Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 14202 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Immler, Nicole L
"In the communication of pain, language matters. Telling someone to feel pain is not just a description of one’s pain, it is – as philosopher Ludwig Wittgenstein informs us – also asking for recognition of that pain. This requires a shared language which communicates it. Do we need a new language which can communicate and recognize the pain of the colonial past more effectively? Commencing with the recent apology for waging “a colonial war” in Indonesia by the Dutch prime minister, this article suggests an intervention in postcolonial recognition politics by exploring the idea of the multi-voicedness. Multi-voicedness (Meerstemmigheid) has become a catchword in current public and scholarly debates about the Dutch colonial past and its legacy, in which decades of recognition politics have tended to privilege clear-cut binary identities favouring certain voices above others. There is little conceptual clarity around what the term multi-voicedness entails and even less about its utility in postcolonial discourse. Although commonly associated with juxtaposing different perspectives, this article argues that introducing the lens of multi-voicedness – more specifically the idea of the dialogical self (Hubert J.M. Hermans 2004) – into the recognition discourse, contributes to a better understanding of transnational recognition politics. Capturing the diaspora’s multi-voicedness permits wider scrutiny of what is otherwise a too simplified identity and generation question implicated in post-colonial recognition politics. It will be argued that recognition claims, although supposedly part of an emancipatory struggle, are silencing the multi-voicedness of entangled Indonesian-Dutch family history, the driver for the fight for justice in the first place."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2022
909 UI-WACANA 23:3 (2022)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
M. Reza Darwis
"Iklan rokok adalah iklan produk komersial yang dianggap kontroversial karena bersifat kontra produktif. Artinya, apabila rokok yang diiklankan tersebut dikonsumsi sebagaimana mestinya, justru dapat membahayakan konsumen dan lingkungan sekitarnya. Terpicu oleh tren global saat ini yang sangat memperhatikan aspek kesehatan, terutama masalah rokok, pemerintah Indonesia turut menyikapi kondisi ini dengan membuat peraturan yang mengatur keberadaan iklan rokok. Tujuannya adalah untuk menekan perilaku merokok. Ironisnya, justru perilaku merokok cenderung meningkat pada anak-anak. Bagi anak-anak, merokok dianggap sebagai simbol kedewasaan yang sering diiringi dengan mitos-mitos simbol status sosial tertentu.
Iklan, dalam perspektif komunikasi, dipandang sebagai suatu teknik penyampaian pesan suatu produk yang efektif Namun masyarakat menganggap bahwa pada umumnya teknik berkomunikasi tersebut hanya memfokuskan pada keuntungan komersial belaka tanpa ada unsur pendidikan di dalamnya. Melihat kenyataan ini, timbul pertanyaan besar mengenai ildan mendidik bagi anak-anak, terutama yang berkaitan dengan iklan rokok. Secara jelas diketahui bahwa (iklan) rokok tidak ditujukan kepada anak-anak. Tujuan praktis yang utama dan penelitian mengenai iklan mendidik ini adalah untuk menekan pengenalan (merek) rokok pada anak-anak sehingga tingkat konsumsi merokok pada anakanak dapat ditekan.
Dalam perspektif komunikasi, fungsi pendidikan periklanan mendapat bagian yang eksklusif. Fungsi pendidikan dalam periklanan ini didefinisikan sebagai suatu upaya pembelajaran bagi setiap orang untuk melindungi diri sekaligus sebagai sumber pengetahuan baru. Dalam sudut pandang masyarakat, iklan mendidik ini adalah merupakan bentuk tanggung jawab moral dan pihak pengiklan. Untuk mengetahui dan memahami fungsi pendidikan periklanan, terutama mengenai iklan rokok, maka diperlukan pendapat-pendapat beberapa pelaku sosial dari berbagai elemen masyarakat yang mewakili kepentingan anak. Para pelaku sosial ini disebut dengan stakeholder anak.
Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan kualitatif sedangkan Metode Analisis Data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan comparative method yang diharapkan agar fenomena sosial ini dapat terungkap kebenarannya. Sedangkan Metode Pengumpulan Data dilakukan dengan melakukan observasi dan wawancara mendalam kepada para stakeholder anak, yaitu dari lembaga kesehatan independen, para pendidik, dan orang tua.
Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa fungsi pendidikan periklanan dalam perspektif komunikasi menurut para stakeholder anak dapat disimpulkan bersifat relatif, Artinya, fungsi mendidik dalam periklanan dalam perspektif komunikasi adalah bersifat umum bagi produk-produk yang jika dikonsumsi secara benar dapat bermanfaat bagi manusia, namun hal tersebut tidak dapat mengikat produk-produk yang sifatnya kontra-produktif seperti pada iklan rokok. Fakta ini menunjukkan bahwa fungsi pendidikan dalam iklan rokok sangat kecil perannya, jika tidak ingin disebut tidak mendidik. Hasil penelitian ini juga didasari atas pendapat para stakeholder anak yang beragam. Keberagaman pendapat tersebut membentuk tiga kelompok stakeholder anak yang dianggap sebagai representasi publik dalam memandang fungsi iklan mendidik, terutama berkaitan dengan iklan rokok. Tiga kelompok stakeholder anak tersebut adalah Kelompok Penegak, Kelompok Penengah, dan Kelompok Penerima.
Sedangkan untuk karakteristik iklan mendidik menurut para stakeholder anak adalah: 1) harus diawali dengan niat yang baik sebagai bentuk etika komunikasi periklanan; 2) teknik penyampaian iklan hanya ditujukan kepada khalayak sasarannya; 3) pesan iklan harus mengandung informasi yang benar; 4) penggunaan media iklan yang tepat kepada khalayak sasarannya. Sedangkan bagi iklan rokok, idealnya iklan rokok dilarang di semua media massa, atau setidak-tidaknya ada upaya untuk mengarah ke pelarangan secara total. Upaya lainnya adalah dengan menggunakan media khusus, tanpa mengganggu public sphere, dengan isi pesan yang abstrak sehingga diharapkan tidak mudah dipahami maksud dari iklan rokok tersebut oleh anak-anak. Jika demikian, maka perilaku merokok pada anak-anak dapat diminimalkan melalui salah satu cara yaitu dengan menekan tingkat pengenalan iklan rokok pada anak-anak.

Cigarette advertisement has been known as controversial product commercials because cigarette is contra-productive naturally. It means that, if the product consume properly, it will cost unhealthy condition for the consumer and his surroundings. Trigger by global trend to more concern about healthy and natural environment, Indonesia Government already made regulation regarding cigarette advertisement. The objective is to compress smoking-behavior in society. Ironically, after the regulation has effected, smoking-behavior on children tended to go up. For some children, smoking will make them looks more adult, and it's also added to other myths of social status symbolization like strong, cool, and macho emotions.
On communication perspective, educative advertisement function is defined as an effective message transmission technique to sell product. Unfortunately, public, as audience, looks the technique only gives financial benefit to advertisers with no concern to the public education, especially for the children. Based on this condition, educative advertisement for children who exposed by adult product commercials like cigarette advertisement has come up as a big question in public. As we all notice that the target audience of cigarette advertisement is adult people. Practically, the main objective of the research is compressing children awareness of (brand) cigarette advertisement, so smoking-behavior on children could be minimized.
Theoretically, educative advertisement function on communication perspective has an exclusive part. The function conceptually defined as an educational way for every audience to protect themselves from harmful external factors and also can be a new interesting knowledge of life. On public opinions, educative advertisement is a form of moral obligation from the advertisers. To know and understand how the educative advertisement function works, especially on cigarette advertisement, opinion from elected figure in society, who represent the children interest has been taken. The elected figure called children stakeholders.
The research used descriptive analysis with comparative method on qualitative approaches, which predicted to find a truth in social phenomena pointed. In collecting data, observation and in-depth interview technique with children stakeholders has been executed. The elected children stakeholders consist of independent health foundations, educators, and parents.
The research showed that educative advertisement function on communication perspective; from children stakeholders? opinion is relative. It means, educative advertisement function can works on every product, which give positive impact to the consumer, but it cannot works on contra-productive product, such as cigarette. The research also showed the fact that educative cigarette advertisement gives very small contribution, if we do not want to say none. Based on different opinion of children stakeholders about educative function on cigarette advertisement, public could be divided into three groups. The groups are The Fighters, The Middlemen, and The Acceptors.
Children stakeholders also gave characteristic of educative advertisement. First, it must begin from goodwill of the advertisers when planning to produce their product advertisement. Second, the message transmission technique is only pointed to the target audience. Third, the message must bring proper information to the audience. Fourth, use proper media. Special for cigarette advertisement, ideally all cigarette advertisement should be banned from all media, or at least the government ha a step strategy to total band. Others gave alternatives opinion that cigarette advertisement could be used specific or special media, which does not interfere to public sphere, and it's message has no connectivity extensively to the cigarette. Hopefully, children who exposed by the cigarette advertisement will be hard to understand the meaning of the message. If that so, smoking-behavior on children could be minimized by compressing children awareness of cigarette advertisement.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2004
T14284
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Samosir, Ricky Alexander
"Berdasarkan Situational Theory of Publics dengan konteks isu kesehatan reproduksi remaja di Indonesia, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh problem recognition, constraint recognition dan level of involvement terhadap information seeking dan information processing serta variabel independen apa yang paling berpengaruh, dan mengetahui adakah perbedaan perilaku information seeking dan information processing mengenai kesehatan reproduksi antara remaja laki-laki dan remaja perempuan. Penelitian cross sectional ini dilakukan pada September hingga Desember 2013 dengan melakukan survei terhadap 124 siswa SMA Angkasa 1 Lanud Medan. Penelitian ini menemukan bahwa problem recognition, constraint recognition dan level of involvement memiliki pengaruh yang kecil terhadap information seeking dan information processing dengan constraint recognition sebagai variabel independen yang memiliki pengaruh paling besar, serta tidak terdapat perbedaan perilaku information seeking dan information processing mengenai kesehatan reproduksi antara remaja laki-laki dengan perempuan.

Based on Situational Theory of publics in the context of adolescent reproductive health issues in Indonesia, this study aimed to determine the effect of problem recognition, constraint recognition and level of involvement towards information seeking and information processing and determine the most influential independent variable, and know is there any difference in the information seeking and information processing about reproductive health among adolescent boys and girls. This cross-sectional study was conducted in September and December 2013 and conducted a survey to 124 high students of SMA Angkasa 1 Lanud Medan. This study found that problem recognition, constraint recognition and level of involvement had little effect on information seeking and information processing with constraint recognition as an independent variable that has the most impact, and there is no difference in the behavior of information seeking and processing information about reproductive health among adolescent boys and girls."
Depok: Universitas Indonesia, 2014
S53636
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"[Simvastatin dan atorvastatin sebagai obat penurun kolesterol memiliki berbagai efek
samping, terutama nyeri otot. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efek
samping nyeri otot pada pasien yang menggunakan simvastatin dan atorvastatin di
Rumah Sakit Umum Daerah Tarakan yang dianalisis dengan algoritma Naranjo.
Desain penelitian ini adalah kohort prospektif dengan pengambilan data secara
deskriptif dari rekam medis dan wawancara pasien dengan menggunakan kuesioner.
Sampel adalah pasien yang baru mendapatkan simvastatin dan atorvastatin periode
Agustus-November 2014. Pengamatan dilakukan pada 70 pasien yang memenuhi
kriteria inklusi. Setelah pengamatan berlangsung, 13 pasien masuk ke dalam kriteria
dropout sehingga tersisa 57 pasien. Berdasarkan analisis dengan algoritma Naranjo,
18 pasien dari kelompok atorvastatin dan 20 pasien dari kelompok simvastatin
kemungkinan besar mengalami efek samping nyeri otot dari obat statin., Simvastatin and atorvastatin as cholesterol-lowering drugs have many side effects,
especially muscle pain. This study is aimed to evaluate the muscle pain’s side effect
in patients that was administered with simvastatin and atorvastatin at Tarakan
Provincial General Hospital. The side effect was analyzed with Naranjo’s algorithm.
The research design was cohort prospective using medical record and patient
interview with a questionnaire as data collections descriptively. Samples were
patients who have just received simvastatin and atorvastatin in the period of August
to November 2014. Observations were made on 70 patients who met the inclusion
criteria and after the observation, 13 patients were entered into the dropout criteria so
that the remaining were 57 patients. By Naranjo’s algorithm, the observation showed
that 18 patients from atorvastatin and 20 patients from simvastatin have probable
muscle pain’s side effect from statin drug]"
Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2014
S58023
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Metha Kemala Rahayu
"[ABSTRAK
Tindakan invasif yang didapat anak selama dirawat menimbulkan reaksi nyeri.
Perawat perlu mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan reaksi nyeri.
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang berhubungan
dengan reaksi nyeri akibat tindakan invasif. Desain penelitian adalah penelitian
observasional dengan pendekatan cross sectional dengan teknik pengambilan
sampel dilakukan secara non probability sampling melalui consecutive sampling
dengan jumlah responden sebanyak 90 orang. Analisa data multivariat
menggunakan uji statistik regresi multinomial. Hasil analisis menunjukkan
terdapat hubungan yang signifikan antara ketakutan dengan reaksi nyeri (p value
= 0,018). Anak yang takut memiliki peluang 5 kali untuk terjadinya reaksi nyeri
kategori menghindar dibandingkan anak yang tidak takut. Perawat perlu
melakukan intervensi keperawatan yang dapat mengurangi ketakutan pada anak
sehingga reaksi nyeri kategori menghindar dapat diminimalkan.

ABSTRACT
Invasive treatments to the children during the period of hospitalization cause pain
reactions. The nurses need to know the factors related to pain reactions. The
study aims to identify the factors related with pain reactions related to invasive
treatments. The design of this study is observational research with cross sectional
approach by using non probability sampling method through consecutive
sampling with the amount of 90 children respondents. Multivariate data analysis
use multinomial regression statistic test. The result of the analysis indicated that
there was a significant relationship between fear and pain reaction (p value =
0,018). The emergence of pain reaction ?avoidance? from the children who are in
fear is as much 5 times greater than children who are not in fear. Nurses need to
conduct nursing interventions that can reduce fear in the children behavior in
order to minimize pain reaction in form of avoidance.;Invasive treatments to the children during the period of hospitalization cause pain
reactions. The nurses need to know the factors related to pain reactions. The
study aims to identify the factors related with pain reactions related to invasive
treatments. The design of this study is observational research with cross sectional
approach by using non probability sampling method through consecutive
sampling with the amount of 90 children respondents. Multivariate data analysis
use multinomial regression statistic test. The result of the analysis indicated that
there was a significant relationship between fear and pain reaction (p value =
0,018). The emergence of pain reaction ?avoidance? from the children who are in
fear is as much 5 times greater than children who are not in fear. Nurses need to
conduct nursing interventions that can reduce fear in the children behavior in
order to minimize pain reaction in form of avoidance., Invasive treatments to the children during the period of hospitalization cause pain
reactions. The nurses need to know the factors related to pain reactions. The
study aims to identify the factors related with pain reactions related to invasive
treatments. The design of this study is observational research with cross sectional
approach by using non probability sampling method through consecutive
sampling with the amount of 90 children respondents. Multivariate data analysis
use multinomial regression statistic test. The result of the analysis indicated that
there was a significant relationship between fear and pain reaction (p value =
0,018). The emergence of pain reaction “avoidance” from the children who are in
fear is as much 5 times greater than children who are not in fear. Nurses need to
conduct nursing interventions that can reduce fear in the children behavior in
order to minimize pain reaction in form of avoidance.]"
2015
T43513
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Kajian komunikasi telah diamati dari berbagai perspektif. Namun, belum ada perspektif yang secara spesifik mengamati dari sisi teknologi. Padahal saat ini teknologi komunikasi menjadi salah satu fondasi yang menyebabkan komunikasi menarik perhatian banyak orang. Tulisan ini memberikan dasar yang singkat untuk memahami perkembangan teknologi dari perspektif teknologi dari era awal komunikasi hingga era informasi dan konvergensi.
"
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2012
MK-Pdf
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Tyara Mandasari
"ABSTRAK
Tesis ini membahas tentang peran manajer humas pada BUMN dan perusahaan swasta dilihat dari elemen pada five-factor dimension model. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan sifat deskriptif. Objek penelitian adalah lima manajer humas, dua dari BUMN (Persero) dan tiga dari perusahaan swasta di Indonesia pada 2015. Metode analisa data dilakukan dengan analisis tematik untuk melihat kesesuaian elemen peran manajer humas di Indonesia dengan five-factor dimension model. Hasil penelitian ini adalah elemen peran manajer humas pada BUMN dan perusahaan swasta sesuai dengan five-factor dimension model: penasihat kebijakan dan strategi komunikasi, monitor dan evaluator komunikasi, ahli manajemen isu, pemecah masalah komunikasi, dan teknisi komunikasi

ABSTRACT
This thesis discusses about PR managers? roles in BUMN and private company viewed from the elements of five-factor dimension model. This research uses qualitative approach. The objects of this research are five PR managers, two from BUMNs (Persero) and three from private company in Indonesia in 2015. This thesis uses tematic analysis to see the fitness of elements of PR manager?s roles in Indonesia in five-factor dimension model. The finding result of this study shows that the elements of PR manager?s roles in BUMN and private company are fit in five-factor dimension model: communication policy and strategy advisor, monitor and evaluator, issue management expert, problem solver, and communication technician"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2015
T44409
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Haidar Ilyas
"ABSTRAK
PT Kembar Jaya merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang pertanian yaitu memproduksi beras. Tingginya produksi beras yang dihasilkan juga berpengaruh terhadap intensitas pekerjaan manual lifting sehingga dapat meningkatkan risiko ergonomi yang ada di PT Kembar Jaya. Penelitian ini menggunakan metode modifikasi Niosh Lifting Equation pada bagian produksi PT Kembar Jaya yang terdiri dari tiga pekerjaan yaitu pekerjaajn penimbangan beras, pekerjaan penyimpan beras, dan pekerjan pengangukutan beras. Tujuanya adalah menganalisis faktor risiko ergonomi terhadap cidera low back pain pada pekerjaan manual lifting. Dari hasil penelitian yang dilakukan didaatkan nilai risiko yang tinggi pada setiap pekerjaan yang berarti pekerjaan manual lifting berisiko tinggi terhadap cidera low back pain pada pekerja sehingga perlu dilakukan pengendalian untuk mencegah terjadinya cidera low back pain.

ABSTRACT
PT Kembar Jaya is agriculture company which is producing rice. PT Kembar Jaya is big company that produce rice in a big amount that can affect intensity of manual lifting job which is can lead to low back pain injury for worker in PT Kembar Jaya. This research using modified Niosh Lifting Equation Method to analyse the risk three job in PT Kembar Jaya. The three job is weighing rice job, storaging rice job, and haulaging rice to truck job. This research aim to analyse the risk of manual lifting which can lead to low back pain injury in PT Kembar Jaya. The result of this study, there are high risk on three job, this result indicate that the manual lifting job can lead to injury. So the control need to be implemented to reduce the risk of low back pain injury."
2016
S63776
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Wright, Charles Robert
New York: Random House, 1975
301.16 WRI m
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Shalina Amriel
"Sebuah studi penelitian kualitatif yang meneliti strategi komunikasi pra krisis suatu perusahaan multinasional yang bergerak dibidang minyak dan gas bumi di Indonesia. Analisa dilakukan dengan mengintegrasikan konsep teoritis dari mananejem isu, yaitu menganalisa disetiap tahapan siklus hidup isu untuk melihat (1) peristiwa kunci dan pengaruh dan kekuatan pemangku kepentingan yang terlibat (2) cara perusahaan dan memangku kepentingan mempersepsikan isu dan menganalisa kesenjangan, dan (3) strategi komunikasi perusahaan dalam menutup kesenjangan dan mencegah isu menjadi krisis. Data dari media online digunakan sebagai sumber data utama dan wawancara mendalam sebagai sumber data sekunder.
Temuan dari studi ini menunjukkan bahwa perusahaan yang bergerak dalam bisnis strategis dengan lingkup nasional dan kontrak kerja yang panjang, tidak bisa dilepaskan dari aspek politik yang memiliki pengaruh kuat terhadap dinamika isu dan pemangku kepentingan. Konsep strategi komunikasi pra krisis yang disarankan oleh kerangka konsep tidak bisa diterapkan dalam prakteknya. Organisasi harus memiliki sistem manajemen komunikasi politik dan opini publik untuk mengelola kepentingan perusahaan dan pemangku kepentingan tanpa harus terlibat dalam politik praktis.

A qualitative research study investigates the communication pre crisis strategy of a multinational oil and gas company in Indonesia. The analysis incorporated integrating a theory of issue management to analyse each stage of the issue life cycle to see (1) the key events and the power of the stakeholders involved (2) the way that the company and the stakeholders perceive the issue and the gap analysis (3) the communication strategy used by the company to prevent crisis. Primary data was collected from online media while secondary data was collected from in depth interviews.
The finding of the study indicates that when a corporation is engaged in strategic business of national scope and lengthy contract duration, the business can not be separated from the political aspects which have a stronger influence on the issue and stakeholder dynamics. In such a case, the application of communications strategy concepts suggested by the conceptual framework may not be appropriate. The organization must have a political communication and public opinion management system to manage the interests of the company and the stakeholders without having to engage in practcial politics."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2015
T43752
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>