Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 7 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Andita Linati Putri
"Sektor jasa konstruksi merupakan salah satu sektor terpenting yang memberikan kontribusi terbesar dalam pembangunan nasional namun untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan kinerja organisasi perusahaan yang baik. Kinerja yang baik merupakan indikator unggulnya perusahaan, pengukuran kinerja dianggap penting untuk mengevaluasi pengendalian perusahaan sehingga membantu menetapkan standar, memajukan, dan mengoptimalkan kinerja organisasi. Dengan mengintegrasikan Sistem Manajemen Mutu, Lingkungan, dan K3 kedalam satu sistem manajemen yang terpadu, dapat memudahkan perusahaan untuk meningkatkan kualitas sistem manajemen sehingga lebih mudah mencapai tujuan secara efektif dan efisien. Mengintegrasikan ketiga sistem tersebut tidak luput dari risiko dalam integrasi proses sehingga dibutuhkan pengendalian risiko secara prefentif dan korektif yang mungkin juga akan mempengaruhi kinerja organisasi perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara strategi pengendalian risiko dan kinerja organisasi. Metode penelitian yang digunakan merupakan studi kasus dengan kuesioner dan validasi konten serta konstrak. Hasil penelitian merupakan analisis skala prioritas strategi pengelolaan risiko secara prefentif dan korektif dalam jasa konstruksi kontraktor.

The construction sector is one of the most important sectors that provide the largest contribution to national development, but to achieve so a good corporate organizational performance is required. Good performance is an indikator of a company's superiority, performance measurement is considered important for evaluating company controls so that it helps to set standards, advance, and optimize organizational performance. By integrating the Quality Management System, Environment, and OHS into one integrated management system, it can make it easier for companies to improve the quality of the management system so that it is easier to achieve goals effectively and efficiently. Integrating the three systems does not escape risks in process integration so that preventive and corrective risk control is needed which may also affect the company's organizational performance. This study aims to determine the relationship between risk control strategies and organizational performance. The research method used is a case study with a questionnaire and content validation and construct. The result of this research is the priority scale analysis of preventive and corrective measures in the integrated management systems of construction services."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"The purpose of this study was to examine the relationship between management system (MCS) and strategy formation process, namely, intended strategy, emergent strategy and impelemented strategy. The focus of MSC in this study was interactive control system.  The study was based on Structural equation modeling (SEM) as its multivariate analyses instrument. The samples were upper middle managers of manufacturing company in Banten Province, DKI Jakarta and Java Province AMOS software found 16 programs is used as an additional instrument to resolve the problem in SEM modeling.  The study found that interactive control system brought a positive and significant influence on Intended strategy, interactive control system brought a positive and significant influence on implemented strategy:  interactive control system brought a positive and significant influence on emergent strategy.  The limitation of this study is that our empirical model only used one way relationship between the process of strategy formation and interactive control system. "
WINER 13:2 (2012)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Naibaho, Benyamin Parulian
"ABSTRAK
Dalam perkembangan perdagangan yang pesat, Direktorat Satelit yang merupakan salah satu
unit bisnis PT. Satelit Palapa Indonesia (PT. Satelindo) telah mempersiapkan diri untuk
nengantisipasi tuntutan konsumen dalam memberikan pelayanan pelanggan yang lebih
berkualitas,Yakni dengan mengadaptasi sistem manajemen berdasarkan ISO 9000. Untuk
menilai proses implementasi ISO 9000 di Direktorat Operasional, penulis memandang perlu
untuk dilakukan evaluasi terhadap pelaksanaan yang telah dilakukan, sehingga hasil evaluasi
ini akan menjadi landasan untuk membuat kebijakan perbaikan mutu secara keseluruhan dalam
proses bisnis. Output dan penelitian ini adalah suatu analisa dan kritik terhadap implementasi
sistem manajemen mum yang mengacu pada Standard ISO-9000, suatu rekomendasi untuk
melakukan tindakan perbaikan secara berkelanjutan, serta suatu dasar (landasan) penilaian
terhadap pelaksanaan sistem ISO-9000.
Untuk memperkuat penelitian ini, maka telah dilakukan berbagai metode pengumpulan data,
baik melalui obsevasi, wawancara, maupun instrumen kuesioner. Juga telah dilakukan
pengujian kesahihan dan keandalan data yang akan digunakan dalam kuesioner, sehingga
dapat dikumpulkan informasi mengenai pengetahuan, sikap, dan pendapat responden, yang
relevan dengan pengukuran citra umum perusahaan. Seluruh data tersebut kemudian diolah
dan dibandingkan dengan data literatur yang tersedia. Responden yang dipilih adalah lingkup
internal Direktorat Satelit, baik yang terlibat Iangsung maupun tidak dalam proses
implementasi ISO 9000.
Karya akhir ini disertai sejumlah saran untuk tindak lanjut implementasi di Direktorat Satelit.
Juga diberikan saran yang terbagi atas sejumlah tahap implementasi bagi perusahaan yang
alcan menerapkan standar manajemen ISO 9000.
"
1998
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rahmat Primadi
"Dalam mencapai tujuan dan sasaran dari tugas seorang insinyur pasti memiliki sistem manajemen operasi yang terorganisir dengan baik. Tujuan dari penulisan ini adalah Mendapatkan pengelolaan sistem manajemen operasi yang tepat sasaran. Upaya evaluasi manajemen operasi proyek pada unsur pengelolaan kontrak berupa membuat Analisa Harga Satuan Pekerjaan, Analisa Teknis Satuan Pekerjaan, Daftar Kuantitas Harga, Metodologi dan Program Kerja. Upaya evaluasi Manajemen Proyek Memiliki sistem kerja terintegrasi melalui website. Memberikan solusi pada kegagalan struktur dengan cara pemadatan tanah dengan metode pelaksanaan vibro roller dan Dynamic Compaction. Kemudian stabilitas daya dukung tanah menambahkan lamestone, Subbase, dan Base Coarse. mengidentifikasi dan evaluasi dari keterlambatan pekerjaan dan ketidaktepatan perencanaan pengadaan material, tenaga, dan alat. Pembuatan master schedule dengan menambahkan faktor risiko didalamnya. Upaya evaluasi sertifikasi yaitu meregistrasi badan usaha sebagai jasa konstruksi terintegrasi sesuai dengan bidangnya sebagai kontraktor EPC design and build. Menambah tenaga ahli dan profesional struktur dan ME yang tersertifikasi oleh LPJK dan PII. Memiliki kerangka kerja perencanaan dan konstruksi yang tertuang pada prosedur pekerjaan. Meningkatkan pelatihan tenaga ahli dan profesional.

In achieving the goals and objectives of an engineer must have well-organized operation management. The purpose of this paper is to get the management of operating management that is right on target. Efforts to evaluate project operations management in contract management are creating a Work Unit Price Analysis, Technical Analysis for Work Units, List of Price Quantities, Methodology, and Work Program. Project Management evaluation efforts Have an integrated work through the website. Providing solutions to structural failures through soil compaction using the Vibro roller implementation method and Dynamic Compaction. Then the stability of the bearing capacity of the soil adds limestone, Subbase, and Base Course. Identify and evaluate the delays in work and inaccuracies in planning the procurement of materials, personnel, and tools. Making a master schedule by adding risk factors to it. The certification evaluation effort is to register a business entity as an integrated construction service following its field as an EPC design and build contractor. Adding structural experts and professionals and ME certified by LPJK and PII. Have a planning and construction framework contained in work procedures. Improve the training of experts and professionals."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Eko Pramono
"PT. Presisi Cimanggis Makinur est une société a responsabilité limitée avec une spécialisation sur les domaines d?injection plastique et de moulage. Elle a debute comme une p etite affaire puiselles?est developpée en une entreprise auniveau nationale . Avec 20 employees au debut en 1983, aujourd?hui elle en emploie 320. Le Departement de Ressources Humaines aussi été developpé, avec un chef de departement et cinq subordonnées. Ce n?est pas facile de maintenir 320 employées qui travaillent 24 heures sur 24. C?est pourquoi, l?entreprise doit developper imperativement les competences de ses employées de Department de Ressources Humaines. Cette These parle des activites de la Gestion de Ressources Humaines á PT. Presisi Cimanggis Makmur qui sont:
a. Le proces de recrutement.
Concerne la definition, les niveaux de recrutement, les methodes, les sources des candidats jusqu? au j ob preview.
b. Le process de selection.
Concerne la mission et les facteurs qui l?influencent, l?interview, la methode, la mesure de la perfonnance des employees jusqu?a la gestion d?entrajnement des personnels.
c. L'entrainement et le plan du developpement.
Concerne l?entrainement des employées jusqu ' au developp ement du personnel. Chaque sujet sera discutée en chapitre separée.
Finallement, il y á une conclusion et une recommendation sur le systeme de Ressotwces HUmaines a PT. Presisi Cimanggis Makniur. Bien que, il existe une quantite insuffisante de la théorie, mais il est clair que PT. Presisi Cimanggis Makmur á essayeé d?applique au maximum son systeme et ses activites de ressources humaines.

PT. Presisi Cimanggis Makmn is a national company with line business in plastic injection and mold making. It started from a small business to become a national level company. With 20 employees in initial stage in 1983, today PCM has 320 employees. Human Resources Department is being developed as well from two employees in the beginning to five employees today includes the manager himself. It is not easy to maintain day-to-day activities with limited personnel. That is the reason why HRD has to upgrade its staff capabilities. This report speaks about some activities of Human Resources Department of PCM which are:
a. Recruitment process.
Concern in the definition, recruitment level, methods, sources of the candidates until job preview.
b. Selection process.
Concern in the mission and influenced factors, method until interview.
c. Performance management system.
Concern in mission and planning, training and development.
Each topic is discussed in separate chapter. Finally, there are conclusion and recommendation of human resources activities in PCM. Even though, the real application is not always in accordance with the based theory, we can see with its limitation PCM has tried to maximize the real application in accordance with the theory."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2001
T5579
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dwi Ria Nugraha
"Dalam rangka transformasi digital untuk mengembangkan dan meningkatkan kompetensi pegawai yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, perusahaan terus berupaya untuk menciptakan inovasi dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi saat ini. Implementasi Learning Management System pada perusahaan merupakan salah satu terobosan baru dalam memudahkan pegawai untuk mengakses materi pembelajaran dimana pun dan kapan pun dengan harapan bisa meningkatkan pengetahuan dan kompetensi pegawai untuk mewujudkan visi dan misi perusahaan yang sudah ditetapkan. Namun implementasi Learning Management System ini belum berhasil sesuai target yang sudah ditetapkan dengan permasalahan jumlah user yang mengakses setiap tahun terus mengalami penurunan yang cukup signifikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang menjadi penyebab kegagalan implementasi learning management system di perusahaan dan diharapkan dapat memberikan rekomendasi perbaikan yang bisa diterapkan oleh PT Jasa Raharja supaya pengguna learning management system pada tahun berikutnya bisa meningkat dan tercapai sesuai target yang sudah ditetapkan. Pendekatan penelitian menggunakan metode kualitatif kuantitatif, pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, analisis dokumen dan kuesioner. Identifikasi faktor-faktor dilakukan dengan melakukan tinjauan pustaka untuk selanjutnya dilakukan validasi oleh subject matter expert dan pengguna system aktif. Faktor penyebab kegagalan yang diperoleh dari hasil validasi wawancara dengan pakar selanjutnya diolah menggunakan open coding analysis untuk diproses secara kuantitatif dengan metode Analytic Hierarchy Process (AHP). Hasil dari penelitian ini didapatkan empat faktor antara lain Functional and Interface (UI/UX), Organizational, Project Management dan User/Costumer serta empat belas sub faktor yang menyebabkan kegagalan implementasi learning management system di PT Jasa Raharja.

In the context of digital transformation to develop and improve the competence of employees spread throughout Indonesia, the company continues to strive to create innovations by utilizing current information technology developments. The implementation of the Learning Management System in companies is one of the new breakthroughs in making it easier for employees to access learning materials anywhere and anytime with the hope of increasing employee knowledge and competence to realize the company's vision and mission that have been set. However, the implementation of the learning management system has not met the set target, with the result that the number of users accessing it each year continues to decline significantly. This study aims to identify the factors that cause the failure of the implementation of the learning management system in the company and is expected to provide recommendations for improvements that can be implemented by PT Jasa Raharja so that the use of the learning management system in the following year can increase and achieve the targets set. The research approach uses quantitative and qualitative methods, data collection is done through interviews, document analysis, and questionnaires. A literature review is conducted to identify factors for further validation by subject matter experts and active system users. Factors causing failure obtained from the validation results of interviews with experts are then processed using open coding analysis to be processed quantitatively using the Analytic Hierarchy Process (AHP) method. The results of this study found four factors, including functional and interface (UI/UX), organizational, project management, and user/customer, as well as fourteen sub-factors, that caused the failure of the implementation of the learning management system at PT Jasa Raharja."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Dimas Ilham Danesamarruf
"Jurnalisme modern memperketat persaingan dalam segi kecepatan penerbitan berita. Sementara itu, pembuatan berita sendiri melibatkan proses yang panjang dan penuh ketelitian. Hal ini menimbulkan dilema antara mengutamakan kecepatan pemberitaan atau kualitas berita. Imbasnya, sistematika penulisan berita tidak dijalankan dengan baik sehingga tidak sedikit media massa memberitakan hal tidak benar. Menyadari permasa- lahan tersebut, Automatic Indonesian News Generation System (AINGS) menghadirkan sebuah inovasi dengan mengembangkan Content Management System (CMS) berbasis web yang terintegrasi dengan kecerdasan buatan untuk membantu jurnalis dalam menulis dan melakukan veri kasi berita secara otomatis. Dengan fokus pada perancangan sistem dan implementasinya dalam bentuk front-end berbasis web, pengembangan ini mencoba menyelesaikan masalah yang lebih spesi k dengan membagi CMS AINGS menjadi dua bagian, yaitu CMS untuk wartawan dan CMS untuk redaktur. Wartawan dan redaktur dipilih menjadi aktor utama dalam sistem karena dua profesi tersebut terjun langsung dalam proses penulisan dan veri kasi berita. Pengembangan dilakukan dengan mener- apkan phased development methodology, mulai dari perencanaan, analisis, hingga system versioning. Melalui 3 iterasi, tujuan pengembangan berturut-turut antara lain MVP, kebu- tuhan pengguna, dan evaluasi pengguna. Berdasarkan hasil evaluasi akhir produk meng- gunakan metode UAT dan survei evaluasi penggunaan, kedua sistem dinilai sudah cukup memenuhi kebutuhan jurnalis, baik wartawan maupun redaktur, dalam membantu proses pembuatan berita.

Modern journalism has intensi ed competition in terms of speed of news publication, while news production itself involves a long and careful process. This creates a dilemma between prioritizing the speed of reporting or the quality of the news. As a result, the systematic of news writing are not carried out well so that quite a few media people re- port false news. Realizing this problem, Automatic Indonesian News Generation System (AINGS) presents an innovation by developing a web-based Content Management System (CMS) that is integrated with arti cial intelligence to assist journalists in writing and ver- ifying news automatically. By focusing on the system design and front-end of the AINGS system implementation, this development tries to solve speci c problems by dividing the AINGS CMS into two parts, namely CMS for reporter and CMS for editor. Reporter and editors were chosen to be the main actors in the system because these two professions are directly involved in the process of writing and verifying news. Development is carried out by implementing phased development methodology, starting from planning, analysis, to system versioning. Through 3 iterations, the development objectives in each iterations are for the MVP, ful lling user needs, and re ne based on user evaluations. Based on the results of the nal product evaluation using UAT method and system’s usage evaluation survey, the two systems were deemed suf cient to meet the needs of journalists, both re- porters and editors, in assisting the news creation process."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library