Search Result  ::  Save as CSV :: Back

Search Result

Found 15 Document(s) match with the query
cover
Parsaulian, Kristina Riris
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan kerja Pegawai Tetap Pusat Administrasi Universitas Indonesia. Pertanyaan dalam penelitian ini adalah bagaimana faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan kerja pada Pegawai Tetap Pusat Administrasi Universitas Indonesia.Pendekatan yang digunakan untuk penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan tujuan penelitian ini bersifat deskriptif.
Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa pada faktor motivator terdapat 2 (dua) faktor yang belum mengahantarkan kepuasan kerja bagi Pegawai Tetap Pusat Administrasi yaitu faktor kemajuan dalam karir dan faktor kesempatan untuk bertumbuh, sedangkan pada faktor hygiene terdapat 3 (tiga) faktor yang belum dapat mengurangi ketidakpuasan kerja Pegawai Tetap Pusat Administrasi yaitu faktor kebijakan dan administrasi, faktor gaji/upah, dan faktor rasa aman.

This study aims to analyze the factors that influence employee job satisfaction at Pusat Administrasi Universitas Indonesia. The question in this research is how the factors influence job satisfaction on Employee of Pusat Administrasi Universitas Indonesia. The approach that used for this research is quantitative research and the purpose of this research is descriptive.
Based on the results of the research, conclude that the motivating factors there are 2 (two) factors that have not conduct employee job satisfaction at Pusat Administrasi Universitas Indonesia, they are advancement factor and growth factor, whereas the hygiene factors are 3 (three) factors that have not been able to reduce employee job dissatisfaction at Pusat Administrasi Universitas Indonesiaare the policy and administration, salaries/wages, and security factor.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hiroko Jodi Brigitte Laura Amanda
"Romantisme di tempat kerja merupakan fenomena umum di dalam organisasi, namun perilaku ini masih dianggap tabu atau sensitif untuk diteliti di Indonesia. Sedangkan sudah cukup banyak penelitian yang menuliskan dampak negatif maupun positif dari hubungan romantis di tempat kerja. Penelitian ini bertujuan untuk memprediksi niat seseorang untuk menjalin hubungan romantis di tempat kerja, dilihat dari motif (cinta dan pekerjaan) dan jenis kebijakan (ketat, peringatan, tidak ada kebijakan) yang ada di perusahaan. Secara total, 268 karyawan Indonesia berusia 20-40 tahun yang bekerja minimal enam bulan di sebuah perusahaan berpartisipasi dalam metode vignette menggunakan eksperimental faktorial 2x3 within subject dengan memberikan 6 buah skenario kepada seluruh peserta yang sama. dan untuk analisis data, kami menggunakan ANOVA terukur berulang. Hasil penelitian menemukan bahwa perbedaan tipe kebijakan di perusahaan dapat mempengaruhi niat seseorang dalam melakukan hubungan romantis di tempat kerja. Semakin ketat aturan dan semakin berat hukumannya, semakin kecil kemungkinan seseorang terlibat dalam percintaan di tempat kerja. Namun, pada motif ditemukan bahwa tidak ada perbedaan antara jenis motif dan niat seseorang dalam percintaan di tempat kerja. Terakhir, interaksi antara motif dan kebijakan tidak cukup signifikan untuk memprediksi niat seseorang untuk terlibat dalam percintaan di tempat kerja. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa di Indonesia, implementasi kebijakan masih memiliki peran penting dalam mengurangi dampak negatif asmara di tempat kerja. Variabel lain masih dapat dimasukkan untuk penelitian selanjutnya untuk melihat faktorfaktor yang mempengaruhi niat seseorang dalam percintaan di tempat kerja.

Romance in the workplace is a common phenomenon in organizations, but this behavior is still considered sensitive to be investigated in Indonesia. This study aims to predict a person's intention to have a romantic relationship at work, seen from the motives (love and work) and types of policies (strict, warning, no policy) that exist in the company. In total, 268 Indonesian employees aged 20-40 years who worked at least six months in a company participated in the 2x3 factorial experimental vignette method, and for data analysis, we used repeated measured ANOVA. The study results found that several types of company policies determine a person's intention to have romance at work. The stricter the rules and the heavier the punishment, the less likely a person will engage in romance at work. However, on the motive, it was found that there was no difference between the types of motives and one's intentions in a workplace romance. Finally, the interaction between motives and policies is not significant enough to predict a person's intention to engage in romance at work. Therefore, it can be concluded that in Indonesia, the implementation of policies still has an essential role in reducing the negative impact of romance in the workplace. Other variables can still be included for future research to see the factors that influence a person's intentions in a workplace romance."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Arifa Norma Dewi
"Tujuan dari penelitian ini adalah menentukan penyebab masalah menurunnya kinerja Divisi SDM & Umum PT. X dan mendesain sebuah rancangan intervensi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan diagnostik. Wawancara dan diskusi dilakukan untuk memperkuat analisis penyebab permasalahan kinerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi merupakan penyebab menurunnya kinerja Divisi SDM & Umum. Berdasarkan kajian terhadap hasil pengukuran menggunakan kuesioner role perceptions dan two factor theory yang mengukur hygiene dan motivators, hasilnya menunjukkan bahwa terdapat permasalahan hubungan antara atasan dengan bawahan, terkait dengan pengakuan atasan terhadap kinerja bawahan. Pengakuan tersebut mengarah pada pemberian umpan balik dalam penilaian kinerja. Oleh karena itu, intervensi yang diberikan berfokus untuk memberikan pelatihan penilaian kinerja bagi para atasan di Divisi SDM & Umum agar dapat meningkatkan motivasi dan kinerja karyawan di Divisi SDM & Umum PT. X.

The purpose of this study is to determine the cause of employee’s job performance problem in Human Resources and General Affairs Department (HRD & GA Department) and design an intervention program to overcome it. This study used diagnostic approach. Focus Group Discussion and interviews were used to reinforce the cause of job performance problem. Results show that motivation is the cause of job performance problem. Based on FGD, interviews, and measurement (role perceptions and two factor theory questionnaires), the results show that there is a relationship problem between supervisor and subordinates, especially recognition. Recognition is given in performance appraisal feedback. Therefore, the intervention is focused on giving performance planning and evalution training for supervisors to improve employee`s motivation and performance in HRD & GA Department of PT. X.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2013
T34840
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Anton Prasanto
"Pencegahan dan pemberantasan terhadap penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba di Indonesia memerlukan upaya sinergis yang komprehensif multidimensional, sehingga dapat mencapai hasil yang maksimal. Guna mencapai tujuan ini, Badan Narkotika Nasional perlu ditunjang sumber daya manusia yang mempunyai kualitas yang baik, dengan kata lain sumber daya manusia yang kompeten dan professional serta memiliki integritas dan disiplin yang tinggi. Berkaitan dengan teori kinerja pegawai_ faktor-faktor yang mempengaruhi pencapaian kinerja pegawai adalah faktor kemampuan dan faktor motivasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kemampuan dan motivasi kerja terhadap kinerja pegawai Badan Narkotika Nasional.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah melakukan analisis terhadap kondisi faktual kemampuan, motivasi kerja dan kinerja pegawai, Serta pengaruh kemampuan dan motivasi kerja terhadap kinerja pegawai BNN. Penelitian dilakukan pada bulan Mei 2005 pada organisasi Pelaksana Harian Badan Narkotika Nasional di Jakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan Cara surfei menggunakan kuesioner dan dari data sekunder. Analisis data meliputi analisis deskripsi karakteristik responden, analisis uji validilas dan reliabilitas instrumen penelitian, analisis deskripsi kondisi kemampuan, motivasi kerja dan kinerja pegawai, Serta analisis pengaruh Kemampuan dan motiyasi kerja terhadap kinerja pegawai.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial kemampuan pegawai memberikan sumbangan pengaruh sebesar 32.5% terhadap kinerja pegawai, dan motivasi kerja memberikan sumbangan pengaruh sebesar 43,8% terhadap kinerja pegawai. Sedangkan apabila secara bersama~sama kemampuan dan motivasi kerja memberikan sumbangan pengaruh sebesar 46,9% terhadap kinerja pegawai di lingkungan Badan Narkotika Nasional."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2005
T22623
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lumbantoruan, Lydia Pininta Melati
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara Kepuasan Kerja dan Employee Engagement karyawan tetap non-manajerial pada PT Metrocom Global Solusi. Variabel kepuasan kerja diukur dengan Job Description Index (JDI) sedangkan variabel Employee Engagement diukur dengan Gallup?s Q12. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner. Responden dalam penelitian adalah karyawan tetap non manajerial, dengan menggunakan teknik total sampling. Untuk mencari hubungan antara dua variabel menggunakan analisis korelasi Pearson Product Moment dan pengujian hipotesis menggunakan uji-t. Hasil dari penelitian ini menunjukan terdapat hubungan positif dan signifikan antara Kepuasan Kerja dan Employee Engagement, artinya semakin tinggi kepuasan kerja karyawan, maka semakin tinggi Employee Engagement.

This research aims to analyze the relationship between Job Satisfaction and Employee Engagement among Permanent Employee (Non-Managerial) In PT Metrocom Global Solusi. The Job Satisfaction was measured using an instrument named Job Description Index and The Employee Engagement was measured using an instrument name Gallup?s Q12. This research used quantitative method and to collected datas by questionnaire. The respondents of this research are non managerial permanent employees, taken by total sampling technique. To analyzed the relationship between variables would be test using Pearson Product Moment, and To test the hypothesis would be test using t-test. The result of this research found that the job satisfaction positively related significantly with employee engagement. The implication of this study is the higher job satisfaction leads to the higher employee engagement."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2015
S61010
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"In the current economy, companies are expected to turn on a dime in response to changing market needs to stay vibrant. what that means is that companies are constantly reorganizing. employees are living in a constant state of change. this dynamic in the workplace has affected worker satisfaction, morale, and burnout. this is the first treatment manual to focus on treating job-related issues, whether it's conflict in the workplace, stress, burnout, performance, and more. divided into two parts, part one sets the stage with a discussion of the economic climate and how it impacts businesses, how business reacts to it, and how the new business climate affects employees. part two lays out the most current research on effectively treating work-related client issues. Individual, group, and organizational interventions are included, along with case examples, practical treatment exercises, checklists, and outlines for treatment."
London: Academic Press, 2013
e20427749
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Bagus Syahrian
"ABSTRAK
Industri asuransi adalah salah satu bidang industri jasa yang ada di Indonesia. Dalam
memasarkan produk asuransinya ke konsumen, perusahaan asuransi menggunakan agen
sebagai perpanjangan tangan dari mereka. Untuk mencapai tujunnya, maka kinerja dari agen
yang baik adalah salah satu hal yang harus diperhatikan. Faktor yang menentukan dalam hal
ini adalah faktor kepuasan kerja agen yang mereka peroleh. Tulisan ini selanjutnya ingin
membahas bagaimana faktor kepuasan kerja ini dapat dipenuhi oleh perusahaan asuransi
kepada agennya, yang sebenarnya pemangku kepentingan eksternal, melalui penerapan
employee relations yang sesuai, yang diimplementasikan ke dalam bentuk program dan
kegiatan melalui pendekatan hubungan manusia dan hirarki kebutuhan. Penggunaan kedua
pendekatan ini akan dapat memenuhi kebutuhan para agen akan kepuasan kerja yang mereka
harapkan dan selanjutnya akan berdampak pada peningkatan kinerja dan produktivitas
mereka.

ABSTRACT
The insurance industry is one of the fields of industrial services in Indonesia. When
marketing the insutance company product to the consumer, insurance companies use agents
as an extension of their hands. To reach their goals, then the good performance of agents is
one of the things the company have to look for. The decisive factor in this regard is agents
job satisfaction factors they earn. This paper further to discuss how this job satisfaction
factors can be met by an insurance company to agents, as external stakeholder, through
implementation of employee relations, implemented into programs and activities through the
approach of human relationships and the hierarchy of needs. By using two of this approach
then the company will be able to meet the needs of agents about the job satisfaction they
expect that will have an impact on their productivity and performance improvements."
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2016
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Syanindita Namara Anindya
"Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh employer branding attribute terhadap retensi dengan kepuasan kerja dan affective commitment sebagai variabel mediasi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksplanatif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan terhadap karyawan PT Unilever Indonesia dengan total responden sebanyak 180 orang. Jenis penelitian yang digunakan
adalah eksplanatif dengan pendekatan kuantitatif. Analisis data penelitian ini menggunakan metode structural equation modeling dengan aplikasi WarpPLS. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa employer branding attributes berpengaruh signifikan terhadap retensi melalui kepuasan kerja dan affective commitment, selanjutnya employer branding attributes berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja dan affective commitment, dan kepuasan kerja dan affective commitment memiliki pengaruh yang signifikan terhadap retensi. Dari hasil penelitian yang menunjukkan employer branding attributes berpengaruh secara signifikan terhadap retensi melalui kepuasan kerja dan affective commitment, dapat dikatakan untuk meningkatkan retensi karyawan perusahaan dapat melakukan strategi employer branding.
The aim of this research is to analyze the impact of employer branding attributes on retention with job satisfaction and affective commitment as a mediating variable. This type of research is explanative with a quantitative approach. Data was collected by using a questionnaire. This research was conducted to employees who work at PT Unilever Indonesia with a total respondent of 180 employees. Data analysis is conducted using structural equation modeling with the WarpPLS application. The results of this research indicates that the employer branding attribute have a significant impact on retention through job satisfaction and affective commitment, also employer branding attribute have a significant impact on job satisfaction and affective
commitment, and job satisfaction and affective commitment have a significant impact on retention. The findings shows that employer branding attribute significantly affect retention through job satisfaction and affective commitment, therefore it can be agreed that companies
should implement employer branding strategies to improve employee retention."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
M Natsir Ridwan Muslim
"Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kinerja tenaga teknis museum di seluruh
Indonesia yang dipengaruhi pengetahuan kerja, kepuasan kerja, motivasi, dan
kompetensi. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk menemukan bukti empiris
faktor-faktor yang memepengaruhi kompetensi dan kinerja tenaga teknis museum di
seluruh Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode survei. Sampel
yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 266 responden. Teknik sampling yang
digunakan adalah purposive convenience sampling. Pengumpulan data dalam penelitian
ini menggunakan kuesioner. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik
analisis Partial Least Square. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini menunjukkan
bahwa: 1) kompetensi berpengaruh signifikan terhadap kinerja, 2) pengetahuan kerja
berpengaruh signifikan terhadap kinerja, 3) pengetahuan berpengaruh signifikan terhadap
kompetensi, 4) kepuasan berpengaruh signifikan terhadap kinerja, 5) kepuasan
berpengaruh signifikan terhadap kompetensi, 6) motivasi berpengaruh terhadap kinerja,
dan 7) motivasi berpengaruh signifikan terhadap kompetensi.

The purpose of this research is to describe performance of technical staff museum in
Indonesia with job knowledge, satisfaction, motivation, and competency. In addition, this
study also aims to find empirical evidence factor - factor that influence competency and
performance of technical staff museum in Indonesia. This research is a survey method .
The sample used in this study were 266 respondents. Sampling technique used is
purposive convenience sampling. As for the collection of data in this study using a
questionnaire. Data were analyzed using Partial Least Square analysis techniques. The
result of this research show that : 1) competency had significant effect on performance,
2) Job knowledge had significant effect on performance, 3) Job knowledge had significant
effect on competency, 4) Satisfaction had significant effect on performance,
5) Satisfaction had significant effect on competency, 6) Motivation had significant effect
on performance, 7) Motivation had significant effect on competency.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
T54574
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Doni Darwin
"Pemulihan ekonomi negara melalui peneriman perpajakan menjadi sangat penting untuk mencegah adanya krisis dan mengembalikan kondisi perekonomian. Kinerja Direktorat Jenderal Pajak mengalami peningkatan selama dua tahun terakhir dalam hal penerimaan negara, namun dengan adanya pandemi Covid-19 yang mengakibatkan adanya disrupsi tatanan baru dalam bekerja, terdapat fenomena baru seperti faktor work-life balance, meningkatnya job stress, menurunnya job satisfaction, burnout dan dampaknya terhadap job performance pegawai Direktorat Jenderal Pajak. Penelitian ini bertujuan untuk melihat dampak dari disrupsi yang ada pada masa transisi setelah pandemi Covid-19 kepada pegawai sektor publik, khususnya Direktorat Jenderal Pajak melalui kuesioner secara daring kemudian diolah dan dianalisis menggunakan Structural Equation Modelling (SEM). Hasil penelitian memberikan gambaran bahwa work-life balance tidak berpengaruh terhadap job performance, sedangkan job stress, dan job satisfaction memiliki pengaruh positif, sementara burnout memiliki pengaruh negatif terhadap job performance. Selain itu, job satisfactiondan burnout mampu menjadi variabel mediasi yang memperkuat hubungan variabel penelitian job stress dan job performance, namun tidak memiliki efek yang signifikan pada hubungan antara work-life balance dan job performance.

The performance of the Directorate General of Taxes has increased over the last two years in terms of state revenues, but with the Covid-19 pandemic which resulted in the disruption of the new work order, there are new phenomena such as increased stress, decreased job satisfaction, burnout, and its impact on the job performance of the Directorate General of Taxes employees. This study aims to see the impact of disruption during the transition period after the Covid-19 pandemic on public sector employees, especially the Directorate General of Taxes through online questionnaires which are then processed and analyzed using Structural Equation Modeling (SEM). The results of the study provide an illustration that work-life balance, does not affect job performance, while job stress, job satisfaction and burnout have a significant influence, both positively and negatively on job performance. In addition, job satisfaction and burnout can become mediating variables that strengthen the relationship between job stress and job performance, while they have little to no effect in relationship between work-life balance and job performance."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>