Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Arghie Adriano Hanafi
"Franchise merupakan metode pendistribusian produk atau layanan yang dilakukan antara franchisor dan franchisee, di mana franchisor dan franchisee memberikan hak khusus usaha nya kepada franchisee yang didasari oleh perjanjian franchisee. Pengaturan terkait franchise di Indonesia diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 42 Tahun 2007 tentang Waralaba dan Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 71 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Waralaba. Lalu, pengaturan terkait franchise di Belanda diatur dalam Wet Franchise yang baru saja diberlakukan pada tanggal 1 Januari 2021. Penelitian ini akan membahas persamaan, perbedaan, serta manfaat membandingkan hukum franchise Indonesia dan Belanda. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode yuridis normatif

Franchise is a product or service distribution method carried out between the franchisor and the franchisee, in which the franchisor and franchisee grant special business rights to the franchisee offered by the franchisee agreement. Regulations related to franchising in Indonesia are regulated in Government Regulation Number 42 of 2007 on Franchise and Minister of Trade Regulation Number 71 of 2019 on Franchise Implementation. Then, regulations regarding franchising in the Netherlands are regulated in the Wet Franchise which was enforced on January 1, 2021. This research will discuss the similarities, differences, and benefits of comparing Indonesian and Dutch franchise laws. The research method used in this research is normative juridical method.
"
Depok: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Arghie Adriano Hanafi
"Tesis berikut menganalisis penggunaan endorsement secara soft selling melalui influencer oleh notaris pada platform media sosial TikTok, dengan fokus pada hubungannya dengan jabatan notaris serta signifikansi penggunaannya. Penyusunan tesis ini menggunakan metode doktrinal melalui studi kepustakaan yang didukung oleh hasil wawancara narasumber, yaitu perwakilan notaris, bank negeri, bank swasta, perusahaan nasional, serta perusahaan multinasional. Soft selling merupakan salah satu pendekatan yang dapat digunakan dalam melakukan endorsement melalui influencer. Pada pendekatan soft selling, influencer sebagai endorser mengiklankan barang atau jasa dengan cara menampilkan konten yang berorientasi gambar agar terlihat adanya hubungan organik antara influencer dan produk dari penyedia barang atau jasa. Keberadaan soft selling melahirkan kesempatan baru bagi notaris untuk melakukan publikasi dan promosi diri tanpa melanggar ketentuan-ketentuan dalam Kode Etik notaris. Hal ini dikarenakan sifat soft selling yang mengaburkan batasan antara konten yang merupakan sebuah iklan atau tidak, sehingga terdapat kebingungan terhadap pertanggungjawaban notaris dan influencer terhadap konten yang diunggah. Namun, dalam praktiknya penggunaan endorsement secara soft selling melalui influencer oleh notaris pada platform media sosial TikTok tidak memberikan dampak signifikan terhadap minat calon klien notaris. Tidak adanya dampak yang signifikan menyebabkan ketidakpastian terkait relevansi larangan-larangan dalam Kode Etik Notaris.

This thesis analyzes the use of soft-selling endorsements through influencers by notaries on the TikTok social media platform, focusing on the connection with the notary's position and the significance of its use. The preparation of this thesis uses a doctrinal method through a literature review supported by the results of interviews with informants, namely representatives of notaries, state banks, private banks, national companies, and multinational companies. Soft-selling is one approach that can be used in conducting endorsements through influencers. In the soft-selling approach, influencers as endorsers advertise goods or services by displaying image-oriented content so that there is an organic relationship between the influencer and the product from the goods or service provider. The existence of this approach creates new opportunities for notaries to publish and promote themselves without violating the provisions of the Notary Code of Ethics. This is due to the nature of the soft-selling approach which blurs the line between content that is an advertisement or not, so there are difficulties regarding the accountability of notary and influencers toward the uploaded content. However, in practice, the use of soft-selling endorsements through influencers by notaries on the TikTok social media platform does not have a significant impact on the interest of prospective notary clients. The absence of a significant impact caused uncertainty regarding the relevance of the prohibitions in the Notary Code of Ethics."
Jakarta: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2025
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library