Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 5 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Hardius Usman
"Keberadaan pekerja anak-anak banyak mendapat perhatian berbagai pihak. Disamping dianggap melanggar hak-hak anak, juga dikuatirkan bekerja dapat menimbulkan dampak buruk bagi perkembangan anak. Akan tetapi, bagi Indonesia melarang anak-anak bekerja bukanlah tindakan rasional, mengingat keadaan sosial ekonomi Indonesia. Sekalipun demikian, pekerja anak harus dikurangi secara bertahap yang didasarkan pada skala prioritas. Untuk membuat skala prioritas ini dibutuhkan pengkajian dari berbagai aspek.
Berdasarkan hal tersebut, maka tesis ini mencoba untuk meneliti beberapa permasalahan pekerja anak, sehingga dapat memberi rekomendasi guna pembuatan prioritas dalam rangka mengurangi pekerja anak.
Tesis ini mempunyai beberapa fokus pembahasan, yaitu melihat kondisi pekerja anak-anak, mempelajari faktor-faktor yang mempengaruhi timbulnya pekerja anak-anak, dan melihat karakteristik pekerja anak yang mengalami eksploitasi. Data yang digunakan dalam penelitian ini bersumber pads Survei Sosial Nasional (Susenas) KOR tahun 2000. Oleh karena keterbatasan informasi pada sumber data maka pekerja anak-anak dibatasi untuk penduduk yang berusia 10-14 tahun saja. Sedang metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan membuat model regresi logistik. Variabel babas yang digunakan dalam pembuatan model adalah daerah tempat tinggal, lapangan usaha kepala rumahtangga (KRT), status pekerjaan KRT, pendidikan KRT, jenis kelamin KRT, rata-rata pengeluaran rumahtangga per kapita per bulan, dan jenis kelamin anak.
Analisis situasi yang digunakan untuk melihat kondisi pekerja anak-anak memberikan beberapa hasil, yaitu: sebagian besar pekerja anak-anak tinggal di daerah pedesaan, dan bekerja di sektor pertanian, dengan status sebagai pekerja keluarga/tak dibayar. Sedang berdasarkan jenis kelamin, persentase anak laki-laki yang menjadi pekerja ternyata lebih tinggi dibanding anak perempuan.
Berdasarkan model regresi logistik, terlihat adanya kecenderungan semakin rendah rata rata pengeluaran rumahtangga per kapita per bulan, maka akan semakin tinggi resiko anak-anak untuk bekerja. Karakteristik kepala rumahtangga, yaitu: pendidikan, lapangan usaha, status pekerjaan, dan jenis kelamin, juga mempunyai pengaruh yang mengakibatkan timbulnya pekerja anak-anak, Disamping itu, daerah tempat tinggal, dan jenis kelamin anak juga ikut mempengaruhi timbulnya pekerja anak-anak.
Pekerja anak-anak yang mengalami eksploitasi berdasarkan kriteria akses ke pendidikan, jam kerja, dan upah/gaji menunjukan kondisi yang memprihatinkan. Semua propinsi di Indonesia ternyata terdapat anak-anak yang mengalami eksploitasi tersebut. Jawa Barat, DKI Jakarta, Sumatera Selatan, Bengkulu, Jambi, Bali, Sulawesi Utara, merupakan propinsi-propinsi yang perlu mendapat perhatian dalam masalah eksploitasi pekerja anak-anak."
Jakarta: Universitas Indonesia, 2002
T9562
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hardius Usman
Jakarta : Grasindo, 2004
331.31 USM p
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Hardius Usman
Depok: LPEM FEUI, 2010
658.83 HAR t
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Hardius Usman
"ABSTRAK
Peran religiusitas terhadap pemilihan bank Islam masih belum dapat disimpulkan dengan jelas, dan belum ada penjelasan mengapa terjadi perbedaan kesimpulan antar peneliti. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini mempunyai tujuan: (1) Mempelajari pengukuran religiusitas yang pernah digunakan dan membentuk pengukuran religiusitas yang sesuai; (2) Menyelidiki penelitian terdahulu yang mengasumsikan semua muslim mengadopsi dan meyakini hukum yang sama tentang pengharaman bunga bank, dengan memasukan Variabel Norma Religius; (3) Menyelidiki pengaruh tidak langsung religiusitas terhadap pemilihan bank Islam, dengan menggunakan variabel mediasi: Trust, Importance of Attributes, dan Sumber Informasi. Peneliti melakukan exploratory study dan mengaplikasikan Natural Experimental Design dengan metode analisis Seemingly Causal Model.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh religiusitas terhadap pemilihan bank Islam ditentukan oleh norma religius. Religiusitas memengaruhi pemilihan bank Islam untuk kelompok Tradisional, tetapi tidak memengaruhi pada kelompok Kontemporer. Hasil lainnya adalah Religiusitas memengaruhi pemilihan bank secara tidak langsung melalui Variabel Trust dan Sumber Informasi Personal.

The relationship between the degree of customers? religiosity and their decision to using the Islamic banking services remains vague until now and there is no any satisfactory explanations on this relationship from the results of previous studies. Based on this issue, the present research study has 3 objectives: (1) to investigate the measurement of religiosity that has been used in the past studies and to develop appropriate measurement; (2) to examine the assumptions used in previous studies that all Muslims adopt and believes the same law on the prohibition of bank interest, by grouping customers based on the religious norms; (3) and to investigate the indirect effects of religiosity on the customers? decision for using the Islamic banking services, by employing mediating variables: Trust, Importance of Attributes, and Information Sources. An exploratory study was carried out and the Natural Experimental Design with analytical methods Seemingly Causal Models was applied.
The results show that role of religiosity in the customers? decision for using the Islamic banking services depends on the religious norms. Religiosity affects this decision among customers in the Traditional group, but it does not affect among the Contemporary group customers. Another finding suggests that the religiosity affects the decision for using the Islamic banks indirectly through variable Trust and personal information source.
"
2014
D1989
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hardius Usman
"Pemasaran syariah atau yang dikenal dengan Islamic marketing merupakan salah satu cabang ilmu pengetahuan yang sekarang mulai berkembang, walau sesungguhnya landasan keilmuannya telah ada sejak 14 abad yang lalu, yaitu Al-Qur’an dan Hadis. Begitu luasnya pasar dan besarnya konsumsi kaum Muslim, yang didukung perubahan lingkungan dengan perubahan pengetahuan dan teknologi yang pesat, serta masuknya dunia ke era globalisasi dan perdagangan bebas, pasar Muslim menjadi target penting bagi industri di dunia. Untuk masuk dan bersaing di pasar negara-negara Islam atau negara yang berpenduduk mayoritas Islam, maka produsen harus mempelajari seluk-beluk tentang pasar Muslim dan perilaku konsumen Muslim. Inilah salah satu faktor yang menyebabkan Pemasaran Syariah menjadi sebuah ilmu pengetahuan yang mendapat perhatian untuk dipelajari, baik dari kalangan akademisi maupun praktisi bisnis dan pemasaran"
Depok: Rajawali Press, 2020
297.63 HAR i
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library