan (content) Kedua komponen tersebut pada akhirnya mempengaruhi pengguna (user) dalam menggunakan website library.umn.ac.id. Berdasarkan penilaian terhadap komponen kualitas instrumental dari CUE-Model diperoleh hasil website library.umn.ac.id dinilai masih kurang dilihat dari kegunaan (usability) dan kemudahan (ease to use) dinilai cukup mudah namun tetap harus memberhatikan kebutuhan pengguna. Komponen kualitas non-instumental menunjukan user interace web library.ac.id tidak menarik pengguna untuk menggunakan. Ketiga, reaksi emosi yang ditunjukan saat menggunakan website meliputi emosi gembira, seding, bingung marah dan terkejut. Kesimpulan penelitian ini adalah Pengalaman pengguna (user experience) yang mengacu pada CUE-Model dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang interaksi manusia dengan teknologi dibandingkan studi kegunaan lainnya. Pengalaman pengguna (user experience) terhadap website library.umn.ac.id dipengaruhi oleh beberapa hal seperti desain arsitektur informasi (context, content dan user) website library.umn.ac.id yang masih jauh dari ideal.

This final project discusses the user experience using the library.umn.ac.id website based on Rosenfield's information ecology concepts such as context, content and users, which aims to assist libraries in visualizing and understanding their information environment. User experience in accessing information is important to note, especially in the usability and ease of use of the web to obtain the required information sources. The information architecture of a website will affect the user experience in using the library website and the ease of getting information. The library website must be a reference for library users in accessing references and information, but based on the number of visitors visiting the library.umn.ac.id website in 2021, it has decreased. This study uses a qualitative method with a phenomenological approach which aims to get an in-depth picture of when users use the library.umn.ac.id website. As for what is determined based on someone who has the capability in the research focus so that he can articulate his life experiences. Research findings The results of this study indicate that the purpose of making the library.umn.ac.id website is still unclear (context), and the library.ac.id website menu is still difficult to find and surprising. using the library.umn.ac.id website. Based on the instrumental quality components of the CUE-Model, the website library results.umn.ac.id is considered to be still lacking in terms of usability and ease of use which is considered quite easy but still has to pay attention to the user. needs. The non-instrumental quality component indicates that the library.ac.id web user interface does not attract users. Third, the emotional reactions shown when using the website include happy, sad, confused and surprising emotions. This study concludes that user experience that refers to the CUE-Model can better understand human interaction with technology compared to other usability studies. The user experience of the website.umn.ac.id library is influenced by several things, such as the information architecture design (context, content and users) of the library.umn.ac.id website, which is still far from ideal."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2022
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
London: Aslib IMI, 2001
006.7 TIP
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Salsabila Tasyah
"Sistem komputerisasi merupakan salah satu aspek penting dalam Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB). Industri farmasi seperti PT. Kalbe Farma Tbk memiliki tanggung jawab untuk menjamin keamanan, manfaat dan mutu obat atau bahan obat sesuai peraturan yang berlaku. Pembuatan obat atau bahan obat diatur dalam CPOB untuk memastikan agar mutu obat dan/atau bahan obat yang dihasilkan sesuai dengan persyaratan dan tujuan penggunaan. Departemen Plant Technical Support merupakan salah satu departemen yang mendukung dalam produksi obat yang aman dan memiliki kualitas yang baik dengan mensinkronisasi sistem yang digunakan dalam area produksi. Dalam membantu menganalisis data dalam sistem produksi, dibuat situs web untuk mempermudah mengakses, meng-input data, memonitor dan menganalisis data dalam sistem produksi. Penelitian ini bertujuan untuk membuat viscon digital yang mempermudah mengakses, meng-input data, memonitor dan menganalisis data dalam sistem produksi. Dalam penelitian ini, dibuat situs web menggunakan wix (platform pembuatan situs web). Situs web Viscon Digital ini berisikan TKL digital, WR, kanban, one point lesson, calender safety, checklist AM, tag, speed standard, standar rendemen, standar IPC toleransi MB, challenge test, materi training, daftar hadir, raport karyawan baru serta akses finger untuk departemen produksi, departemen non produksi dan DPA all produksi. Viscon digital yang dibuat mempermudah operator dalam pengisian data sistem produksi dan mempermudah dalam mengakses data sistem produksi agar mudah menganalisis data tersebut. Dapat disimpulkan bahwa adanya viscon digital membantu mempermudah dalam mengakses, menginput, memonitor dan menganalisis data dalam sistem produksi.

The computerized system is an important aspect of Good Manufacturing Practice (GMP). Pharmaceutical industry such as PT. Kalbe Farma Tbk has the responsibility to guarantee the safety, benefits and quality of drugs or medicinal ingredients according to applicable regulations. The manufacture of drugs or medicinal substances is regulated in GMP to ensure that the quality of drugs and/or medicinal substances produced is in accordance with the requirements and intended use. The Plant Technical Support Department is one of the departments that supports the production of safe and good quality drugs by synchronizing the systems used in the production area. To help analyze data in the production system, a website is created to make it easier to access, input data, monitor and analyze data in the production system. This study aims to create a viscon digital that makes it easier to access, input data, monitor and analyze data in production systems. In this study, a website was created using Wix (a website creation platform). The Viscon Digital website contains TKL digital, WR, kanban, one point lesson, calendar safety, AM checklist, tags, speed standards, yield standards, IPC tolerance MB standards, challenge tests, training materials, attendance lists, new employee report cards and finger access for the production department, non-production department and DPA all production. Viscon Digital is made to make it easier for operators to fill in production system data and make it easier to access production system data so that it is easy to analyze the data. It can be concluded that the existence of a viscon digital helps to access, input, monitor and analyze data in the production system easily."
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2023
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Togatorop, Parmonangan R.
"Website merupakan representasi sebuah organisasi dan merupakan komponen utama organisasi untuk dapat berkompetisi. Salah satu domain yang paling banyak menggunakan website adalah institusi pendidikan. Institut Teknologi Del IT Del sebagai sebuah lembaga pendidikan tinggi di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi memanfaatkan website akademik sebagai sarana menyampaikan informasi mengenai institusi, program pendidikan, agenda penting, dan berbagai informasi lain. Tujuan dari sebuah website adalah untuk memenuhi kebutuhan pengguna. Kualitas website yang rendah menyebabkan ketidakpuasan pengguna, pemborosan sumber daya dan kehilangan kesempatan memperoleh peluang bisnis. Oleh karena itu, kualitas website menjadi sebuah kebutuhan yang sangat penting karena bertanggung jawab terhadap kesuksesan sebuah website. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan kajian peningkatan kualitas situs akademik dengan mengintegrasikan model kualitas web, Importance Performance Analysis IPA dan Fuzzy Quality Function Deployment QFD. Penelitian ini berhasil mensitesis sebuah model pengukuran website akademik yang diintegrasikan dengan Importance Performance Analysis untuk memperoleh kebutuhan pengguna. Kebutuhan pengguna tersebut kemudian diolah menggunakan metode Fuzzy Quality Function Deployment QFD untuk memperoleh prioritas tindakan teknis yang dilakukan. Penelitian ini berhasil menentukan prioritas tindakan teknis yang perlu dilakukan untuk meningkatkan kualitas website akademik IT Del.

The website is a representation of an organization. The most widely used website are educational institutions. Del Institute of Technology IT Del as an institution of higher education in science and technology utilizing academic website as a means of conveying information about institutions, educational programs, an important agenda, and various other information. The purpose of a website is to meet the needs of users. Low quality websites will lead to user dissatisfaction, wasted resources and missed opportunities to obtain business opportunities. Therefore, the quality of the website becomes a very important for the success of a website. This study aims to conduct a study to improve the quality of academic sites by integrating web quality models, Importance Performance Analysis IPA and Fuzzy Quality Function Deployment QFD . This study succeeded in synthesizing a model for measurement academic website integrating with Importance Performance Analysis IPA to obtain the user 39 s needs. The user needs is then processed using the method of Fuzzy Quality Function Deployment QFD to obtain priority technical measures undertaken. This study successfully determined the priority technical measures that need to be done to improve the quality of academic website IT Del.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2017
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Winarsih
"Penelitian ini menggunakan teori TAM untuk mengukur faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi mahasiswa menggunakan Situs Web Portal UPT Perpustakaan UI dan menjelaskan hubungan faktor yang mempengaruhi niat pengguna untuk mengakses portal
tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian survei yang dilakukan terhadap Mahasiswa
UI jenjang D3 sampai dengan S2 yang mengakses Portal Situs Web Perpustakaan UI
dalam kurun waktu Desember 2019 hingga November 2020.
Dari hasil analisis, ditemukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi
kemudahan penggunaan dan usefulness terhadap intensi penggunaan portal website
library UI. Variabel yang tergolong dalam perbedaan individu yang terdiri dari
penggunaan komputer, pengetahuan domain, dan ketertarikan untuk mempublikasi tidak
memiliki hubungan yang signifikan terhadap persepsi kemudahan penggunaan maupun
kegunaan sistem dari portal website library UI. Variabel yang tergolong dalam
karakteristik sistem, hanya bantuan perpustakaan yang tidak memiliki hubungan dengan
persepsi penggunaan penggunaan dan kegunaan. Variabel relevansi tidak memiliki
hubungan dengan kemudahan penggunaan. Sedangkan visibilitas dan aksesibilitas
memiliki hubungan yang signifikan pada variabel kemudahan penggunaan dan kegunaan.
Dalam penelitian faktor bantuan perpustakaan tidak memiliki pengaruh sehingga perlu
ditingkatkan adanya bantuan perpustakaan di Portal Situs Web UPT Perpustakaan UI
mengingat kondisi pandemi Covid-19 yang membuat layanan tatap muka ditutup dan
dimasukkan dalam layanan daring.

This study used the TAM (Technology Acceptance Model) theory to measure factors
influencing students in using Library UI Website Portal and to explain the relationship of
factors affecting the user's intention to access the portal. This research was a survey
research conducted on UI Diploma to master degree students who accessed the UI Library
Website Portal from December 2019 to November 2020. From the analysis, it was found
that there was a significant relationship between perceived ease of use and usefulness
towards the intention to use the UI library website portal. The variables belonging to
individual differences consisting of computer use, domain knowledge, and interest in
publishing did not have a significant relationship to the perceived ease of use and
usefulness of the UI library website portal. From variables belonging to the characteristics
of the system, only library assistance had no relationship with both perceived ease of use
and usefulness. Relevance variable had no relationship with ease of use. Meanwhile,
visibility and accessibility had a significant relationship on the perceived ease of use and
usefulness. In research, the factor of library assistance had no effect, so it is necessary to
increase the existence of library assistance on the Website Portal of the UPT Library of
Indonesia given the Covid-19 pandemic conditions which made face-to-face services can
not be done and almost everything use online services.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia , 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>