Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Patria Priharmoko
Abstrak :
Word of mouth atau Buzz adalah suatu fenomena yang menarik di dalam dunia pemasaran dan komunikasi dan sudah banyak literatur yang menyatakan word of mouth (WOM) adalah salah satu kekuatan dalam pasar (Dye, 2000; Kotler, 2002; Silverman, 2001; Blackwell et.al, 2001). Kekuatan WOM terletak pada kemampuannya dalam memberikan rekomendasi (referral). WOM merupakan sebuah hasil dan sebuah program pemasaran yang dikelola dengan baik dan dapat memperkaya strategi komunikasi pemasaran (Dye, 2000). Walaupun demikian penggunaannya masih banyak diabaikan oleh perusahaan-perusahaan di Indonesia. Sejak tahun 1960an fenomena WOM mulai banyak diteliti, dan dari berbagai penelitian yang dilakukan sebelumnya teridentifikasi beberapa faktor yang berpengaruh terhadap munculnya perilaku untuk menyebarkan WOM yaitu kepuasan konsumen, opinion leaderships dan juga insentif (Dichter 1966 dalam Richins & Root-Shaffer, 1988; Arndt 1967 dalam Richins, 1984; Richins, 1984, Lowrey, 1989 Chew & Wirtz, 2001). Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan apakah perilaku WOM konsumen dipengaruhi oleh kepuasan konsumen, opinion leadership dan persepsinya terhadap insentif?. Penelitian ini bersifat eksplanatif dilakukan pada populasi pelanggan kartu Halo Telkomsel di regional Jabotabek. Sampel dipilih secara simple random sampling dan didapat 173 responden. Hasil pengolahan data dalam penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kepuasan pelanggan, opinion leadership dan persepsi terhadap insentif secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku menyebarkan WOM pada konsumen Opinion leadership menyumbangkan kontribusi yang terbesar.
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2003
T12454
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Patria Priharmoko
Abstrak :
ABSTRAK Ada kecenderungan bagi orang untuk melakukan regresi ke arah mean dalam melakukan prediksi (Kahneman 8. Tversky, 1973). Tetapi kadang hal ini tidak terjadi. Dalam suatu situasi dimana ada informasi yang berurutan (series)kadang prediksi yang dilakukan regresif kadang anti-regresif. Andreassen (1987) menemukan bahwa dalam suatu series (urutan) perdagangan saham munculnya berita (news) akan menyebabkan orang mengatribusikan perubahan harga saham dengan berita tersebut. Akibatnya prediksi yang diiakukan menjadi anti- regresif. Di Fonzo & Bordia (1997) menemukan jika berita itu diberi label rumor akan menghasilkan efek yang sama. Rumor menyebabkan prediksi yang anti regresif. Penelitian ini memodifikasi penelitian Di Fonzo & Bordia (1997) dan mencoba untuk mengetahui manakah bentuk informasi yang paling berpengaruh dalam penggunaan prediksi regresif. Diajukan pemikiran bahwa nomor akan memberikan pengaruh yang paling besar terhadap penggunaan prediksi regresif menjadi prediksi yang anti regresif. Penelitian ini menggunakan meiode simulasi komputer, dimana satu orang partisipan menghadapi sebuah komputer. Yang akan dilihat adalah besarnya koefisien tracking (tc) yang dipergunakan sebagai acuan untuk mengukur besarnya prediksi regresif yang dilakukan. Hasil kemudian dianalisis menggunakan metode Anova kemudian dilakukan analisa Contrast. Dari 4 hipotesa yang didirikan, 1 hipotesa diterima dan 3 hipotesa Iainnya ditolak. Penelitian ini menunjukkan bahwa informasi (baik dalam bentuk Berita, Rumor yang dipublikasikan serta Rumor) memberikan pengaruh terhadap penggunaan prediksi partisipan sehingga prediksi yang digunakan berubah dan regresif menjadi anti-regresif. Berita memberikan pengaruh yang paling kecil terhadap penggunaan prediksi regresif dibandingkan Rumor (baik yang dipublikasikan maupun tidak dipublikasikan). memberi pengaruh yang terbesar terhadap perubahan penggunaan prediksi regresif menjadi anti-regresif. Saran-saran yang diberikan mencakup saran-saran untuk penelitian selanjutnya, terutama dalam mengembangkan bidang psikologl ekonomi. Untuk pelaku pasar modal dapat diberikan masukan bahwa informasi apapun bentuknya sekalipun itu rumor tetap akan diproses dalam kognisi manusia. Sehingga informasi tersebut akan mempengaruhi keputusan seseorang dalam berinvestasi.
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2000
S3000
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library