Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 8 dokumen yang sesuai dengan query
cover
cover
Lisnawati Ayu Pratiwi
"Artikel ini menjelaskan peran Mooryati Soedibyo dalam industri kosmetik tradisional sejak tahun 1973 sampai dengan tahun 1998. Perkembangan kosmetik di Indonesia sampai tahun 1970an masih didominasi oleh kosmetik asing. Keadaan kemudian berubah setelah Mooryati mulai merintis usaha kosmetik tradisional tahun 1973 menggunakan ramuan tradisional khas keraton. Perubahan ini akan menjadi tema pokok penjelasan. Dengan demikian, pertanyaan utama yang dihadirkan adalah gagasan-gagasan sampai inovasi yang dilakukan Mooryati Soedibyo dalam penciptaan produk kosmetiknya. Metode penelitian sejarah yang digunakan terdiri dari heuristik, kritik, interpretasi, dan historiografi. Dalam kajian ini ditemukan faktor yang memengaruhi Mooryati dalam merintis dan melakukan inovasi kosmetik tradisionalnya. Penggunaan ramuan tradisional keraton berbahan dasar alami digunakan sebagai trategi kembali ke alam pada akhir tahun 1970an. Atas hasil upayanya itu, Mooryati dianggap sebagai perintis dalam perkembangan kosmetik tradisional di Indonesia."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2020
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Dwi Handayani
"With respect to its multiple uses, such as in cosmetics, foods, aromatherapy and the pharmaceutical industry, ginger oil has a high value in the world market. The ginger oil obtained from conventional extraction usually has low zingiberene content, possibly due to thermal degradation. To overcome this problem, an alternative ginger oil production process by enzymatic extraction using cow rumen enzymes is investigated. The aim of the research is to obtain the optimum conditions for zingiberene-rich ginger oil extraction by using immobile isolated cow rumen enzyme. The experiments were conducted under varying temperatures (40–60oC), enzyme-substrate ratios (0.05–0.2) and extraction times (1–5 days). The microwave assisted distillation was conducted for 90 minute to separate the ginger oil from its mixture. The zingiberene content in the oil was measured by GC analysis. The most influential factor in the enzymatic extraction of ginger oil was determined by experimental design 23. Analysis of the results shows that for the extraction with a rumen ratio of 1:5 at 60oC, the most influential factor was the extraction time, in this case 5 days, and ginger oil was obtained with zingiberene contents of 21.56% and 26.28% at pH 5 and pH 4 respectively. Prolonging the extraction time to 6 days with pH 5 caused a decrease in zingiberene content to 20.76%."
Depok: Faculty of Engineering, Universitas Indonesia, 2018
UI-IJTECH 9:3 (2018)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Indraprasetya J.
"Banyak benda yang dikonsumsi manusia selama hidupnya. Bagi perempuan, kosmetik menjadi salah satu kebutuhan penting yang harus dipenuhi. Karena itu, bermunculan berbagai produk kosmetik yang ditawarkan melalui eksekusi iklan, di mana di dalamnya ditampilkan paras-paras rupawan secara terus-menerus. Tanpa disadari, eksposure dari iklan kosmetik memunculkan definisi mengenai kecantikan. Stereotip akan perempuan yang cantik adalah mereka yang berambut panjang dan lurus, berkulit putih, serta bertubuh langsing. Hal ini kemudian menjadi hal yang diperdebatkan karena seolah-olah orang-orang yang tidak memenuhi kriteria tersebut berarti tidak cantik. Iklan produk kosmetik disalahkan atas terbentuknya definisi tersebut. Namun demikian, penggunaan paras rupawan dalam eksekusi iklan kosmetik tetap tidak dapat dihindari karena pada dasarnya manusia memang senang melihat penampilan yang rupawan. Memang itu yang ingin mereka lihat pada eksekusi iklan kosmetik.

Many objects are consumed by humans on their lifetime. For women, cosmetics became one of the important needs that must be fulfilled. Therefore, various cosmetic products offered through the advertisements, which constantly displays beautiful faces on an ongoing basis. Subconciously, the exposure of cosmetics advertising defines the definition of beauty. The stereotype of beautiful women is they with long and straight hair, light skin, and slender body. This becomes moot as if the people who do not meet these criteria means not pretty. Cosmetic products advertisements get blamed for the formation of these definitions. Nevertheless, the use of beautiful faces in cosmetics advertisements still can not be avoided because humans are basically prefer to see good-looking appearance. That’s what they want to see in cosmetics advertisements.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Laudza Rakin Taufiq
"ABSTRAK
Tingginya permintaan terhadap produk kosmetik halal memberikan peluang bagi produsen kosmetik, khususnya di Indonesia, untuk memperluas pasar mereka di dalam negeri maupun di luar negeri. Saat ini, halal tidak lagi hanya diartikan sebagai kewajiban agama, tetapi sudah dianggap sebagai standar pilihan baik bagi konsumen Muslim maupun non-Muslim di seluruh dunia, sehingga terdapat potensi yang besar untuk menjangkau konsumen non-Muslim sebagai pasar baru untuk produk kosmetik halal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi konsumen non-Muslim dalam melakukan pembelian produk kosmetik halal. Responden dalam penelitian ini adalah konsumen non-Muslim yang pernah membeli dan menggunakan produk kosmetik halal di Indonesia. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian adalah Structural Equation Modelling (SEM) menggunakan software Lisrel 8.8 untuk menganalisis pengaruh faktor persepsi terkait safety pada attitude, dan juga faktor Theory of Planned Behavior (attitude, subjective norm, perceived behavioral control) dan 4Ps Marketing Mix (product, price, promotion, dan place) sebagai variabel yang memengaruhi repurchase intention produk kosmetik halal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor safety memengaruhi attitude, dan dari empat bauran pemasaran, hanya product dan promotion yang memengaruhi repurchase intention pada konsumen non-Muslim dalam pembelian produk kosmetik halal.

ABSTRACT
The high demand for halal cosmetic products provides opportunities for cosmetic manufacturers, especially in Indonesia, to expand their markets domestically and global. At present, halal is no longer only interpreted as a religious obligation, but has been considered a standard of choice for both Muslim and non-Muslim consumers worldwide, so there is great potential to reach out to non-Muslim consumers as a new market for halal cosmetic products. The purpose of this study was to determine the factors that influence non-Muslim consumers in purchasing halal cosmetic products. Respondents in this study are non-Muslim consumers who have bought and used halal cosmetic products in Indonesia. The analytical method used in this research is Structural Equation Modeling (SEM) using Lisrel 8.8 software to analyze the influence of perception factors related to safety on attitude, and also Theory of Planned Behavior factors (attitude, subjective norm, perceived behavioral control) and 4Ps Marketing Mix (product, price, promotion, and place) as variables that influence the repurchase intention of halal cosmetic products. The results showed that the safety factor affects attitude, and from the 4Ps Marketing Mix, only product and promotion affect the repurchase intention of non-Muslim consumers toward purchasing halal cosmetic products."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tilaar, Martha
Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2015
615.88 MAR t
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Putu Geaby Naraswari
"ABSTRACT
Industri kosmetik merupakan salah satu industri yang tercatat memiliki pertumbuhan yang sangat kuat dari tahun ke tahun. Bahkan Pemerintah Indonesia memprioritaskan industri kosmetik sebagai fokus dalam National Development Plan for Industry sampai tahun 2019. Namun, kenyataan berkata sebaliknya bagi brand lokal Indonesia. Industri kosmetik lokal masih memiliki shares yang lebih sedikit dibandingkan dengan berbagai merek luar negeri. Salah satu penyebab dari kesulitan tersebut adalah akses terhadap media pemasaran yang masing kurang. Salah satu solusi yang dapat menjadi jawaban dari permasalahan tersebut adalah melalui social network yaitu Youtube. Di Indonesia, Youtube merupakan media berupa unggahan video dengan berbagai konten yang dapat diakses oleh siapa saja. Terlebih konten yang ingin di tonton dapat disesuaikan dengan kebutuhan yang diinginkan. Strategi pemasaran melalui Youtube marak dilakukan oleh sebagian besar merek kosmetik. Penelitian ini memiliki tujuan menganalisa efektivitas online advertisement melalui Youtube terhadap industri kosmetik lokal di Indonesia. Penulis akan menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif untuk dapat menangkap fenomena tersebut.

ABSTRACT
Cosmetic Industry are on of the industries that have a very strong growth from year to year. Even the Government of Indonesia prioritize the cosmetic industry as a National Development Plan for Industry until 2019. However, the reality says the opposite for Indonesia local brand. Local cosmetic industry still have a smaller shares compared with various global brand that enter Indonesia recently. One of the causes of the difficulties is because of the access of marketing media, such as television, radio etc. Solution that can be the answer of the problem is advertisement via social network which is Youtube. Youtube is a media in the form of video that can be uploaded by anyone and watched by anyone who have access to internet. Marketing strategies through Youtube used by most of cosmetics brand in Indonesia. This research has a purpose to analyze the effectiveness of online advertisement through Youtube to local cosmetic industry in Indonesia. The author will use quantitative and qualitative analysis to capture the phenomenon.
"
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tilaar, Martha
Magelang: Indonesia Tera, 1999
R 646.72 TIL k
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library