Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
Friska Evelyn Riatur
Abstrak :
ABSTRAK
Pada era informasi, teknologi informasi memiliki peran krusial untuk
meningkatkan kapabilitas dan strategi supply chain. Sistem informasi supply
chain harus dapat diterima oleh organisasi. Sistem informasi yang dapat diterima
di organisasi adalah sistem informasi yang dapat diterima secara psikologi
pengguna, rancangan proses sesuai kebutuhan pengguna, dan kualitas sistem
informasi memenuhi ekspektasi pengguna. Sebuah sistem informasi
membutuhkan pengujian untuk mengantisipasi permasalahan yang muncul dalam
proses penerapan. Pengujian dengan menggunakan pendekatan Technology
Acceptance Model (TAM) yang disusun dalam bentuk kuesioner. Kuesioner ini
kemudian disebarkan kepada 25 orang ahli dan diolah dengan metode Partial
Least Square (PLS). Penelitian ini berhasil menghasilkan sebuah framework yang
dapat menjadi panduan bagi organisasi yang menerapkan supply chain untuk
menguji penerimaan organisasi terhadap sistem informasi
ABSTRACT
In the information age, information technology has a crucial role to increase the
capabilities and supply chain strategy. Supply chain information system must be
accepted by the organization. The information system that can be accepted in the
organization is an information system that is acceptable for user psychology,
process design according to user needs, and the quality of information systems
that meet user expectations. An information system requires testing to anticipate
problems that arose during the implementation process. Test is conducted by
using the Technology Acceptance Model (TAM) approach which is arranged in
the form of a questionnaire. The questionnaires were then distributed to 25 experts
and processed by the method of Partial Least Square (PLS). This study is
managed to produce a framework that can serve as a guide for organizations that
implement supply chain to test the acceptance of the organization's information
systems.
2016
T45722
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Friska Evelyn Riatur
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan usulan perbaikan terhadap rendahnya pencapaian nilai kinerja pada sebuah perusahaan di Indonesia. Penelitian ini berfokus pada permasalahan rendahnya pencapaian kinerja OTIF bidang export di salah satu perusahaan Fast Moving Consumer Goods (FMCG) ternama di Indonesia. Perusahaan ini menetapkan On Time In Full (OTIF) sebagai indikator dari kinerja perusahaan. Untuk itu, diperlukan suatu jalan keluar yang berupa usulan perbaikan terhadap kinerja.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah DMAIC (Define, Measure, Analyze, Improve, Control) untuk mendapatkan solusi baik yang akan diimplementasikan. Perbaikan yang dilakukan akan memberikan dampak terhadap efisiensi waktu yang dibutuhkan untuk merespon pesanan pelanggan.
Pada penelitian ini, kegitan export dibagi menjadi dua kelompok besar yaitu kegiatan sebelum pengiriman dan kegiatan setelah pengiriman. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah efisiensi sebesar 14,28% pada kegiatan sebelum pengiriman dan 21,42% pada kegiatan setelah pengiriman.
......This study aims to propose improvements to the low achievement of value on a company's performance in Indonesia. This study focuses on the problem of low achievement on OTIF score in field of export performance in one of the most well-known Fast Moving Consumer Goods (FMCG) company in Indonesia. The company sets On Time In Full (OTIF) as an indicator for the performance of the company. For that, we need a way out in the form of the proposed improvements to the performance.
This study is using the DMAIC (Define, Measure, Analyze, Improve, Control) method in order to get a suitable solutions to be implemented. Improvements proposed will have impacts on the efficiency of the time required to respond to customer orders.
In this study, the export activity is divided into two major groups of activities prior to before delivery and after delivery activities. Results obtained from this study are efficiency of 14.28% on activities prior to before shipment and 21.42% on activities after shipment.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S57715
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library