Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 4 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Cosmas Wibisono Nugroho
Abstrak :
ABSTRAK
Tesis atau karya akhir ini akan merumuskan perencanaan bisnis untuk mendirikan bisnis pregnancy organizer, yaitu usaha yang menawarkan jasa pengaturan / organizer bagi ibu hamil dengan kelas ekonomi sosial menengah atas di Jakarta. Bisnis ini merupakan bisnis kreatif yang baru dimana belum pernah ada perusahaan yang menjalankan bisnis ini sebelumnya. Konsep bisnis ini serupa dengan bisnis event organizer, dimana untuk bisnis event organizer, jasa layanan pengaturan yang dikelola adalah dari persiapan suatu acara hingga acara tersebut terlaksana. Untuk bisnis pregnancy organizer ini, maka jasa layanan pengaturan yang dikelola adalah ibu hamil itu sendiri dimulai dari masa kehamilan sampai waktu persalinan. Penulisan tesis ini akan memberikan gambaran apa saja langkah – langkah strategi yang diperlukan unuk membangun bisnis ini yang mencakup mengenai perencanaan pemasaran, operasional, sumber daya manusia dan perencanaan keuangan. Di samping itu digambarkan juga mengenai analisis industri sehingga dengan menganalisa faktor – faktor tersebut, formula strategi yang akan dilakukan bisa direncanakan dengan tepat dan memberikan hasil yang maksimal. Tujuan akhir dari penulisan ini adalah apakah nantinya peluang bisnis ini bisa direalisasikan berdasarkan hasil analisa – analisa semua aspek bisnis.
ABSTRACT
This thesis or final paper will formulate a business plan to establish a pregnancy organizer, a business that offers services to organizer for pregnant women with high socio-economic class in Jakarta. This business is a new creative business which has never existed before. The business concept is similar to an event organizer, where for an event organizer, it will manage the preparation of an event until the event happen. In pregnancy organizer, it will manage a pregnant woman starting from the beginning of the pregnancy until the birth date. This thesis or final paper will give an idea for the strategic steps to build a business plan that includes marketing, operations, human resources and financial planning. And also describe an industry analysis and competitor analysis to help in business decision making to generate the maximum results. The final purpose of this paper is whether the future business opportunities can be realized based on all of business aspects analysis.
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mochammad Reza
Abstrak :
ABSTRAK
Bengkel "MPV Workshop" adalah suatu badan usaha yang berbentuk persekutuan komanditer, dengan nama badan usaha CV. Prima MPV Jakarta. "MPV Workshop" memberikan jasa pelayanan untuk perbaikan dan modifikasi kendaraan-kendaraan yang masuk ke dalam kategori Multi Purpose Vehicle dan Sport Utility Vehicle. Bengkel ini didirikan hanya untuk melayani kendaraan jenis jeep saja, dengan pertimbangan semakin banyaknya jumlah kendaraan jenis jeep yang dimiliki oleh penduduk di Jakarta. Dengan berbekal pengalaman pendiri usaha dalarn kendaraan Jeep CJ 7 dan Toyota LandCruiser selarna 15 tahun serta pengetahuan dan pengalaman manajemen yang dimiliki, dengan dukungan penuh dari keluarga pendiri maka diharapkan usaha bengkel ini dapat tumbuh dan berkembang seperti yang diharapkan.

Perencanaan pemasaran yang akan dilakukan oleh manaJemen akan di desain secara komprehensif dengan konsumen sasarannya difokuskan kepada pemilik jeep di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Dengan membuat analisis industri dan melakukan riset pasar, kuesioner terhadap 40 responden sebagai tools, maka pendiri melihat masih adanya peluang pasar yang disebabkan oleh kepuasan pelanggan yang selarna ini diabaikan oleh pemilik bengkel-bengkel jeep yang sudah ada. Larnanya speed of delivery dari jasa perbaikan yang diberikan oleh bengkel-bengkel jeep yang ada membuat menumpuknya jumlah kendaraan yang butuh perbaikkan di bengkel-bengkel tersebut, di samping masih sedikitnya bengkel-bengkel yang melayani kendaraan jenis jeep tersebut.

Dengan memberikan citra "customer satisfaction on quality and speed of delivery'' , maka akan diharapkan terciptanya preferensi pelanggan dari pelanggan potensial yang di tuju yaitu pemilik jeep yang berada di wilayah Jakarta dan sekitamya. Untuk dapat mewujudkan keunggulan bersaing tersebut maka manaJemen hanya memberikan jasa pelayanan pada bisnis intinya saja yaitu kendaraan jenis jenis jeep CJ, Wrangler, Cherokee dan Toyota LandCruiser untuk 5 tahun mendatang.

Type of Business

Bengkcl "MPV Workshop" merupakan suatu badan usaha yang memberikan jasa pelayanan perbaikan dan modifikasi kendaraan kategori MPV dan SUV. dengan fokus pasar tujuan yaitu para pemilik kendaraan MPV dan SUV untuk wilayah Jakarta dan sekitamya. Business Entity

Bengkel "MPV Workshop" merupakan suatu badan usaha yang berbentuk CV ( Commanditaire Vennootschap ). Pendirian usaha diprakarsai oleh M. Reza sebagai pemilik minoritas (kepemilikan 40%) dan orang tua pendiri ? sebagai pemilik mayoritas (kepemilikan 60%). Konsentrasi bisnis dari CV. Prima MPV adalah memberikan jasa perbaikan dan modifikasi atas kendaraan kategori MPV dan SUV untuk pemilik kendaraan tersebut di wilayah Jakarta dan sekitamya.

Financial Objectives

Dalam perencanaan dan analisis keuangan, manajemen melakukan estimasi dan menggunakan beberapa asumsi yang digunakan sebagai penyajian laporan keuangan yang meliputi proyeksi neraca (B/S), laporan laba rugi (liS), dan laporan arus kas (CF) selama 6 tahun kedepan terhitung sejak tahun 2001. Kemudian atas laporan keuangan tersebut dilakukan beberapa analisis untuk melihat kelayakan proyek ini. Analisis yang dilakukan adalah dengan menggunakan 2 pendekatan yaitu capital budgeting analysis dan financial ratio analysis.

Management Overview:

Mochammad Reza adalah lulusan fakultas ekonomi jurusan Akuntansi Universitas Indonesia dan saat ini sedang melanjutkan studi di Magister Manajemen Universitas Indonesia konsentrasi Manajemen Keuangan. Pendiri memiliki hoby untuk memperbaiki dan memodifikasi kendaraan terutama CJ 7 yang dilakukan sendiri di rumah dengan di bantu montir lepas yang merupakan ternan dari pendiri sendiri. Sedangkan pemilik kedua yang akan mengelola operasional bengkel, yang juga orang tua pendiri, memiliki latar belakang militer. Dengan disiplin dan relasi yang dimiliki. maka diharapkan akan dapat membantu perkembangan bengkel ini.

Service and Competitions

Dengan fokus target market pemilik kendaraan MPV dan SUV di wilayah Jakarta dan sekitarnya, bengkel ini memberikan jasa perbaikan dan modifikasi untuk kendaraan jenis jeep. Berdasarkan informasi yang juga diperoleh secara tidak langsung dalam riset pasar, pesaing yang ada di Jakarta saat ini tercatat 15 bengkel besar dan 14 "bengkel rumahan" di Jakarta.

Funds Required a11d Use of Proceeds

Investasi yang dibutuhkan bagi pendirian bengkel 1m adalah sebesar Rp 550.000.000.- (lima ratus lima puluh juta rupiah). Modal tersebut sebagian besar digunakan untuk pembangunan sarana dan prasarana bengkel, berikut perlengkapan dan peralatannya.
2001
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Felicia Triwahyuni
Abstrak :
Felicia Maternity didirikan oleh Felicia Triwahyuni yang saat ini masih berstatus sebagai mahasiswi Program Pasca Sarjana Magister Manajemen Universitas Indonesia Berlokasi di Mal Pondok Indah, Jakarta Selatan, butik ini menjual busana hamil dan menyediakan beberapa layanan, selain sebagai pelengkap penjualan (layanan alteration) juga merupakan kegiatan utama (layanan customization) bersama-sama dengan kegiatan penjualan. Sebagai persiapan awal, pemilik mengumpulkan informasi dari ternan serta saudara yang pemah punya pengalaman hamil untuk memperoleh gambaran tentang perilaku pembelian busana hamil seperti jumlah yang dibeli, jenis busana, tempat belanja, harga, kualitas tennasuk kesulitan dan ketidakpuasan saat membeli busana hamil siap pakai. Dilanjutkan dengan riset pasar yang terdiri dari analisa industri guna rnengetahui peluang usaha dan analisa segmentasi-targeting positioning yang didasarkan pada hasil kuesioner dari 30 responden wanita yang pemah dan atau sedang hamil, ditambah dengan informasi yang berhasil dihirnpun sebelumnya. Tergolong pusat perbelanjaan kelas A, sebagian besar penyewa di Mal Pondok Indah adalah middle to upper class retailers ditarnbah dengan 1 department store bertaraf intemasional, Metro Department Store. Setiap harinya tidak kurang dari 30,000 orang bahkan pada hari libur mencapai 45,000 orang berkunjung kesana. Banyak diantaranya berasal dari kalangan menengah ke atas bahkan tidak jarang dijumpai warga negara asing dan bagi mereka, kualitas lebih penting daripada harga oleh karenanya kurang atau tidak mempedulikan harga asalkan produk (busana hamil) yang dibeli berkualitas baik (pantas dipakainya). Pasar primer yang dituju tentu pengunjung yang tinggal dan atau beraktivitas di Jakarta Selatan terutama di kawasan Pondok lndah sebab tempat berbelanja yang diprioritaskan oleh wanita hamil adalah yang berada paling dekat dengan tempat tinggal/kerja dan biasanya berupa mal/pusat pertokoan supaya selain busana hamil juga bisa sekaligus membeli kebutuhan lainnya. Mal Pondok lndah yang sudah dikenalluas dan memiliki fasilitas lengkap menjadi pilihan banyak orang untuk berbelanja atau sekedar jalan-jalan bersama keluarga atau ternan. Pesaing real yang akan dihadapi adalah counter busana hamil Metro Department Store yang menjual busana hamil merek Perina Maternity, Accent, Chantilly, Mother Club. Dilihat dari kualitasnya, busana hamil Felicia Maternity tidak kalah karena kualitas memang menjadi tujuan dan perhatian utama supaya pelanggan puas. Harga juga tidak berbeda jauh sebab untuk menghasilkan busana berkualitas, biayanya tidak murah dan harga merupakan kompensasi dari seluruh usaha yang dicurahkan. Satu-satunya perbedaan adalah ketiadaan layanan tambahan seperti alteration dan customization yang sangat mungkin dicari dan dibutuhkan pelanggan. Peluang ini dimanfaatkan oleh Felicia Maternity sekaligus dijadikan sebagai strategi bersaing sehingga walaupun pendatang baru, sudah memiliki keunggulan dibandingkan dengan pesaingnya. Layanan lainnya yaitu konsultasi busana dan pembelian bahan dimaksudkan untuk membantu pelanggan dan diharapkan dapat meningkatkan minat pelanggan akan layanan customization yang disediakan butik. Keseluruhan paket layanan termasuk layanan terhadap pelanggan yang ingin membeli busana hamil siap pakai disajikan dalam suasana nyaman dan ekslusif oleh pemilik bersama dengan desainer. Atmosfir butik ditata sedemikian rupa agar tercipta kesan butik busana hamil ekslusif sesuai dengan produk yang dijual. Felicia Maternity menetapkan peningkatan penjualan kurang lebih 10% sambil terus menyesuaikan harga jualnya dengan biaya produksi sebab untuk mempertahankan kualitas, salah satu faktor penting yang sangat berperan adalah kualitas kain dan bahan baku lain yang dipakai. Untuk memberikan yang terbaik bagi pelanggan, semua bahan baku dipilih yang baik kualitasnya agar produk akhimya pun berkualitas dan pantas untuk dihargai tinggi. Pada tahun pertama beroperasi, bulan April 2003, Felicia Maternity diprediksikan sudah bisa meraih laba sebesar Rp 41,842,717. Laba terus meningkat dari tahun ke tahun, kecuali pada tahun 2008 kelihatannya sangat kecil akan tetapi jumlah tersebut hanya merupakan basil operasi selama 3 bulan saja yaitu sampai akhir masa kontrak.
2003
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Kelley, Larry D.
Armonk: M.E. Sharpe, 2011
659.111 KEL a
Buku Teks  Universitas Indonesia Library