Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 9 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Siti Khoirun Nisa
Abstrak :
Penelitian ini membahas tentang analisis kepatuhan minum metadon di klinik metadon Kota Tangerang Banten dengan pendekatan teori Health Belief Model (HBM) tahun 2014. Kepatuhan minum metadon ini dianalisis berdasarkan enam komponen Health Belief Model yaitu Perceived susceptibility (persepsi kerentanan), perceived seriousness (persepsi keseriusan), perceived benefits (persepsi manfaat), perceived barriers (persepsi hambatan), cues to action (isyarat untuk bertindak) dan self efficacy (keyakinan diri). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan melakukan wawancara mendalam, telaah dokumen dan observasi. Penelitian menunjukkan bahwa persepsi kerentanan terhadap heroin masih dirasakan meskipun pasien sudah minum metadon, persepsi keseriusan akibat penggunaan heroin membuat pasien patuh minum metadon, demikian juga dengan persepsi manfaat yang dirasakan oleh pasien setelah minum metadon membuat pasien tetap bertahan dalam pengobatan ini. Hambatan terbesar yang dirasakan pasien untuk tetap patuh minum metadon adalah karena masih sering bertemu dengan teman pengguna. Faktor pelayanan yang baik, nasihat orang terdekat seperti orang tua, anak serta keinginan untuk sembuh merupakan suatu isyarat yang dirasakan pasien untuk patuh minum metadon. Demikian juga dengan keyakinan diri untuk bisa terbebas dari heroin dengan terus mengikuti program metadon juga diungkapkan oleh pasien ......This study discusses the compliance analysis of drinking methadone in methadone clinics in the city of Tangerang Banten with theory approach Health Belief Model (HBM) in 2014. Adherence to drink methadone is analyzed based on six components of the Health Belief Model, namely Perceived susceptibility, perceived seriousness, perceived benefits, perceived barriers, cues to action (cue to action) and self-efficacy. This study used qualitative research methods to conduct in-depth interviews, document review and observation. Research shows that perceptions of susceptibility to heroin is still felt even though the patient was taking methadone, heroin use due to the perception of the seriousness of making adherent patients taking methadone, as well as perceptions of the benefits experienced by patients after drinking methadone made in the treatment of patients survive this. The biggest obstacle is perceived to remain adherent patients taking methadone is because they are often met with the user's friends. Knowledge, good service, the nearest such counsel parents, children and the desire to heal a perceived cues to adherent patients taking methadone. Likewise, the confidence to be free of heroin with a methadone program also continues expressed by patients.
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2014
T41920
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Khoirun Nisa
Abstrak :
ABSTRAK
Tesis ini membahas peran sinkronisitas media pada hubungan antara nilai utilitarian, nilai hedonik, nilai sosial dan kepuasan terhadap loyalitas dalam konteks media sosial dan hubungan antara pemerintah dengan masyarakat. Peran sinkronisitas media ini menjadi variabel perantara dalam hubungan kausal dari kognisi, afeksi dan konasi berdasarkan Theory of Reasoned Action. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh nilai utilitarian, nilai hedonik dan nilai sosial terhadap kepuasan, menjelaskan pengaruh nilai utilitarian, nilai hedonik dan nilai sosial terhadap kepuasan melalui sinkronisitas media dan menjelaskan pengaruh kepuasan terhadap intensi loyalitas. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan survei kepada 195 pengikut akun media sosial IndonesiaBaik.id yang menjadi peserta pelatihan grafis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai utilitarian dan nilai hedonik memiliki pengaruh terhadap kepuasan, sinkronisitas media menjadi variabel perantara yang mendorong pengaruh nilai utilitarian, nilai hedonik dan nilai sosial terhadap kepuasan, dan kepuasan memiliki pengaruh terhadap intensi loyalitas. Secara keseluruhan, sinkronisitas media memiliki peran penting dalam keberhasilan komunikasi yang diindikasi dari intensi loyalitas. Selain itu, nilai hedonik menjadi prediktor tertinggi dari intensi loyalitas. Hasil penelitian menyarankan bahwa nilai hedonik perlu diperhatikan untuk menjaga loyalitas pengikut akun media sosial pemerintah dalam hubungan antara pemerintah dengan masyarakat. Selain itu, nilai sosial menjadi isu penting yang diperhatikan dalam pengembangan strategi kehumasan pemerintah. Pemanfaatan sinkronisitas media perlu ditingkatkan untuk keberlangsungan hubungan antara pemerintah dan masyarakat dengan pelibatan pengikut akun media sosial IndonesiaBaik.id secara aktif.
ABSTRACT
This thesis discusses the role of media synchronicity in the relationship between utilitarian value, hedonic value, social value and satisfaction to loyalty in the context of social media and the relationship between government and society. The role of media synchronicity becomes an intervening variable in the causal relationships of cognition, affection and conation based on the Theory of Reasoned Action. This study aims to explain the effect of utilitarian value, hedonic value and social value on satisfaction, to explain the influence of utilitarian value, hedonic value and social value to satisfaction through media synchronicity and to explain the influence of satisfaction on loyalty intention. This research is a quantitative study by using survey to 195 followers of IndonesiaBaik.id social media account who become participants of graphic training. The results showed that utilitarian value and hedonic value have influence to satisfaction, media synchronicity becomes intermediate variable that encourage influence of utilitarian value, hedonic value and social value to satisfaction, and satisfaction has influence to loyalty intention. Overall, media synchronicity has an important role in communication successfulness indicated by loyalty intentions. In addition, the hedonic value becomes the highest predictor of loyalty intention. The results suggest that hedonic value should be considered to maintain loyalty of government social media follower in the relationship between government and citizen. In addition, social values become an important issue in the development of public relations strategy. Media synchronicity utilization needs to be improved for sustainability of relationship between government and citizen with active involvement of social media followers of IndonesiaBaik.id.
2018
T50075
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Indah Khoirun Nisa
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besaran tingkat risiko pada pengolahan dan pemurnian emas di PT Antam (Persero) Pulogadung. Proses pemurnian emas mengalami tiga tahapan proses utama, yakni proses peleburan, klorinasi, dan elektrolisis. Proses ini mempunyai berbagai bahaya dan risiko yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan maupun cedera pada pekerja, diantaranya bahaya fisik berupa heat stress, bising, radiasi inframerah, discomfort glare; bahaya kimia berupa fume, gas klor, aqua regia, Natrium tetraborat; bahaya mekanik dan bahaya ergonomi. Penilaian risiko berpedoman pada penilaian risiko oleh William T. Fine. Dari hasil penilaian, risiko paling banyak berupa heat stress dan bising. Sedangkan pada existing risk level, tingkat risiko terbanyak berada pada tingkat acceptable dan tingkat risiko tertinggi adalah substansial pada risiko pengangkutan, kebisingan, terjatuh, terkena leburan dore, dan heat stress. Pada predictive level, hampir semua risiko berada pada tingkat acceptable dimana hanya tiga risiko yang berada pada tingkat substansial, yakni risiko penggunaan gas klor dan aqua regia.
This study aims to determine the level of risk on the processing gold refining at PT Antam (Persero) Pulogadung. The process has three main stage, smelting, chlorination, and electrolysis. The process has various hazards and risks that may cause health disorder or injuries to workers, including phisical hazards such as heat stress, noise, infrared radiation, and discomfort glare; chemical hazards in form of fume, gas chlorine, aqua regia, and sodium tetraborate; mechanical hazards and ergonomics hazards. Risk assessment based on the risk assessment by William T. Fine. From the result of the risk assessment, the most hazard is heat stress and noise. While on the existing risk level, the most risk level is acceptable level and the highest level of risk is substansial at risk of lifting and transport, noise, fall, exposed to molten dore, and heat stress. At predictive level, almost all of the risks are at acceptable levels in which only three risks are at substantial level that is using of chlorine gas and aqua regia.
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2014
S55255
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Khoirun Nisa
Abstrak :
ABSTRAK
Salah satu alternatif ukuran kekuatan prediksi yang dapat diterapkan pada model GLM dimana variabel responnya berdistribusi tidak hanya normal yaitu dengan menggunakan koefisien korelasi regresi regression correlation coefficient ndash; RCC . Koefisien korelasi regresi dibangun berdasarkan definisi koefisien korelasi dengan menggunakan model GLM. Sehingga RCC dapat didefinisikan sebagai nilai yang menyatakan kekuatan hubungan antara variabel respon dan ekspektasi bersyarat dari variabel respon. Koefisien korelasi regresi merupakan salah satu alternatif ukuran kekuatan prediksi yang dapat memenuhi sifat applicability, interpretability, consistency, dan affinity. Pada umumnya bentuk eksplisit dari RCC pada GLM sulit ditemukan. Namun, ketika RCC diterapkan pada model regresi Poisson dan variabel prediktor diasumsikan berdistribusi multivariat normal, maka akan ditemukan bentuk eksplisit. Bentuk eksplisit ini masih memuat parameter ndash; parameter dari model regresi Poisson yang tidak diketahui. Oleh karena itu, perlu dicari estimasi dari parameter - parameter tersebut sehingga diperoleh estimator dari RCC. Metode yang digunakan untuk mengestimasi parameter pada model regresi Poisson adalah metode maximum likelihood. "
" "ABSTRACT
" The regression correlation coefficient RCC is one alternative measure of predictive power that can be applied to the GLM model in which the distribution of response variable is not only normal. The regression correlation coefficient is constructed based on the definition of correlation coefficient by using generalized linear model GLM . So, the RCC can be defined as a value that states the strength of the relationship between the response variable and the conditional expectation of the response variable. The regression correlation coefficient is one of predictable strength measure that can satiesfies the property like applicability, interpretability, consistency, and affinity. In general, the explicit form of RCC on GLM is difficult to find. However, when RCC is applied to the Poisson regression model and the predictor variable is assumed to be a normal multivariate distribution, an explicit form is found. This explicit form still contains the unknown parameters of the Poisson regression model. Therefore, we need to find an estimate of these parameters to obtain an estimator from the RCC. The method used to estimate the parameters in Poisson regression model is maximum likelihood method.
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dahlia Khoirun Nisa
Abstrak :
Doubleness dalam interior membuat manusia mengalaminya secara ruang dan gambaran. Ketika ruang dan gambarannya berbeda, manusia merasa unfamiliar. Situasi ini dimanfaatkan untuk membuat doubling antara ruang yang dipersepsikan dan gambaran dalam pikiran manusia sehingga memunculkan celah diantara keduanya. Affective dan spatial doubling yang terjadi membuat familiar sehingga menjadi strange. Hal ini sejalan dengan konsep familiar strange yang dengan sengaja membuat sesuatu terasa familiar sekaligus unfamiliar dengan cara dan konteks yang unfamiliar. Ide familiar strange ini digunakan untuk mengubah keseharian interior domestik—yang dianggap biasa dan diabaikan—menjadi lebih menarik melalui perspektif yang berbeda. Terdapat mekanisme yang ditemukan untuk memicu terbentuknya doubling, yaitu disassemble, contradiction, dan overlap. Mekanisme ini digunakan untuk mencari familiar strange yang terjadi dalam sebuah interior domestik melalui studi kasus. Studi kasus ini dilakukan dengan berfokus pada perubahan yang terjadi pada keseharian sebelum, saat dan setelah mudik. Perubahan jejak yang terjadi membuat penghuni merasa unfamiliar, memunculkan familiar strange. Setelah beberapa waktu, familiar strange diterima dan menjadi familiar yang baru. Namun, beberapa familiar strange juga menghilang ketika pemicu terjadinya doubling juga menghilang. ......The doubleness of the interior makes human experience it as space and image. When space and its image are different, humans feel the unfamiliarity. This situation is used to create doubling between the perceived space and the image in the human mind, so a gap shows up because of slippage between image and space. Through affective dan spatial doubling that happens, the familiar can become strange. It is in line with the familiar strange concept, in which to make something feel familiar and unfamiliar in an unfamiliar way and context. This familiar strange idea is used to change the everyday domestic interiors—things that are considered banal and overlooked—to become more interesting through a different perspective. There are mechanisms found to trigger the formation of doubling, namely disassemble, contradiction, and overlap. This mechanism is used to find the familiar strange that occurs in a domestic interior through a case study. The case study was conducted by focusing on changes that occur in the everyday of before, during and after mudik. Changes in the trace that occur make residents feel unfamiliar, emerging the familiar strange. After a while, the familiar strange is accepted and becomes a new familiar. However, some familiar strange also disappear as the trigger for the doubling appearance disappears.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Khoirun Nisa
Abstrak :
Penelitian ini ditujukan untuk menguji pengaruh antara trust dengan loyalitas nasabah pengguna e-banking. alasan penelitian ini dilakukan karena adanya beberapa kasus kecurangan dalam media e-banking mengakibatkan menurunnya trust nasabah dalam penggunaan e-banking. sampel penelitian ini adalah nasabah bank X cabang Plaza X dan sentra X sejumlah masing-masing 50 responden. hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara trust dengan tercapainya loyalitas nasabah. ......The purpose of this research is to test the effect of trust and customer loyality in order to increase frequency of the use of electronic banking. the background of this research is there are some cases that show cheatedness by electronic banking media that resulted in the decrease of consumers trust for e-banking. the sample in this research are 100 Bank X consumer from Sentra X as respondent. the analysis result shows that trust effected to increase and maintain customer loyalty of e-banking.
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2011
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Khoirun Nisa
Abstrak :
Penelitian ini ditujukan untuk menguji pengaruh antara trust dengan loyalitas nasabah pengguna e-banking. Alasan penelitian ini dilakukan karena adanya beberapa kasus kecurangan dengan media electronic banking mengakibatkan menurunnya trust nasabah dalam penggunaan e-banking. Sampel penelitian ini adalah nasabah bank X cabang Plaza X dan Sentra X sejumlah masing-masing 50 responden. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel penelitian ini adalah purposive sampling, yaitu pengambilan sampel berdasarkan karakteristik tertentu. Yang dimaksud karakteristik tertentu yaitu hanya nasabah bank X yang memiliki produk yang terkoneksi dengan e-banking dan menggunakan fasilitas e-banking minimal 3 kali dalam enam bulan terakhir. SPSS 17.00, digunakan untuk menganalisis data. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara trust dengan terciptanya loyalitas nasabah.
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2011
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Khoirun Nisa
Abstrak :
During their storage, the traditional ready-to-eat food, such as sticky rice cake, are easily contaminated by spoilage pathogens. Hence, this study aims to evaluate the effect of Citrus hystrix extract in reducing spoilage pathogens in sticky rice cake during storage. The experimental sticky rice cake was prepared and formulated with Citrus hystrix extract at varied level of concentrations of 0.65%, 1.26% and 1.82% (w/w). Treated samples were stored at room temperature for 28 days and evaluated periodically for their microbial activity (total plate count), thiobarbituric acid reactive substances (TBARS), and sensory analysis. For its antifungal activity, the Citrus hystrix extract was also compared against Penicillium sp. and Aspergillus nidulans prior to formulation. Results exhibited a significant advantage of the added extracts to the sticky rice cake. All extract levels effectively eliminated the spoilage microorganism and significantly lowered the TBARS values. The physico-chemical properties of sticky rice cake including pH, water activity, and moisture content were equal among all the formulated samples and slightly different at 1.82% (w/w) extract level. Moreover, the addition of Citrus hystrix extract up to 1.82% did not affect the acceptability sensory attributes of the sticky rice cake as compared to the control which has no Citrus hystrix extracts (p > 0.05).
Bogor: Seameo Biotrop, 2020
634.6 BIO 27:3 (2020)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Anggun Puspita Khoirun Nisa
Abstrak :
ABSTRAK
Advertising for a philanthropic organizations has a different role compared with advertising for a business entity. It should not only give information about the product or services, but also attract the audiences to perform an act of charitable giving. There are two common appeals in advertising, informational appeals and emotional appeals, which can be portrayed in a positive and negative way. This research aimed to examine which appeals are more effective for attracting donors to a charity education program. Using a laboratory experiment, we found that positive appeals work best for attracting more donors and gathering a higher donation amount. From the perspective of the philanthropic organization, we have proposed some recommendations to develop an effective marketing strategy for a charity education program based on our findings.
ABSTRACT
Iklan pada organisasi filantropi memiliki peran yang berbeda dibandingkan iklan pada entitas bisnis. Iklan ini tidak hanya memberikan informasi mengenai produk atau jasa yang ditawarkan teteapi juga untuk menarik orang agar mau berdonasi. Secara umum terdapat dua konsep daya tarik iklan daya tarik informasi dan daya tarik emosional yang dapat ditampilkan dengan cara positif ataupun negatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui daya tarik mana yang lebih efektif diterapkan untuk menarik donator pada program donasi pendidikan. Dengan eksperimen berbasis laboratorium, menunjukkan hasil bahwa daya tarik positif lebih efektif untuk menarik lebih banyak donator dan mengumpulkan nominal donasi yang lebih tinggi. Dari sudut pandang organisasi filantropi, hasil studi ini dapat digunakan sebagai bahan rekomendasi untuk mengembangkan strategi pemasaran yang lebih efektif untuk program donasi pendidikan berdasarkan hasil yang kami temukan.
2017
S67883
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library