Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 9 dokumen yang sesuai dengan query
cover
M. Agus Nuryanto
Yogyakarta: Resist Book, 2008
370.115 AGU m
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Alvin Dwi Saputra
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk nrengetahui bagaimana para pelaku ailhtre jctnuning Dewan Kesepian Jakarta memandang ffIeme sebagai bentuk pembelajaran kritis publik. Meme yang diteliti maknanya ialah meme yang bertemakan politik. Penelitian berusaha meneliti pandangan para pelaku culture jamnting Dewan Kesepian Jakarta dengan metode wawancara mendalam. Hasil penelitian ffrengemukakan bahwa Dewan Kesepian Iakarta melakr-rkan cultur"e jantming karena dipengaruhi oleh pendidikan dan pengalamannya. Meme yang dibagikan oleh Dewan Kesepian Jakarta merupakan ubal-ran dari produk budaya sebelumnya. Tindal ABSTRACT
This stucly is a qualitative research that aims to determine horv culture jamming actors of Dervan Kesepian .lakarta looheci meme as a ftirm of critic,al public pedagogy. IViemes stuclied its meaning are political thenred fitemes. The stucly sought to assess the vier.vs of the of cnlture jamming actors nf Der,van Kesepian Jal
2017
S65972
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Bunga Pertiwi Tontowi Puteri
Abstrak :
ABSTRACT
Pendidikan Agro-ekologi adalah pembelajaran terkait agrikultur yang tidak hanya mempelajari aspek ilmu alam namun juga sosial dari kehidupan pertanian yang kompleks, dengan menekankan pada prinsip pertanian yang memperhatikan ekologi. Pendidikan Agro-ekologi dalam perkembangannya menerapkan pendidikan kritis untuk menumbuhkan kesadaran kritis peserta didik terkait permasalahan agrikultur, khususnya pendidikan agroekologi yang ditujukan untuk masyarakat petani. Pesantren Agro-ekologis Biharul Ulum Bogor merupakan salah satu contoh bentuk pendidikan alternatif swakelola masyarakat yang menerapkan hal tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran dalam Pendidikan Agro-ekologi di pesantren Biharul Ulum dilakukan, serta apakah model pendidikan tersebut mampu menumbuhkan kesadaran kritis kepada para peserta didiknya. Penelitian ini menggunkan metode kualitatif, dengan Pesantren Agroekologis Biharul Ulum Bogor sebagai subjek penelitian. Hasil temuan penelitian ini adalah bahwa proses pembelajaran di Pesantren Agro-ekologis Biharul Ulum Bogor menunjukkan beberapa karakteristik pendidikan kritis, namun masih terdapat beragai hambatan yang menyebabkan proses pembelajaran kurang berjalan dengan baik dan menjadi kendala tumbuhnya kesadaran kritis pada peserta didik.
ABSTRACT
Education of Agro ecology is agriculture related learning that not only related learning aspects of the natural sciences but also social from complex farming life, with emphasis on ecological agriculture. Education of Agro ecology in its development implements critical education to foster students 39 critical awareness of agriculture issues, especially agroecological education aimed at peasant communities. Pesantren Agro ekologis Biharul Ulum Bogor is one example of an alternative education implement it, and managed by the community itself. This study aims to find out how the learning process in Education of Agro ecology at Pesantren Biharul Ulum, and whether the model of education is able to cultivate critical awareness to learners. This research uses qualitative method, with Pesantren Agro ekologis Biharul Ulum Bogor as subject of research. The findings of this research is that the learning process in Pesantren Agro ekologis Biharul Ulum Bogor shows some characteristics of critical education, but there are still many obstacles that make the learning process less well run and become a constraint of the growth of critical awareness in the learners.
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
McLaren, Peter
London: Routledge, 1995
370.115 MCL c
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Edi Subkhan
Abstrak :
Pendidikan antikorupsi selama ini tampak berjalan sebatas teoretisyang dipelajari dalam beberapa mata pelajaran di sekolah, perguruan tinggi, atau program-program khusus tertentu. Orientasi praktik pendidikan antikorupsi belum sampai pada membelajarkan sungguh-sungguh bagaimana siswa harus bersikap dalam menolak praktikkorupsi dan sistem yang toleran terhadap perilaku korup. Artikel ini menggunakan metode telaah pustaka mengacu pada beberapa laporan mengenai praktik Pendidikan Antikorupsi yang mendasarkan pada pedagogi kritis. Dalam hal ini pedagogi kritis layak dihadirkan sebagai perspektif kritis pendidikan yang mendorong pembelajaran, siswa, dan juga guru serta sekolah untuk membelajarkan nilai-nilai antikorupsi hingga pada sikap dan aksi antikorupsi. Melaluiperspektif pedagogi kritis pembelajaran diarahkan untuk membangun kesadaran kritis siswa mengenai kerugian akibat korupsi dan bagaimana seharusnya mereka bersikap dan bertindak. Teori sudut pandang, demokrasi, kontekstual, dan sikap atau tindakan riil menjadi pegangan pembelajaran yang dapat dilakukan secara lintas kurikulum dan kolaborasi melibatkan banyak pihak
Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi, 2020
364 INTG 6:1 (2020)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Philadelphia: Open University Press, 1997
370.17 CHA
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Abstrak :
Etika pendidikan dan kebijakan pendidikan di Indonesia / Irmayanti Meliono -- Pedagogik yang relevan dengan penyelenggaraan sistem pendidikan nasional yang mencerdaskan kehidupan bangsa dan memajukan kebudayaan nasional Indonesia / Dr. Soedijarto -- Sekolah otonomi Sanggar Anak Akar, praksis alternatif pendidikan humanistik / Ibe Karyanto -- Pedagogik kritis dalam teknologi pendidikan / Edi Subkhan -- Eksistensi pendidikan tinggi seni rupa Indonesia / Sem C. Bangun -- Indonesia "generasi hafalan" / Slamet A. Sjukur -- Literasi kritis, alternatif melawan pendangkalan pembelajaran di sekolah / Bambang Wisudo -- Pedagogik kritis dan pengajaran bahasa asing / Jimmy Ph. Paat -- Melahirkan guru intelektual transformatif / Lody Paat -- Bangkrutnya warung kejujuran, kritik atas program-program anti korupsi di sekolah / Ade Irawan -- Mengapa pedagogik kritis yang berkeadilan sosial sulit dijadikan pedagogik bagi pendidikan formal
Jakarta : Rineke Cipta, 2011
370.115 PED
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Watkins, Megan
Abstrak :
This book explores how discipline is typically construed as a form of subjection in contemporary educational thought and in critical and cultural theory more broadly. It provides a critique of this emphasis on the repressive aspects of discipline highlighting its enabling potential and role in the development of dispositions to learning. The book engages with the work of a range of theorists from Foucault, Bourdieu, Merleau-Ponty, Mauss and Spinoza and considers their usefulness in theorizing embodiment and learning in the teaching of writing in the early years of school. Emphasis, however, is placed on the work of Bourdieu and his notion of habitus melding theory and practice in an ethnography of contemporary classrooms. Conceptually elegant and empirically rich, it undercuts conventional wisdom and potentially rearranges how we think about teaching, learning and writing. It argues that students’ bodies not just their minds matter in learning, explaining how, in practice, the desire to learn is a mindful bodily disposition. And it shows how, through an enabling form of discipline, teachers can produce a scholarly habitus in all students, including the educationally disadvantaged and defiant.
Rotterdam: Sense, 2012
e20399862
eBooks  Universitas Indonesia Library