Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 137980 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Alan Fatih
"Meskipun jumlah UMKM di Indonesia cukup besar, namun kontribusi UMKM terhadap PDB negara relatif rendah. Beberapa kendala yang dihadapi UMKM antara lain akses permodalan, sumber daya manusia, dan fasilitas pendukung. Kendala tersebut juga dihadapi oleh salah satu UMKM di Jakarta yaitu IT’s Buah yang ingin mengembangkan usahanya namun terkendala oleh akses permodalan. Selain itu, kurangnya evaluasi kinerja oleh IT’s Buah khususnya pada aktivitas digital marketing juga menjadi kendala sehingga peningkatan kinerja kurang terencana dengan baik. Studi ini menjelaskan program business coaching kepada IT’s Buah dengan membantu pembuatan proyeksi keuangan dan pengukuran digital marketing. Dengan demikian, IT’s Buah dapat lebih akuntabel dalam mencari pendanaan dan dapat melakukan evaluasi kinerjanya secara kontinyu. Program business coaching ini diharapkan dapat meningkatkan akses permodalan dan meningkatkan produktivitas IT’s Buah. Peningkatan kompetensi UMKM untuk dapat semakin bersaing dan produktif memerlukan dukungan dari berbagai pihak sehingga kendala-kendala yang dihadapi UMKM dapat diatasi.

Despite a large number of MSMEs in Indonesia, the contribution of the MSMEs to the country’s GDP is relatively low. Some of the obstacles faced by MSMEs include access to capital, human resources, and supporting facilities. These obstacles were also faced by IT’s Buah, one of the MSMEs in Jakarta, who wanted to expand its business but was constrained by access to capital. Furthermore, the lack of performance evaluation by IT’s Buah, especially in digital marketing activities, is also an obstacle so that the performance improvement plan is not well planned. This study describes a business coaching program for IT’s Buah by building the financial projection and measuring digital marketing activities. Thus, IT’s Buah can be more accountable in seeking funding and can evaluate their performance continuously. This business coaching program is expected to increase access to capital and increase the productivity of IT’s Buah. To accelerate the competence of MSMEs to be more competitive and productive, support from various parties is needed so that SMEs can overcome their obstacles."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan BIsnis Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Alan Fatih
"Meskipun jumlah UMKM di Indonesia cukup besar, namun kontribusi UMKM terhadap PDB negara relatif rendah. Beberapa kendala yang dihadapi UMKM antara lain akses permodalan, sumber daya manusia, dan fasilitas pendukung. Kendala tersebut juga dihadapi oleh salah satu UMKM di Jakarta yaitu IT’s Buah yang ingin mengembangkan usahanya namun terkendala oleh akses permodalan. Selain itu, kurangnya evaluasi kinerja oleh IT’s Buah khususnya pada aktivitas digital marketing juga menjadi kendala sehingga peningkatan kinerja kurang terencana dengan baik. Studi ini menjelaskan program business coaching kepada IT’s Buah dengan membantu pembuatan proyeksi keuangan dan pengukuran digital marketing. Dengan demikian, IT’s Buah dapat lebih akuntabel dalam mencari pendanaan dan dapat melakukan evaluasi kinerjanya secara kontinyu. Program business coaching ini diharapkan dapat meningkatkan akses permodalan dan meningkatkan produktivitas IT’s Buah. Peningkatan kompetensi UMKM untuk dapat semakin bersaing dan produktif memerlukan dukungan dari berbagai pihak sehingga kendala-kendala yang dihadapi UMKM dapat diatasi.

Meskipun jumlah UMKM di Indonesia cukup besar, namun kontribusi UMKM terhadap PDB negara relatif rendah. Beberapa kendala yang dihadapi UMKM antara lain akses permodalan, sumber daya manusia, dan fasilitas pendukung. Kendala tersebut juga dihadapi oleh salah satu UMKM di Jakarta yaitu IT’s Buah yang ingin mengembangkan usahanya namun terkendala oleh akses permodalan. Selain itu, kurangnya evaluasi kinerja oleh IT’s Buah khususnya pada aktivitas digital marketing juga menjadi kendala sehingga peningkatan kinerja kurang terencana dengan baik. Studi ini menjelaskan program business coaching kepada IT’s Buah dengan membantu pembuatan proyeksi keuangan dan pengukuran digital marketing. Dengan demikian, IT’s Buah dapat lebih akuntabel dalam mencari pendanaan dan dapat melakukan evaluasi kinerjanya secara kontinyu. Program business coaching ini diharapkan dapat meningkatkan akses permodalan dan meningkatkan produktivitas IT’s Buah. Peningkatan kompetensi UMKM untuk dapat semakin bersaing dan produktif memerlukan dukungan dari berbagai pihak sehingga kendala-kendala yang dihadapi UMKM dapat diatasi.
Despite a large number of MSMEs in Indonesia, the contribution of the MSMEs to the country’s GDP is relatively low. Some of the obstacles faced by MSMEs include access to capital, human resources, and supporting facilities. These obstacles were also faced by IT’s Buah, one of the MSMEs in Jakarta, who wanted to expand its business but was constrained by access to capital. Furthermore, the lack of performance evaluation by IT’s Buah, especially in digital marketing activities, is also an obstacle so that the performance improvement plan is not well planned. This study describes a business coaching program for IT’s Buah by building the financial projection and measuring digital marketing activities. Thus, IT’s Buah can be more accountable in seeking funding and can evaluate their performance continuously. This business coaching program is expected to increase access to capital and increase the productivity of IT’s Buah. To accelerate the competence of MSMEs to be more competitive and productive, support from various parties is needed so that SMEs can overcome their obstacles.
"
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
hapus4
"Di Indonesia, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu motor penggerak perekonomian. Peran penting keberadaan UMKM di Indonesia semakin terasa dalam proses pembangunan ekonomi nasional di Indonesia. Penelitian ini dilakukan melalui proses business coaching, di mana coach membantu coachee (pemilik UMKM) dan serangkaian wawancara terstruktur dan observasi dengan pemilik UMKM Mochibo, sebuah UMKM yang bergerak dalam usaha oleh-oleh khas Kota Bogor.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis permasalahan terkait dengan penyusunan laporan keuangan, dan meningkatkan brand awareness dengan penerapan strategi promosi yang tepat pada UMKM Mochibo. Penelitian ini menggunakan metodologi Analisis Business Model Canvas, Analisis Marketing Mix, Analisis STP, Analisis PESTEL, Analisis Porter's Five Forces, Analisis GAP, Analisis SWOT, dan Analisis Pareto.

In Indonesia, micro, small and medium enterprises (MSMEs) are one of the drivers of the economy. The important role of the existence of MSMEs in Indonesia is increasingly felt in the process of national economic development in Indonesia. This research was conducted through a business coaching process, in which the coach helped the coachee (MSME owner) and a series of structured interviews and observations with the MSME owner Mochibo, an MSME engaged in souvenirs typical of the City of Bogor.
This study aims to analyze problems related to preparing a financial statement, and to increase brand awareness by implementing appropriate promotional strategies at Mochibo MSME. This research uses Business Model Canvas Analysis methodology, Marketing Mix Analysis, STP Analysis, PESTEL Analysis, Porter's Five Forces Analysis, GAP Analysis, SWOT Analysis, and Pareto Analysis.
"
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nindya Dwi Hutami
"Tesis ini membahas tentang proses business coaching di UMKM DN Shop (toko aksesoris sepeda motor). Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data, DN Shop memiliki target bisnis yaitu melakukan ekspansi menjual spare parts motor. Untuk mewujudkan target tersebut, DN Shop harus melakukan perbaikan pencatatan keuangan dan penyusunan pencatatan persediaan yang dapat digunakan sebagai acuan dalam pengambilan keputusan internal dan sebagai referensi bagi investor. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperbaiki pencatatan keuangan dan menyusun pencatatan persediaan pada UMKM DN Shop. Hasil yang diharapkan dari penelitian ini adalah pemanfaatan aplikasi dengan melakukan optimasi dan kustomisasi sehingga dapat memberikan output pencatatan keuangan dan pencatatan persediaan yang dibutuhkan oleh DN Shop.

This thesis discusses the business coaching process at the UMKM DN Shop (motorcycle accessories shop). This research was conducted using a qualitative method with data collection techniques through interviews, observation, and documentation. Based on data analysis, DN Shop has a business target that is to expand by selling motorcycle spare parts. To achieve this target, DN Shop must improve financial records and structure inventory records that can be used as a reference in internal decision making and as a reference for investors. The purpose of this study is to improve financial records and structure inventory records at DN Shop SMEs. The expected result of this research is the use of the application by optimizing and customizing it so that it can provide the output of financial records and inventory records needed by DN Shop."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Haura Khansa
"Tujuan dari studi ini adalah untuk menganalisis permasalahan yang dihadapi oleh UMKM PD Citra Jaya yang bergerak di industry pakaian. Studi ini dilakukan melalui metode case study dan menggunakan beragam metode analisis seperti Business Model Canvas, PEST, Porter’s Five Forces,Segmenting-Targeting-Positioning (STP), Marketing Mix (4P), SWOT dan matriks TOWS. Berdasarkan analisis-analisis tersebut, diketahui bahwa UMKM memiliki permasalahan dalam mempromosikan busana muslimnya dengan nama Sabay setelah menutup toko fisiknya karena imbas pandemi COVID-19. UMKM kesulitan untuk menambah reseller untuk Sabay serta belum memiliki sistem reseller yang jelas, selain itu promosi melalui media sosial juga belum optimal. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, terdapat beberapa solusi yang diberikan kepada UMKM untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapinya. Untuk menambah reseller produk busana muslim, maka akan dilakukan perbaikan e-katalog, lalu akan dilakukan pembuatan sistem reseller. Selanjutnya, kegiatan promosi melalui Instagram akan dioptimalkan. Dari hasil kegiatan business coaching, Sabay memperoleh 6 reseller baru.

This study aims to analyze the problems faced by PD Citra Jaya, an MSME engaged in the fashion industry. This study was conducted through the case study method and using various analysis tools such as Business Model Canvas, PEST, Five Forces, Segmenting-Targeting-Positioning (STP), Marketing Mix (4P), SWOT, and TOWS matrix to map the condition of the MSME. Based on these analyses, the MSME has issues promoting its muslim clothing called Sabay after closing its physical stores due to the COVID-19 pandemic. The SME has difficulty in increasing resellers for Sabay and does not yet have a clear reseller system. Besides that, the promotion through social media is also not optimal. There are several solutions given to MSME to solve the problems they face. First, to increase resellers, the e-catalog will be repaired, then a reseller system will be created. Furthermore, promotional activities on Instagram will be optimized. Sabay obtained six new resellers from business coaching program."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan BIsnis Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fajar Gumilang Kosasih
"ABSTRAK
Rynde Craft adalah Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah yang menciptakan kerajinan dari koran bekas. Strategi bisnis yang dilakukan oleh Rynde Craft adalah pengembangan pasar untuk menambah jumlah konsumen. Meski sudah berlangsung sejak 2012, pertumbuhan bisnis perusahaan tidak optimal. Setelah memetakan kondisi bisnis, Coach telah mengidentifikasi bahwa masalah utama perusahaan adalah pengembangan jasa pelatihan dan promosi. Tujuan dari tesis ini adalah untuk membantu Rynde Craft dalam mengembangkan jasa pelatihan dan promosi melalui website. Metode analisis yang digunakan adalah Analisis Eksternal, Internal, Pelanggan, dan Analisis Pesaing; SWOT; dan GAP. Hasil dari Business Coaching adalah peningkatan identitas produk dengan pengembangan jasa pelatihan dan peningkatan promosi online dengan membuat website.

ABSTRACT
Rynde Craft is a Micro, Small and Medium Enterprise that creates handicrafts from old newspapers. Business strategy undertaken by Rynde Craft is the development of the market to increase the number of consumers. Although it has been going on since 2012, the company 39 s business growth is not optimal. After mapping out the business conditions, the author has identified that the main problem of the company is the development of training and promotion activity. The purpose of this thesis is to assist Rynde Craft in developing training services and promotion through the website. Analytical methods used are External, Internal, Customer, and Competitor Analysis SWOT and Gap Analysis. The result of Business Coaching is the enhancement of product identity with the development of training services and enhancement of online promotion by creating a website."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
T50506
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Atikah Rahmi Fauzi
"ABSTRAK
Usaha Mikro Kecil dan Menengah berperan secara signifikan dalam pertumbuhan ekonomi di Indonesia, terutama pada industri tekstil busana muslim. Karena potensi pasar yang cukup besar, Ibu Leony terdorong untuk mendirikan suatu badan usaha dengan nama CV Azka Syahrani yang kini telah memiliki pegawai tetap sebanyak 22 orang. Di tengah ketatnya persaingan bisnis, Ibu Leony harus menghadapi permasalahan internal, salah satunya adalah permasalahan sumber daya manusia. Kendala utama yang dihadapi CV Azka Syahrani dalam bidang sumber daya manusia adalah belum memiliki peraturan perusahaan dan belum memiliki pembagian kerja yang jelas. Oleh karena itu, kegiatan business coaching ini akan difokuskan untuk merumuskan peraturan perusahaan dan job description bagi CV Azka Syahrani.

ABSTRACT
Small and Medium Micro Enterprises effects significantly in economic growth in Indonesia, especially in Muslim textile industry. Due to the large market potential, Mrs. Leony was encouraged to establish a business entity under the name CV Azka Syahrani which now already has 22 people. In the midst of intense business competition, Mrs. Leony must face internal problems, one of them is related to human resource. The main obstacle that caused CV Azka Syahrani in the field of human resources is not having company regulation and clear job description. Therefore, this business coaching activity will discuss to formulate company regulations and job description for CV Azka Syahrani"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
T50488
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Randy Adiputra
"Penelitian ini berupa business coaching yang dilakukan pada UMKM Big Apparel House, proses pengumpulan data dilakukan melalui observasi lapangan dan wawancara, hasil yang terkumpul akan dilakukan analisa menggunakan metode analisis internal dan eksternal yang bertujuan untuk mendapatkan intisari dari masalah. Dalam prosesnya, terdapat masalah Inkonsistensi pada logo, Big Apparel House menggunakan tiga logo yang berbeda sebagai penanda pada produk, kemasan dan toko online. Selain itu, kegiatan pemasaran dilakukan secara impulsif tanpa perencanaan yang matang. Penelitian ini bertujuan untuk membantu Big Apparel House dalam merencanakan perubahan logo, hal ini dilakukan dengan mendesain ulang logo serta seluruh perangkat pendukung perushaan, setelah mengubah citra yang ada selanjutnya proses transformasi pemasaran digital akan dilakukan, terdapat 4 tahap transformasi yang akan dilakukan yaitu perbaikan foto produk, optimasi tampilan instagram, pembuatan web dan perancangan Instagram serta Facebook Ads. Dengan proses business coaching ini diharapkan dapat membantu Big Apparel House dan UMKM lain untuk dapat meningkatkan produktivitas.

This study employs a business coaching technique in the Big Apparel House (BAH), an MSME that focuses on large-size men’s clothing. We initially examine the MSME using the business internal and external analysis methods. The data is collected through field observations and interviews. We find two primary problems: inconsistent logo and impulsive unplanned marketing activities. BAH uses three different logos as product markers, packaging, and online stores. This study focuses on assisting BAH in redesigning the logo and aligning all the company’s marketing tools. We follow Meriless’ guidelines to explore and develop the BAH redesign strategy. Digital marketing transformation process is carried out through four stages of transformation. Subsequently, we improve product photos, optimize Instagram display, and web creation, as well as design the Instagram and Facebook Ads. The redesigned logo and its implementation have shown substantial improvement in BAH’s brand and marketing. We expect Big Apparel House will increase its productivity in the future following the business couching process."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lee, Vincent
"Tesis ini membahas tentang bagaimana cara UKM Demour Collection yang bergerak di bidang produksi tas untuk dapat mengakuisisi pasar yang baru dan melakukan diferensiasi bisnis agar dapat berkembang dengan maksimal, dengan intervensi business coaching. Coach melakukan wawancara tidak terstruktur terhadap coachee dan proses observasi untuk mendapatkan seluruh informasi yang dibutuhkan untuk proses analisis dan pembentukan solusi terhadap masalah atau kesenjangan yang ada pada hasil analisis tersebut yang dilakukan di Jakarta Timur.
Hasil dari wawancara dan observasi tersebut dianalisis dengan menggunakan Business Model Canvas, STP, Bauran Pemasaran, Porter's Five Forces, SWOT dan TOWS, Gap Analysis, dan Analisis Pareto agar dapat mengerucutkan masalah dan kendala pada Demour dari yang paling penting untuk diselesaikan. Hasil pengerucutan masalah menghasilkan dua masalah atau kendala utama yang harus segera diselesaikan, yaitu: 1) ketidakmampuan mengidentifikasi peluang bisnis untuk meningkatkan pertumbuhan usaha, dan 2) bagaimana implementasi online marketing berbasis customer decision journey. Dengan dilakukannya business coaching ini diharapkan dapat membantu UKM Demour Collection untuk terus bertahan dan berkembang dalam bisnis mereka.

This thesis discusses about how UKM Demour Collection that is working in bag production business to acquire new market and create a business differentiation so that they can develop optimally, with business coaching intervention. A series of unstructed interview and observation were conducted to the coachee in order to obtain all the information that is needed for analyzing process and creating solutions to the problem or gap that is occurred from the analysis results that was done in East of Jakarta. The results from the interview and observation is analyzed by using Business Model Canvas, STP, Marketing Mix, Porter's Five Forces, SWOT and TOWS, Gap Anlysis, and Pareto Analysis in order to purify the problems or obstacles from Demour rating from the most important thing to be finished. The results from purifying the problems resulting 2 main problems that is needed to be solved, those are: 1) Not knowing how to identify business opportunity in order to increase company's growth, 2) How to implement online marketing with customer decision journey. By doing this, business coaching is expected to help UKM Demour Collection to be sustained and developed."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ayu Sri Wahyuningrum
"ABSTRAK
Tesis ini membahas kegiatan business coaching atas penyusunan dan penerapan instrumen harga pokok penjualan dan anggaran laba rugi pada UMKM CV. Sugiyama Surya Perkasa. Rancangan model usaha tidak berubah karena penambahan aktivitas ini untuk meningkatkan efektifitas perusahaan. Rencana kegiatan business coaching yang dilakukan adalah penyusunan instrumen harga pokok penjualan sebagai dasar penetapan harga jual dan penyusunan instrumen anggaran laba rugi yang berguna bagi pemilik bisnis untuk perencanaan bisnis yang sesuai dengan strategi, menjalankan proses bisnis secara efektif dan efisien, dan evaluasi antara angka aktual dan anggaran pada periode berjalan. Penyusunan instrumen harga pokok penjualan dimulai dari penetapan harga bahan baku, tarif tenaga kerja, bahan pembantu produksi, dan penetapan marjin laba. Penyusunan instrumen anggaran laba rugi dimulai dari penetapan tujuan, penyusunan anggaran per fungsi sampai evaluasi anggaran dengan analisis varians. Pada akhir sesi business coaching, UMKM dapat mengaplikasikan instrumen harga pokok penjualan dan anggaran laba rugi sebagai alat bantu UMKM dalam membuat keputusan.

ABSTRACT
This thesis discusses business coaching activities for preparation and application of cost of sales instrument and budgeted income statement instrument in SME CV. Sugiyama Surya Perkasa. The business model would not be affected directly since these activities improve the overall performance. Coaching activities for the session will be arranging cost of sales account to be used as basis for pricing and arranging instrument of budgeted income statement that will help SME to plan their business align with its strategies, run the business efficiently and effectively, and evaluating the actual numbers to its budgeted numbers in specific period. Preparing the cost of sales instrument starts with determining the raw material cost, labor rate, overhead material, and determining the profit margin. Preparing the budgeted income statement instrument starts with determining the objectives, arranging budget for each function, and evaluating the budget with variance analysis. In the end of business coaching session, SME will be able to apply the instrument for their tools to make a decision."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>