Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 61060 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Noviarti Rahayu
"Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pelibatan Reading to Learn (R2L) dalam pengajaran Digital Multimodal Composing (DMC) teks eksplanasi dan implikasinya pada tulisan pemelajar. R2L merupakan sebuah program pengajaran yang dikembangkan berdasarkan teori Systemic Functional Linguistics (SFL) yang telah terbukti berhasil meningkatkan kemampuan literasi pemelajar dalam berbagai konteks pengajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, spesifiknya studi kasus yang dilakukan di sebuah Sekolah Menengah Atas di Depok. Dua jenis data diperoleh dalam penelitian ini. Data pertama berupa observasi implementasi R2L dan analisis tulisan pemelajar kelas XII tingkat sekolah menengah atas berupa teks eksplanasi multimodal jenis digital. Data observasi merupakan laporan dari pelaksanaan R2L sebagai bentuk intervensi pengajaran dan interpretasi ke dalam konteks pengajaran di kelas. Data berupa teks visual dan tertulis pemelajar dianalisis menggunakan kerangka SFL yang berfokus pada teori perkembangan bahasa tulisan dan visual. Terdapat beberapa temuan penting dalam penelitian ini. Pertama, implementasi R2L dilakukan melalui dua bagian intervensi dengan dua topik yang berbeda. R2L diaplikasikan dnegan memilih tahapan strategi R2L. Temuan berdasarkan analisis tulisan pemelajar menunjukkan signifikansi implementasi R2L pada perkembangan tulisan pemelajar yang meliputi perkembangan pemahaman genre, perkembangan gramatika dan kosa kata, serta perkembangan pemahaman fungsi representasional elemen visual pada produk teks ekspalanasi multimodal. Temuan perkembangan tulisan pemelajar tersebut menunjukkan bahwa pengaplikasian R2L dalam pengajaran menulis teks eksplanasi multimodal digital efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis pemelajar. Temuan tersebut merekomendasikan penelitian mengenai pengaplikasian R2L untuk konteks lainnya, serta menekankan pentingnya penelitian berkelanjutan untuk menyempurnakan dan memperluas penelitian tentang dampak R2L terutama dalam penulisan teks multimodal digital.

This research aims to investigate the involvement of Reading to Learn (R2L) in teaching Digital Multimodal Composing (DMC) explanation text and its implications on students' writing. R2L is a teaching program developed based on Systemic Functional Linguistics (SFL) theory which has been proven to be successful in increasing students' literacy skills across the globe. This research is qualitative in nature, specifically a case study which was conducted at a high school in Depok. Two types of data were obtained in this research. The first data is in the form of observations of the implementation of R2L in that the account of R2L implementation is reported. The second data is drawn from the analytical results of the students’ written and visual texts before and after the R2L implementation. The data obtained in the form of students’ visual and written texts were analyzed using SFL frameworks focusing on the theory of written and visual language development. There are several important findings in this research. First, R2L implementation is carried out through two intervention parts with two different topics. R2L is applied through selected the R2L stages. Findings based on the analysis of students' writing show the significance of the implementation of R2L on the development of students' writing, including the development of genre understanding, the development of grammar and vocabulary, as well as the development of understanding the representational function of visual elements in multimodal explanation text product. These findings indicate promising R2L application in teaching digital multimodal explanation composition and improving students' writing skills. These findings suggest further research on the application of R2L in other contexts in order to refine the results of R2L application especially in digital multimodal text writing."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Dieni Amalia Zamzamy
"Berangkat dari “membaca sebagai aktivitas multimodal” (Knox, 2020), penelitian ini berupaya mengungkapkan bagaimana moda-moda bekerja sama dalam membangun makna untuk mengomunikasikan pesan atau informasi dalam sebuah bacaan tertentu. Penggunaan teks multimodal dalam pembelajaran bahasa asing semakin umum digunakan, terutama di ruang kelas kontemporer seperti pada buku teks. Peran elemen visual dalam buku teks meskipun dapat dikatakan tidak dapat menggantikan teks verbal, kehadirannya merupakan unsur tidak kalah penting dan selalu menjadi bagian dari bacaan itu sendiri.
Untuk itu, penelitian ini berusaha mengungkap peranan elemen visual dan verbal dalam buku teks BIPA dengan menyelisik peranan kedua elemen tersebut di dalam buku teks. Penelitian ini menerapkan studi kualitatif di bawah payung Linguistik Sistemik Fungsional (LSF) untuk menganalisis elemen visual dan verbal yang terdapat dalam buku teks. Elemen visual dan verbal dianalisis berdasarkan tiga metafungsi, yaitu metafungsi ideasional, metafungsi interpersonal, dan metafungsi tekstual. Data visual dan verbal dalam penelitian ini diperoleh buku teks, yaitu Sahabatku Indonesia untuk Penutur Bahasa Thailand.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari segi metafungsi ideasional, elemen visual berperan sebagai pelengkap dan visualisasi elemen verbal. Namun, pada saat yang bersamaan, elemen visual cenderung mengabaikan elemen verbal karena kurang merepresentasikan apa yang diinformasikan di dalam teks. Dari segi metafungsi nterpersonal, elemen visual dan verbal berperan dalam membangun interaksi dengan
pembaca. Namun, interaksi yang dibangun didominasi oleh interaksi satu arah. Dari segi tekstual, elemen visual dan verbal berperan dalam memandu pembaca dalam menelusuri informasi dari teks bacaan. Akan tetapi, elemen visual lebih kentara dibandingkan dengan elemen verbal.

Taking a trajectory from “reading as a multimodal activity” (Knox, 2020), this study tries to investigate how multiple modes work together in constructing meaning to communicate messages or information in a particular reading passage. The application of multimodal texts in language learning has become increasingly more common, especially in contemporary classrooms such as textbooks. Although it can be said that they cannot substitute for the verbal texts, visual elements often play critically important role in the textbooks and even being an integral part of reading passage.
Having understood that, this study attempts to analyse the role of visual and verbal elements in the Bahasa Indonesia for Foreign Speakers (BIPA) textbook by examining their role within the texts. The research is based on qualitative method and applies the Systemic Functional Linguistics (SFL) to analyse visual and verbal elements in the multimedia textbook Sahabatku Indonesia untuk Penutur Bahasa Thailand through three metafunctions: Ideational metafunction, Interpersonal metafunction, and Textual metafunction.
In terms of ideasional metafunction, the study finds that visual elements frequently complement and act as visual articulation of the verbal elements but at the same time tend to ignore them when the visual elements have not sufficiently provided information as intended by the verbal elements. On the interpersonal metafunction, the visual and verbal elements do build interactions though predominantly one-way. While both play a role in terms of textual metafunction, the visual elements are found in this study as having more salient in guiding the readers to discern information from the texts.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nelfida
"Economics is one of social subjects learnt by vocational high school students.Therefore , cooperative integrated reading and composition (CJRC) could improve the students learning result at the second grade TN 1 SMK negeri 1 Padang panjang."
Padang Panjang: Dinas pendidikan kota Padangpanjang, 2014
370 JGR 11 : 2 (2014
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Richardson, Judy S., 1945-
Australia: Wadsworth and Cengage Learning, 2012
428.407 RIC r
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Fatni Yanti
"English is one of means of International communication. it is compulsory suject in Senior High School.There arefour skills, listening , speaking , reading , writing in learning English. "
Padang Panjang: Dinas pendidikan kota Padangpanjang, 2014
370 JGR 11 : 2 (2014)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Budi Hermawan
"ABSTRAK
Penelitian ini menganalisis interaksi teks verbal dan citra visual dalam buku teks sains dalam merepresentasikan pesan pengetahuan sains dari segi makna pengalaman dan logis-semantis (fungsi ideasional), dari segi makna interpersonal dan
dari segi komposisi (fungsi tekstual). Penelitian ini juga ditujukan untuk mengidentifikasi kendala-kendala yang berpotensi menghambat kepaduan interaksi
teks verbal dan citra visual dalam merepresentasikan pengetahuan sains. Data dalam penelitian ini berbentuk teks verbal dan gambar yang muncul
bersamaan dalam satu halaman pada buku teks sains untuk tingkat dasar di Indonesia. Teori metafungsi bahasa yang diperluas kepada moda lain di luar bahasa verbal, analisis transitivitas verbal, analisis transitivitas visual, teori dan cara menganalisis
hubungan teks verbal dan citra visual, analisis penanda modalitas, analisis pronomina
dan genre teks telah digunakan dalam disertasi ini untuk menjawab pertanyaanpertanyaan
penelitian yang diajukan. Dari segi makna pengalaman, teks verbal dan citra visual dapat memiliki kesetaraan ideasional. Dari makna logis-semantis, intersemiosis teks verbal dan citra
visual menghasilkan penambahan makna satu moda oleh moda lainnya berupa pemberian contoh, penjelasan dengan cara berbeda, dan pengungkapan kembali
informasi yang sama satu moda oleh moda yang lain.
Dari segi interpersonal intersemiosis teks verbal dan citra visual dibangun melalui penguatan sapaan, penguatan pemosisian pembaca, dan kesetaraan penanda
modalitas antara teks verbal dan gambar. Secara interpersonal, pengetahuan sains yang
disampaikan citra visual dalam buku teks menuntut pembaca untuk terlibat
memahaminya dan menawarkan pembaca untuk berkontemplasi melalui pemanfaatan
tatapan yang diarahkan PT kepada pembaca atau tatapan frontal, dan tatapan yang
diarahkan ke arah selain pembaca, atau tatapan oblique. Pesan pengetahuan dan PT
dalam gambar adalah sesuatu yang dekat dengan pembaca buku teks.
Dari segi tekstual, intersemiosis teks verbal dan gambar ditunjukkan pada
tataran penyajian (display) melalui kehadiran dan tidakhadiran bingkai, warna yang
digunakan, dan tipografi yang dipilih. Intersemiotis antara kedua moda juga dibangun
pada tataran tata bahasa melalui kesetraan tema, perujukan langsung, dan perujukan
intersemiotis yang digunakan oleh kedua moda.
Ketidaksetaraan ideasional antara apa yang disampaikan oleh teks verbal dan
oleh gambar, ketidaklengkapan label yang berfungsi sebagai rujukan indeksikal, dan
poximity tek verbal-gambar menjadi kendala yang berpotensi menghambat kepaduan
interaksi teks verbal dan citra visual.

ABSTRACT
The research is analysing verbal and visual intersemiosis ideationally,
interpersonally, and textually in science textbooks to represent the science. The
research is also aimed at finding challenges that will potentially hinder the integration
of the scientific messages communicated through the co-deployment of verbal text and
pictures.
The data for the research are in the form of verbal texts and pictures codeployed
on the same page of the science textbooks for basic level in Indonesia.
Metafunction theory that has been extended to be used on other modes than verbal,
verbal and visual transitivity system, verbal-visual intersemiosis theory, modality
markers theory, analysis of the pronouns used, and text genre theory have been
employed and performed to find the answers to the reseach questions.
Experientially, verbal texts and pictures can show ideational concurence.
Logico-semantically, verbal-visual intersemiosis leads to meaning extension in the
form of exemplification, clarification and exposition.
Interpersonally, verbal texts and pictures interact through the reinforcement of
address, reinforcement of readersposition, and concurrent modalities used in the codeployed
modes. The science communicated in the textbooks both demands the readers
to involve with it through the employment of represented participants (RP) frontal
gaze, and offers the readers to contemplate on scientific objects and phenomena
through the use of oblique gaze. The science in the textbooks is represented as
approachable to the readers; lesson they can master.
Textually, verbal-visual intersemiosis can obtain in the area of display which is
shown through the existence and nonexistence of frame, the colors used, and the
typograhy chosen. Verbal-visual intersemiosis also obtains in the area of grammar
through the concurent theme used in verbal texts and pictures, use of direct reference
and intersemiotic reference.
Ideational nonconcurrence of verbal texts and pictures contributed by
ignorance of those responsible for the textbooks making, proximity of verbal texts and
pictures, and incomplete labels serving as indexical reference in the textbooks are the
challenges potentially hindering the scientific messages communicated to be wholly
and appropriately comprehended."
2019
D2743
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Margono
"Struktur ekonomi Indonesia yang tersokong utama pada sektor manufaktur, dimana pertanian, perdagangan, industri dan jasa sosial memiliki porsi tenaga kerja serta potensi ketahanan sektor yang tinggi. Eksplorasi hasil bumi (sektor pertambangan) yang tinggi pada provinsi Kalimantan Timur beserta ketidakcocokan tenaga professional dan teknisi yang menjadi output sekolah vokasi masih terdapat porsi 40%, sedangkan pada sisi lain terlihat angkatan kerja di Indonesia didominasi oleh lulusan yang memiliki kompetensi rendah dan lulusan SMK berkontribusi cukup tinggi pada pengangguran dengan segala tantangan pendidikan vokasi SMK, serta Kalimantan Timur menjadi urutan ke-4 dari 34 provinsi dengan angka pengangguran tinggi. Dan sebanyak 53,81% penduduk Indonesia merupakan generasi milenial dan Z yang menjadi peserta didik dengan kebutuhan tinggi pada internet yang memberikan dampak pada model pembelajarannya, serta pelibatkan siswa dalam proyek-proyek yang bermakna pada pembelajaran berbasis proyek memberikan pengalaman belajar yang lebih holistik dan relevan, sehingga diperlukan pengembangan platform digital pembelajaran berbasis web dan aplikasi perangkat lunak untuk pendidikan vokasi.
Praktik Keinsinyuran ini yang berlangsung dari tahun 2020 hingga 2022 telah terselesaikan, pada platform digital pembelajaran berbasis web menggunakan CMS WordPress dengan LMS Plugin berupa LearnPress serta plugin-plugin penunjang lainnya, dimana telah digunakan 53 anggota dengan diantaranya sebagai anggota aktif sebanyak 24, 8 anggota non aktif dan 21 anggota telah kadaluarsa. 53 anggota ini tergabung dari 3 event Basic Technical Course (BTC) dengan setiap proses event pelatihan ini terbagi menjadi 2 bagian yakni bagian teori untuk penunjang pengetahuan dan bagian praktik sebagai peningkatan keterampilan, dimana platform digital pembelajaran berbasis web ini mengakomodir dari bagian teori dan dengan melihat salah satu dari BTC yang menggunakan platform digital ini di dapatkan tingkat kelulusan 100% dengan nilai rata-rata 77,42 yang berada di atas kriteria kelulusan minimum (75,00), di capai dengan waktu yang lebih cepat hingga 30% serta lebih fleksibel. Sedangkan pada platform digital pembelajaran berbasis aplikasi perangkat lunak yang diimplimentasikan dalam praktik berbasis proyek oleh peserta BTC dari SMK Muhammadiyah 3 Samarinda telah berhasil membuat 5 proyek pembelajaran, dengan indikator keberhasilan dilihat dari 4 aspek yakni Winning Concept, Winning Team, Winning System dan Performance.
Proyek dalam praktik keinsinyuran ini telah diselesaikan secara profesionalisme serta menjalankan kode etik profesi insinyur dengan menerapkan semua prinsip dasar dan tata laku sebagai insinyur. Proyek ini juga senantiasa memperhatikan Keselamatan, Kesehatan, Keamanan Kerja dan Lingkungan (K3L) untuk mengambil tindakan pencegahan yang tepat dalam menangani pekerjaan yang berbahaya.

The Indonesian economy is primarily supported by the manufacturing sector, where agriculture, trade, industry, and social services contribute a significant portion of the workforce and have a high potential for sector resilience. The exploration of natural resources (the mining sector) is particularly high in East Kalimantan province, but there is a mismatch in the availability of skilled professionals and technicians, which remains at 40% output from vocational schools. On the other hand, the Indonesian labor force is dominated by graduates with low competency levels, and vocational high school (SMK) graduates contribute significantly to unemployment, highlighting the challenges faced by vocational education in SMK. Additionally, Kalimantan Timur ranks fourth among the 34 provinces in terms of high unemployment rates. Approximately 53.81% of the Indonesian population consists of millennials and Generation Z, who are learners with a high demand for internet access, impacting their learning models. Involving students in meaningful projects through project-based learning provides a more holistic and relevant learning experience. Therefore, the development of a web-based digital learning platform and software application is necessary for vocational education.
The Engineering Practice, which took place from 2020 to 2022, has been completed on a web-based digital learning platform using WordPress as the CMS and LearnPress as the LMS plugin, along with other supporting plugins. There were a total of 53 members, including 24 aktife members, 8 inaktife members, and 21 expired members. These 53 members participated in three Basic Technical Course (BTC) events, each divided into two parts: theory to support knowledge and practice to enhance skills. The web-based digital learning platform accommodated both the theoretical and practical aspects. Among the BTC events that utilized this digital platform, a 100% pass rate was achieved, with an average score of 77.42, exceeding the minimum passing criteria (75.00). The digital platform allowed for faster completion, up to 30%, and offered greater flexibility.
In addition to the web-based digital learning platform, a software application-based learning platform was implemented in project-based practice by participants from SMK Muhammadiyah 3 Samarinda. They successfully completed five learning projects, with success indicators based on four aspects: Winning Concept, Winning Team, Winning System, and Performance.
Throughout this engineering practice, the projects were completed with professionalism and adherence to the code of ethics for engineers, implementing all fundamental principles and conduct as engineers. Safety, Health, Security, and Environment (SHSE) were always taken into consideration, ensuring appropriate preventive measures were in place when dealing with hazardous work.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Alkhadrina Rasyidah Azzah Zahra
"Perkembangan teknologi telah mengubah pola aktivitas literasi masyarakat, dengan akses mudah melalui sumber bacaan digital. Gramedia Digital merupakan salah satu sumber bacaan digital yang dapat mendukung minat baca masyarakat Indonesia. Akan tetapi, rating 3,1/5 pada Google Play Store menunjukkan kekurangan dari segi usability pada aplikasi Gramedia Digital. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan memahami masalah pengguna saat menggunakan aplikasi tersebut. Evaluasi usability awal pada aplikasi Gramedia Digital saat ini dilakukan menggunakan kuesioner online, System Usability Scale (SUS), usability testing, dan contextual interview. Hasil evaluasi usability awal menunjukkan bahwa 95 dari 125 responden merasa desain aplikasi tidak memenuhi kebutuhan membaca pengguna. Oleh karena itu, hal tersebut memicu perlunya solusi desain alternatif dari aplikasi Gramedia Digital. Desain alternatif yang dirancang menggunakan pendekatan user-centered design (UCD) dan Shneiderman's Eight Golden Rules of Interface Design. Evaluasi usability dari solusi desain alternatif dilakukan menggunakan usability testing dan contextual interview yang melibatkan 10 peserta. Berdasarkan hasil usability testing, solusi desain alternatif memiliki nilai sangat baik dengan success rate 97,8% disertai komentar positif saat contextual interview, yaitu memenuhi kebutuhan membaca, memotivasi pengguna untuk terus membaca, dan mudah digunakan.

The development of technology has changed the way people engage in literacy activities with easy access through digital reading sources. Gramedia Digital is one of the digital reading resources that can support the reading interest of Indonesian people. However, the 3.1/5 rating on the Google Play Store shows the usability issues of the Gramedia Digital app. Therefore, this research aims to understand user problems when using the application. An initial usability evaluation of the current Gramedia Digital app was conducted using an online questionnaire, System Usability Scale (SUS), usability testing, and contextual interviews. The initial usability evaluation results showed that 95 out of 125 respondents felt the app design did not fulfill the users' reading needs. Therefore, this motivated the need for an alternative design solution of the Gramedia Digital app. The alternative design used a user-centered design (UCD) approach and Shneiderman's Eight Golden Rules of Interface Design. Usability evaluation of the alternative design solution was conducted using usability testing and contextual interviews involving 10 participants. Based on the usability testing results, the alternative design solution scored very well with a success rate of 97.8% along with positive comments during the contextual interview, which fulfill reading needs, motivate users to continue reading, and are easy to use."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
McGarry, J.D.
New South Wales: MIP Publications, 1989
499.224 MCG l
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>