Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Kanita Desfara Adzani
"

Masa remaja merupakan masa yang penting untuk mulai mempersiapkan karier. Salah satu sumber daya yang penting untuk dimiliki individu untuk dapat menghadapi tantangan karier adalah adaptabilitas karier. Terdapat empat kemampuan yang menunjukkan adaptabilitas karier, yakni career concern, career control, career curiosity, dan career confidence. Penelitian ini bertujuan untuk melihat kontribusi dari dimensi connectedness dan value dalam perspektif waktu masa depan terhadap adaptabilitas karier siswa SMP di Banyuwangi, Indonesia. Penelitian dengan desain cross-sectional dilakukan terhadap 1.214 siswa SMP (M = 13,52, SD = 1,029). Hasil analisis multiple linear regression menunjukkan bahwa connectedness dan value dapat memprediksi adaptabilitas karier pada siswa SMP di Banyuwangi secara signifikan (F(2, 1211) = 143.934, p < 0,001, R2 = 0,192). Dimensi connectedness menunjukkan pengaruh yang lebih tinggi dibandingkan dimensi value. Hasil penelitian ini juga menunjukkan pentingnya mendorong remaja untuk mulai memahami hubungan antara perilaku di masa kini dengan konsekuensi di masa depan (connectedness) serta menghargai tujuan jangka panjang (value) secara lebih dini.


Adolescence is an important time to start preparing for a career. One of the important psychological resources’ individuals need to develop to successfully manage career challenges is career adaptability. There are four abilities that show career adaptability, namely career concern, career control, career curiosity, and career confidence. This study aims to investigate the contribution of connectedness and value dimensions in future time perspective to career adaptability of middle school students in Banyuwangi, Indonesia. The study with a cross-sectional design was conducted on 1.214 middle school students (M = 13.52, SD = 1.029). Multiple linear regression analysis indicates that connectedness and value significantly predicted career adaptability among middle school students in Banyuwangi (F(2, 1211) = 143.934, p <.001, R2 = 0.192). Connectedness dimension shows higher contribution than value dimension. The results of this study also show the importance of encouraging early adolescents to understand the connection between present behavior and future consequence (connectedness) and to value long-term goals (value).

"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Roselina Estu Apsari
"Transisi ke dunia karier menjadi hambatan baru bagi mahasiswa di tengah ketatnya persaingan dan perubahan tuntutan kerja. Kemampuan menyesuaikan diri pada lingkungan kerja, yang disebut dengan adaptabilitas karier, dapat mengurangi permasalahan tersebut. Penelitian sebelumnya telah mendalami berbagai kegiatan eksplorasi diri sebagai upaya pengembangan adaptabilitas karier. Akan tetapi, penelitian mengenai pengaruh kegiatan ekstrakurikuler menunjukkan hasil yang kurang konsisten. Penelitian ini bertujuan untuk mendalami lebih lanjut pengaruh keterlibatan ekstrakurikuler terhadap adaptabilitas karier, dengan general self-efficacy (GSE) sebagai mediator. Dengan metode penelitian cross sectional, peneliti berhasil mengumpulkan data dari 350 mahasiswa yang akan mengalami transisi ke dunia kerja. Hasil analisis menunjukkan bahwa GSE memediasi parsial hubungan antara keterlibatan eksrakurikuler dengan adaptabilitas karier. Maka dapat disimpulkan bahwa keterlibatan ekstrakurikuler dapat memengaruhi adaptabilitas karier secara tidak langsung melalui GSE, namun keterlibatan ekstrakurikuler juga dapat memengaruhi adaptabilitas karier secara langsung.

Transition to the career world could be a new obstacle for students in the midst of intense work competition and ever-changing work demands. The ability to adapt to the work environment, which is called career adaptability, can help reduce these problems. Previous researches have investigated various self-exploration activities as an effort to develop career adaptability. However, researches on the effect of extracurricular activities show inconsistent results. This study aims to further explore the effect of extracurricular engagement on career adaptability, with general self- efficacy (GSE) as a mediator. With the cross-sectional research method, this research managed to collect data from 350 college students who will experience the transition to the world of work. The results of the analysis showed that GSE partially mediated the relationship between extracurricular engagement and career adaptability. The conclusion is that extracurricular engagement can affect career adaptability indirectly through GSE, but extracurricular engagement can also directly affect career adaptability."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library