Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 9 dokumen yang sesuai dengan query
cover
London: Routledge, 1993
374 ADU
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
"This article reports findings of a research which was conducted to investigate whether psychological interventions, which usually are provided in face - to - face manners within laboratories, classrooms or other environments could also be given at a distance education students psychological interventions were aimed at enhancing first year distance education students' self - directed learning abilities and achievent. This research was a field experimental research and was conducted to answer two main hypotheses as follows : (1) The interventions would significantly increase the first year distance education students' self directed learning abilities, and (2) the interventions would significantly increase the fist year distance education student's achievement. In summary this research proves that psychological interventions that are usually used in face-to-face education could effectively be used in distance educations context as well. As the findings shows that the inventions significantly increase students ' awareness of the need to learn that leads to the increase in their self - directed learning abilities."
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Parrish, Betsy
New York : McGraw-Hill , 2004
371.3 PAR t
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Lucas, Robert W.
Alexandria, VA: ASTD Press, 2010
658.312 LUC e (1)
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Reny Wiriandhani
"ABSTRAK
Learner controlled task merupakan tugas yang memberi kebebasan penuh pada
siswa untuk mengontrol beberapa dimensi yang ada pada tugas tersebut seperti misalnya
urutan pengerjaan, content, atau lama pengexjaan. Dalam tugas yang demikian siswa
hams mampu mengontrol dan mengarahkan sendiri kegiatan belajamya, karena tidak
ada aturan yang baku mengenai cara pengerjaannya. Asumsi dasar penyusunan tugas
ini adalah agar siswa menjadi meningkat motivasi dan prestasi belajarnya berkaitan
dengan kebebasan yang diberikan pada mereka. Namun pada kenyataannya beberapa
siswa justru menjadi terhambat dan tidak terarah belajarnya, karena tidak dapat
memanfaatkan dengan balk fasilitas-fasilitas yang tersedia. Apakah sebenarnya yang
menyebabkan sebagian siswa berhasil menyelesaikan learner controlled task sementara
siswa Iainnya tidak. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menjawab pertanyaan
ini adalah dengan menganalisa proses penelusuran infonnasi yang dilakukan oleh siswa
dalam menjalankan tugasnya (oleh Suradiono (1993) disebut sebagai learning pattern)
dan menelaah faktor-faktor yang diperkirakan turut mempengaruhi kegagalan tersebut,
seperti misainya locus of control (LOC) dan pengetahuan terdahulu. Dan secara khusus
penelitian ini difokuskan pada sampel siswa SLTA berkemampuan umum tinggi dan
berusia 16-17 tahun.
Demikianlah, secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi Iearn-
ing pattern yang muncul pada siswa-siswa SLTA dengan taraf kemampuan umum tinggi
pada learner controlled task. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk menelaah
faktor-faktor yang menyebabkan kegagalan siswa dalam memanfaatkan kebebasan yang
diberikan pada mereka, dengan mengetahui bagaimana hubungan LOC dengan Iearn-
ing pattern, hubungan learning pattern dengan pengetahuan terdahulu, serta dengan
mengidentifikasi alasan-alasan siswa dalam memanfaatkan fasilitas yang tersedia pada
unit pembelajaran.
Berkaitan dengan tujuan di atas maka penelitian ini dilakukan dengan melibatkan
30 orang siswa salah sebuah SLTA di Jakarta. Kepada mereka diberikan satu unit
pembelajaran yang sifatnya leamer controlled. Agar dapat ditelusuri proses kognitif yang
terjadi selama proses belajar berlangsung maka mereka diminta untuk mengungkapkan
semua yang ada dalam pikirannya selama mengerjakan tugas tersebut. Metode ini dikenal
sebagai metode think-aloud (berpikir keras). Sebelum penelitian dimulai diberikan latihan
berpikir keras dan diberikan tes yang mengukur pengetahuan terdahulu mereka. Seluruh
jalannya penelitian direkam secara audio. Dan hasil yang diperoleh dianalisis secara
kualltatif melalui protokol berpikir keras dari masing-masing siswa. Sedangkan alat ukur
LOC yang digunakan dalam penelitian ini yaitu skala Children's Nowicki-Strickland Inter-
nal External Control.
Penelitian ini berhasil mengidentifikasi 5 macam learning pattern. Pola I - IV
menggambarkan keteraturan pengerjaan tugas dan penelusuran informasi, sementara
pola V menunjukkan tidak teraturnya alur penelusuran informasi yang dilakukan oleh
siswa. Dalam penelitian ini hanya satu orang siswa yang menampilkan pola V. Sedangkan
hubungan antara learning patternm dengan LOC dan dengan pengetahuan terdahulu tidak
terlalu tampak dalam penelitian ini. Namun demikian dad hasil yang diperoleh secara umum dapat disimpulkan bahwa para siswa SLTA berkemampuan umum tinggi pada
penelitian ini telah siap dan mampu mengarahkan dengan baik proses belajarnya apabila
mereka dihadapkan pada tugas yang sifatnya memberi kebebasan pada mereka untuk
mengontrolnya.
Penelitian lanjutan kiranya dapat dilakukan dengan menggunakan sampel yang
lebih banyak, berkemampuan umum rata-rata dan bukan berasal dari sekolah yang
tergolong baik. Selain itu materi pelajaran yang disajikan pun hendaknya lebih disesuaikan
dengan kebutuhan siswa pada umumnya."
1995
S2443
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Knowles, Malcolm S.
New York: Routledge, 2015
374 KNO a
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Rothwell, William J., 1951-
"With a globally-aging workforce, organizations are examining adult learning theory and how it is applied to employee development. This book addresses individual learning competencies, organizational learning climate, and technology-related issues as they affect the adult learning process. "
Alexandria, Virginia: American Management Association, 2008
e20441830
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
"The second edition of the International Handbook of Lifelong Learning is extensive, innovative, and international in scope, remit and vision, inviting its readers to engage in a critical re-appraisal of the theme of “lifelong learning”. It is a thorough-going, rigorous and scholarly work, with profound and wide-ranging implications for the future of educating institutions and agencies of all kinds in the conception, planning and delivery of lifelong learning initiatives. Lifelong learning requires a wholly new philosophy of learning, education and training, one that aims to facilitate a coherent set of links and pathways between work, school and education, and recognises the necessity for government to give incentives to industry and their employees so they can truly “invest” in lifelong learning. It is also a concept that is premised on the understanding of a learning society in which everyone, independent of race, creed or gender, is entitled to quality learning that is truly excellent.
This book recognises the need for profound changes in education and for goals that are critically important to education, economic advancement, and social involvement. To those concerned about the future of our society, our economy and educational provision, this book provides a richly illuminating basis for powerful debate. Drawing extensively on policy analyses, conceptual thinking and examples of informed and world-standard practice in lifelong learning endeavours in the field, both editors and authors seek to focus readers' attention on the many issues and decisions that must be addressed if lifelong learning is to become a reality for us all.
"
Dordrecht: Springer Science, 2012
e20426598
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Elengolds, Linda J.
"Subject mater experts (SMEs) know their subject area, but often need a lesson on how to train. Help SMEs understand adult learning theories and how to design effective training."
Alexandria, VA: [American Society for Training & Development Press, American Society for Training & Development Press], 2001
e20435464
eBooks  Universitas Indonesia Library