"Prestasi akademik pada remaja merupakan salah satu tugas perkembangan psikologis. Namun, dalam proses pencapaiannya, remaja seringkali harus berhadapan dengan berhagai masalah yang berpengaruh terhadap pencapaian prestasi akademik mereka. Pola komunikasi keluarga merupakan faktor yang diteliti dalam penelitian ini, apakah mempunyai hubungan dengan prestasi akademik remaja. Penelitian ini mengambil responden siswa SLTPN 2 Cisauk dengan berbagai latar belakang pola komunikasi keluarga serta prestasi akademik. Mula-mula data diambil dari responden melalui kuesioner, kemudian dilakukan pengelompokan data, pengolahan dengan menggunakan dua uji, yaitu uji regresi dan korelasi dengan menggunakan rumus Pearson, kemudian menginterpretasikan hasilnya. Dari hasil uji regresi, didapatkan adanya hubungan antara pola komunikasi keluarga dengan prestasi akademik remaja (P value = 0,005); dengan persamaan garis prestasi akademik remaja = 17,95 + 0,13 (pola komunikasi keluarga). Sementara itu, dari hasil uji korelasi menggunakan rumus Pearson, dapat diketahui bahwa kekuatan hubungan tersebut adalah sedang (r = 0,282) dengan pola positif artinya semakin fungsional pola komunikasi yang diterapkan oleh remaja dalam keluarga, semakin tinggi pula prestasi akademik mereka. Nilai koefisien determinasi (R) adalah 0,030; yang berarti bahwa persamaan garis yang didapat hanya menerangkan 8% dari variasi prestasi akademik remaja. Dengan demikian, persamaan tersebut belum cukup baik untuk menjelaskan variabel prestasi akademik. Peneliti menyarankan untuk memperbanyak jumlah sampel dan memperluas area penelitian agar hasil penelitian dapat digeneralisir ke lingkup yang lebih luas. Selain itu, peneliti juga menyarankan penggunaan instrumen penelitian lain selain kuesioner agar data yang diperoleh lebih akurat."
Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2008
TA5693
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library