Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 179854 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Stephanie
"Pandemi Covid-19 menyebabkan banyak perubahan dalam berbagai bidang kehidupan, salah satunya perubahan pada situasi kerja yang sangat berpengaruh bagi dewasa muda yang sedang mempersiapkan atau baru saja memulai karirnya. Keterbukaan merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi adaptabilitas karir/career adaptability. Berdasarkan beberapa penelitian sebelumnya, intellectual humility dan narcissism memiliki hubungan positif dengan keterbukaan/openness. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah keterbukaan memediasi pengaruh intellectual humility dan narcissism pada adaptabilitas karir. Pertisipan penelitian berjumlah 176 orang dari berbagai universitas dan pekerjaan berbeda di Indonesia. Penelitian dilakukan dengan menggunakan kuesioner self-report yang diadministrasikan secara daring menggunakan Google Form. Hasil analisis mediasi menunjukkan bahwa (1) terdapat peran mediasi openness yang signifikan dalam hubungan intellectual humility dan adaptabilitas karir (p = .015), (2) terdapat peran mediasi openness dalam hubungan narcissism dan adaptabilitas karir (p = .006). Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa keterbukaan memiliki peran penting untuk memediasi pengaruh intellectual humility dan narcissism terhadap adaptabilitas karir.

The COVID-19 pandemic has caused drastic changes in various fields of life, one of them is changes in work situations which have impacted young adults who have just prepared for or started their careers. Openness is one of the factors that affect career adaptability. Based on several previous studies, intellectual humility and narcissism have a positive relationship with openness. This study aims to see whether openness can mediate the relationship between intellectual humility, narcissism, and career adaptability. The participants of this research were 176 people from various universities and different occupations in Indonesia. The study was conducted using self-report questionnaires, which were administered online using Google Form. The results of the mediation analysis showed that (1) there was a significant mediating role of openness in the relationship between intellectual humility and career adaptability (p = .015), (2) there was a significant mediating role of openness in the relationship between narcissism and career adaptability (p = .006). The implication of this research is that openness has a critical role in mediating the influences of both intellectual humility and narcissism on career adaptability."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Chintya
"Di tengah pandemi Covid-19, mahasiswa membutuhkan keterbukaan untuk dapat beradaptasi dengan baik di lingkungan perkuliahan dan situasi pembatasan sosial. Berbagai penelitian sebelumnya menemukan bahwa intellectual humility dan toleransi ambiguitas dapat menjadi faktor yang mempengaruhi keterbukaan. Penelitian ini dilakukan untuk melihat efek mediasi toleransi ambiguitas dalam hubungan intellectual humility dengan keterbukaan. Dalam penelitian ini, dilakukan kontrol terhadap usia, jenis kelamin, extraversion, dan agreeableness. Penelitian ini dilakukan dengan membagikan kuesioner self-report melalui google form kepada 206 mahasiswa Indonesia. Hasil analisis GLM Mediation Analysis menemukan bahwa terdapat peran toleransi ambiguitas dalam hubungan intellectual humility dengan keterbukaan (p < 0.001).

In the midst of the Covid-19 pandemic, college students need openness to be able to adapt well in the lecturing situation and social distancing situation. Previous studies have found that intellectual humility and tolerance of ambiguity can be factors that influence openness. This study aimed to examine the role of tolerance of ambiguity as mediator between intellectual humility and openness. In this study, controls were carried out on age, sex, extraversion, and agreeableness. This research was conducted by distributing self-report questionnaires via google form to 206 Indonesian college students. The results of the GLM Mediation Analysis found that there is a role for tolerance of ambiguity as mediator in the relationship between intellectual humility and openness (p < 0.001)."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Filzi Yumetri
"Mahasiswa tingkat akhir dan Fresh Graduates merasa kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan akibat perubahan di era revolusi Industri 4.0 dan pandemi Covid-19. Selain itu pada masa transisi dari dunia Pendidikan ke dunia kerja mahasiswa cenderung tidak mandiri dan merasa bingung untuk menentapkan pilihan karirnya (Indianti,2015). Di sisi lain mahasiswa yang gagal untuk mengakomodir tujuan karirnya dapat merasakan dampak jangka pendek dan Panjang. Dampak jangka pendek yang dirasakan adalah performa akademik yang menurun, penundaan kelulusan, dan merasa pembelajaran tidak sesuai dengan minat pribadi(Indianti,2015), dan dampak jangka panjang yang dirasakan adalah kesulitan mencari pekerjaan, terganggunya kepuasan akan karir, peningkatan stress yang dapat mengakibatkan depresi, dan dipandang sebagai grup tanpa motivasi dan tanpa karir di masa mendatang (Sözbilir dkk.,2018). Maka dari itu penelitian ini mengajukan bahwa dengan memiliki adaptabilitas karir, mahasiswa dapat menghadapi perubahan yang terjadi dan mengatasi permasalahannya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan media sosial terhadap adaptabilitas karir mahasiswa tingkat akhir. Penggunaan media sosial diukur dengan SMUAS (Social Media Usage Aims Scale) dan adaptabilitas karir diukur dengan CAAS versi Bahasa Indonesia. Partisipan merupakan mahasiswa tingkat akhir (N = 446) dari universitas di seluruh Indonesia yang aktif menggunakan media sosial LinkedIn dan Instagram. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media sosial secara keseluruhan mempengaruhi adaptabilitas karir sebesar 13,6% ( = .372, p < 0.01) sedangkan dimensi penggunaan media sosial mempengaruhi adaptabilitas karir sebesar 22,4% . Beberapa dimensi penggunaan media sosial yang ditemukan mempengaruhi adaptabilitas karir secara keseluruhan, yaitu dimensi As a Task Management Tools (ATMT) dan Education and Informational. Berdasarkan hasil tersebut mengungkapkan bahwa seseorang dapat meningkatkan adaptabilitas karir, saat menggunakan media sosial untuk kegiatan seperti mengorganisir jadwal sehari-hari dan kegiatan yang berkaitan dengan edukasi.

Final year students and Fresh Graduates find it difficult to obtain a job due to changes in the era of the Industrial revolution 4.0 and the Covid-19 pandemic. In addition, during the transition from the world of education to the world of work, students tend to be independent and experience confusion in making career choices (Indianti, 2015). On the other hand, students who fail to accommodate their career goals can experience short and long term impacts. The perceived short-term impact is decreased academic performance, delayed graduation, and the feeling that learning is not in accordance with personal interests (Indianti, 2015), while the perceived long-term impact is difficulty finding work, disrupted career satisfaction, increased stress which can lead to depression, and also being seen as a group without motivation and without a future career (Sözbilir et al., 2018). Therefore, this study proposes that by having career adaptability, students can face the changes that occur and overcome their problems. This study aims to see the effect of using social media on the level of career adaptability of final year students. The use of social media is measured by SMUAS (Social Media Usage Aims Scale) and career adaptability is measured by the Indonesian version of CAAS. Participants are final year students (N = 446) from universities throughout Indonesia who actively use social media LinkedIn and Instagram. The results showed that the overall use of social media affects career adaptability by 13.6% (β = .372, p < 0.01) while the dimensions of social media use affect career adaptability by 22.4%. Several dimensions of social media use were found to affect overall career adaptability, namely the As a Task Management Tools (ATMT) and Education and Informational dimensions. These results revealed that one can improve career adaptability, when using social media for activities such as organizing daily schedules and activities related to education."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Reinaldo Christian Santoso
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah career adaptability memiliki peran yang lebih kuat dalam kepuasan hidup karyawan dibandingkan dengan kepribadian grit. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode korelasional dan regresi berganda. Ketiga variabel tersebut diukur dengan menggunakan alat ukur Satisfaction With Life Scale untuk mengukur kepuasan hidup secara keseluruhan, Short Grit Scale untuk mengukur grit, dan Career Adapt-Abilities Scale Form 2.0 untuk mengukur kemampuan beradaptasi karir. Partisipan dalam penelitian ini berjumlah 113 karyawan dengan rentang usia 25-40 tahun dan telah bekerja di perusahaan tempat mereka bekerja minimal satu tahun. Hasil analisis menunjukkan bahwa adaptasi karir (r = 0,381, p <0,05) memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan kepuasan hidup karyawan, sedangkan grit tidak (r = 0,009, p> 0,05). Hasil analisis juga menunjukkan bahwa adaptasi karir (β = 0,433, p <0,05) memiliki peran yang lebih kuat daripada kepribadian grit (β = -0,157, p> 0,05) dalam memprediksi kepuasan hidup karyawan.

This study aims to determine whether career adaptability has a stronger role in employee life satisfaction than grit personality. This research is a quantitative research with correlational method and multiple regression. These three variables were measured using the Satisfaction With Life Scale measuring tool to measure overall life satisfaction, the Short Grit Scale to measure grit, and the Career Adapt-Abilities Scale Form 2.0 to measure career adaptability. Participants in this study totaled 113 employees with an age range of 25-40 years and had worked at the company where they worked for at least one year. The analysis showed that career adaptation (r = 0.381, p <0.05) had a positive and significant relationship with employee life satisfaction, while grit did not (r = 0.009, p> 0.05). The analysis also showed that career adaptation (β = 0.433, p <0.05) had a stronger role than grit personality (β = -0.157, p> 0.05) in predicting employee life satisfaction."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Khanh
"Vaksin COVID-19 sudah berhasil diciptakan dan memiliki potensi untuk mengakhiri pandemi COVID-19, tetapi tidak semua orang bersedia untuk menerimanya. Intellectual Humility (IH) ditemukan sebagai salah satu prediktor intensi vaksinasi seseorang. Orang yang rendah hati secara intelektual diduga lebih terbuka untuk menerima segala jenis informasi, sehingga memiliki persepsi risiko terhadap COVID-19, sikap terhadap vaksin COVID-19, dan kepercayaan terhadap ilmuwan dan ahli kesehatan yang lebih tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji kembali hubungan IH dengan intensi vaksinasi dan menguji efek mediasi dari variabel persepsi risiko, sikap terhadap vaksin, dan kepercayaan pada hubungan tersebut. Sejumlah warga negara Indonesia (N = 261, M usia = 20,8, SD = 1,93) yang tinggal di berbagai kota besar di Indonesia mengisi Comprehensive Intellectual Humility Scale (CIHS), COVID-19 Perceived Risk Scale (CPRS), Anti-vaccination Attitudes (VAX) Scale, sebuah pertanyaan mengenai kepercayaan mereka terhadap ilmuwan, dan dua pertanyaan mengenai intensi vaksinasi COVID-19. Hasil uji analisis mediasi menunjukkan bahwa IH berkorelasi secara positif dan signifikan dengan intensi vaksinasi COVID-19 (b = 0.063, t = 4,096, p < .001) dan hubungan ini dimediasi oleh sikap yang positif terhadap vaksin COVID-19 (b = 0.054, t = 0,512, p < .001) dan kepercayaan terhadap ilmuwan yang mengembangkan vaksin (b = 0.013, t = 2.982, p < .01). Selain itu, peneliti juga menemukan bahwa IH berhubungan secara signifikan dengan aspek kognitif, tetapi tidak dengan aspek afektif dari persepsi risiko. Hal ini mengindikasikan bahwa IH tidak dapat memengaruhi emosi negatif dari kejadian yang bersifat mengancam kesehatan atau nyawa. Implikasi dari penelitian ini mempertegas manfaat IH dalam perilaku sehat individu, sehingga perlu diajarkan dan ditanamkan pada individu.

Vaccine COVID-19 has been developed and may potentially end the COVID-19 pandemic, but not everyone is willing to accept it. Intellectual humility (IH) was found to be one of the predictors of a person's vaccination intention. Intellectually humble people are more open to receiving all kinds of information, so they are expected to have higher perceptions of risk to COVID-19, attitudes towards the vaccine COVID-19, and trust in scientists and health experts. This study aimed to re-examine the relationship between IH and vaccination intention and the mediating effect of risk perception, attitude towards vaccines, and trust. Indonesian citizens (N = 261, M age = 20.8, SD = 1.93) who live in various big cities in Indonesia fill out the Comprehensive Intellectual Humility Scale (CIHS), COVID-19 Perceived Risk Scale (CPRS), Anti-vaccination Attitudes (VAX) Scale, a question about their trust in scientists, and two questions about the intention to vaccinate against COVID-19. The results of the mediation analysis showed that IH was positively and significantly correlated with the intention of vaccination COVID-19 (b = 0.063, t = 4.096, p < .001) and this relationship was mediated by a positive attitude towards the vaccine COVID-19 (b = 0.054, t = 0.512, p < .001) and trust towards scientists who developed the vaccine (b = 0.013, t = 2,982, p < .01). In addition, the researcher also found that IH was significantly related to the cognitive aspect but not to the affective aspect of risk perception. This finding indicates that IH cannot influence negative emotions from events that are health or life-threatening. The implication of this study confirms IH's benefits on inducing healthy behavior, thus it needs to be taught and instilled in individuals."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Evi Luthfiyah Nurjamil
"Pandemi COVID-19 telah mengurangi 2,3 juta peluang lapangan pekerjaan di Indonesia. Karir siswa SMK dinilai terancam karena lulusannya menyumbang tingkat pengangguran tertinggi di Indonesia, sehingga perlu ada usaha penyesuaian diri dalam merencanakan karir di masa depan. Penelitian ini menegakkan asumsi agar memiliki adaptabilitas karir yang kuat, siswa SMK perlu memiliki kepribadian proaktif yang mendorongnya untuk berinisiatif melakukan perubahan. Selanjutnya proses tersebut perlu dimediasi oleh kemampuan untuk bertahan menghadapi kesulitan (resiliensi). Penelitian ini dilakukan terhadap 686 orang siswa SMK di Indonesia menggunakan alat ukur Career Adapt-Abilities Scale International Form (CAAS-IF) untuk adaptabilitas karir, Proactive Personality Scale Short Form (PPS-SF) untuk kepribadian proaktif dan The Connor-Davidson Resilience Scale (CD-RISC) untuk resiliensi. Hasil pengujian menunjukkan bahwa kepribadian proaktif memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan adaptabilitas karir (c’ = 0,384, SE = 0,087, p < 0,001). Diketahui pula adanya efek mediasi secara parsial oleh resiliensi (c’ = 0,384 < c = 1,283). Penelitian ini dapat menjadi acuan pentingnya memperkuat layanan Bimbingan Karir yang memberikan informasi karir diluar bidang yang tersedia di SMK

The COVID-19 pandemic has reduced 2.3 million jobs in Indonesia. Vocational school students' careers are considered threatened because their graduates contribute to the highest unemployment rate in Indonesia, so there needs to be an adjustment effort in planning future careers. This study strengthens the assumption that in order to have a strong career adaptability, vocational students need to have a proactive personality that encourages them to take the initiative to make changes. Furthermore, this process needs to be mediated by the ability to withstand adversity (resilience). This research was conducted on 686 vocational students in Indonesia using the Career Adapt-Abilities Scale International Form (CAAS-IF) for career adaptability, the Proactive Personality Scale Short Form (PPS-SF) for proactive personality and The Connor-Davidson Resilience Scale (CD-RISC) for resilience. The test results showed that proactive personality was positively and significantly related to career adaptation (c '= 0.384, SE = 0.087, p <0.001). It is also known that there is a partial mediation effect by resilience (c '= 0.384 "
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Catharina Wulandari
"Mahasiswa yang baru lulus (freshgraduates) merasa kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan yang disebabkan oleh kesenjangan ekspektasi antara perusahaan dengan kompetensi yang dimiliki mahasiswa freshgraduate, terutama pada masa transisi dari dunia perkuliahan ke dunia kerja. Mahasiswa dianggap tidak siap dan kurang memiliki kepercayaan diri, serta kurang mengeksplorasi kariernya sebelum melalui masa transisi (Nghia, 2018). Keberhasilan mahasiswa pada masa transisi akan menentukan kesuksesannya dalam berkarier di masa depan (Koen et al., 2012). Peneliti mengajukan bahwa permasalahan ini dapat diatasi dengan memiliki adaptabilitas karier yang baik. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional (N = 466) dengan tujuan melihat bagaimana dukungan sosial dapat meningkatkan adaptabilitas karier melalui adversity quotient pada mahasiswa tingkat akhir yang berkuliah di daerah Jabodetabek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dukungan sosial memprediksi adaptabilitas karier. Adversity quotient terbukti memediasi sebagian hubungan kedua variabel tersebut dengan ditemukannya signifikansi pada indirect effect pada analisis mediasi.

Many freshgraduates experience difficulties in obtaining jobs right after graduating due to the existence of gap between the expectation of employer and the skills possessed by freshgraduates. This condition frequently occurs in the transition period to working world. These freshgraduates are considered lacking in confidence, readiness, and self exploration to enter the working world (Nghia, 2018). The quality of getting through the transition period would determine future career success of freshgraduates (Koen et al., 2012). This research proposes that this issue can be tackled by possessing career adaptability. This correlational research (N = 466) aims to discover how social support would play a role in elevating career adaptability through adversity quotient of final year student in Jabodetabek area. Results showed that social support predicted career adaptability. Furthermore, adversity quotient also played a role in mediating the relationship of both variables. This is proved by the significance of indirect effect in mediation analysis."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aina Athira Maulana
"Kemunculan populisme meningkat dalam beberapa tahun terakhir di Indonesia. Sebagian besar penelitian mengenai populisme di Indonesia berfokus pada tokoh politik dan masih sedikit penelitian yang dilakukan pada level pemilih. Penelitian ini melihat peran national collective narcissism dan religious collective narcissism sebagai prediktor dukungan terhadap populisme di Indonesia. Hasil analisis data terhadap 331 partisipan dengan rentang usia 19-71 tahun (M = 30, SD = 12.8) menggunakan multiple regression menunjukkan bahwa national collective narcissism dan religious collective narcissism memprediksi dukungan terhadap populisme di Indonesia. Penelitian ini juga melihat hubungan national collective narcissism dan religious collective narcissism dengan dukungan terhadap calon presiden pada Pilpres 2019. Analisis data terhadap 301 partisipan menggunakan independent samples t-test menunjukkan tingkat religious collective narcissism yang lebih tinggi pada pemilih Prabowo Subianto dibandingkan pemilih Joko Widodo. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa national collective narcissism dan religious collective narcissism memengaruhi dukungan terhadap kebijakan maupun politisi populis, dan religious collective narcissism berpotensi memengaruhi pilihan politik warga Indonesia.

The emergence of populism has increased in recent years in Indonesia. Most research on populism in Indonesia focused on political figures, but less research had been done at the voter level. This study investigated the role of national collective narcissism and religious collective narcissism as predictors of support towards populism in Indonesia. The results of data analysis on 331 participants with an age range of 19-71 years (M = 30, SD = 12.8) using multiple regression showed that national collective narcissism and religious collective narcissism predicted support towards populism in Indonesia. This study also looked at the relationship between national collective narcissism and religious collective narcissism with support for presidential candidates in the 2019 Presidential Election. Data analysis of 301 participants using independent samples t-test showed that the level of religious collective narcissism was higher in Prabowo Subianto voters than Joko Widodo voters. The results of the study indicated that national collective narcissism and religious collective narcissism influenced support for populist policies or politicians, and religious collective narcissism has the potential to influence the political choices of Indonesian citizens."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nurul Aulia Primandhita
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah intellectual humility dapat memprediksi efektivitas guru sekolah menengah di Indonesia. Partisipan penelitian ini adalah 263 guru sekolah menengah (M-usia = 41.75 tahun, M-pengalaman mengajar = 14.97 tahun). Penelitian ini menggunakan Intellectual Humility Scale (Porter & Schumann, 2018) untuk mengukur intellectual humility dan Teacher Effectiveness Scale (Kyriakides, Campbell & Christofidou, 2002) untuk mengukur efektivitas guru. Analisis regresi linear berganda digunakan untuk menguji hipotesis penelitian dengan mengontrol variabel pengalaman mengajar. Hasil analisis menunjukkan bahwa intellectual humility secara signifikan dapat memprediksi efektivitas guru. Intellectual humility ditemukan memiliki effect size medium terhadap efektivitas guru. Hasil penelitian mengimplikasikan bahwa intellectual humility merupakan karakteristik yang penting untuk dimiliki oleh guru. Hal tersebut dapat menjadi pertimbangan bagi sekolah-sekolah untuk menyelenggarakan program untuk mengembangkan karakteristik intellectual humility pada guru. Selain itu, hasil penelitian juga mengimplikasikan bahwa terdapat faktor- faktor lain yang berperan dalam efektivitas guru. Hal tersebut sebaiknya dipertimbangkan oleh penelitian selanjutnya mengenai efektivitas guru.

The purpose of this study was to investigate the role of intellectual humility in predicting teacher effectiveness among secondary school teachers in Indonesia. A total of 263 secondary school teachers (M-age = 41.75 years, M-teaching experience = 14.97 years) participated in this study. The Intellectual Humility Scale (Porter & Schumann, 2018) and the Teacher Effectiveness Scale (Kyriakides, Campbell, & Christofidou, 2002) were used to measure intellectual humility and teacher effectiveness, respectively. A multiple linear regression analysis was conducted to test the study’s hypothesis while controlling for teaching experience. The result of the analysis shows that intellectual humility significantly predicts and has a medium effect on teacher effectiveness. The result of this study implies that intellectual humility is an important characteristic to be possessed by teachers and schools should consider providing programs that are aimed to cultivate intellectual humility in teachers. Additionally, it is implied that other factors also play a role in teacher effectiveness and should be taken into consideration by future research on this topic."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Amelia Ajrina
"Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) merupakan salah satu dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang banyak diminati oleh mahasiswa. Dengan kegiatan yang padat serta waktu kuliah yang masih berjalan membuat program MSIB ini menjadi semakin menantang. Dalam hal ini, adaptabilitas karier diperlukan mahasiswa agar mampu menyesuaikan diri dan menghadapi tantangan yang ada di dalam perkembangan kariernya. Untuk mengembangkan adaptabilitas karier, diperlukan growth mindset agar mahasiswa dapat menjadikan tantangan sebagai sebuah proses belajar dan pengembangan diri. Meskipun memiliki growth mindset, diperlukan kegigihan sebagai upaya konkret yang dapat membantu mahasiswa dengan growth mindset untuk mengaktifkan adaptabilitas kariernya. Oleh karena itu, kegigihan diduga memediasi hubungan growth mindset dan adaptabilitas karier. Partisipan dalam penelitian ini terdiri dari 175 mahasiswa diploma dan sarjana semester 6-10 yang sedang mengikuti MSIB. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah Career Adapt-abilities Scale International Form (CAAS-IF) (24 item, α=0,918), Growth Mindset Scale (4 item, α=0,848) dan Grit Short Scale (Grit-S) (8 item, α=0,765). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegigihan dapat memediasi hubungan antara growth mindset dan adaptabilitas karier secara parsial. Hasil dari penelitian ini memberikan manfaat untuk pemangku kebijakan program MSIB, para profesional dan mahasiswa.

Magang and Studi Independen Bersertifikat (MSIB) is considered as one of the popular programs under the Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) preferred by undergraduate students. With a highly dynamic activity schedule and concurrent implementation alongside regular classes in university, the MSIB program becomes even more challenging.Therefore, career adaptability is essential for undergraduate students to be able to adapt and face challenges in their career development. In spite of having a growth mindset, grit is needed as a concrete effort that can help students with a growth mindset to activate their career adaptability. Furthermore, grit is suspected to mediate the relationship between growth mindset and career adaptability. The participants in this study consist of 175 bachelor’s and associate degree students in their 6th to 10th who are currently undergoing MSIB program. The instruments used in this study are the Career Adapt-abilities Scale-International Form (CAAS-IF) (24 items, α=0.918), Growth Mindset Scale (4 items, α=0.848), and Grit Short Scale (Grit-S) (8 items, α=0.765). The results of this study indicate that grit partially mediates the relationship between growth mindset and career adaptability in undergraduate students enrolled on MSIB. The findings of this research can be beneficial for the policymakers of the MSIB program, professionals working in higher education institutions and the students."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>