Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 39 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Mohammad Indra Warga Dalem
"Tidak ada abstrak"
Depok: Universitas Indonesia, 1987
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nandang Suherlan
Jakarta: Pertamina Persero, 2006
650.759 8 NAN p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Satria Permana
"Pertamina menjadi satu-satunya perusahaan BUMN yang mengelola pertambangan minyak sejak tahun 1968. Pertamina diharapkan menjadi penyangga dan agen dari program pemerintah Orde Baru dalam pelaksanaan Pelita. Pada tahun 1973 hingga pertengahan 1974, fungsi Pertamina sebagai BUMN yang menunjang program Pelita berjalan dengan baik. Embargo minyak yang dilakukan OPEC, berdampak pada terjadinya oil boom di Indonesia. Kenaikan devisa negara melalui sector minyak pun meningkat hingga 70%. Namun di penghujung tahun 1974 hingga tahun 1975, Pertamina justru mengalami masa krisis. Hal ini disebabkan karena Pertamina tidak dapat melunasi hutang jangka pendek dan jangka panjangnya yang telah jatuh tempo. Selain itu terjadinya mismanagement di dalam tubuh Pertamina menyebabkan BUMN ini menjadi terjerembab dalam timbunan hutang. Sehingga negara pun harus menanggung beban hutang yang tinggi akibat krisis dalam tubuh Pertamina dan menyebabkan pertumbuhan ekonomi Indonesia menjadi terhambat.

Since 1968 Pertamina became the only one the State-Owned Company which manages the mining of oil in Indonesia. Pertamina expected to support Government?s programs and agencies of the New Order in the implementation of Pelita. From 1973 until mid 1974, the functions that support the state-owned Pertamina as Pelita program has a good progress. OPEC?s oil embargo made a effect to the Indonesia?s oil industry, and made a oil boom period about 1973 until 1975. The increase in foreign exchange through the oil sector has increased by 70%. But at the end of 1974 until 1975, Pertamina entered to the time of crisis. It caused by Pertamina cannot pay off short-term and long past due. Besides of that, the mismanagement within the Pertamina is causing a fall in a heap of debt. Thus state must took the burden of high debt crisis in the body and cause the Pertamina Indonesia's economic growth to be obstructed."
Depok: Universitas Indonesia, 2012
S42719
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: Manajemen Pembangunan Lembaga Administrasi Negara RI , 1996
658.4 DIN
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Nasuhi Hidajat
"ABSTRAK
Perkembangan teknologi informasi yang pesat telah menimbulkan suatu revoIusi yang
dampaknya bagi kehidupan umat manusia dapat disejajarkan dengan revolusi industri.
Revolusi informasi menyebabkan perubahan lingkungan pasar sehingga struktur dan hirarki
menjadi berubah sama sekali. Perubahan lingkungan pasar ini menuntut terjadinya perubahan
paradigma manajemen yang selanjutnya diikuti oleh tuntutan terhadap visi, misi, dan strategi
yang perlu diadaptasikan pada struktur, kultur, dan sistem manajemen yang baru pula.
Akibat teknologi informasi yang semakin canggih, konsumen menjadi semakin well
informed dan demanding sehingga mengubah lingkungan usaha dari seller?s market menjadi
buyer?s market dan menciptakan situasi persaingan yang semakin sengit. Kemajuan teknologi
informasi juga membawa arus globalisasi yang menghilangkan batas-batas antar negara. Dalam bidang perekonomian globalisasi diwujudkan dengan kesepakatan perdagangan bebas.
baik antar negara di tingkat regional, seperti AFTA, NAFTA, maupun di tingkat dunia dengan
adanya kesepakatan putaran Uruguay, GATT, lahirnya WTO, serta APEC. yang indonesia ak
tif di dalamnya.
Era perdagangan bebas yang disepakati akan diberlakukan secara efektif awal abad 21.
menuntut seluruh negara yang terlibat di dalamnya, termasuk Indonesia harus menyiapkan
diri untuk menghadapinya dengan jalan meningkatkan daya saingnya agar nantinya tidak se
kedar menjadi penonton dari pasar yang diserbu produk dari segala penjuru. Dibarengi tim
bulnya opini yang mempertanyakan keberadaan dan peran BUMN, seria kenyataan kinerja
yang kurang memuaskan, indonesia gencar melakukan revitalisasi BUMN-nya. Sebagai salah
satu antisipasi datangnya era perdagangan bebas. Kebijakan-kebijakan, antara lain berupa de
regulasi, debirokratisasi, korporatisasi, dan privatisasi banyak dikenakan kepada BUMN.
Bahkan terhadap BUMN yang merugi, pemerintah tidak segan-segan untuk melikuidasi atau
pun menyerahkan kepemilikannya kepada pihak swasta.
Perubahan Iingkungan usaha yang dipicu oleh kebijakan revitalisasi juga mulai
mengimbas ke PERTAMINA BUMN yang memiliki historis bernuansa politis, diberi hak
monopoli untuk mengusahakan minyak, gas, serta panas bumi di Indonesia mulai memperli
hatkan kecenderungan mengalami perubahan lingkungan usaha yang akan mengikis hak-hak
monopolinya. Menghadapi trend perubahan Iingkungan usaha yang demikian, PERTAMINA
mulal berbenah melalui berbagai restrukturisasi, yang diawali dengan restrukturisasi organi
sasi secara bertahap.
Menyukseskan restrukturisasi yang dilakukan oleh PERTAMINA, maka perusahaan
ini perlu mengawalinya dengan perombakan paradigma manajemennya yang diwujudkan oleh
pembentukan visi, misi, dan strategi dan di adaptasìkan dengan sruktur, kultur, dan sistem
manajemen, termasuk sistem pengendahan manajemennya yang kompatibel dengan ling
kungan usaha yang akan dihadapi di masa mendatang. Restrukturisasi yang bersifat spasmo
dic harus dihindari agar PERTAMINA tidak menanggung biaya mahal sebagaimana dialami
oleh umumnya perusahaan-perusahaan yang melakukan strukturisasi di dalam suasana
kepanikan. Untuk itu, restrukturisasi haruslah bersifat evolusioner dengan hasil yang revolu
sioner. Dengan kiat-kiat itulah, PERTAMINA akan dapat memiliki competitive advantage di
tingkat unit usaha, serta parenting advantage di tingkat korporat.
"
1996
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Heri Hariyanto
"ABSTRAK
Perusahaan X merupakan kontraktor asing yang menggalang kerjasama dengan Pertamina dalam bentuk Production Sharing Contract (PSC) untuk mengelola aktivitas kegiatan minyak dan gas bumi pada suatu wilayah kerja (contract area) di Indonesia. Perusahaan X mengelola beberapa wilayah kerja di Indonesia, diantaranya adalah Pantai Utara Jawa Barat, Pantai utara Pulau Bali, Wirriagar, Bomberai, Berau, Kalosi, Madura East, dan Set-am. Dalam mengelola beberapa wilayah kerja ini, Perusahaan minyak lainnya yang disebut Partner juga ikut membiayai semua pengeluaran serta menanggung resiko keseluruhan pelaksanaan aktivitas perminyakan yang dilakukan oleh Perusahaan X. Masing-masing wilayah kerja ini dikelola oleh Perusahaan X dalam bentuk ketentuan PSC yang berbeda, serta keikutsertaan dari para Partner yang berbeda pula. Setiap periode akuntansi tertentu, Perusahaan X diwajibkan menyajikan laporan keuangan sebagai pertanggungjawaban atas aktivitas kegiatan perminyakan yang dilakukan oleh Perusahaan X. Untuk menghasilkan laporan keuangan tersebut, Perusahaan X menggunakan Sistem Informasi Akuntansi yang terintegrasi, sehingga dapat melakukan pengolahan data untuk beberapa PSC.
Pengolahan data yang dilakukan oleh Sistem informasi Akuntansi Perusahaan X untuk menghasilkan laporan keuangan dilakukan melaiui Oracle General Ledger. Oracle General Ledger melakukan pemrosesan transaksi setiap harinya, serta pemrosesan General Monthly Closing setiap bulannya. Dari pemrosesan transaksi setiap harinya, serta pemrosesan General Monthly Closing setiap bulannya pada Oracle General Ledger akan dilihat bagaimana iaporan keuangan dihasilkan untuk selanjutnya dikirim ke Pertamina, Perusahaan Induk, serta para Partner.
Dari peneiitian yang dilakukan, dapat diketahui bahwa salah satu faktor yang dapat mempengaruhi keakuratan laporan keuangan adalah dasar pengalokasian semua pengeluaran ke Perusahaan X, serta para Partners. Dasar pengalokasian yang digunakan oleh Perusahaan X adalah Time Allocation Table dan Allocation Factor. Analisa yang akan dilakukan adalah apakah dasar pengalokasian yang digunakan tersebut dapat mengikuti perkembangan kegiatan usaha perminyakan pada masing-masing wilayah kerja yang dilakukan oleh Perusahaan X dalam tahap kegiatan ekspiarasi, pengembangan serta produksi yang senantiasa dinamik. Selain pengalokasian semua pengeluaran ke Perusahaan X serta para Partners yang senantiasa akurat ini merupakan kewajiban bagi Perusahaan X, juga akan dapat menjaga atau meningkatkan kerjasama dan kepercayaan dari Pertamina, para Partners, serta Perusahaan lnduk atas semua aktivitas perminyakan yang dilakukan oleh Perusahaan X pada masing-masing wilayah kerja di Indonesia.
"
1997
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Albertus Giartono
"ABSTRAK
Latar Belakang
Pemerintah Indonesia hingga saat ini masih menerapkan kebijakan harga Bahan Bakar
Minyak (BBM) yang murah, yaitu tingkat harga jual yang lebih rendah dan harga pasar, rata-
rata biaya pokok BBM atau harga jual di negara tetangga. Namun dengan persetujuan DPR,
Pemerintah pada tahun 2000 telah sepakat babwa kebijakan subsidi BBM di masa mendatang
tidak akan dipertahankan lagi, karena besaran subsidi yang menjadi beban APBN dirasakan
semakin berat. Pengbapusan subsidi BBM ini memang tidak akan dilakukan sekaligus,
melainkan berangsur-angsur dikurangi untuk meminimalisasi guncangan sosial, ekonomi dan
politik di masyarakat. Dengan demikian kenaikan harga memang tidak dapat dihindarkan lagi.
Persoalannya kini adalah seberapa besar kenaikan itu dan pada jenis BBM apa saja kenaikan
layak dilakukan.
Kebijakan harga BBM sebelum penghapusan subsidi secara penuh diperkirakan akan
ditetapkan secara spesifik untuk setiap jenis BBM, artinya kebijakan harga suatu jenis BBM
mungkin berbeda dengan jenis BBM lainnya, Bahkan harga jual suatu jenis BBM mungkin
akan berbeda, bisa dijual dengan harga pokok, harga subsidi atau harga pasar, sesuai dengan
kondisi konsumen. Sebelum pemerintah bisa memutuskan besarnya kenaikan itu dan pada
jenis BBM apa saja, salah satu informasi yang sangat penting sebagai dasar pengambilan
keputusan adalah berapa barga pokok masing-masing jenis BBM dan bagaimana formula
harga jual BBM yang bisa dipakai.
Dari survei pendahuluan yang dilakukan, tampaknya pemerintah tidak memiliki
informasi harga pokok masing-masing jenis BBM dan formulasi harga jual masing-masing
jenis BBM yang diproduksi oleh Pertamina. Tujuan studi ini adalah untuk mengkaji
kemungknan perhitungan biaya pokok masing-masing jenis BBM dan penetapan formula
harga jual produk BBM yang bersangkutan, yang bisa dipilih sebagai pola dalam memasuki
era perdagangan bebas.
Definisi Permasalahan
Berlatar belakang kondisi yang diuraikan di atas, penulis melihat permasalahan
sebagai berikut:
1. Apakah perhitungan biaya pokok prnduksi masing-masing jenis BBM bisa dilakukan?
2. Bagaimana formula harga jual untuk masing-masing jenis BBM yang bisa menjadi acuan
bagi pemerintah dalam menetapkan harga jual masing-masing produk BBM di dalam
negeri.
Arena Studi
Sebagai arena studi yang dilakukan, penulis memilih Perusahaan Pertambangan
Minyak dan Gas Bumi Negara (PERTAMENA), sebagai pelaksana misi pemerintah untuk
menyediakan kebutuhan energi BBM di dalam negeri sesuai Undang Undang No.8 tahun
1971. Kemudian sebagai sampel di Pertamina untuk kegiatan pengilangan, penulis memilih
Kilang Pertamina Unit Pengolahan IV Cilacap, karena merupakan kilang terbesar yang
dimiliki Pertamina dengan kapasitas pengolahan 300.000 barrel per han. Untuk sampel data
keuangan yang digunakan dalam kalkulasi, penulis menggunakan data keuangan tahun
anggaran 1998/1999.
Metode penelitian
Penelitian pustaka (library research) dilakukan untuk menelaah tulisan terdahulu dari artikel
yang sesuai dengan topik ruang lingkup studi yang dimuat dalam surat kabar, jurnal atau buku
referensi yang sesuai.
Penelitian lapangan (field research) dilakukan berupa wawancara dengan beberapa
narasumber diantaranya Tim Subsidi BBM Pertamina dan pihak lain yang dapat memberikan
informasi yang relevan
Temuan penting
Dari studi yang dilakukan, penulis menemukan hal-hal sebagal berikut:
1. Pertamina sebagai pelaksana tugas pemerintah untuk menyediakan kebutuhan BBM di
seluruh wilayah Republik Indonesia, tìdak mendapatkan keuntungan dari operasi BBM.,
karena setiap keuntungan yang diperoleh harus diserahkan kepada pemerintah. Demikian
pula bila mengalami kerugian akan diganti secara penuh oleh pemerintah.
2. Sistem akuntansi yang berlaku di Pertamina belum dapat menghasilkan perhitungan harga
pokok penjualan per jenis produk BBM yang dihasilkan. Informasi akuntansi biaya pada
Pertamina hanya menyediakan laporan biaya pokok BBM secara total yang terpisah dan
operasi Non BBM.
3. Jenis produk yang dihasilkan oleh Pertamina baik BBM maupun Non BBM merupakan
hasil dari serangkaian proses kilang yang teijadi secara simultan sesuai desain kilang
Pertamina anggaran 1998/1999.
4. Sebagai dasar penetapan harga yang dibebankan secara sama kepada konsumen di seluruh
wilayah Indonesia, pemerintah selama ini lebih menggunakan pertimbangan aspek politik
dan aspek sosial melalui kebijaksanaan subsidi BBM.
5. Dengan menggunakan data akuntansi yang ada, perhitungan harga pokok produksi per
jenis produk BBM bisa dilakukan oleh Pertamina dengan melakukan alokasi biaya
menggunakan metode Market /Sales Value Methoa Average Urnt Cosi Methoa Weighted
Average Method, atau Quantitative Unit Method
6. Dengan menggunakan harga pokok produksi masing-masing jenis BBM yang telah
dihitung, pemerintah bisa menetapkan harga jual produk BBM yang menampung
kepentingan produsen untuk dapat membayar kembali biaya-biaya yang dikeluarkan
sesuai alternatif formula harga jual yang penulis ajukan. Untuk melindungi kepentingan
konsumen, kebijakan penetapan harga BBM bisa dipelajari pemerintah dan praktik
penetapan harga BBM di beberapa negara.
Kelemahan studi
Untuk mendapatkan besaran harga jual yang pkpn diterapkan di masyarakat kiranya
perlu dilakukan studi lebih lanjut mengenai dampak kenaikan harga BBM di Indonesia secara
rnakro maupun sektoral baik mengenai aspek ekonomi, sosial maupun politik yang belum
tercakup dalam studi yang dilakukan
"
2001
T2115
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: Pertamina, 1987
R 616.61 KUM
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
Djoko Prasetyo
"
ABSTRAK
Pertamina sebagai Perusahaan Negara mempunyai tugas untuk melayani kepentingan masyarakat, walaupun diberikan kesempatan untuk mencari keuntungan tetapi tidak boleh mengorbankan kepentingan masyarakat, Tetapi dalam pengoperasiannya Pertamina mengalami ketidakberesan karena wewenang yang besar yang dimiliki oleh direktur utamanya yaitu Ibnu Sutowo, dengan bantuan dari Presiden Suharto dan Angkatan Darat. Wewenang yang besar dari Ibnu sutowo mengakibatkan ia mendapat kurang pengawasan dari instansi-instansi yang terkait.
Ketidakberesan Pertamina itu mendapatkan sorotan dari surat kabar-surat kabar Ibukota pada akhir tahun 1969, terutama surat kabar Indonesia Raya yang selama tiga bulan lebih memberitakan penyelewengan-penyelewengan yang terjadi di dalam tubuh Pertamina, mulai dari perluasan usaha yang dinilai tidak efisiensi, penjualan minyak yang tidak menguntungkan, keridakjelasan administrasi keuangan, dan lain-lain.
Berita-berita yang disisirkan oleh Indonesia Raya mengakibatkan terjadinya demontrasi besar-besaran di Ibu Kota dan beberapa kota besar lainnya ketika terjadi kenaikan harga minyak melalui Surat Keputusan Presiden No. 1 Tahun 1970. Demonstrasi yang dipelopori oleh mahasiswa menuntut pemerintah agar segera mungkin memeriksa Pertamina dan juga Ibnu Sutowo. Pemerintah kemudian menurunkan 20 orang Akuntan Negara dan membentuk Komisi IV (Empat) untuk memeriksa Pertamina dan beberapa Perusahaan Negara lainnya. Dari hasil penelitian Komisi IV tersebut terungkap penyelewengan-penyelewengan didalam tubuh Pertamia, juga perluasan usaha Pertamina yang mengakibatkan Pertamina harus menanggung utang yang sangat besar.
"
1998
S12176
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1992
S36034
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4   >>