Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Purba, Fina Melinda
"Usia prasekolah merupakan usia emas dalam pembentukan perilaku prososial anak dan menentukan perilaku prososial di usia perkembangan berikutnya. Berbagai metode perlu digali untuk memaksimalkan perilaku prososial, salah satunya dengan metode permainan imajinatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara permainan imajinatif dan perilaku prososial dengan kontrol inhibisi sebagai moderator. Alat ukur yang digunakan berupa Strengths and Difficulties Questionnaire (SDQ) dimensi Perilaku Prososial, Child Imagination Questionnaire (CIQ), dan Tugas Kepala-Pundak-Lutut-Kaki. Partisipan merupakan anak prasekolah berusia 3-6 tahun (N=75). Orang tua dan guru anak juga dilibatkan untuk mengadministrasikan data. Hasil menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil antara penilaian guru dengan orang tua. Pada penilaian guru, ditemukan adanya hubungan yang signifikan antara permainan imajinatif dengan perilaku prososial. Kontrol inhibisi juga ditemukan dapat memoderasi hubungan permainan imajinatif dengan perilaku prososial. Sementara, pada data orang tua tidak terdapat hubungan antara ketiga variabel. Begitu juga dengan kontrol inhibisi yang tidak dapat memoderasi hubungan antara permainan imajinatif dengan perilaku prososial. Perbedaan hasil ini dijelaskan lebih lanjut di dalam naskah.

Preschool age is a crucial period to foster children's prosocial behavior using imaginative play. This study aims to determine the relationship between imaginative play and prosocial behavior, with inhibitory control as a moderator. The instruments used were the Strengths and Difficulties Questionnaire (SDQ) dimensions of prosocial behavior, the Child Imagination Questionnaire, and Head-Shoulders-Knees-Feet Play. Participants were preschool children aged 3-6 years (N = 75). Parents and teachers of children are also involved in administering the data. The results showed that there were differences in the assessment results between teachers and parents. The teachers' assessment result shows a significant relationship between imaginative play and prosocial behavior, and inhibitory control can moderate the relationship between imaginative play and prosocial behavior. However, the correlation among the three variables was found to be non-significant in the parents’ assessment. Inhibitory control also cannot moderate the relationship between imaginative play and prosocial behavior. The different results between teachers' and parents' assessments are analyzed further for possible explanations."
Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Dokumentasi  Universitas Indonesia Library
cover
Sabrina Luthfiyah Nisa
"Pada usia prasekolah, anak mengalami peningkatan pikiran kreatif, bahasa dan perilaku. Kompetensi sosial pada tahap ini berdampak jangka panjang terhadap perkembangan di usia dewasa. Diduga kompetensi sosial berkaitan erat dengan masalah sensori, namun penelitian mengenai hubungan keduanya masih terbatas, terutama pada anak tipikal. Sehingga, penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan sensori terhadap kompetensi sosial pada anak usia prasekolah di Indonesia. sampel diambil sebanyak 56 anak usia 3-6 tahun dari TKIT Insan Aulia dan TKIT YAPIDH. Alat ukur yang digunakan adalah Short Sensory Profile (SSP) serta Social Competence Scale Parent Version (SCS-PV) melalui kuisioner. Hasil analisis komparasi menunjukan kelompok profil sensori yang lebih baik memiliki kompetensi sosial yang lebih tinggi (p = 0,035). Hasil uji korelasi juga menemukan hubungan positif (r = 0,100) walaupun secara statistik tidak signifikan (p = 0,222) analisis lanjutan menemukan korelasi positif antara respon kurang/pencari sensasi dengan regulasi emosi ditemukan hubungan signifikan antara keduanya (r = 0.267, p = 0.047). Penelitian juga menemukan bahwa profil sensori tidak dipengaruhi usia, jenis kelamin, atau Pendidikan. Serta skor kompetensi sosial anak perempuan lebih tinggi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa hubungan antara seluruh aspek profil sensori dapat berdampak beragam dengan kompetensi sosial pada anak prasekolah.

At preschool age, children experience an increase in creative thinking, language, and behaviour. Social competence during this stage has a long-term impact on development into adulthood. It is suspected that social competence is closely related to sensory processing, but research on this relationship remains limited, especially in typical children. Thus, this study aims to look at the relationship between sensory and social competence in preschool children in Indonesia. 56 children aged 3-6 years were sampled from TKIT Insan Aulia and TKIT YAPIDH. The measuring instruments used were Short Sensory Profile (SSP) and Social Competence Scale Parent Version (SCS-PV) through questionnaires. Comparative analysis showed that children with better sensory profiles had significantly higher social competence (p = 0.035). Correlation analysis revealed a positive but statistically non-significant relationship (r = 0.100; p = 0.222). Further analysis found a significant correlation between under-responsiveness/sensation seeking and emotion regulation (r = 0.267; p = 0.047). The study also found that sensory profiles were not influenced by age, gender or education, while social competence was higher in girls. This study concludes that the relationship between all aspects of sensory profile can have a diverse impact on social competence in preschool children."
Depok: Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library