Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 10 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Saras Dewi
Abstrak :
ABSTRAK
Segala sesuatu yang dilakukan atas gairah dan cinta sesungguhnya dilakukan atas kehendak atman. Dalam filsafat Yanjnavalkya hasrat bukan saja fakta tentang keberadaan manusia, tetapi hasrat itu identik dengan atman dan upaya jiwa mencari keindahan serta kebahagiaan (citta). Meski tubuh dikatakan berpotensi menjerumuskan manusia ke dalam duka, tubuh juga adalah penghubung manusia dengan sang Brahma yang menjadi sumber kebahagiaan. Tubuh beserta gairahnya menjadi bagian yang penting dalam pembabakan hidup manusia. Dalam Catur Purysartha, kama atau hasrat akan cinta menjadi bagian esensial dalam perjalanan manusia mencapai Vijnana (kebijaksanaan).
Jakarta: Yayasan Jurnal Perempuan, 2008
170 JPMP 58 (2008)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Mohamad Rivaldi Raflian Syach Yusuf
Abstrak :
Kajian filosofis ini bertujuan untuk memahami secara mendalam fenomena quarter-life crisis ini melalui pandangan filosofis Epicurus yang memandang keinginan manusia sebagai akar dari semua masalah. Selama beberapa tahun terakhir, Quarter-life crisis telah memicu banyak diskusi, mulai dari para profesional psikologi dan dokter hingga orang awam sekalipun. Di era kemajuan teknologi seperti sekarang ini, fenomena tersebut dapat dengan mudah mempengaruhi lebih banyak orang melalui teknologi media sosial. Kemajuan teknologi, khususnya media sosial, telah menciptakan keinginan-keinginan hampa yang memicu rasa takut bawaan seseorang, menyebabkan mereka mempertanyakan keputusan, pencapaian, dan kondisi mereka dalam hidup. Hal ini pada akhirnya akan membawa mereka pada perasaan iri, benci, dan putus asa, yang merupakan katalisator dari fenomena krisis paruh baya. Dalam makalah ini, saya sebagai penulis akan memperdalam pemahaman dan penyebab dari fenomena ini melalui pandangan filosofis epilureanisme dari Epikurus sebagai sudut pandang utama dari keinginan sia-sia manusia terhadap dampak dari fenomena quarter-life crisis yang terjadi di era kemajuan teknologi ini, khususnya di internet dan platform media sosialnya. Tujuan dari studi ini menguak bahwa konsep keinginan hampa dari pemikiran Epikurus merupakan akar dari permasalahan fenomena quarter-life crisis ini. ......This philosophical study aims to deeply understand this Quarter-life crisis phenomenon through Epicurus' epicureanism philosophical view that views peoples' desires as the root of all problems. During the past few years, the Quarter-life crisis has sparked much discussion, from psychology professionals and doctors to even ordinary people. In this era of technological advancement, the phenomenon can easily affect more people through social media technology. The passage of technology, especially social media, has created vain desires that triggered people's innate fear, causing them to question their decisions, achievements, and conditions in life. This will eventually lead them to the feeling of envy, hate and hopelessness, the catalyst for this quarter-life crisis phenomenon. In this paper, I, as the writer of this study, will deepen the understanding and cause of this phenomenon through Epicurus' epicureanism philosophical view as the main point of view from human's vain desire to the effect of the Quarter-life crisis phenomenon that has been happening in this era of technological advancement, especially in the internet and its social media platform, that reveals vain desire fromEpicurus' philosophical view is the root of this quarter-life crisis phenomenon.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Sohibun
Abstrak :
Fertilitas menjadi sorotan hingga saat ini meskipun trennya terus menurun namun masih belum mencapai target. Keinginan memiliki anak lagi (menambah anak) adalah hal yang berkaitan langsung dengan fertilitas yang perlu dikendalikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor sosio-ekonomi dan demografi yang berhubungan dengan keinginan memiliki anak lagi pada wanita usia subur di Indonesia tahun 2017. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif analitik dengan desain potong lintang. Sampel penelitian adalah wanita usia subur usia 15-49 tahun yang memiliki satu anak atau lebih berdasarkan data SDKI 2017. Analisis yang digunakan adalah analisis univariabel, bivariabel dan multivariabel dengan regresi logistik berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 39,9 persen wanita ingin memiliki anak lagi. Variabel yang berhubungan adalah variabel umur OR 0,17 (95% CI 0,16 – 0,18), jumlah anak hidup OR 0,2 (95% CI 0,19 – 0,22), tingkat pendidikan OR 1,76 (95% CI 1,57 – 1,98), status ekonomi rendah OR 0,79 (95% CI 0,70 – 0,89), ekonomi menengah OR 0,80 (95% CI 0,71 – 0,91), ekonomi atas OR 0,74 (95% CI 0,65 – 0,84), ekonomi teratas OR 0,63 (95% CI 0,55 – 0,72), serta variabel wilayah tempat tinggal OR 0,11 (95% CI 1,00 – 1,20). Dalam penelitian ini, proporsi wanita WUS yang telah memiliki anak namun masih ingin menambah anak masih tinggi, sehingga perlu dilakukan sosialisasi tentang kesehatan reproduksi dan kesehatan ibu dan alat kontrasepsi agar wanita WUS dapat membatasi kelahiran, ......Fertility has been in the spotlight, although the trend continues to decline, it has not yet reached the target. The desire to have more children is a matter directly related to fertility which needs to be controlled. The research objectives to determine the socio-economic and demographic factors associated with the desire to have more children in women of childbearing age in Indonesia in 2017. This research is a type of quantitative analytic study with a cross-sectional design. The research sample was women of childbearing age aged 15-49 years who had one or more children based on the 2017 IDHS data. The analysis used was univariable, bivariable and multivariable analysis with multiple logistic regression. The results of this study indicate that 39.9 percent of women wish to have more children. The variables that were related were the variable age OR 0.17 (95% CI 0.16 - 0.18), the number of children alive OR 0.2 (95% CI 0.19 - 0.22), education level OR 1.76 ( 95% CI 1.57 - 1.98), low economic status OR 0.79 (95% CI 0.70 - 0.89), medium economic OR 0.80 (95% CI 0.71 - 0.91) , the top economy OR 0.74 (95% CI 0.65 - 0.84), the top economy OR 0.63 (95% CI 0.55 - 0.72), and the area of residence variable OR 0.11 (95 % CI 1.00 - 1.20). In this study, the proportion of WUS women who have had children but still want to have more children is still high, so it is necessary to do socialization about reproductive health and maternal health and contraceptives so that WUS women can limit births
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2021
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Putri Ayienda Dinanti
Abstrak :
Tesis ini membahas hasrat seksual perempuan yang dikomodifikasi melalui perspektif konsumerisme dalam novel Beautiful You (2014) karya Chuck Palahniuk. Teks dianalisis dengan pendekatan struktural Roland Barthes, teori feminisme eksistensialis Simone de Beauvoir dan konsep konsumerisme Jean Baudrillard. Hasil penelitian menunjukkan bahwa wacana konsumerisme berpengaruh terhadap dominasi gender yang dihasilkan komodifikasi hasrat seksual perempuan. Analisis struktur dan strategi naratif teks membuktikan kehadiran seksualitas perempuan yang terkungkung dan dikomodifikasi tokoh laki-laki. Selanjutnya, posisi tokoh perempuan dikaji lebih lanjut menggunakan analisis semiotik mainan seks dan penafsiran kutipan teks terkait tubuh serta hasrat seksual yang diobjektifikasi. Walaupun terdapat resistensi yang dilakukan tokoh utama, gagasan dominasi laki-laki tetap bertahan untuk menguasai perempuan. Namun, kesuksesan tersebut tidak semata-mata terjadi akibat tokoh laki-laki. Wacana konsumerisme terbukti bekerja dan mengukuhkan kehadiran dominasi gender terhadap perempuan. Tesis ini diharapkan menjadi sebuah refleksi masyarakat dalam menghadapi permasalahan sosial. Hasil penelitian dapat digunakan untuk mempelajari korelasi antara fenomena komodifikasi hasrat seksual perempuan dengan wacana konsumerisme yang muncul di peradaban modern. This thesis discusses the sexual desires of women which are commodified through the perspective of consumerism in the novel Beautiful You (2014) by Chuck Palahniuk. Text is analyzed through Roland Barthess structural approach, Simone de Beauvoirs theory on existentialist feminism, and Jean Baudrillards concept on consumerism. The result of the study shows that consumerism has an influence on gender domination which is caused through the commodification of womens sexual desires. Analysis on the structure and narrative text is carried out to prove the presence of female sexuality that is confined and commodified by male character. Furthermore, the position of female characters are further examined through semiotic analysis on sex toys and interpretation of texts quotations on objectified body and sexual desires. Despite the resistance of the main character, the idea of male domination persisted in dominating women. However, the success was not solely caused by male character. The discourse of consumerism is proven to work in the text to confirm the presence of gender dominance over women. This thesis is expected to be a reflection to the community in dealing with social problems. The results of the study can be used to learn the correlation of commodified womens sexual desire phenomenon with consumerism which is appeared in modern civilization
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2020
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Brecher, Bob
London: New York Routledge , 1998
171.2 BRE g (1)
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Ayu Rizky Utami
Abstrak :
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui apakah terdapat pengaruh dari e-WOM dalam media sosial Path™ terhadap intensi membeli pada konsumen restoran “baru”. Penelitian ini didasari oleh fenomena maraknya penggunaan internet untuk mencari informasi mengenai restoran “baru”. Informasi yang didapatkan dari orang lain mengenai sebuah restoran melalui internet disebut sebagai electronic word-of-mouth. Hennig-Thurau dkk (2004) mendefinisikan e-WOM sebagai pernyataan positif atau negatif yang dibuat oleh konsumen yang potensial, aktual, dan terdahulu mengenai produk atau perusahaan via internet. Penelitan ini merupakan field experiment yang dilakukan kepada 64 partisipan yang tergolong sebagai konsumen emerging well-off-youth; 30 partisipan pada kelompok kontrol; 34 partisipan pada kelompok eksperimental.

Manipulasi berupa e-WOM mengenai restoran diberikan selama lima hari melalui media sosial Path™. Setelah itu, intensi membeli partisipan diukur melalui alat ukur Intensi Membeli (Ko, 2012). Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh e-WOM dalam media sosial Path™ terhadap intensi membeli pada konsumen restoran “baru” (F = 7.182; p < 0.01). Dengan demikian, pemilik bisnis restoran “baru” dapat menggunakan e-WOM untuk melakukan promosi dan juga konsumen restoran dapat menjadikan e-WOM sebagai sarana untuk mencari informasi mengenai restoran “baru”.
The objective of this study was to determine the effect of e-WOM on Path™ social media towards “new” restaurant consumer’s purchase intention. This study is based on the phenomena of the use of internet to seek information about a “new” restaurant. The information from the other people about restaurant which obtained through the internet was called electronic word-of-mouth (e-WOM). Hennig-Thurau et al (2004) defines e-WOM as “any positive or negative statement made by potential, actual, or former customers about a product or company, which is made available to a multitude of people and institutions via the Internet”. This study was a field experiment and conducted to 64 participants which all of them were classified as into well-off-youth consumers; 30 participants was in control group; 34 participants was in experimental group.

Manipulation in this study was e-WOM about a “new” restaurant that given for five days straight on Path™. Afterward, purchase intention was measured by purchase intention scale (Ko, 2012). The result of this study shows that there was an effect of e-WOM on Path™ social media towards “new” restaurant consumer’s purchase intention (F = 7.182; p < 0.01). Thus, “new” restaurant owners could use e-WOM for promoting their restaurant and also consumers could use e-WOM as a tool for searching informations about a “new” restaurant.;
Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2015
S60324
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yuyuk Pujiastuti
Abstrak :
ABSTRAK
Tindak direktif tak langsung adalah tindak direktif yang dilakukan secara tidak langsung dengan cara melakukan tindak ilokusioner yang lain. Tindak direktif tak langsung ini sering menyebabkan kegagalan komunikasi karena apa yang dikatakan pembicara berbeda dengan tujuan penggunaan ujaran itu. Tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk meneliti bagaimana pendengar dapat sampai kepada kesimpulan bahwa ujaran yang ditujukan kepadanya merupakan sebuah perintah (direktif).

Model analisis yang digunakan untuk menganalisis data adalah analisis heuristik. Menurut model analisis tersebut, pendengar menentukan daya pragmatik yang dikan_dung oleh suatu ujaran dengan cara membuat hipotesis-hipotesis. Hipotesis dibuat berdasarkan atas makna satuan-satuan linguistik di dalam ujaran, informasi latar (tentang konteks) dan asumsi latar (bahwa pembicara mem_perhatikan prinsip-prinsip percakapan). Data yang di_analisis merupakan kutipan dialog-dialog dalam drama A Streetcar Named Desire dan The Glass Menagerie karya Tennessee Williams.

Teori yang digunakan untuk menganalisis data ada_lah teori yang berhubungan dengan penggunaan bahasa, yaitu teori pragmatik terutama yang berkaitan dengan tindak tutur (Searle, 1976), implikatur percakapan (Grice, 1975) dan prinsip kesopanan (Leech, 1983).

Dari hasil analisis kita dapat mclihat bahwa dengan berpegang kepada prinsip-prinsip percakapan dan dengan mempertimbangkan konteks, pendengar dapat menarik kesimpulan bahwa ujaran yang ditujukan kepadanya merupakan suatu perintah (direktif). Selain itu kita juga da_pat mengetahui bahwa tindak direktif seperti permintaan, memperingatkan, mendesak, menganjurkan dapat dilakukan secara tidak langsung dengan melakukan tindak ilokusioner yang lainnya seperti pemberitahuan, pernyataan.
1990
S14019
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Shindunata, Gabriel Possenti
Jakarta: Gramedia, 2006
158.1 SHI k
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Abstrak :
A further reduction in TF R is possible in a short period of time by meeting the unmet needs of high parity couples in Bangladesh. The statement is supported by the fact that 91% of the couples with three or more living children do not want additional children and that only 51% use family planning methods. However, 9% of the high parity couples want an traditional child. In this confer! the paper examined whether there exist association between gender composition of living children and the desire for additional children among high parity couples using the data extracted from the 2004 Bangladesh Demographic and Health Survey. The paper also examined whether education, socioeconomic status, and NGO membership can modify the influence of gentler compotition on desire for more children. The findings of the study showed that gentler preference, particularly of son, was more common among determinant of the desire for more children and it was more common among the women with all _female children, with odds of desiring additional children was 11,4 times of women those having at least one of both sexes in rural area while it was 7. 08 times in urban area. The also revealed that the influence of gentler preference was nor modified by education, socioeconomic status, and NGO of woman.
Journal of Population, 13 (1) 2007 : 121-142, 2007
JOPO-13-2-2007-121
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Abstrak :
This collection of new essays brings together scholars from a wide range of critical approaches to study T. S. Eliot’s engagement with desire, homoeroticism, and early twentieth-century feminism in his poetry, prose, and drama. Ranging from historical and formalist literary criticism to psychological and psychoanalytic theory and cultural studies, Gender, Desire, and Sexuality in T. S. Eliot illuminates such topics as the influence of Eliot’s mother – a poet and social reformer – on his art; the aesthetic function of physical desire; the dynamic of homosexuality in his poetry and prose; and his identification with passive or “feminine” desire in his poetry and drama. The book also charts his reception by female critics from the early twentieth century to the present.
Cambridge, UK: Cambridge University Press, 2009
e20377213
eBooks  Universitas Indonesia Library