Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Anton Junior, aurthor
"Pihak manajemen seringkali kurang memperdulikan aspek persepsi dalam
penilaian kinerja. Padahal, persepsi dapat menyebabkan reaksi negatif yang
berpotensi menggagalkan tujuan penilaian kinerja. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui dampak diskonfirmasi ekpektasi terhadap keadilan
prosedural, kepuasan terhadap nilai EDOM, sebagai nilai kinerja, dan
kepuasan terhadap mahasiswa yang memberikan nilai EDOM, sebagai penilai
kinerja. Metode eksperimen digunakan dalam studi ini dengan melibatkan 37
dosen Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia Kampus Baru Depok sebagai
responden. Penelitian ini menemukan bahwa diskonfirmasi negatif
memberikan dampak negatif terhadap keadilan prosedural, kepuasan terhadap
nilai EDOM, dan kepuasan terhadap penilai EDOM. Juga sebaliknya ketika
diskonfirmasi bersifat positif, keadilan prosedural, kepuasan terhadap nilai
EDOM, dan kepuasan terhadap penilai EDOM juga mendapat dampak positif.
Penelitian ini juga menemukan bahwa keadilan prosedural, kepuasan terhadap
nilai EDOM, dan kepuasan terhadap penilai EDOM memiliki korelasi yang
positif.

It is not rare for management to dismiss the issue of employee’s perception on
the performance appraisal, though negative perception can potentially thwart
the purpose of performance appraisal. This study aims to explore the
disconfirmation effect on perception of procedural justice, satisfaction toward
rating, and satisfaction toward rater. Experiment method is chosen for this
study and 37 lecturers of FEUI Depok are involved. This study found that
disconfirmation affects perception of procedural justice, satisfaction toward
rating, and satisfaction toward rater positively. Thus, when the
disconfirmation is positive, the three variables are also positively affected,
while when the disconfirmation is negative, the three variables are also
negatively affected. This study also found that perception of procedural
justice, satisfaction toward rating, and satisfaction toward rater are positively
related."
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
S57137
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
I Gusti Lanang Suartana Putra
"ABSTRAK
Rumah sakit merupakan organisasi pelayanan jasa yang mempunyai kespesifikan dalam
hal sumber daya manusia. Salah satu strategi untuk meningkatkan kualitas sumber daya
manusia adalah melalui mekanisme penilaian kinerja. Di RSUP Sanglah Denpasar belum
pernah dilakukan analisis mengenai sistem penilaian kinerja staf medik sehingga belum
diketahui bagaimana penilaian kinerja staf medik yang efektif. Tujuan penelitian ini
adalah untuk menganalisa sistem penilaian kinerja staf medik di RSUP Sanglah
Denpasar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan melakukan
wawancara dan penelusuran dokumen. Analisa data dengan content analysis. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa penilaian kinerja staf medik berdasarkan enam kriteria
penilaian belum berjalan dengan baik. Pedoman, instrument, indikator, serta kebijakan
penilaian perlu direvisi dan disempurnakan. Perlu dibentuk tim khusus untuk melakukan
penilaian kinerja staf medik di rumah sakit.

ABSTRACT
Hospital services is an organization that has specificity in terms of human resources. One
strategy to improve human resources quality is through performance appraisal
mechanisms. In Sanglah Hospital had not done an analysis of the performance appraisal
system of the medical staff. It is not known how the medical staff performance
assessment system are effective. The aim of this study was to describe the performance
appraisal system of the medical staff at Sanglah Hospital in Denpasar. This research was
a qualitative descriptive study, by conducting interviews and document review. Data
analysis with content analysis. The results showed that the medical staff performance
appraisal system based on six criterias have not been going well. Guidelines, instruments,
indicators, and assessment policy needs to be revised and refined. Need to set up a special
team to conduct performance appraiser in the hospital medical staff."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2014
T41948
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library