Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 7 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Cindy Fauzia Sawitri
Abstrak :
Semakin meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan ke Indonesia, khususnya ke Jakarta seiring dengan mulai stabilnya situasi politik, ekonomi serta keamanan Indonesia telah membuka peluang yang besar bagi bisnis jasa perhotelan. Pertumbuhan yang sangat pesat telah terjadi di industri jasa perhotelan. Hal ini menyebabkan semakin tingginya tingkat persaingan di industri tersebut. Pemilihan aktivitas komunikasi pemasaran yang tepat menjadi sangat penting dalam menghadapi persaingan tersebut. Hotel Sahid Jaya telah memilih sponsorship sebagai salah satu komunikasi pemasarannya untuk menghadapi persaingan tersebut dengan memilih turnamen Klub Golf Senayan sebagai objek pemberian sponsor. Hal inilah yang menjadi latar belakang yang mendasari penelitian ini, mengingat olahraga Golf bukan suatu olah raga yang popular di Indonesia dengan komunitas yang terbatas dan sangat segmented. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi yang dilihat dari pendekatan studi kasus dengan tujuan untuk memperoleh gambaran mengenai pengelolaan sponsorship yang dilakukan oleh Hotel Sahid Jaya serta mengevaluasi pemilihan penggunaan program tersebut sebagai komunikasi pemasarannya. Hasil penelitian dari tujuan pertama menunjukan bahwa Hotel Sahid Jaya tidak melakukan pengelolaan yang baik terhadap program sponsorship yang dipilihnya. Hotel Sahid Jaya tidak melakukan evaluasi terhadap bagaimana hasil dari pemberian sponsor yang dilakukannya. Sehingga keputusan untuk tetap memberikan sponsor terhadap event yang sama tidak didasari oleh hasil evaluasi yang seharusnya dilakukan. Sedangkan hasil evaluasi menunjukan bahwa pemilihan turnamen Klub Golf Senayan sebagai objek sponsor kurang mendukung tujuan pemasarannya serta tujuan komunikasi pemasarannya. Hal ini berkaitan dengan kekuatan budget sponsorship yang dimiliki oleh Hotel Sahid Jaya. Dari hasil evaluasi terlihat bahwa kekuatan pemilihan turnamen Klub Golf Senayan sebagai objek sponsorship Hotel Sahid Jaya berkaitan dengan tujuan dari pemberian sponsorship, dimana Hotel Sahid Jaya memiliki tujuan sponsorship yang jelas serta target audience, yaitu peserta turnamen yag sesuai dengan target market Hotel Sahid Jaya. Sedangkan kelemahannya adalah dari keterbatasan budget yang dimiliki oleh Hotel Sahid Jaya untuk lebih meningkatkan dukungan terhadap sponsorship melalui media promosi yang lainnya. Pemilihan turnamen Klub Golf sebagai objek sponsorship pada dasarnya tidak sesuai dengan positioning dari Hotel Sahid Jaya sebagai Hotel bernuansa budaya Indonesia. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah Hotel Sahid Jaya tidak melakukan pengelolaan sponsorship dengan baik serta tidak melakukan evaluasi terhadap sponsorship program yang dilakukan sehingga pencapaian tujuan komunikasi pemasaran tidak dapat diukur. 110 halaman+2 tabel+9 gambar Daftar Pustaka : 26 buku dan 5 lain-lain, tahun buku 1992-2004
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2003
T13744
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Restu Sulistyorini
Abstrak :
Liga super Indonesia merupakan salah satu pertandingan sepak bola terbesar di Indonesia. Sponsorship banyak mengincar tim yang memiliki basis fans yang kuat dan besar. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisa pengaruh antar unsur efektivitas sponsorship yaitu fans involvement, awareness, corporate image dan purchase intention. Penelitian dilakukan pada sponsor jersey Persib dengan responden fans Persib. Hasil penelitian untuk keseluruhan produk menunjukkan bahwa Fans Involvement berpengaruh signifikan terhadap Awareness secara langsung. Awareness berpengaruh terhadap Purchase Intention harus dimediasi oleh corporate Image. Untuk High Involvement product, Fans Involvement berpengaruh signifikan terhadap Awareness dan Corporate Image secara langsung, untuk dapat berpengaruh signifikan terhadap Purchase Intention, Awareness harus dimediasi oleh Corporate Image. Untuk Low Involvement Product, Fans Involvement berpengaruh signifikan terhadap Awareness secara langsung dan Awareness dapat berpengaruh signifikan terhadap Purchase Intention secara langsung tanpa harus dimediasi oleh Corporate Image. Penelitian terdahulu meneliti hubungan antara unsur tersebut dan menyatakan ada hubungan yang signifikan diantara mereka. Hasil penelitian ini memiliki perbedaan dengan hasil penelitian sebelumnya dikarenakan perbedaan sifat sponsor yang diteliti. ......Indonesian Super Liga is one of the biggest football match in Indonesia. Sponsorship targeting many teams that have a strong and great fan base. The purpose of this study was to analyze the influence of the effectiveness of sponsorship between the fans involvement, awareness, corporate image and purchase intention. Sponsor research performed at the Persib jersey Persib and respondents are Persib fans. The results show that for the overall product Fans Involvement significantly influence Awareness directly. Awareness significantly influence on Purchase Intention mediated by the corporate image. For High Involvement product, Fan Involvement has significantly effect on Awareness and Corporate Image directly, to be able to significantly influence the Purchase Intention, Awareness must be mediated by the Corporate Image. For Low Involvement Product, Fans Involvement has significant effect on Awareness directly. Awareness can significantly influence the Purchase Intention directly without having mediated by the Corporate Image. Previous studies examining the relationship between these elements and expressed no significant relationship between them. Results of this study have differences with the results of previous studies because of differences in the nature of the sponsor.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S46994
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
M. Hanif Inamullah
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana kegiatan sponsorship yang dilakukan antara Chevrolet dengan Manchester United dapat mempengaruhi ekuitas merek (brand equity) Chevrolet pada pendukung Manchester United di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis regresi berganda dengan melibatkan 326 responden yang merupakan follower dari akun twitter @UtdIndonesia yang merupakan salah satu basis pendukung Manchester United di Indonesia. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan sponsorship yang dilakukan oleh Chevrolet dan Manchester United memiliki pengaruh yang signifikan terhadap ekuitas merek Chevrolet di kalangan pendukung Manchester United. Setiap dimensi pada variabel sponsorship yaitu variabel Sport club factors, Sponsorship Factors, dan Sponsor factors memberikan pengaruh yang signifikan terhadap ekuitas merek. Disamping itu, setiap dimensi sponsorship tersebut juga memberikan pengaruh yang signifikan terhadap setiap dimensi dalam variabel ekuitas merek, yaitu kesadaran merek dan citra merek
ABSTRACT
This research goal is to analyze how the sponsorship program between Chevrolet and Manchester United can affect Chevrolet’s brand equity on Manchester United fans in Indonesia. This research uses quantitative approach using a multiple regression analysis with 326 respondents which were the follower of @UtdIndonesia, one of the fanbase of Manchester United in Indonesia’s twitter account. The result of this research shows that the sponsorship agreement between Chevrolet and Manchester United has a significant effect toward Chevrolet’s brand equity on the mind of Manchester United fans in Indonesia. Eviery dimension in sponsorship which are Sport club factors, Sponsorship Factors, and Sponsor factors made a significant effect towards brand equity. Moreover, every dimension of sponsorship variable also has effect on every dimension of brand equity, which are brand awareness and brand image;;;
2015
T44445
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Meutiara Anjani
Abstrak :
ABSTRAK
This research demonstrated the influence of the country of origin by extending several cues such as sponsorship and type of slogans. In order to achieve the objectives, empirical research on 403 participants was conducted, coming from both developed and developing countries. The results show that there is no significant effect between all of the three variables. Despite the non significant interaction among these variables, we found an interesting pattern of result from a different level of studies. The findings obtained in this study confirm the concept of COO have a composite form representing variety of readings.
ABSTRACT
Penelitian ini menunjukkan pengaruh negara asal dengan menambahkan beberapa isyarat seperti sponsor dan jenis slogan. Dalam rangka mencapai tujuan, penelitian empiris pada 403 peserta dilakukan, berasal dari negara maju dan berkembang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan antara tiga variabel. Meskipun interaksi non signifikan antara variabel-variabel ini, kami menemukan pola yang menarik dari tingkat penelitian yang berbeda. Temuan yang diperoleh dalam penelitian ini mengkonfirmasi konsep COO memiliki bentuk komposit yang mewakili berbagai bacaan.
2017
S68977
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Cinthia Ayu Claudina
Abstrak :
Skripsi ini membahas tentang perbandingan pengaturan terhadap iklan testimoni yang semakin marak ditemukan di masyarakat. Iklan testimoni adalah salah satu perkembangan konsep sponsorship yang seharusnya disertakan dengan sponsorship disclosure oleh pelaku usaha dan pihak yang mengiklankan produk dan/atau jasa tersebut. Hal ini telah lama menjadi perhatian di Inggris, dan barubaru ini digaungkan di Amerika Serikat, namun belum banyak diperbincangkan di Indonesia. Skripsi ini membahas mengenai perbandingan penegakan kewajiban sponsorship disclosure di ketiga negara tersebut. ......This thesis compares the different laws regarding testimonial advertising which occurs increasingly in society. Testimonial advertising is one of the developed concepts of sponsorship – which should have sponsorship disclosure attached to it by the Business and/or the endorser. This issue has long been a concern in the United Kingdom, and is recently talked about in the United States of America, but is still a foreign concept in Indonesia. This thesis investigates the comparison of enforcement of sponsorship disclosure in the three countries.
Depok: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rudolft, Docke
Jakarta: Golden Terayon, 1993
659.2 RUD p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Harris, Thomas L.
New York: John Wiley & Sons, 1993
659.2 HAR m
Buku Teks  Universitas Indonesia Library