Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 197887 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Audrey Vides Kosasih
"Dewasa ini pertumbuhan bisnis dan ekonomi sudah semakin maju. Begitu pula dengan Indonesia, khususnya di wilayah Jabodetabek yang terdiri Ibukota Jakarta dan kota-kota disekitarnya dengan populasi usia produktif yang cukup tinggi. Namun, selain dari pertumbuhan bisnis dan ekonomi, peningkatan jumlah limbah pun semakin meningkat. Salah satunya jumlah limbah pada industri tekstil Indonesia. Oleh karena itu, penting bagi perusahaan untuk mengadopsi konsep “creating shared value” dengan mengadopsi konsep ekonomi sirkular. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu pengaruh antara motivasi internal konsumen terhadap minat pembelian ulang yang dimediasi oleh faktor sikap konsumen terhadap produk tekstil daur ulang pada masyarakat generasi Z yang berdomisili di Jabodetabek. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif SEM (Structural Equation Modelling) dengan perangkat lunak SmartPLS versi 3 dengan survei kuesioner daring atas 220 orang responden. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa semakin tinggi motivasi internal konsumen terhadap produk tekstil hasil daur ulang, semakin tinggi pula sikap positif yang diberikan konsumen akan produk tersebut sehingga meningkatkan minat konsumen untuk melakukan pembelian berulang dari produk tekstil hasil daur ulang (upcycle & creative reuse).

Nowadays, business and economic growth are becoming more advanced. Similarly in Indonesia, particularly in the Jabodetabek region, which includes the capital Jakarta and adjacent areas and has a relatively large population of productive age. Apart from commercial and economic expansion, there is also an increase in waste products. Some of them include the amount of trash generated by Indonesia's textile sector. As a result, it is critical for businesses to adopt the circular economy notion of "creating shared value". This study seeks to determine the impact of customers' internal motivations on repurchase intention, as mediated by consumer views about recycled textile items among Jabodetabek's Generation Z residents. This study used the quantitative SEM (Structural Equation Modeling) approach using SmartPLS version 3 software and an online questionnaire survey of 220 participants. The findings of this study show that the higher the consumer's internal motivation for recycled textile products, the higher the consumer's positive attitude toward the product, increasing consumer interest in making repeat purchases of recycled textile products (upcycle & creative reuse)."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Saggaf Salim Saleh Alatas
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sikap konsumen yang dilihat dari segi kognitif, afektif, dan konatif terhadap pakaian jadi lokal dan impor dan melihat produk mana yang lebih unggul. Penelitian ini juga melihat tingkat nasionalisme responden. Penelitian ini menggunakan metode statistik paired sample t-test dan one sample t-test. Penelitian ini menemukan bahwa pakaian jadi lokal memiliki rata-rata yang lebih rendah dari segi kognitif dan afektif dibandingkan dengan pakaian impor dan tidak memiliki perbedaan rata-rata yang signifikan pada segi konatif.

The aim of this research is to analyze the attitude of consumers in terms of cognitive, affective, and conative against local and imported apparel products and to identify which one more is superior. This study also further identify respondent nationalism. This study applied statistical methods; paired sample t-test and one-sample t-test. This study found that the local apparel has an average score in terms of cognitive and affective compared imported clothes, it also does not have a distinction on score in terms of conative significantly.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
S56123
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Viena Rahmana
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi consumers’ repurchase intention terhadap green product (personal care) pada Generasi Z di Indonesia. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini ialah pria dan wanita dengan rentang usia 18-27 tahun, berdomisili di Indonesia, dan pernah menggunakan green personal care dalam 6 (enam) bulan terakhir. Terdapat 339 responden terkumpul dengan menggunakan metode purposive sampling. Dalam penelitian ini, peneliti ingin mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi personal norm dan consumers’ repurchase intention serta peran personal norm sebagai mediator. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode Partial Least Square – Structural Equation Modeling (PLS-SEM) dengan software SmartPLS 3.0. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa ascription of responsibility, efficacy, social norm, dan ECSR initiatives memiliki efek positif secara langsung terhadap personal norm serta efek positif secara tidak langsung terhadap repurchase intention melalui personal norm sebagai mediator. Serta, ascription of responsibility, efficacy, ECSR initiatives, dan personal norm memiliki efek positif secara langsung terhadap repurchase intention.

This study aims to analyze the factors influencing consumers' repurchase intention towards green products (personal care) among Generation Z in Indonesia. The samples used in this study were men and women with an age range of 18-27 years, domiciled in Indonesia, and had used green personal care products within the last six months. A total of 339 respondents were collected using purposive sampling methods. In this study, the research aims to identify the factors affecting personal norm and consumers' repurchase intention, as well as the role of personal norm as a mediator. The quantitative study conducted using the Partial Least Square – Structural Equation Modeling (PLS-SEM) method using SmartPLS 3.0 software. The results of this study found that ascription of responsibility, efficacy, social norm, and ECSR initiatives have a direct positive effect on personal norm and an indirect positive effect on repurchase intention through personal norm as a mediator. Additionally, ascription of responsibility, efficacy, ECSR initiatives, and personal norm have a direct positive effect on repurchase intention. "
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nimas Warda Nafisya
"Isu ketidakadilan sosial masih sering terjadi di Indonesia. Mahasiswa, sebagai kelompok intelektual, diharapkan dapat bersikap kritis terhadap ketidakadilan. HAM merupakan bagian penting dari keadilan sosial. Mahasiswa saintek memiliki keterbatasan paparan terhadap materi isu sosial dalam kurikulum mereka, sehingga pemahaman terhadap isu ketidakadilan mungkin dipengaruhi oleh faktor-faktor di luar pendidikan formal. Penelitian ini bertujuan untuk menguji peran fondasi moral terhadap sikap keadilan sosial pada mahasiswa rumpun saintek Generasi-Z di Indonesia. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan teknik analisis statistik melalui regresi berganda. Alat ukur yang digunakan adalah Moral Foundations Questionnaire 2 (MFQ-2) dan Attitudes towards Social Justice Scale (ATSJS). Partisipan penelitian berjumlah 140 mahasiswa saintek Generasi-Z (Perempuan = 70,7% , mean usia = 20,56). Hasil penelitian menunjukkan bahwa fondasi moral memiliki peran positif yang signifikan dan dapat menjelaskan 42,1% variabilitas dalam sikap keadilan sosial (F(6,133) = 16.1, p < .001, R² = 0.421). Fondasi yang berperan adalah Care dan Proportionality, yang keduanya memiliki pengaruh positif. Secara keseluruhan, hasil penelitian ini menekankan pentingnya fondasi moral dalam membentuk sikap keadilan sosial di kalangan mahasiswa saintek Generasi-Z.

The issue of social injustice remains prevalent in Indonesia. College students, as intellectuals, are expected to critically address such injustice. Human rights are a key component of social justice. STEM students have limited exposure to social issues in their curriculum, so understanding of social injustice issues may be influenced by factors outside of formal education. This study aims to examine the role of moral foundations in shaping social justice attitudes among Generation-Z STEM students in Indonesia. This research adopts a quantitative approach and applies statistical techniques, specifically multiple regression analysis. The measuring instruments used were the Moral Foundations Questionnaire 2 (MFQ-2) and the Attitudes towards Social Justice Scale (ATSJS). The study participants consisted of 140 Generation-Z STEM students (Female = 70.7%, mean age = 20.56). The results revealed that moral foundations had a significant positive impact and could explain 42.1% of the variability in social justice attitudes (F(6,133) = 16.1, p < .001, R² = 0.421), with Care and Proportionality are the only foundations with a significant positive influence. Overall, the findings underscore the importance of moral foundations in shaping social justice attitudes among Generation-Z STEM students."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Situmorang, Indri Br
"Preferensi risiko adalah konsep yang menjelaskan bagaimana individu mengambil keputusan ketika dihadapkan dengan ketidakpastian. Preferensi risiko menjadi penting terutama dalam konteks ekonomi karena dalam banyak keputusan sering melibatkan ketidakpastian dan risiko. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis preferensi risiko antara Generasi Milenial dan Generasi Z sebagai kelompok yang mendominasi usia produktif di Indonesia saat ini dengan mempertimbangkan urutan kelahiran sebagai faktor yang turut membentuk perilaku dan pengambilan keputusan mereka. Dalam penelitian ini, generasi dianggap sebagai faktor yang dapat memengaruhi cara pandang individu terhadap risiko, mengingat pengalaman kolektif sosial dan budaya akan membentuk keyakinan serta perilaku individu. Selain itu, urutan kelahiran, yang mencerminkan posisi individu dalam keluarga, juga diyakini memainkan peran penting dalam membentuk sikap terhadap risiko. Dengan menggunakan data sekunder IFLS-5, hasil regresi logistik menunjukkan bahwa generasi Milenial cenderung lebih menghindari risiko dibandingkan dengan generasi Z. Meskipun urutan kelahiran tidak menciptakan perbedaan perilaku terhadap pengambilan keputusan terkait ketidakpastian, lebih jauh ditemukan bahwa kondisi psikologis, gender, usia, pendidikan, latar belakang orangtua, pendapatan dan wilayah tempat tinggal individu memengaruhi perilaku pengambilan keputusan terkait ketidakpastian dan risiko.

Risk preference is a concept that explains how people make decisions when faced with uncertainty. It is especially important in the economic context because many decisions often involve risks and uncertainty. This study aims to analyze the risk preferences of Millennials and Generation Z, two groups that make up most of the working-age population in Indonesia, while considering birth order as a factor that shapes their behavior and decision-making. In this study, generation is seen as a factor that can affect how individuals view risk, as shared social and cultural experiences influence beliefs and behaviors. Birth order, which shows a person’s position in the family, is also believed to play an important role in shaping attitudes toward risk. Using secondary data from the IFLS-5, the results from logistic regression show that Millennials tend to avoid risk more than Generation Z. Although birth order does not create differences in decision-making related to uncertainty, it was found that psychological conditions, gender, age, education, parental background, income, and place of residence all affect decision-making behavior when dealing with risk and uncertainty."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Raka Yuda Priyangga
"Dalam industri hiburan, games telah menjadi pemimpin baru, dengan model pendapatan free-to-play menjadi populer. Gacha games, sebagai salah satu jenis game free-to-play, telah menarik perhatian sebagai objek penelitian. Namun, penelitian terkait gacha games cenderung terfokus pada pembelian konsumen, tanpa memperhatikan consumption behavior lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan bagaimana engagement pemain gacha games khususnya pada Genshin Impact mempengaruhi consumption behavior, termasuk purchase intention, co-production, community engagement, word-of-mouth, dan new player recruitment dengan menggunakan Social Exchange Theory sebagai dasar. Penelitian ini akan difokuskan pada warga negara Indonesia, generasi Z, yang telah memainkan gacha games setidaknya dalam 6 bulan terakhir. Penelitian ini akan dianalisis menggunakan PLS-SEM.

Games have emerged as a new leader in the entertainment industry, with the popularity of free-to-play revenue models. Gacha games, a type of free-to-play game, have gained attention as subjects of research. However, existing research on gacha games tends to concentrate on consumer purchases, neglecting other consumption behaviors. This study aims to uncover how the engagement of gacha game players, particularly in Genshin Impact, impacts consumption behavior, including purchase intention, co-production, community engagement, word-of- mouth, and recruitment of new players, using Social Exchange Theory as a framework. The study will focus on Indonesian citizens from Generation Z who have been playing Genshin Impact for at least the last 6 months. The research will be analyzed using PLS-SEM."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Justin Luis Hartono
"Penelitian ini menguji peran fondasi moral terhadap sikap keadilan sosial pada mahasiswa Generasi-Z rumpun sosial humaniora di Indonesia. Menggunakan metode kuantitatif dengan analisis regresi berganda, penelitian ini mengukur fondasi moral melalui Moral Foundation Questionnaire 2 (MFQ-2) dan sikap keadilan sosial dengan Attitudes towards Social Justice Scale. Hasilnya menunjukkan bahwa fondasi moral, khususnya Care dan Proportionality, memiliki peran positif signifikan dan dapat menjelaskan 35,9% variabilitas dalam sikap keadilan sosial mahasiswa. Penelitian ini menekankan pentingnya pengembangan fondasi moral Care dan Proportionality di kalangan mahasiswa untuk meningkatkan efektivitas pengabdian masyarakat dalam mewujudkan keadilan sosial. Implikasi dari temuan ini menunjukkan bahwa perguruan tinggi dapat mendorong mahasiswa Generasi-Z rumpun sosial humaniora mengembangkan fondasi moral Care dan Proportionality, dengan harapan mahasiswa dapat membangun sikap keadilan sosial dan menjalankan kewajiban Tridharma perguruan tinggi dengan lebih efektif.

This research examines the role of moral foundations on social justice attitudes among Generation Z social sciences and humanities students in Indonesia. Employing a quantitative method with multiple regression analysis, the study measures moral foundations using the Moral Foundation Questionnaire 2 (MFQ-2) and social justice attitudes with the Attitudes towards Social Justice Scale. The results indicate that moral foundations, particularly Care and Proportionality, have a significant positive role and can explain 35.9% of the variability in students' social justice attitudes. This research emphasizes the importance of developing the moral foundations of Care and Proportionality among students to enhance the effectiveness of community service in achieving social justice. The implications of these findings suggest that universities can encourage Generation Z social sciences and humanities students to develop Care and Proportionality moral foundations, with the expectation that students will cultivate social justice attitudes and thus be able to fulfill the Tridharma of higher education more effectively."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ganesha Danida Indra Maha
"Co-branding sebagai salah satu strategi pemasaran dilakukan oleh pemasar merek untuk bersaing dengan merek lainnya. Studi ini menguji keberadaan mediator dalam hubungan self-image congruence, product quality dan image fit, terhadap purchase intention, yaitu melalui brand attachment, product category involvement dan attitude towards co-branding product. Untuk menguji enam hipotesis dilakukan pengumpulan data dari 220 responden yang dipilih berdasarkan metode purposive sampling. Adapun responden dalam penelitian ini adalah konsumen generasi milenial dan generasi Z yang mengetahui merek Somethinc dan Kopi Kenangan. Melalui teknik Structural Equation Modelling (SEM) ditemukan bahwa tiga hipotesis didukung dalam penelitian ini dan menunjukkan bahwa efek mediasi memberikan pengaruh signifikan terhadap niat beli konsumen terhadap produk co-branding industri kecantikan. Melalui penelitian ini, marketer dapat meningkatkan kesesuaian citra diri konsumen dengan merek, kesesuaian merek yang berkolaborasi dan kualitas produk dalam praktik co-branding sehingga niat beli konsumen dapat meningkat dengan signifikan.

Co-branding is one of the marketing strategies carried out by brand marketers to compete with other brands. This study proves the existence of mediators in the relationship between self-image congruence, product quality and image fit on purchase intention, through brand attachment, product category involvement and attitudes towards co-branding product. To examine the six hypotheses, data were collected from 220 respondents selected based on the purposive sampling method. The respondents in this study were millennial and generation Z consumers who knew the Somethinc and Kopi Kenangan. Through the Structural Equation Modeling (SEM) technique, it was found that three hypotheses were supported in this study and showed that the mediation effect had a significant influence on consumer purchase intention towards co-branding products in the beauty industry. Through this study, marketers can improve the congruity of consumer self-image with the brand, the suitability of collaborating brands and product quality in co-branding so that consumer purchase intention can increase significantly."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2025
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Akhdan Zufar
"Dalam era digital yang kompetitif saat ini, merek lokal seperti Aerostreet ditantang untuk menerapkan strategi pemasaran inovatif guna menarik konsumen Generasi Z yang dikenal kritis, visual, dan aktif secara sosial di ruang digital. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh guerrilla marketing yang mencakup viral marketing, ambush marketing, buzz marketing, dan street graphic marketing terhadap keputusan pembelian Generasi Z di Indonesia, dengan brand awareness dan brand image sebagai variabel mediasi. Pendekatan kuantitatif digunakan dengan desain penelitian deskriptif dan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner online dari 201 responden dan dianalisis menggunakan Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa viral marketing, buzz marketing, dan street graphic marketing berpengaruh signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian, sedangkan ambush marketing tidak menunjukkan pengaruh langsung yang signifikan. Selain itu, brand awareness dan brand image terbukti memediasi sebagian besar hubungan antara strategi pemasaran dan keputusan pembelian. Hasil ini memberikan wawasan praktis tentang bagaimana persepsi merek memengaruhi perilaku beli konsumen muda dan menjadi dasar strategi pemasaran yang lebih relevan bagi Generasi Z.

In today’s competitive digital era, local brands like Aerostreet are challenged to implement innovative marketing strategies to engage Generation Z consumers, who are known for being critical, visually driven, and socially active in digital spaces. This study aims to analyze the influence of guerrilla marketing comprising viral marketing, ambush marketing, buzz marketing, and street graphic marketing on the purchase decisions of Generation Z in Indonesia, with brand awareness and brand image as mediating variables. A quantitative approach was employed using a descriptive research design and purposive sampling technique. Data were collected through an online questionnaire from 201 respondents and analyzed using Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). The findings show that viral marketing, buzz marketing, and street graphic marketing have a significant and positive influence on purchase decisions, while ambush marketing does not show a direct significant effect. Moreover, brand awareness and brand image significantly mediate most of the relationships between marketing strategies and purchase decisions. These results contribute to a deeper understanding of how brand perception shapes the purchasing behavior of younger consumers and provide practical insights for developing marketing strategies tailored to Generation Z. Future research is encouraged to broaden the scope of study and apply cross-generational comparisons to obtain more comprehensive insights."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Isra Livera
"

Kondisi alam yang kian memburuk telah meningkatkan perhatian masyarakat terhadap lingkungan. Salah satu bidang yang sangat berperan besar terhadap kondisi lingkungan saat ini adalah industri makanan dan minuman. Sampah yang dihasilkan dari proses produksi dan kemasan produk makanan dan minuman menjadi salah satu permasalahan yang cukup kompleks di Indonesia. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi green purchase behaviour generasi Z dalam pemilihan produk makanan dan minuman di Indonesia agar dapat menentukan cara untuk memperbaiki dan menjaga lingkungan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang mengumpulkan data menggunakan kuesioner. Data yang terkumpul dari 414 responden kemudian akan diolah menggunakan metode SEM PLS dengan perangkat lunak SmartPLS3. Hasil dari penelitian ini adalah green purchase intention memiliki pengaruh terhadap green purchase behaviour konsumen muslim generasi Z di Indonesia. Kemudian, variabel lain seperti Islamic religiosity, attitude towards green product, environmental wellbeing, dan environmental corporate social responsibility initiative juga berpengaruh terhadap green purchase behaviour baik secara langsung maupun tidak langsung. Selain itu, penelitian ini menemukan jika green skepticism memperlemah hubungan antara Islamic religiosity dan green purchase intention. Saran bagi penelitian selanjutnya, sebaiknya melakukan penelitian yang bersifat longitudinal apabila ingin melihat hasil dari intensi konsumen terhadap pembelian aktualnya agar hasilnya lebih komprehensif.


The deteriorating condition of nature has increased people's attention to the environment. One field that plays a major role in the current environmental conditions is the food and beverage industry. Waste generated from the production process and packaging of food and beverage products is one of the most complex problems in Indonesia. Therefore, this study was conducted to analyze the faktors that influence the green purchasing behavior of generation Z in the selection of food and beverage products in Indonesia in order to determine ways to improve and protect the environment. This research is a quantitative study that collects data using a questionnaire. The data collected from 414 respondents will then be processed using the SEM PLS method with SmartPLS3 software. The results of this study are green purchase intention has an influence on the green purchase behavior of generation Z Muslim consumers in Indonesia. Then, other variabels such as Islamic religiosity, attitude towards green products, environmental wellbeing, and environmental corporate social responsibility initiatives also affect green purchase behavior both directly and indirectly. In addition, this study found that green skepticism weakens the relationship between Islamic religiosity and green purchase intention. Suggestions for future research, should conduct longitudinal research if you want to see the results of consumer intentions on actual purchases so that the results are more comprehensive.

 

 

"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>