Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 46 dokumen yang sesuai dengan query
cover
cover
Areispine Dymussaga S. Miraviori
"Skripsi ini membahas novel karya Calvin Michael Sidjaja yang berjudul Jukstaposisi: Cerita tuhan Mati yang mengisahkan posisi tuhan dan manusia di alam semesta yang saling bertumpang tindih dalam empat lapis dunia dalam alam semesta. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif analitis untuk menganalisis dunia-dunia yang serba 'tidak jelas' yang dibangun dalam Jukstaposisi: Cerita tuhan Mati. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori unsur-unsur teks yang dikemukakan Prof. Panuti Sudjiman dan kritik sastra obektif dari M. H. Abrams. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pesan yang ingin disampaikan oleh Calvin Michael Sidjaja dari dunia yang tidak pasti dalam Jukstaposisi: Cerita tuhan Mati dan menanggapi dunia yang dibangun tersebut.

This thesis discusses the novel Jukstaposisi: Cerita tuhan Mati written by Calvin Michael Sidjaja which tells about juxtaposition of gods and human in four-layered world in universe. This research uses descriptive-analytic method to analyzes the vague-worlds in Jukstaposisi: Cerita tuhan Mati. This research also uses story text elements theory proposed by Professor Panuti Sudjiman and objective critical theory by M. H. Abrams. This research purposes to reveals the message which Calvin Michael Sidjaja tries to tell from the uncertainly worlds in Jukstaposisi: Cerita tuhan Mati and to gives some feedback from the worlds inside."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2012
S42136
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Yogi Theo Rinaldi
"Artikel ini membahas kosmologi Islam dalam pandangan Hamzah Fansuri. Secara umum, Hamzah Fansuri menjadikan doktrin metafisika wujudiyyah dan manifestasi Ilahi (tajalli) sebagai pondasi untuk menjelaskan hubungan ontologis antara Tuhan dengan kosmos. Di dalam penelitian ini juga menyertakan pemikiran-pemikirannya seperti Pengetahuan Tuhan, penolakan doktrin creation ex nihilo, esensi-esensi tetap, kehendak Ilahi, Hikmah Tuhan, makro dan mikrokosmos. Pada intinya, Hamzah Fansuri berpendapat bahwa substansi kosmos adalah Nafas Yang Maha Pengasih (Nafās ar-Rahmān). Penelitian ini sangatlah penting, mengingat Hamzah Fansuri adalah salah seorang sarjana yang berasal dari Nusantara yang lebih dikenal sebagai penyair mistik daripada sebagai seorang filsuf yang memiliki sebuah doktrin kosmologi. Oleh karena itu, kosmologinya sedikit sekali dikaji oleh para sarjana. Bagaimanapun, ini penting untuk menjawab pertanyaan mengenai realitas segala sesuatu, suatu pertanyaan yang ditanyakan sepanjang waktu. Penlitian ini menggunakan metode kualitatif dengan penulisan analitis deskriptif.

This article explores Islamic cosmology of Hamzah Fansuri. Generally, Hamzah Fansuri made his metaphysical doctrine, wujudiyyah, and the Divine Act of Self-Revelation (tajallī) as the foundation to explain the ontological relation between God and the cosmos. This article includes his thoughts such as the Divine Knowledge, therejection of creation ex nihilo, the fixed essences, God’s Will, the Effect of God’s Creative Activity or His Predisposition, the God’s Wisdom, the substance of the cosmos (macrocosm), and Human Being (microcosm). Essentially, Hamzah Fansuri argued that the substance of the cosmos is the ‘Breath’ of Most Compassionate (Nafās ar-Rahmān). This research is really important for Hamzah Fansuri is an original scholar of Nusantara who is better known as a mystic poet than the philosopher having a cosmological doctrine. Because of that, his cosmology is less studied by many scholars. Whereas it is important to answer the question about the reality of everything, the question which is asked all the time. This research uses qualitative approach with analytic descriptive method.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2014
S58888
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nisrina Andini Larasati
"Penelitian terbaru menunjukkan tren isolasi dan penurunan kualitas hubungan interpersonal, meskipun hubungan interpersonal sangat penting untuk kesehatan mental pada dewasa (Keefer, Landau, & Sullivan, 2014). Fenomena ini dihipotesiskan sebagai disfungsi Object Relations (Mukherjee & Sanyal, 2014), di mana perkembangan fungsi tersebut terkait dengan attachment kepada orangtua (Twomey, Kaslow, & Croft, 2000).
Perkembangan attachment kepada Tuhan sebagai perpanjangan dari orangtua, sebagaimana dijelaskan dalam hipotesis Correspondence dan Compensation, juga diprediksi dapat memengaruhi fungsi Object Relations (Tisdale, 1997). Terkait attachment kepada Tuhan, kebutuhan untuk terus-menerus mempersepsi kehadiran fisik dari Tuhan sebagaimana tersimbolisasi dalam NO-WAR (Non-Obligatory Worn Attribute of Religion) juga diperkirakan sebagai rendahnya adaptabilitas Object Relations terhadap ketidak-hadiran fisik objek (Bell, 1995).
Berdasarkan penjelasan tersebut, penulis mengaplikasikan Analisis Multilevel untuk mengetahui pengaruh attachment kepada Tuhan dan attachment kepada orangtua terhadap Object Relations dalam urutan hierarkis, di mana pengaruh kedua variabel tersebut bervariasi pada kelompok dengan NO-WAR dan tanpa NO-WAR.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemakaian NO-WAR meningkatkan prediksi attachment kepada Tuhan terhadap fungsi Object Relations yang lebih adaptif, sementara pengaruh tersebut tidak ditemukan pada prediksi attachment kepada orangtua terhadap fungsi Object Relations. Model keseluruhan akhir yang diperoleh sesuai dengan model hierarki yang dihipotesiskan penulis.

Latest findings showed isolation and derivation trends of interpersonal relations among cultures, despite the importance of interpersonal relations for adults? mental health (Keefer, Landau, & Sullivan, 2014). This phenomenon is hypothesized to be a dysfunction of Object Relations (Mukherjee & Sanyal, 2014), which development intertwined with attachment built to parents (Twomey, Kaslow, & Croft, 2000).
In the other hands, development of God attachment as the extension of parental attachment figure is expected to impact one's Object Relations (Tisdale, 1997), as explained in Correspondence and Compensation Hypothesis. Urge for physical presence of God as symbolized in NO-WAR (Non-Obligatory Worn Attribute of Religion), is expected to be a sign of Object Relations? lack of adaptability to the physical absence of others (Bell, 1995).
Building on this work, the author proposed the Multilevel Analysis in determining the effect both parental attachment and God attachment to Object Relations function in hierarchical order, where the effects are nested within the NO-WAR and Non-wearer group.
Results showed that NO-WAR elevated the effect of God attachment to better Object Relations, while none is found in the effect of parental attachment. The overall model fit the hierarchical model hypothesized by author.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2016
S64966
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Samuel Vincenzo Jonathan
"Proyek epistemologi adalah membuat perbedaan antara keyakinan belaka dan pengetahuan-keyakinan itu adalah tebakan keberuntungan, sedangkan pengetahuan dibenarkan keyakinan sejati. Tulisan ini secara khusus membahas salah satu bidang ilmu yang ada, dalam keanekaragamannya, yaitu ilmu keyakinan agama, dan lebih eksplisit lagi ilmu tentang Tuhan. Tidak semua kepercayaan orang - termasuk keyakinan agama, atau tentang Tuhan-bisa dikategorikan sebagai ilmu, mengingat kemungkinan itu adalah tebakan untung, atau bahkan bukan ilmu. Melalui analisis konseptual, makalah ini akan membagi dan membandingkan keyakinan tentang Tuhan dalam dua bentuk teori justifikafi, yaitu secara internal, melalui internalisme Chisholm, dan, secara eksternal, melalui eksternalisme Plantinga dalam tantangan (1) ketersembunyian Tuhan yang ditawarkan oleh Schellenberg, dan (2) ilmu kognitif agama yang ditawarkan oleh Dennett

The epistemology project is to make a distinction between mere belief and knowledge - belief is a guess of luck, whereas knowledge is justified by true belief. This paper specifically discusses one of the existing fields of science, in its diversity, namely the science of religious beliefs, and more explicitly the knowledge of God. Not all people's beliefs - including religious beliefs, or about God - can be categorized as knowledge, given the possibility that it is a guess of luck, or not even science. Through conceptual analysis, this paper will divide and compare beliefs about God in two forms of justifikafi theory, namely internally, through Chisholm's internalism, and, externally, through Plantingas externalism in the challenges of (1) Gods hiddenness offered by Schellenberg, and (2) ) the cognitive science of religion offered by Dennett."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2018
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Seno Budhi Ajar
"ABSTRAK
Fokus penelitian ini mengenai karakteristik wilayah Ruang Suci Organisasi Kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan adaptasi Organisasi Kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dengan lingkungan dan masyarakat dalam memilih dan mempertahankan keberadaan ruang suci. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain deskriptif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa persebaran ruang suci organisasi kepercayaan adalah acak namun terdapat wilayah yang menjadi konsentrasi ruang suci yaitu berada pada bagian barat daya keraton baik dekat maupun jauh dari ?garis axis mundi Yogyakarta? dengan perkembangan ruang suci yang terus menurun jumlahnya dengan titik Klimaks pada periode tahun 1999; karakteristik wilayah lokasi ruang suci yang dekat dengan garis axis mundi terbagi menjadi 3 jenis wilayah pesisir dengan ketinggian 10?25 mdpl, wilayah pusat keraton dengan ketinggian bagian selatan 50?100 mdpl dan bagian utara 100?200 mdpl, wilayah kaki gunung dengan ketinggian 200?300 mdpl dan semuanya berada pada wilayah pemukiman sedangkan kondisi wilayah ruang suci yang berlokasi jauh dari axis mundi mempunyai karakteristik khusus seperti pertemuan 2 sungai atau perbukitan menoreh; Masyarakat Yogyakarta bersikap netral terhadap ruang suci organisasi Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa jika organisasi tersebut resmi dan tidak menganggu lingkungan sosial; dasar pemilihan ruang suci oleh Organisasi Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa lebih banyak didasarkan secara pratical atau politik ruang daripada secara primodial atau puitis ruang.

ABSTRACT
The focus of the study is regional characteristics of Sacred Space Organization Belief in God Almighty and Adaptation Organizational Belief in the One Almighty God with the environment and the community in selecting and maintaining the existence of sacred space. This study is a descriptive qualitative research design. The study concluded that the distribution of the sacred space of Belief organizations Random however, there is a region at consentration of sacred space that is in the southwestern part of the palace both near and far from the "axis mundi Yogyakarta line" with the development of sacred space that continues to decline in number to the point of climax in the period 1999. Characteristics of the region sacred space location close to the line of the axis mundi is divided into 3 types of coastal areas with an altitude of 10?25 above sea level, the central region of the southern part of the palace with a height of 50?100 above sea level and 100?200 above sea level the north, the region of the mountain with an altitude of 200?300 above sea level feet and all located in residential areas while the condition of sacred space areas located far from the axis mundi has special characteristics such as rivers or hills meeting 2 incise. Community Yogyakarta neutral toward the sacred space of Organizations Belief in One Almighty if the organization authorized and does not disturb the environment sosial. Basic selection sacred space by Faith Organisation Against God Almighty is based more pratical or political space than primodial or poetic space.
"
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2014
T42589
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 >>